Tuesday, 24 September 2024

Bukan Top Speed, Variabel BMW M1000RR Ini Yang Buat Toprak Kompetitif

TMCBLOG.com – Toprak Razgatlioglu berhasil memaksimalkan BMW M1000RR sehingga bisa mengalahkan Ducati Panigale V4R paling tidak di 10 balapan terakhir WSBK . . Hmm mungkin ini pula yang menyebabkan Ducati Corse harus mempercepat kehadiran New Panigale dengan double sided swingarm buat motor homologasi WSBK. Namun pada dasarnya apa yang menyebabkan Toprak bisa kompetitif dari Ducati Panigale?

Yang pasti ini adalah kombinasi antara talenta Toprak sendiri dan mesin inline-4 BMW M1000RR. Karena pembalap BMW lainnya tidak se-konsisten performa Toprak di setiap balapan. Lebih detail lagi Toprak menjelaskan pasca memenangkan Race 1 WSBK Portimao 2024, “Iya, tapi kalau saya menang, itu bukan karena saya sekarang menyalip Ducati di lintasan lurus. Yang membedakan adalah tikungan terakhir, sebenarnya itu sangat penting, karena jika Anda punya akselerasi, Anda bisa tampil bagus, tapi kalau tidak punya, percuma saja.”

Ketika Toprak ditanya seberapa besar perbedaannya dibandingkan tahun lalu? “Ada perbedaan yang luar biasa. Sekarang saya bisa berbelok, saya punya akselerasi dan semua yang ada di lintasan lurus membantu. Namun pada motor lain, kondisinya lebih buruk karena jika Anda memiliki mesin yang kurang bertenaga, Anda cenderung alami slip, namun sekarang berbeda. Faktanya BMW tidak menyukai kondisi panas dan ban lunak. Namun, dengan ban keras, saya punya sensasi yang lebih baik.”

Ketika masih bersama Yamaha, yang notebenenya memiliki power lebih inferior dari Panigale V4R pun, Toprak kerap menyusahkan hidup Bautista terutama ketika ia memperlihatkan aksi late brakingnya. Namun ketika BMW M1000RR memberikan performa lebih, hasil yang dicapai pun bisa lebih berbicara lantang di trek. Mudah-mudahan bisa konsisten sampai akhir musim ya. – @tmcblog

12 COMMENTS

  1. Terlalu mengepro emang tuh Mr. Toprak. Sudah terbukti bisa menang dengan 3 pabrikan berbeda, kalo bisa 1 pabrikan berbeda lagi, udah setara dengan Marco Melandri yang bisa menang dengan 4 pabrikan, meski melandri belum pernah jurdun WSBK.

  2. Persiiissss kayak balapan portimao tahun lalu. Terutama race 2.

    Last lap ketoprak didepan baut. Ditengah tikungan terakhir, keliatan jelas baut udah nyundul-nyundul. Ujungnya dilibas di trek lurus. Dipukulin dah itu tangki yamama 😂😂.

  3. Apa yang dimaui Toprak terealisasi dengan BMW, makanya ke MotoGP dengan misi bapak pembangunan?… Runyam karirnya

    Lebih baik stay WSBK dengan harapan BMW beneran masuk MotoGP dengan data Suzuki MotoGP

    Karena BMW M1000 juga punya basis GSX kan ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP