Friday, 18 October 2024

Honda Patenkan Desain CB1000R Hornet Electric (Hornet e:)

TMCBLOG.com Selama ini hadir beberapa skema nomenklatur penamaan sepeda motor listrik Honda yang menggunakan akhiran ‘ e: ‘ ketika produk model tersebut memiliki kesamaan atau detail arah desain yang sama dengan sepeda motor ICE yang sudah dibuat oleh Honda. So, ketika Honda kedapatan patenkan desain dari motor naked bike besar dengan mesin listrik, TMCblog perkirakan bisa jadi itu adalah Hornet e: mengacu pada varian Honda Hornet CB series akhir-akhir ini.

Honda sudah berniat untuk memiliki setidaknya 10 sepeda motor listrik dalam jajaran produk globalnya pada tahun 2025, jadi waktunya terus berjalan untuk memproduksi mesin-mesin tersebut, dan setidaknya beberapa di antaranya dimaksudkan untuk menjadi mesin yang relatif besar dan berperforma tinggi. Gambar mesin yang ditunjukkan dalam paten baru tampaknya merupakan sepeda motor yang lebih besar, yang meminjam komponen langsung dari CB1000R yang saat ini mengguankan brand Hornet.

2021 HONDA CB1000R BLACK EDITION

Komponen termasuk garpu suspensi depan, lampu depan, dan bahkan lengan ayun satu sisi diambil langsung dari CB1000R, dan proporsi keseluruhan mesinnya mirip, hingga tangki bahan bakar tiruan yang meniru bentuk CB1000R.

Bahkan ada “tutup pengisi” yang dapat dikunci di bagian atas, tetapi alih-alih hanya dibuka untuk mengakses tangki, tutup ini memungkinkan seluruh “tangki” diayunkan ke atas, memperlihatkan port pengisian daya AC yang langsung menuju kotak distribusi daya yang memenuhi sebagian besar ruang di dalamnya. Paten tersebut menunjukkan kabel pengisian daya AC yang dapat dilepas yang, saat dicabut, juga dapat disimpan di bawah penutup dengan melilitkannya di sekitar kotak distribusi daya.

Colokannya diperkirakan dapat digunakan di rumah saat motor terparkir di garasi owner dapat memasangnya langsung ke soket dinding rumah untuk pengisian daya lambat melalui pasokan listrik dengan daya rumah tangga pada umumnya.

Paten tersebut juga menunjukkan soket kedua, dengan garis luar khas colokan CCS2 gaya Eropa, dalam kotak di bawah sisi kanan jok. Desain CCS2 mencakup bagian atas untuk pengisian daya AC berdaya lebih tinggi, biasanya hingga maksimum 22 kW, dan ditambah dua soket besar untuk kabel DC yang memungkinkan pengisian daya sangat cepat dari stasiun pengisian daya DC khusus.

Baterainya sendiri disusun dalam empat paket miring, ditumpuk dalam dua lapisan di dalam wadah baterai struktural. Baterai ini permanen dan tidak bisa dilepas-pasang, Bateraimengisi semua ruang yang biasanya digunakan oleh mesin.

Motor sepeda motor dipasang tinggi, tepat di bawah jok pengendara dan di atas bagian depan lengan ayun. Satu set roda gigi reduksi di sisi kanan sepeda motor membawa penggerak ke posisi yang konsentris dengan poros lengan ayun, dan roda gigi terakhir tersebut dipasang ke poros melintang yang menyalurkan daya ke kiri sepeda motor lalu menggerakkan belt untuk memberi daya pada roda belakang. @tmcblog

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP