Friday, 25 October 2024

Honda Patenkan Desain Pemantul Radar Pada Varian PCX

TMCBLOG.com – Pemantul radar adalah satu part pasif yang sangat membantu kendaraan lain yang memiliki sistem bantu keselamatan dalam bentuk radar agar bisa dengan mudah mendeteksi kendaraan terdekat terutama yang memiliki pemantul (Reflector) radar. Secara dimensi sepeda motor lebih kecil dibandingkan mobil sehingga sering kali sistem radar mobil terlewat atau minimal tidak detail dalam mendeteksi posisi keberadaan sepeda motor di dekatnya. Dan untuk riset pemantul/reflektor radar ini, Honda mengajukan PCX sebagai modelnya.

Honda menempatkan dengan cerdik reflektor berbentuk cerdik di belakang windshield. Terdiri dari dua reflektor berbentuk cangkir, masing-masing terbuat dari tiga lembar reflektif datar, reflektor tersebut dimaksudkan untuk menangkap dan memantulkan gelombang radar yang luas yang mengenai bagian depan sepeda dan memantulkannya kembali ke sumbernya, sehingga menghasilkan tanda radar yang lebih besar daripada yang seharusnya dimiliki sepeda.

Honda menempatkan reflektor di PCX tersebut relatif tinggi untuk memaksimalkan efektivitasnya, tetapi karena seluruh unit berada di belakang kaca depan, dampaknya terhadap bentuk atau gaya sepeda tidak terlalu besar.

Dan tidak seperti reflektor radar elektronik, ide reflektor pasif harus cukup murah untuk diterapkan sehingga hampir tidak berdampak pada biaya produksi sepeda motor pada umumnya. Reflektor radar dapat dibuat dari sepotong logam tipis atau bahkan plastik yang dilapisi dengan lapisan logam. Murah, sederhana, namun menjanjikan peningkatan keamanan yang lebih baik terutama di era dimana nanti sistem radar pada kendaraan bermotor khususnya mobil adalah hal yang biasa dan banyak ditemukan. – @tmcblog

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP