About these ads
jump to navigation

Nyobain GPS Garmin 60CSx di V-Ixion Desember 30, 2008

Posted by Taufik in Riding Stories.
Tags: , ,
trackback

judul_gps_vixion

Setelah selesai mengupdate peta pada Garmin 60CSx, saya mencobanya untuk melakukan perjalanan ke kantor Depok. Tentu saat menggunakan GPS saya nggak membutuhkan arahan dari GPS karena Jalurnya so pasti sudah saya hafal luar dalam. Ujicoba kali ini fokusnya adalah pada kenyamanan bernavigasi. Garmin 60CSx saya lekatkan ke stang Si Marun menggunakan Handlebar mount bracket produk Garmin juga. Posisi GPS diusahakan ideal untuk dilihat, jangan sampai efek glare sinar matahari menggangu navigasi kita. Dudukan GPS pada setang sepertinya sudah didesain cukup kokoh, ini terbukti saat saya melewati jalan yang bumpy itu GPS tetep tenang berada di dalam Braketnya. Map yang dikembangkan forum navigasi.net cukup lengkap dan akurat. Jalan sepanjang Bogor-depok melalui pemda cibinong – kali mulya – margonda tergambar dengan cukup baik dan akurat. Hanya beberapa jalan’tikus’ yang belum ada ;)

dataperjalananPada Pagi hari, Screen LCD GPS belum terpapar sinar matahari langsung sehingga semua informasi dapat dilihat dengan baik saat berkendara, walaupun hanya sekilas saja. Jangan terlalu lama berbahaya :D Motor saya lajukan natural dan saat akhir perjalanan di kantor saya cek data-data yang terekan di GPS. Disana tercatat :

  • jarak tempuh/ Trip odom : 34,4 km
  • Kecepatan Maksimal/Max Speed : 72,5 kpj
  • Waktu perjalanan : 54 menit 47 detik
  • Waktu berhenti : 5 menit 24 detik
  • rerata kecepatan sat berjalan : 21,6 MPH ~ 34,5 kpj

Wah lengkap juga yah. waktu perjalanan pergi unit yang saya gunakan belum diubah ke metrik jadi masih pakai satuan mile dan feet (kaki). Saat Perjalanan pulang Unit saya seting menjadi metrik sehingga data yang terbaca sudah menggunakan satuan km/h dan km. Saat Pulang saya mencoba untuk mengetahui perbandingan pembacaan kecepatan pada spedometer Si Marun V-Ixion dan GPS Garmin 60CSx. Wuiih, saya harus sedikit berakrobatik untuk mendapatkan gambar kecepatan yang ditunjuk GPS dan spedometer secara bersamaan saat motor sedang berjalan. Saya lakukan hal yang cukup beresiko ini di Jalan Parung serab Depok (kampung sawah) yang cukup lengang. Beberapa data yang saya peroleh adalah sebagai berikut :

ukur_kecepatan

:roll: hasil jepretan pembacaan kecepatan

datakecepatan_web

:roll: data pengukuran kecepatan

Pada Data di atas terlihat bahwa pembacaan jarum spidometer memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada pembacaan pada GPS. Saya belum Tahu yang mana yang paling bener pembacaannya. Untuk sementara kesimpulannya baru sebatas pada perbedaan hasil pembacaan. hujan_gpsSaat Pulang, saya terpapar hujan yang cukup deras saat masuk kota Hujan Bogor. Garmin 60CSx sengaja tidak saya copot dari tempatnya, saya ingin membuktikan klaim pabrikan yang menyatakan gadget ini water proof . . . dan ternyata terbukti.  Demikian laporan/review kali ini, belum banyak yang saya dapat eksplore dari gadget ini, tapi Insya Allah akan saya selalu update bila ada perkembangan lebih lanjut. Dan saya juga telah membuat blog sederhana mengenai keminatan saya pada Navigasi di http://navigasi.wordpress.com/ Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. Jeffry - Desember 30, 2008

copy paste :
Pada Data di atas terlihat bahwa pembacaan jarum spidometer memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada pembacaan pada GPS. Saya belum Tahu yang mana yang paling bener pembacaannya.

Speedometer yg ada di kendaraan roda4 maupun roda2 emang sengaja dibiqin lebih cepat drpd kecepatan yg sebenarnya.Hal itu bertujuan utk faktor keamanan (safety).Jd menurut saya,yg GPS itu kecepatan yg lebih akurat.Cuman saya blom tau lebih akurat mana GPS vs Vericom yg pake infra red yg ditembakkan ke badan jalan (aspal).Mungkin bro Taufik mau nyobain ? :)

2. ridho - Desember 30, 2008

Wah bahaya tuh mas…

3. paknelintang - Desember 30, 2008

hmm…kalo menurut saya yang bener yang GPS itu mas, secara speedo motor yang masuk indonesia banyak yang mark-up speed-nya…

4. Moel's - Desember 30, 2008

Thanx inponya bro…
btw.
Selamat tahun baru Islam 1430 Hijriah.
Semoga tahun ini lebih baik dai tahun sebelumnya.
Selalu mendapat ridho, rahmat, dan hidayah dari Allah SWT.
Amin.

5. az147r - Desember 30, 2008

tertarik jg dgn hasil perbandingan kecepatan antara spidometer dgn pmbcaan di gps nya.

6. Pembokat Madam'S Lorenz - Desember 30, 2008

ane kebut vixi max 140 berarti 136 yahh, brarti speedo vixi cuman tuk menghibur gw yg cuman pembokat,, huhuhu, mending beli ducarti taon depan, yg bodong wae 25jt th2000

7. atlet - Desember 30, 2008

Mas taufiq, gps itu pemakaiannya gratis apa musti berlangganan seperti hp gsm misal? Gpsnya mas taufik apa sama dgn yg dipakai untuk naik gunung atau navigasi di hutan?maaf mas soalnya masih awam :)

8. Mr. Momod - Desember 30, 2008

Jangan lagi ‘akrobat’….. bahaya. !
mendingan bawa boncenger untuk foto.

*bukan si marun sama bro Taufik yang dikhawatirkan, tapi siapa yang mo update artikel di marih…. :P

9. Mr. Momod - Desember 30, 2008

Oya….
Yang akurat spidometer vixion (ukuran ban depan blum ganti kan?), kalo GPS,…. yang baca kan ‘satelit’ yang jauuuuuuuuh (walaupun real time), pasti ada jeda waktu sepersekian detik ‘nangkep’ posisi bro Taufik, trus si satelit ‘kasi kabar’ posisi ke GPS, trus si GPS ngitung, konversi, baru nampilin di layar. :D

10. Moel's - Desember 30, 2008

@Mr. Momod.

Kalo dalam istilah penerbangan juga ada perbedaan speed antara indicator di pesawat dan di GPS.
Speed yang tertera di indicator pesawat adalah TAS atau True Air Speed, sedangkan yang tertera di gps adalah ground speed (kecepatan pesawat terhadap permukaan bumi).
Perbedaan ini terjadi karena adanya wind condition (pengaruh arah angin) apakah down wind (melawan arah angin) pengaruhnya speed di indicator pesawat > speed di GPS ataupun tail wind (searah arah angin) pengaruhnya speed di indicator < speed di GPS.

Speed di pesawat bekerja berdasarkan static pressure dan dinamic pressure.

Speed di GPS bekerja dengan bantuan satelite yang di tebar beberapa posisi di atmosfer bumi dan mengkalkulasikan posisi GPS terhadap permukaan bumi.

Yang dipake adalah Speed di Indicator pesawat karena adalah TAS tadi, GPS hanya alat bantu yang ada di pesawat dan tidak bisa menjadi patokan secara real karena ketergantungan terhadap satelite.

Thanx.

Salam.

11. hadiyanta - Desember 30, 2008

Harusnya map untuk jalan “tikus” nya lebih lengkap, kan mas Tri sudah hapal tuh jalan yang biasa, lagi pula salah satu keuntungan naik motor itu biar bisa nyusup-nyusup ke jalan “tikus”. Agar bisa menghindar dari kemacetan.

12. Moel's - Desember 30, 2008

Posting sebelumnya masuk gak bro?

13. Taufik - Desember 30, 2008

@Mas Hadiyanta :roll: celingukan nyariin mas Tri he he he he :D

@Moels#4
selamat tahun Baru juga bro

@mr Momod
betul emang bahaya . . . jangan diikutin dah ;)

@Atlet#7
Sinyalnya sih Gratis bro . . . tinggal beli alatnya saja…trus donlot data mapnya yg . . . gratis juga di http://www.navigasi.net

@Moels#10
ooo..gitu :D

14. kornet - Desember 30, 2008

@mas taufik
wah bahaya tuh mas….
nanti bisa2 whelie sendiri tuh motor…
mending cari aman ajalah
qta pembaca real2 aja kok

maksud beli alatnya apa mas….
alat gps or ada penambahan lagi
dari gps yang dah kita beli…????

15. Taufik - Desember 30, 2008

@Kornet & All

yang akrobat cuman pergelangan tangan kiri yang megang kamDig
tangan kanan tetep di throtel . . . pandangan tetep ke depan . . . LCD nya aja nggak dilihat . . . asal jepret githu, kagak pake di keker, alhamdulillah bagus

maksutnya alatnya..yaa unit GPS nya itu bro :D

16. kucrut_bike's - Desember 31, 2008

mas taufik itu vixion nya dipakein tudung visor nya Tiger Revo yak?? hehe emang keliatan jadi lebih cakep.. punya kakak ipar ane juga dipakein tuh visor.. jadi lebih sedep dipandang.. mau motor laki apa aja dipakein gituan.. asal lampunya bulet..

17. Taufik - Desember 31, 2008

@mas kucrut

betul mas :lol:

18. atlet - Desember 31, 2008

Thanks ya bro Taufik, setelah baca diblok navigasi skrg saya jd lebih faham.

19. Taufik - Desember 31, 2008

@Atlet

Thks sudah mampir . . . jangan lupa tinggalkan JEJAK berupa komentar ;)

20. pulsa - Desember 31, 2008

rata2 speedo motor jepang emang di lebihkan 10% an untuk faktor keamanan.
pernah barengin ama temen yg naik vixion pas di pantura dia dah nyampe 130kmh, di pulsar200 ane 115kmh, di garmin ane 112kmh.

21. shandy - Januari 5, 2009

OOT ya Mas Taufik, minta informasi tentang Visornya (Jenis, Tempat beli and Harga) plus braket yang dipasang buat Vixion, klo bisa info ke saya di my_sbt@yahoo.co.id

Thanks

22. Taufik - Januari 5, 2009

@Shandy
Visor TigRev Banyak Yang Jual Di sentra2 Asesoris seperti Bonjer III jakbar, Cibubur, atau Otista. Aye dapetnya di Otista .. . . harganya lupa.. tapi nggak nyampe 100 rb dah termasuk braket khusus Vixi

Pertanyaan Braket . . . . Braket Visor kan? atau Braket Box Bagasi?

23. shandy - Januari 6, 2009

Betul Mas, Braket Visor, saya udah beli tapi memang kualitas besi braketnya kurang bagus maklum besi beton, kemarin pas dipasang kok malah patah di bagian sambungannya trus klo dipasangpung kayaknya tu braket ama visornya agak jauh dari speedometer dan agak nutupin lampu depan, bisa di share gak klo braket CUSTOMS buat vixion yang pas banget tinggal PNP.

Thanks

24. Pakai GPS Mobil di Motor « Taufik & Motorcycle - Februari 6, 2009

[...] Nyobain GPS Garmin 60CSx di V-Ixion [...]

25. bembeng - Februari 17, 2009

mas tufik
mau tanya, dudukan gps nya itu bikin atau beli, kalo beli, belinya dimana ?
japri ke bambang.001@gmail.com

tks

26. afif choerudin - Februari 17, 2009

sama yg di atas dudukan GPS gmn bro?
rencana ane mo nambahin HP N78 gw sbg GPS cz dah ada intregated GPS dan udah instal Map Garmin XT
kira2 hp ane rusak gak cz getaran motor?

27. Taufik - Februari 17, 2009

@afif

nah itu die..kalo hand held 60 csx ini nempel manteb di braketnya jadi sepertinya getaran nggak ada masyalah

kalo Hp..yang penting braket pemegangnya bro atau pake tas kayak gini :

http://ninja250r.wordpress.com/2009/02/06/pakai-gps-mobil-di-motor/

28. melky - Juni 23, 2010

guwa jual 1,2 jt garmin csx 60 minat hub 085228881815

29. Rusdi - Juli 5, 2010

salam kenal Bung Taufik…
Utk Melky barangnya ada dimana?? masih garansi?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.520 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: