TVS  india sudah menampilkan versi Update dari Varian Apache RTR 160 nya, kali ini update semakin memperkental aura racing dari motor ini. Rem Cakram depan-belakang plus Fitur safety yang masuk ke kategori Highest level . . . Anti Lock Brake System (ABS) . . . woooww. Bro Bisa lihat dari lubang-lubang gerigi di piringan cakram roda depan Motor ini. Itu salah satu ciri khas rem yang telah dicangkok sistem ABS.

Terlepas dari perlu-atau tidaknya sistem ABS pada motor ber cc kecil, saya pikir apa yang dilakukan oleh TVS kali ini adalah mencoba menyodorkan Value aded dari Apache 160 ini. sehingga bukannya nggak mungkin ABS akan menjadi barang biasa dan menjadi standar pengereman motor di masa yang akan datang. Kita lihat sendiri, learner bike macam Honda CB300R pun sudah mulai mencangkok sistem pengereman serupa. Halloo..gimana kabarnya TVS Indonesia?  Semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

UPDATE baru dapet gambar detailnya dari Vicky.in

1 COMMENT

  1. seharusnya jangan berbeda2 gini…TVS india da nggelontorin produk anyar knp kita yg d Indo ini selalu belakangan menikmati…hm..nasib deh bangsa ini…masyarakatnya hanya bisa mmbahas teknologi luar tak membuat teknologi sndri…hehehe…maaf mas taufik…

    Guest
  2. Harganya pasti lebih murah daripada motor-motor Nippon. AHM n YMKI mustinya belajar sama TVS atau Bajaj; kok bisa bikin motor desain dan teknolgi bagus tapi harga terjangkau! Jangan cuma karena menang di after-sales, lalu harga motor Nippon sa-enake dikerek tinggi-tinggi!

    Guest
  3. @Shoguner
    itu dia pak . . . aura persaingan motor (khususnya) tipe sport di negeri kita ini baru anget2 belakangan ini saja. Nah kalo di di india sana, TVS dan Bajaj pegang kendali acuan konsep. Motor2 jepun harus mau nggak mau mengikuti konsep dan arus yang dibuat kedua pabrikan lokal tersebut. Nah Pabrikan lokal nya bukan pabrikan sembarangan mereka siap meluncurkan produk2 heboh dengan fitur heboh seperti ABS ini

    lha kalo gak ada yang menstimulus..bagaimana kompetitor bisa melek . .. selama masyrakat menerima, ya . . . yang dijual seadanya deh. cmiiw

    nah disinilah peran Blogger dan pengunjung blog . . . untuk mengkampanyekan kenaiikan kualitas kendaraan sehingga lebih enak dilihat, lebih nyaman dan lebih aman dikendarai cmiiw . . . wadooh kepanjangan :mrgreen:

    Administrator
  4. wah coba itu Apacheku! keren euy.. 🙂

    btw mungkin bisa lebih digedein pas cakramnya aja mas Taufik? soale ga begitu jelas yang mana yang bergerigi..

    Guest
  5. Setelah saya amati, KOCHA KOCHA HO TAHE.. EPE LO KETE..? INDIAHE LAGE INDIAHE LAGE.. MENE PREDEK METER DESENE? CAPE DE..

    Guest
  6. Saatnya Bangsa Ini menikmati Motor2 Bekualitas, dengan tehnologi yang bagus dan harga yang “merakyat”…

    hihihiihi…..

    Guest
  7. hmmm tetep aneh mas…
    saya masih kurang suka. masih banyak bagian yang gak cocok bagi saya….garis aerodinamisnya kurang tajam… dan modelnya nanggung, seperti gak ada perubahan dengan apache sebelumnya.

    Guest
  8. untung ada motor indhie pada masuk, biar motor jepun yang di tanah air biar pada melek ( terutama motor sportnya ) & konsumen makin banyak pertimbangannya

    Guest
  9. @mas Taufik n all
    kalo pake ABS tu bener-bener ga bisa ngunci ato kalo dipaksa sampe puoll ngremesnya masih bisa ngunci juga sih? n cara kerjanya gimana kok dia bisa tau ban bener-bener berhenti ato ngesot?
    trus kalo mobil-mobil yang bagus-bagus buat ngedrift gitu pake ABS ato ga remnya?
    maaf banyak nanya, penasaran nih..

    btw ati-ati buat pengguna Apache RTR 160 (ga tau yang DD juga ato ga) yang suka belok rebahan.. kalo ke kanan aman-aman saja, tapi kalo (terlalu) rebah ke kiri ujung besi yang kotak tempat nemplok standar samping bisa “nggasruk” aspal, coz aku udah 2 kali ngalamin kaya’ gitu, terakhir kemarin siang pas jalan-jalan di seputar Gunung Kidul.. mungkin bisa agak dipapas dikit buat ngakalinnya.

    Guest
  10. OOT Yamaha India ngeluarin Yamaha SZ 125 cc buat nyaingin Honda Stunner dan Twister

    http://tugulawet.wordpress.com/2010/01/07/lagi-lagi-dari-india-yamaha-sz-concept-2/

    Guest
  11. @Pengemet 18….he…he lece jege…ember kegek kreetef bengse ene … dele ede mengter merek jeteye (jatayu) (mengter gede…hehe…meleh memble…peyeh…!

    Guest
  12. @hempere
    seteleh seye emete, tel benget! Dele jeteye perneh ngetep, dere bendeng kele gek seleh.. Wekekekekekek..

    Guest
  13. makin banyak fitur, makin bagus dan valuenya meningkat..
    perlu? ya perlu dong!
    apalagi sistem pengereman yg berkaitan dgn safety..

    Guest
  14. @moxo
    gambar digedein gak ada..coba deh lihat ini (CB300R, tapi sama saja):

    dan ini

    silahkan baca lagi di
    http://ninja250r.wordpress.com/2009/09/22/sistem-abs-pada-motor-kayak-gimana-siy/

    @Bjubah
    revo emang ada update remnya?
    mungkin VArio tekno . . .CBS . .. yo beda mas . .
    nak kalo CBS + ABS ada tuh namanya C-ABS . . udah pernah aku bahas juga .. . coba di obrak abrik arsip TMC :mrgreen:

    Administrator
  15. wah ternyata gitu toh caranya, tambah ilmu deh.. padahal dulu pernah buka artikel itu, tapi lupa. baru inget pas buka lagi liat video motor pake roda tambahan kanan kiri kaya’ anak belajar naik sepeda.. hehe

    thanks mas Taufik! 😀

    Guest
  16. wah…wah…wah… kalo begini bs diramalkan abs bakal jadi peranti yang umum alias aftermarket juga ada…. amiiinnn….!

    Guest
  17. Bang Taufik,cri info jg soal maticnya suzuki yg baru,dgr2 kok dksh nm sixteen…maaf kl OOT,abs dr kmrn indiahe trs…

    Guest
  18. fraziel…
    telat lu… bediri di pojok tangan kiri pegang kuping kanan tangan kanan pegang bokong kaki diangkat satu…. kalo capek boleh gantian…. sampe artikel selanjutnya keluar…..

    Guest
  19. wah ga ada yang bakar-bakaran..

    betewe ni motor selain valuenya oke punya, kondisi standard aja larinya udah kuenceeng banget loh! jangankan Megi n Vixy, Pio n Tigor pun lewat!! dengan syarat Pio n Tigornya masih standar ……!!!

    *mencoba bikin barbeque di artikel TVS. sukseskah??
    xixixi :mrgreen:

    Guest
  20. wah bisa jadi tu apalagi yg nyetirnya jagoan kita inspektur vijay… udah gitu remnya oke punya lg… kalo yg laen kayaknya bakalan nyungsep kalo pethakilan…
    nyamber barbeq biar rame…..

    Guest
  21. sepaham sama mas taufik ma komentarnya…namun knp para pemimpin negara ini tidak melek akan persaingan itu ya..jadi mau gak mau masyarakat kita secara gk lngsung diajarkan bersifat konsumtif trhdp produk luar…hm…walau saya makek motor buatan jepun namun ada sedikit asa knp barang yang kyk motor shogun saja gak bisa d buat oleh insinyur2 kita ya…

    makanya kemaren gak heran knp pejabat kita pakek mobil luar negeri yang harganya selangit ( bukan masalah politik mas….:-) ) krn sifat konsumtif da d mulai dr pejabatnya sampek rakyatnya…

    Guest
  22. Nambahin, tidak semua ABS pakai gerigi, lubang-lubang, “tone ring” ada juga yang pakai magnet seperti ini:

    http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/2008/07/28/sensor-abs/

    salam,
    bengkelsepedamotor

    Guest
  23. nah tuh ada tambahannya
    makasih mas imam

    sekalian saya tongolin gambarnya dah :

    Nah, ini juga sudah pakai ABS, tapi sensornya tidak seperti dua gambar sepedamotor diatas, sensornya pakai jenis magnet yang ada di dalam bearing roda depan lebih ringkas dan tetap menampilkan bentuk klasik sebagaimana tradisi sebuah sepedamotor HD

    Administrator
  24. Mbak tiyas . . .
    mosok CBS mo’ disamain sama ABS . . .komparasi Bumi sama Langit itu

    sampeyan tau kan bedanya CBS sama ABS . .. bukan cuma tukeran hurup doang tuh xixixixixixi.

    Administrator
  25. @comment freak of d’day
    woro-woro ada orang kampring kasih komenl masa abs dibilang niru cbs, kalo bener bakal hujan bedog atuch. ketawa guling-guling… bhuahaha….

    Guest
  26. @comment freak of d’day
    woro-woro ada orang kampring kasih komen! masa abs dibilang niru cbs, hujan bedog atuch. ketawa guling-guling… bhuahaha….

    Guest
  27. ABS CBS memang beda, apa lagi CBSA.. beda lagi tuh…
    OOT yang penting eksis… heheheheeee

    Guest
  28. jiahhh bang taufik ituh nubitol di ladenin.
    wakakakakak.
    bang coba check ip saya n jangan terkejut 😀
    hehehe.
    selanjutnya lewat fb aja kalo mau tanya2 :p

    Guest
  29. Walah, yang ane juga bingung kenapa CBS dibilang ada di Vario duluan ? Bukannya dari dulu mobil udah pake ya cuman namanya DBS(Distributed Brake System) CMIIW. Trus motor juga kayaknya bukan Vario duluan yang pake di motor

    Guest
  30. @60
    ngakak gw……..hahahahahhahahahha
    tolol kok ga kira2……

    cari tau dulu arti CBS n ABS, baru koar2 disini….. ksian mas taufik……

    Guest
  31. klo mau tau ttg electronic abs ad disini ni: http://www.youtube.com/watch?v=e7Eb3AVqwow&feature=fvw

    cekidot…
    Harusnya semua motor di Indonesia pake ini…
    biar ga jatuh pas ngerem mendadak…
    harga mahal ga apa2 , dr pada badan ma motor rusak krn jatuh…

    Guest
  32. http://tvsapacheclub.wordpress.com/2010/02/17/modifikasi-tvs-apache-rtr-160-ala-tac-garut/

    Modifikasi TAC Garut, silakan komen dan beri ratting, terimakasih

    Guest
  33. halo semua!
    keren pisan euy apache 180cc. kuring pk apache yg 160 cc, top speed 131km/j, gimana kl yg 180c ya? pk ABS apa ngaruh ke braking system? kyknya lbh terletak ke skill rider-nya tuh? anyway, sistem ABS hanya membantu aja. yg paling penting ttp kesadaran dan kewaspadaan kita dlm berkendara. maklum, lalu lintas di Indonesia semrawut.kita kencang+hati2, eh pengguna jln lain yg serampangan.piss ah. adios parmios parantos.

    Guest
  34. @ 60. Tyas aprianna Angraeni, SE …aduh…kalao gw mah malu banget…nggak tau tapi sok tau…ngotot lagi…ga malu ama titel SE…eh tuh titel ga ada hubungannya sih ama system rem…ga perlu dapet titel SE utk bisa tau/ngerti brake system.
    lain kali kalo mau komen n rada ngotot, jgn sok tau…salah2 jadi malu sendiri….lagian apa untungnya fanatik merk hingga menghujat merk lain???

    Guest
  35. jd pengen kredit apache 160 rtr yg baru nih, mba2 di dealer blng DP 1,5 jt & 35x Rp.813.000………………..

    kl bajaj pulsar yg new “no axsuce” (cmiiw) DP 2jt & 35x 803.000…….

    msiah bingung sih mo yg mane, coz test drive blm prnh, nyoba pyn tmn jg blm pernah (pd pny tiger,ninja RR,thunder125)

    semoga akhir bln ini ud kepilih 1 deh…insyaAllah….amin

    Guest
  36. walah…. india emang lebih maju…. liat tuh blade yg mengusung roller arm, di TVS neo udah ada tuh.ga di bangga banggain
    coz… marketingnya ga banyak ngomong sih…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here