Monday, 23 September 2024

Kawasaki Jadi Pabrikan Pertama Rilis Prototipe Sepeda Motor Bertenaga Hidrogen

TMCBLOG.com – Kawasaki melakukan demonstrasi publik pertama di dunia tentang sepeda motor berbahan bakar hidrogen, dengan meluncurkan prototipenya pada balapan ketahanan Suzuka 8H 2024 akhir pekan lalu. Kawasaki pertama kali mengumumkan rencana untuk sepeda motor bermesin pembakaran internal hidrogen pada tahun 2022, dengan mock-up berdasarkan Ninja H2 SX. Sejak itu, Kawasaki melanjutkan pengembangannya secara pribadi sebelum meluncurkan prototipe baru yang fungsional ini di depan khalayak umum.

Bersamaan dengan demonstrasi Suzuka, Kawasaki juga merilis video yang menampilkan prototipe motor ini termasuk cuplikan cuplikan di sirkuit Autopolis milik mereka. Prototipe ini menggunakan versi mesin supercharged Inline-Four 998cc milik Ninja H2, yang dimodifikasi untuk langsung bisa menyuntikkan hidrogen langsung ke dalam silinder.

Secara umum proses pembakaran pda mesin sepeda motor hidrogen ini tidak jauh berbeda dengan mesin bertenaga bensin: udara dicampur dengan bahan bakar yang kemudian dibakar. Dengan bahan bakar hidrogen, produk samping utama knalpot adalah air, meski ada sedikit karbon dioksida yang dikeluarkan karena mesin masih menggunakan oli mesin biasa.

Apa yang tampak seperti sepasang kantong side box besar di belakang sebenarnya adalah tabung bahan bakar hidrogen, yang diisi melalui lubang di ujung ekornya. Ukuran tabungnya yang besar menyiratkan salah satu tantangan sepeda motor ICE hidrogen.

Kawasaki mengatakan hidrogen terbakar lebih cepat dan dalam kondisi yang lebih luas dibandingkan bensin, namun hidrogen tidak sepadat bensin dan lebih sulit disimpan sehingga memerlukan volume lebih besar untuk menghasilkan jumlah energi yang sama dengan bensin.

Hidrogen juga lebih ringan dari bensin, jadi keputusan untuk menempatkan tangki penyimpanan di samping ekor tidak mengurangi distribusi bobot sejauh yang terlihat, namun Kawasaki masih harus merancang sasis baru untuk menampungnya. Jalan riset masih panjang sebelum sepeda motor berbahan bakar hidrogen dapat dipasarkan secara komersial paling tidak sampai dimensi tabung hidrogen bisa berada pada ukuran yang lebih kecil lagi. – @tmcblog

11 COMMENTS

  1. Terlalu Kamen rider,kurang sleek dan sederhana

    Kalo saja bisa dimampatkan lagi sehingga cuma butuh tabung ukuran kecil,jadi gak bikin body Se-semok itu

  2. kayak motoGP yang makin kesini makin banyak winglet dan aeroaneh aneh, ini cuma tentang cara pandang dan naluriah kita tentang seperti apa bentuk motor “seharusnya”. kalau emang bisa, saya gak malu bawa gentong di belakang motor (kalo semua orang begitu juga) 🤣

  3. Selamat datang bahan bakar hidrogen, kabarnya mau diterapkan di Jepang mulai 2030 2035 siap siap merk Jepang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP