Friday, 25 October 2024

Yamaha MT-07 2025 . . . Banyak Part Baru Termasuk Y-AMT !!

TMCBLOG.com – Mengusung filosofi ‘Sisi Gelap Jepang’, MT-07 telah memimpin industri dengan gaya futuristiknya dan motor bertenaga dengan torsi besar yang telah menarik banyak penggemar di seluruh dunia dengan tampilannya yang berani dan terkadang radikal. Untuk tahun 2025, agaknya Yamaha kembali menjadi penentu tren kategori ini dengan kehadiran anggota terbaru dalam keluarga MT Series dengan tampilan baru yang segar, spesifikasi yang lebih tinggi, dan pilihan versi yang dilengkapi Y-AMT.

MT-07 pertama langsung menjadi hit dengan kombinasi bobotnya yang ringan dan mesin unik CP2 generasi pertama, dan karakter yang mengundang senyum inilah yang menjadikan MT-07 sebagai ikon modern. Bahan-bahan ini tetap menjadi inti MT-07 2025, yang telah direkayasa untuk menawarkan pengalaman berkendara yang lebih menyegarkan berkat sasis yang direvisi dan sejumlah mode berkendara yang dapat disesuaikan, serta penerapan katup gas elektronik YCC-T dan versi mesin CP2 yang disempurnakan, yang telah dikembangkan untuk menciptakan ikatan yang lebih erat antara pengendara dan mesin.

MT-07 selalu dipuji karena bobotnya yang ringan dan sifatnya yang sporty, itulah sebabnya para insinyur Yamaha bekerja keras untuk mengurangi bobot meskipun spesifikasinya meningkat secara signifikan. Meskipun teknologi yang ditambahkan ke MT-07 2025 biasanya menghasilkan peningkatan bobot keseluruhan sebesar 4,5 kg, mesin terbaru ini hanya berbobot 183 kg – satu kilogram lebih ringan dari model sebelumnya.

Penggunaan velg baru, yang diproduksi menggunakan proses spinforging yang dipatenkan Yamaha, menghemat hampir setengah kilogram dan mengurangi efek giroskopik saat berkendara dan berkontribusi pada pengendalian sepeda motor yang lebih lincah – sementara komponen seperti baterai dan triple T rangkap tiga aluminium die-cast juga menawarkan penghematan bobot yang signifikan. Bodi minimalis pada MT-07 generasi keempat saja menghasilkan penghematan sebesar 600 gram.

Yamaha MT-07 generasi keempat tampil dengan tampilan baru yang ramping berkat seluruh bodi baru dan unit lampu depan LED bifungsional yang didesain ulang sepenuhnya. Tampil pertama kali pada platform CP2, MT-07 2025 dilengkapi sistem Yamaha Chip Controlled Throttle yang sebelumnya telah digunakan pada model berkapasitas lebih besar dalam seri MT.

Dengan mengadopsi teknologi throttle ride-by-wire ini, MT-07 dapat menggunakan rangkaian lengkap alat bantu pengendara elektronik, yang memungkinkan penyesuaian dan kenikmatan berkendara. Respons throttle MT-07 yang luar biasa kini dilengkapi tiga pengaturan YRC (Yamaha Ride Control) yang mengubah karakteristik daya agar sesuai dengan preferensi pengendara dan kondisi jalan. YCC-T juga memfasilitasi kontrol traksi yang dapat diganti, transmisi Y-AMT, dan memungkinkan pemasangan quickshifter naik-turun generasi ketiga Yamaha sebagai opsi aksesori pada versi standar. Eksklusif untuk MT-07 Y-AMT 2025, cruise control juga merupakan fitur standar, yang meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kelelahan saat berkendara di jalan raya.

MT-07 hadir dengan dua mode YRC bawaan pabrik, Sport dan Street, dengan pengaturan Custom ketiga yang dapat ditentukan oleh pengguna melalui dashboard TFT atau aplikasi MyRide gratis.

Pengendara dapat memilih dari tiga peta daya dan dua level kontrol traksi, serta kemampuan untuk mematikan intervensi. Mode Sport telah dikembangkan untuk pengendaraan yang lebih antusias, seperti di trek atau jalan berkelok. Mode ini telah ditetapkan sebelumnya untuk menawarkan peta daya yang paling responsif (PWR1) dan level kontrol traksi yang lebih rendah (TCS1). Mode Street, yang dirancang untuk penggunaan sehari-hari, menggunakan penyaluran yang lebih lembut (PWR2) dan level intervensi tertinggi (TCS2).

Pengaturan daya ketiga (PWR3) memberikan penyaluran paling ringan, cocok untuk cuaca basah dan kondisi cengkeraman rendah, dan pengguna dapat memilih salah satu dari tiga penyaluran daya dan tiga pengaturan kontrol traksi (termasuk kemampuan untuk mematikan intervensi sepenuhnya) untuk prasetel kustom mereka.

Untuk MT-07 yang dilengkapi dengan Y-AMT, pengaturan YRC tambahan lebih mencerminkan mode berkendara yang dipilih. Saat dalam pengaturan manual (MT), MT-07 Y-AMT menggunakan mode yang sama dengan versi manual. Masing-masing dari dua pengaturan AT memiliki mode YRC sendiri. Saat dalam mode D, sistem memberikan kombinasi yang seimbang antara respons gas, TCS, dan perpindahan gigi untuk memberikan pengaturan menyeluruh yang baik untuk kondisi apa pun. Dalam mode D+, YRC memberikan tingkat intervensi TCS yang berbeda dan bertahan pada setiap gigi lebih lama – mendorong pengendara untuk menikmati putaran motor CP2 dan membuka tingkat performa paling bersemangat yang ditawarkan oleh cara perpindahan gigi yang inovatif ini.

Selain bodi MT-07 yang baru, posisi berkendara yang direvisi memberikan kesan lebih sporty dan rasa menyatu yang lebih kuat dengan mesinnya. Dengan tinggi jok 805 mm, MT-07 2025 dapat diakses oleh berbagai pengendara sekaligus tetap proporsional dan cukup lapang bagi mereka yang bertubuh besar.

Dibandingkan dengan model sebelumnya, MT-07 baru memiliki posisi stang yang lebih menarik, yaitu 18 mm lebih lebar, 22 mm lebih rendah, dan 9,3 mm lebih ke belakang, sementara pijakan kaki 10 mm lebih rendah untuk menambah ruang kaki. Kenyamanan pengendara semakin bertambah berkat rakitan jok dua bagian baru, yang memiliki ukuran, bentuk, dan bantalan yang lebih baik untuk pengendara dan penumpang.

Suspensi depan up-side down 41mm baru menghiasi bagian depan MT-07 baru yang dipadukan dengan sasis baru untuk menghadirkan pengendaraan yang lebih sporty dan menarik, sementara Triple T rangkap tiga aluminium die-cast desain baru  hampir setengah kilogram lebih ringan daripada komponen yang ditemukan pada MT-07 sebelumnya.

Di bagian belakang, shock peredam kejut dan link penghubung telah dioptimalkan untuk melengkapi ujung depan baru dan pengembangan sasis lainnya, dengan penyesuaian untuk redaman beban awal dan pantulan, memberikan pengendara opsi untuk menyesuaikan pengendaraan sesuai dengan keadaan pribadi dan gaya berkendara mereka.

Bersamaan dengan suspensi baru, kaliper rem radial empat piston ganda juga diadopsi untuk pertama kalinya pada MT-07. Ini menawarkan kekakuan yang lebih baik untuk daya pengereman yang lebih kuat dan konsisten.

MT-07 menggunakan rangka dan sasis yang diperbarui untuk MT-07 generasi keempat, dimodifikasi untuk menawarkan penanganan yang lebih baik dan memfasilitasi pengemasan teknologi baru yang kini ditawarkan sebagai perlengkapan standar.

Dengan menggunakan baja tubular berkekuatan tinggi untuk tingkat kekakuan dan kekuatan yang tinggi, rangka tersebut memiliki berat yang sama dengan yang terdapat pada MT-07 generasi sebelumnya, yaitu sekitar 14,8 kg, meskipun menawarkan kekakuan torsional, longitudinal, dan lateral yang meningkat antara 12 hingga 13%. Secara khusus, rakitan poros lengan ayun berbeda secara signifikan dari model lama, dengan bentuk, ketebalan, dan penyangga baru yang menjadikannya komponen penting dalam menentukan keseimbangan sepeda motor dan kelincahan penanganan.

MT-07 2025 dilengkapi dengan layar dashboard warna berukuran 5 inci yang menawarkan empat tema berbeda untuk dipilih pengendara, yang dapat dipilih melalui sakelar stang.

Selain speedometer dan takometer, instrumentasi yang komprehensif mencakup pengukur bahan bakar, konsumsi bahan bakar rata-rata, suhu udara, dan indikator perpindahan gigi. Semua tata letak memberikan keunggulan pada speedometer tetapi menyajikan informasi dengan cara yang berbeda untuk menyesuaikan selera pengendara atau gaya berkendara.

Pertama kali diluncurkan dengan pujian luar biasa pada MT-09 Y-AMT, sistem Transmisi Manual Otomatis Yamaha (Y-AMT) memulai debutnya pada platform CP2 dengan MT-07 Y-AMT 2025.

Sistem ini menghilangkan kebutuhan akan kopling yang dioperasikan secara manual dan memberi pengendara kebebasan untuk memilih antara perpindahan gigi secara manual melalui tuas gaya jungkat-jungkit yang dioperasikan dengan jari yang dipasang di sisi kiri stang, atau menikmati perpindahan gigi yang sepenuhnya otomatis dalam salah satu dari dua mode AT.

Pada prinsipnya dikembangkan untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih murni dan mendebarkan, teknologi Y-AMT tidak hanya meningkatkan sifat MT-07 yang mengundang senyum, tetapi juga memiliki efek samping positif dalam menciptakan mesin yang lebih mudah diakses dan menginspirasi rasa percaya diri yang lebih mudah dikendarai daripada sebelumnya, terutama pada kecepatan rendah. Hasilnya adalah sepeda motor yang berfokus pada pengendara yang mudah digunakan, mudah beradaptasi, dan sporty.

Saat ditempatkan pada pengaturan AT (Transmisi Otomatis), pengendara dapat memilih antara D dan D+. Kedua opsi menawarkan pola perpindahan gigi yang berbeda, D menghadirkan perpindahan gigi yang seimbang untuk berkendara sehari-hari, sementara D+ menawarkan pengendaraan yang lebih sporty dengan perpindahan gigi yang lebih tinggi pada rentang putaran mesin. Teknologi Y-AMT bekerja selaras dengan mode berkendara MT-07 YRC, yang selanjutnya menyesuaikan karakteristik daya dan pengaturan kontrol traksi agar sesuai dengan jenis pengendaraan yang dibutuhkan oleh pengendara. MT-07 Y-AMT juga dilengkapi dengan cruise control, yang menawarkan pengendaraan yang lebih santai pada perjalanan jauh di jalan raya.

Untuk pengalaman yang paling sporty, pengaturan MT (Transmisi Manual) telah dikembangkan untuk menempatkan pengendara sepenuhnya dalam kendali. Perpindahan gigi diaktifkan melalui sakelar jungkat-jungkit taktil yang ditempatkan dengan nyaman di ujung jari tangan kiri pengendara. Pengendara dapat menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menaikkan gigi dengan tuas plus, dan menurunkan gigi dengan tuas minus, atau memilih pengoperasian satu jari untuk pengendaraan yang lebih sporty, hanya menggunakan jari telunjuk untuk memindahkan gigi dengan menarik tuas plus untuk memindahkan gigi ke atas, dan mendorongnya untuk memindahkan gigi ke bawah untuk pengendaraan yang paling sporty.

Tanpa kopling untuk mengoperasikannya, pengendara dapat lebih mudah mengatur waktu perpindahan gigi sambil berfokus pada jalur dan kontrol lainnya. Tanpa pedal perpindahan gigi yang dipasang secara tradisional, pengendara juga lebih mampu memposisikan tubuh bagian bawah saat berbelok – memberikan stabilitas yang sangat baik saat menikung dan menciptakan koneksi yang lebih meyakinkan dengan sepeda motor.

Bobot ringan dari teknologi Y-AMT memastikan bobot keseluruhan MT-07 Y-AMT hanya 186 kg, menjadikannya mesin yang lebih mudah diakses oleh pengendara yang mencari sepeda motor berkapasitas besar pertama mereka, serta pengendara yang lebih berpengalaman yang menginginkan mesin berukuran penuh yang mudah diatur dan mengasyikkan, tanpa kompromi apa pun. – @tmcblog

5 COMMENTS

  1. Mesin made in Indo kah?btw overall ini motor katanya lebih ringan ya?dengan segala penyempurnaannya dan forknya akhirnya USD, sepertinya akan terus best seller nih.
    btw ini motor menyasar anak2 muda Europe and US ?Secara duduknya makin sporty…
    orang2 40> sepertnya dianjurkan naik skutik gede ?

  2. Gak paham filosofinya yg agak nyleneh ini, dulu awal muncul taglinenya “born of the darkness” 😅, tp tetep emg laris manis nih motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP