Monday, 23 September 2024

Honda Suplai EM1 & BENLY e:I ke Yamaha di Jepang

TMCBLOG.com – Pada tanggal 8 Agustus 2024 kemarin– Honda Motor Co., Ltd. (Honda) dan Yamaha Motor Co., Ltd. (Yamaha) mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan bagi Honda untuk memasok model sepeda motor listrik model kategori Kelas-1 (setara sepeda motor ICE 50 cc) yakni  Honda “EM1 e:” dan Honda “BENLY e:I”, sebagai produk OEM (produsen peralatan asli) kepada Yamaha untuk pasar Jepang. Kedua perusahaan akan melanjutkan diskusi lebih lanjut menuju penandatanganan perjanjian formal.

Pada bulan Oktober 2016, kedua perusahaan memulai diskusi mengenai kemungkinan aliansi bisnis di pasar sepeda motor kategori Kelas-1 Jepang untuk mengatasi berbagai tantangan yang akan dihadapi produsen sepeda motor, termasuk kepatuhan terhadap standar keselamatan dan peraturan emisi yang semakin ketat, serta upaya elektrifikasi. Area diskusi utama meliputi: 1) Penyediaan model skuter 50cc sebagai OEM, 2) Pengembangan bersama/pasokan OEM untuk model skuter bisnis 50cc generasi mendatang, dan 3) Kolaborasi dalam mempopulerkan sepeda motor listrik di kategori Kelas-1. Berdasarkan diskusi tersebut, pada bulan Maret 2018, Honda mulai memasok model skuter 50cc ke Yamaha sebagai OEM.

Selain itu, pada bulan April 2019, Honda dan Yamaha, bersama Kawasaki Heavy Industries, Ltd. dan Suzuki Motor Corporation, mendirikan konsorsium baterai swappable untuk sepeda motor listrik dengan tujuan mempopulerkan model sepeda motor listrik. Konsorsium membahas kemungkinan standarisasi baterai yang dapat ditukar dan sistem pertukarannya sebagai salah satu solusi untuk mengatasi tantangan utama dalam mempopulerkan sepeda motor listrik – jangkauan dan waktu pengisian – dan mencapai kesepakatan untuk melakukan standarisasi (menetapkan spesifikasi umum) pada bulan Maret 2021.

Mengikuti inisiatif ini, Honda dan Yamaha telah sepakat bahwa Honda akan memasok model dalam kategori Kelas-1 kepada Yamaha sebagai OEM, berdasarkan EM1 e: dan BENLY e:I, yang ditenagai oleh Honda Mobile Power Pack e: baterai yang dapat ditukar yang mematuhi spesifikasi umum. Melalui kolaborasi ini, kedua perusahaan akan terus menawarkan model sepeda motor listrik yang akan memenuhi kebutuhan lebih banyak pelanggan pada kategori Kelas-1, yang merupakan kategori populer baik untuk mobilitas pribadi maupun keperluan bisnis.

Untuk lebih mempopulerkan sepeda motor listrik dalam kategori Kelas-1 di Jepang, kedua perusahaan akan meningkatkan jajaran produk mereka dan terus mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi sepeda motor listrik seperti jangkauan, waktu pengisian daya, kinerja dan biaya, seiring dengan upaya kedua perusahaan untuk berkontribusi pada terwujudnya masyarakat netral karbon. – @tmcblog

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP