Monday, 23 September 2024

Yamaha R1 Berwinglet Langsung Dipakai Balap WSBK Mulai Seri Cremona 2024

TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui Yamaha telah merilis secara global Yamaha YZF-R1 Series yang salah satu updatenya adalah memulai penggunaan aerodinamika winglet di kedua side fairing-nya. Ternyata nggak perlu lagi menunggu homologasi 2025 dan musim depan agar kita bisa melihat sepak terjang fairing winglet ini. Di Seri Italia – Cremona akhir pekan ini Yamaha R1 ber-winglet ini ternyata sudah di-homologasi Oleh Yamaha ke FIM dan akan memulai debut balapan dunianya.

Yamaha Racing telah mengumumkan bahwa kedua team WSBK Yamaha : Pata Yamaha dan GRT Yamaha akan turun dan langsung mencoba kedua winglet ini langsung di keempat motor yang ada di line-up. Hal ini berarti, Yamaha hanya butuh untuk menghomologasikan ditengah musim peranti tersebut dengan cara meminta Direktur Teknis FIM WSBK untuk mengecek segala halnya termasuk sisi safety dari winglet berbahan campuran serat karbon ini.

Berbicara di Sirkuit Cremona, Manajer Yamaha Motor Europe Road Racing dan R&D – Andrea Dosoli memberikan informasi lebih lanjut tentang perubahan tersebut. Yamaha akan membalap dengan peranti winglet tersebut untuk empat putaran terakhir tahun 2024, mengumpulkan data yang berharga untuk pengembangan WSBK R1 tahun depan.

Membahas perubahan tersebut, Dosoli berkata: “Saya sangat senang bahwa mulai besok, para pebalap kami akan dapat sepenuhnya memanfaatkan potensi paket baru ini. Saya tidak sabar untuk melihat para pebalap kami berlomba selama akhir pekan dengan motor ini.”

“Motor produksi merupakan langkah penting yang menghasilkan sedikit gaya tekan ke bawah dan menstabilkan motor, memberikan sensasi yang lebih baik saat memasuki tikungan dan mengerem, serta mengurangi gerakan memutar saat keluar tikungan.”

“Kami yakin ini bisa menjadi langkah pertama dan penting bagi kami untuk berhasil, untuk mengimplementasikan motor ini dalam balapan dengan empat balapan tersisa, karena dengan begitu kami bisa mengumpulkan data yang akan lebih cepat pada tahun 2025 di mana kami mengharapkan langkah selanjutnya dalam hal pengembangan performa motor.”

New Yamaha YZF-R1 dan R1M MY 2025 Juga Dapat Update Winglet !!

Secara umum informasi dari DWO sendiri sudah hadir  Bahwa Menjelang Acerbis Italian Round, FIM telah memberikan informasi terbaru tentang sepeda motor yang memenuhi syarat untuk berkompetisi di Kejuaraan Dunia Superbike MOTUL FIM.

Berita besarnya adalah bahwa model Yamaha YFZ-R1 baru telah dihomologasi sejak September 2024 untuk jangka waktu delapan tahun. Sepeda motor tersebut telah menyelesaikan homologasi Fase 1 dan Fase 2. Cek di bawah untuk melihat daftar lengkap sepeda motor yang telah dihomologasi.

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP