Monday, 23 September 2024

Motor Listrik Jadi Konten Uji Kontes Mekanik Honda Nasional 2024

 

TMCBLOG.com –  Jadi sob, semenjak hari Selasa awal pekan ini sampai dengan hari ini Jumat 23 Agustus 2024, sejumlah 51 teknisi dan 29 Service Advisor (SA) terbaik dari total 20 ribuan teknisi dan service advisor bengkel resmi Honda AHASS se-Indonesia saling berkompetisi menjadi yang terbaik mengikuti kontes teknisi bertajuk Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024. Kontes teknisi yang berlangsung ke-28 kalinya diadakan oleh AHM ini untuk mengukur dan menguji kesiapan para teknisi maupun Service Advisor dalam melayanani konsumen Honda agar dapat memberikan layanan purna jual terbaik kepada konsumen serta juga untuk mencari wakil terbaik untuk diikutkan ke jenjang kontes yang lebih tinggi lagi di level regional Asia Tenggara sampai level dunia sebagai wakil Indonesia baik untuk ategori motor komuter (motor bermesin cc kecil) dan kategori fun (motor bermesin cc besar).

Mereka yang bertanding pada kontes ini merupakan para teknisi terbaik yang diperoleh dari kontes sub-regional dimana mempertandingkan sekitar 10.000 teknisi reguler, 2.000 SA dari 3.700 jaringan AHASS. Hasil seleksi sub-regional ini menghasilkan 22 teknisi reguler, 220 SA dan 22 teknisi Big Bike terbaik yang langsung mengikuti di tahap final regional.

Saat TMCBlog hadir di venue acara yang bertempat di Astra Honda Safety Riding & Training di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat ada banyak menarik yang menjadi ajang dan tools penilaian terpadu untuk para mekanik semisal dengan dengan sebuah model role play. Model penilaian ini dimana tempat test peserta di-setup sehingga mirip sebuah bengkel AHASS.

Mekanik dihadapkan dengan motor yang bermasalah dengan hanya berbekal informasi dari ‘konsumen’ mengenai gejala masalah yang mereka alami tanpa diberitahu permasalahan sebenarnya di motor.

Setelah itu teknisi akan melakukan berbagai cara diagnosa perbaikan dan solusi yang tentunya memang sudah dikuasai mereka sebagai juklak penanganan masalah teknis motor.

Ada beberapa hal yang baru dari kontes teknisi AHM tahun ini. Yang pertama adalah AHM menghadirkan konten uji mengenai EV atau motor listrik dengan menggunakan Honda EM1 khusus untuk kategori teknisi pit reguler (Com). Yang kedua adalah apresiasi untuk kategori main dealer terbaik yang nilainya diambil dari poin yang diperoleh para teknisi mereka di kontes tingkat nasional ini.

Juara Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024

Big Bike Technician
Juara 1 : I Made Wiyoga – Astra Motor Bali
Juara 2 : Dwi Sofianto – Astra Motor Jateng
Juara 3 : Moch. Rifa’i – MPM Surabaya

Kategori Com Tech
Juara 1 : Riki Gustiawan – Astra Motor Sumsel
Juara 2 : Syahrul Musni – Astra Motor Sulsel
Juara 3 : Said Muhammad Randi – ITC

Kategori Service Advisor :
Juara 1 : Eko Purwanto – MPM Surabaya
Juara 2 : Tri Wahyudi – Astra Motor Jateng
Juara 3 : I Made Arya Dwi Cahya Arta – Astra Motor Bali

Best Main Dealer : Astra Motor Sulsel

 

Foto : Derry Rider

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP