jump to navigation

Mengupas Cara Kerja Sistem Combined ABS pada Honda CBR 250R March 31, 2011

Posted by Taufik in : Honda , trackback

Bro sekalian, tmcblog kali ini akan mencoba mengetengahkan Cara Kerja Sistem Combined ABS (C-ABS) seperti yang terdapat pada Honda CBR 250R maupun motor lainnya seperti Honda CB 300.  Pada Dasarnya sistem Combined-ABS adalah kombinasi dari sistem Combined Brake system (CBS) dan Antilock Brake System (ABS). Kunci dari sistem C-ABS adalah sebuah Sistem yang dinamakan ABS Modulator. ABS Modulator mengendalikan Tekanan Hidrolik pada kaliper berdasarkan informasi keadaan ban (mengunci-atau Nggak) yang dibaca Via Sensor kecepatan (speed sensor) yang biasanya berbentuk Grid.

gambar 2

Saat pedal rem belakang di tekan pelan, maka minyak rem akan masuk ke ABS Modulator yang akan jga diteruskan Ke kaliper melalui sebuah Pressure Control Valve (PCV) dan Delay Valve. PCV adalah sebuah Katub yang bukaannya dapat dikendalikan sedangkan delay Valve (DV) adalah sebuah katub yang akan terbuka bila tekanan sudah mencapai nilai tertentu [lihat gambar 2]

gambar 3

Jika Kita menekan pedal Rem Belakang lebih keras lagi, Tekanan minyak rem yang menuju Delay Valve akan mencapai nilai tertentu yang menyebabkan sistem Interlock pada DV terbuka dan Minyak rem tersalurkan ke SATU piston pada kaliper rem depan Motor. [lihat gambar 3] Disini lah yang membedakan sistem CBS Vario Techno dengan CBR 250R. Jika di vario Techno sekali tekan, maka kaliper depan dan tarikan tromol belakang akan langsung jalan . ..  maka di CBR 250R rem depan baru akan aktif setelah tekanan rem belakang mencapai nilai tekanan tertentu.

gambar 4

Sesaat sebelum rem belakang terdeteksi akan mengunci (ngelock) maka sensor kecepatan akan mengirimkan sinyal peringatan ke ECU yang juga merupakan Otak dari sistem Injeksi [lihat gambar 4]

gambar 5

Lalu ECU akan memerintahkan katub selenoid yang mengalirkan minyak rem ke kaliper belakang di tutup dan membuka katub selenoid yang akan mengalirkan minyak rem sisa dari kaliper belakang ke semacam master rem (reservoir Tank) [lihat gambar 5] sehingga tekanan kaliper belakang akan berkurang, dan roda belakang tidak jadi mengunci (nge lock)

gambar 6

gambar 7

Ketika ECU menilai bahwa kondisi roda belakang sudah mendekati aman dari penguncian berdasarkan indo dari speed sensor [lihat gambar 6] maka ECU akan memerintahkan katub selenoid yang mengalirkan minyak rem ke kaliper belakang untuk membuka kembali dan menutup aliran minyak rem dari kaliper belakang ke Master Rem (reservoar Tank) seraya memerintahkan juga sebuah pompa untuk mengalirkan minyak rem dari Reservoar tank ke kaliper belakang kembali [lihat gambar 7]

Note kejadian ini bisa terjadi berulang ulang dan terjadi dalam waktu yang cukup cepat !!

Lho Bagaimana Jika Yang mau mengunci adalah Roda Depan? Ya mirip sama roda belakang bro. Untuk CBR 250R, rem depan yang mengaplikasikan ABS adalah 2 Kaliper dari 3 kaliper tersedia. Satu kaliper yang lain telah dijelaskan berfungsi layaknya sebuah sistem CBS.

gambar 8

Bila ECU mendeteksi bahwa roda depan mau mengunci (ngelock) maka ECU akan memerintahkan  katub selenoid yang mengalirkan minyak rem ke DUA piston kaliper depan di tutup dan membuka katub selenoid yang akan mengalirkan minyak rem sisa dari kaliper depan ke semacam master rem (reservoir Tank) [lihat gambar 8] sehingga tekanan kaliper belakang akan berkurang, dan roda belakang tidak jadi mengunci (nge lock)

gambar 9

Ketika ECU menilai bahwa kondisi roda depan sudah mendekati aman dari penguncian berdasarkan info dari speed sensor maka ECU akan memerintahkan katub selenoid yang mengalirkan minyak rem ke kaliper belakang depan untuk membuka kembali dan menutup aliran minyak rem dari kaliper depan ke Master Rem (reservoar Tank) seraya memerintahkan juga sebuah pompa untuk mengalirkan minyak rem dari Reservoar tank ke kaliper depan kembali [lihat gambar 9]

demikian semoga ulasan ini dapat mencerahkan dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

bacaan lain :  C-ABS, Honda’s electronic braking system

Buat yang memiliki keluangan bandwidth monggo disimak :

Comments»

1. coupai - March 31, 2011

pertamax kah

2. Moy17 - in max speed - March 31, 2011

ke2 maxxxx

3. hairus mataram - March 31, 2011

Alhamdulillah, nambah pengetahuan di pagi hari. Makasih kang haji

4. #99 bro - March 31, 2011

Absen pagi… Punyanya cbs… Kapan ya bs ganti ABS

http://rosso99.wordpress.com/2011/03/31/tulisanku-ya-masakanku/

5. kentung - March 31, 2011

hehehe canggih

6. aiefz - March 31, 2011
7. absoluterevo - March 31, 2011

Wih kecolongan artikle baru ni….!

8. absoluterevo - March 31, 2011

Tapi masih mending dapat poin dikit :lol:

9. earphane - March 31, 2011

Nice info gan… Canggih

10. vixie red 07 - March 31, 2011

KETIGAXXXX…

11. gendix - March 31, 2011

di baca berkali2 tetep aj ga paham2

12. Moy17 - in max speed - March 31, 2011

mantap nih tekhnologi abs, viar denger2 sukses gimana tuh

jemuran terbaru gan

http://moy17.wordpress.com/2011/03/30/cbr-250-livery-racing-super-mantap/

13. firman euy - March 31, 2011

ehmm butuh konsentrasi penuh…pantesaN harganya mahal.. :D

14. ariipod - March 31, 2011

kl di vartech kan cuman tuas kopel antara rem dpn sm blkng doank y maz.., trus kl ABS/cABS itu abizny kampas rem depan+blkng, habisny bareng g maz??ato ad nilai limit tersendiri, dari nilai optimal thickness kampas rem ny maz??proses pengggantiann kampas remny ap harus bareng2?? makasih mz opick…,

15. Kodokz Jambanz - March 31, 2011

Canggih…. bener rem seharga 6.5 jt.

16. ninja250holic - March 31, 2011

tapi kq lbh prefer k brembo brake biasa yh… hehe… (gak sng pake mobil baru soalnye yg pke abs, gak bisa ngunci ban hehe)

17. adegondang - March 31, 2011
18. j4na - March 31, 2011

6.5 juta…..
demi safty…..
masuk akal,…
tapi seandainya rusaaak…. waduuuuh rogok kocek dalam deh….
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/03/30/phoenix-r2-miniaturnya-cbr1000rr-imut-oeey/

19. Arif - March 31, 2011
20. NanaRedPr☺ - March 31, 2011

ribet…bett…bettt,gak beli ah,gak bisa setting sendiri*ngeles.com padahalgakpunyaduit*
SALAM KARET BUNDAR™

21. ridertua - March 31, 2011
22. b@jul_kesupen - March 31, 2011

maos disik

23. maxsteel - March 31, 2011

hmmmmm … mw dibawa kemana motornya pake rem sgitu canggih … jalanan sejengkal ga ada tempat utk geber … dughhh

24. fandi - March 31, 2011

nasib motor global di pake di lokal…
jadinya banyak fitur canggih yang terkesan mubadzir di mari

25. dendy - March 31, 2011

mantap.
Nambah pengetahuan. Tadi di warung sebelah lihat cara kerja dct ketika digunakan. Mantab bgt kopling dan perseneling bisa di lakukan bersama2. Tanpa harus memencet kopling dahulu.

26. yellowduck - March 31, 2011

wadowww…
baca aja ga paham gimana di suruh buat.

27. joni - March 31, 2011

masih pagi-pagi dah dapet ilmu nii..
mantaavv..
penjelasan sangat memuaskan dehh..
Honda memang smakin didepan yang lain semakin ketinggalan

28. benedict87 - March 31, 2011

Kelas berat ,,,, ga ngerti saia … :mrgreen:
Absen aja mas Taufik … :)

29. pororo - March 31, 2011

ooo, gitu caranya

*manggut2 pura2 ngerti

30. sa469 - March 31, 2011

yang susah menentukan batas tresholdnya berapa…juga parameter2 prediksi “akan ngelock” remnya :D

31. agvnk byonic - March 31, 2011

**gas poll , rem poll

32. chi - March 31, 2011

cbr emang amaziingg !!!

33. aryoningrat - March 31, 2011

nambah pengetahuan,tapi ga mudeng,
ribed amir prosesnya,pdhl cuma mau ngerem doang

34. jakatimur - March 31, 2011

:) :D wah… skema gambarnya bagaikan menempelkan berbagai jenis rudal dan senjata api ke bodi CBR. :D :)

35. Taufik - March 31, 2011

@11. gendix
kudu pelan2 bro atau simak videonya di bawah

@14. ariipod
rem depan juga bergantung pada mode pengereman rem depannya juga, ketipisan kampas akan bergantung pada gaya pengereman rider mas

36. onomenulis - March 31, 2011

ow… begitu yah caranya… ada reservoir tank nya segala. baru paham setelah baca artikel warung ijoo. tks ilmunya mas.

37. sabdho guparman - March 31, 2011

wuahhhhh. . . lengkap banget . . . meski rada ngelu mbacanya :mrgreen:

keep brotherhood,

salam,

38. bajil - March 31, 2011

19. fandi – Maret 31, 2011

nasib motor global di pake di lokal…
jadinya banyak fitur canggih yang terkesan mubadzir di mari
====================================================
Mas Fandi pasti belum liat video penggunaan ABS di motor atau di Mobil sehingga nggak tau manfaatnya.
ABS akan terasa dan bermanfaat kalau terjadi pengereman mendadak, dimana kemungkinan terjadinya sliding itu sangat-sangat minim sekali, begitu kan Pak Haji, ( Kalau nggak salah, hiiihihihihihihihihii )

39. bajil - March 31, 2011

26. yellowduck – Maret 31, 2011

wadowww…
baca aja ga paham gimana di suruh buat.
===================================================
Sudah dibikin HOnda Mas Yellow, tinggal beli dan pakai, hahahahahahahahah piss

40. ridertua - March 31, 2011

sebanding dengan harga yg harus ditebus…. C-ABS

41. andhi_125 - March 31, 2011

Kalau CBR250 yang ABS mo dibuat freestyle agak susah ya??? Kan ABS langsung kerja agar roda gak terkunci..

42. vixionr15 - March 31, 2011

ada ABS after market gak ya ? buat dipasang di vixion :mrgreen:

43. yuwono - March 31, 2011
44. vixionr15 - March 31, 2011
45. gasspoll - March 31, 2011

nice one

46. stoner27 - March 31, 2011

ya udah.. daripada pusing.. nanti kalo ada duit beli satu deh..

47. roby - March 31, 2011

Absen aja wak haji….!!!

48. Biker Manado - March 31, 2011
49. Onthel - March 31, 2011

al4y ‘ers pada gak suka, gak bisa stoppie, he he
driver2 dikantor ku jg pada ngelepas sekring utk ABS, gak tau kenapa pada gak suka.
padahal kan bagus utk safety

50. akbarn4 - March 31, 2011
51. dave - March 31, 2011

masi kaga ngerti haha..
btw honda pelit amad y cm kasi 1 kaliper di cakram belakang..
knp ga 2 kaliper gt biar gigitan nya makin mantep..
jadi depan nya 3 belakang nya 2 gt,,
btw mas taufik kalo bole tanya,,
cakram belakang buat cbr 150 itu 1 kaliper jg ato 2 ya?

52. Iksa - March 31, 2011

oh oh oh itu toh yang harganya lebih 6.5juta … mantab itu ..

makasih Kang Taufik

53. Taufik - March 31, 2011

Berikut videonya
[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=gZ5LoqcrErY]

54. BARU KRIDIT MEGELLI - March 31, 2011

kalo penjelasan kang taufik terlalu ribet.. simpelnya begini ABS bekerja saat kita menekan tuas rem terlalu kuat secara otomatis sistem ABS akan mengurangi tekanan kampas rem, sehingga tidak mengunci ban yg menyebabkan motor tergelincir..

55. dave - March 31, 2011

wah kaga bisa di buka video nya..
mksdnya emang ga bisa buka yang berbau video di mari..
cm terlihat putih blank.. :(

56. BARU KRIDIT MEGELLI - March 31, 2011

kalo penjelasan kang taufik terlalu ribet.. simpelnya begini ABS bekerja saat kita menekan tuas rem terlalu kuat secara otomatis sistem ABS akan mengurangi tekanan kampas rem, sehingga tidak mengunci ban yg menyebabkan motor tergelincir…

57. BARU KRIDIT MEGELLI - March 31, 2011

0o0oh

58. sabdho guparman - March 31, 2011

numpang jemuran ya mas,
http://sabdho.wordpress.com/2011/03/31/propolis-obat-segala-penyakit/

keep brotherhood,

salam,

59. vyzex - March 31, 2011

Kalo jalan basah berguna sekali..
Cek videonya..
Jalan hujan, rem aja semaunya..
Biarkan komputer yg mikir..

Kalo ujan saya cuma berani hard brake pas lurus..kalo nikung sambil ngerem nggak berani, takut ngepot..
Mungkin kalo abs, ngga papa kali ya..

60. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE - March 31, 2011

numpang tanya kang taufik,kalo terjadi gangguan pada sensornya berpengaruh ga’ pada efek pengeremannya.semisal pembacaan sensornya ngaco,apa nanti fungsi pengeremannya sama aja seperti pengereman biasa.please

61. Arkham Ashylum - March 31, 2011

hadoooh….pusing dah baca dari atas kebawah…..bego amat yah ane…

62. Beruang india - March 31, 2011

Gak mudeng gue,otak gue kecil,karena kegedean badan~

63. Jonni - March 31, 2011

info yang bagus nih buat nambah pengetahuan…
tEknologi yang dipakai Honda mntaaappp…
Kupas lagi dong fitur CBR 250R yang lainnya?

64. softech_niQ - March 31, 2011

waaah,,,b’arti tahun 2010 td motorx daped&dovi blm pke ABS donk,,,,itu sebabx kl geber kenceng trus ngerem ,sering crash….

65. BARU KREDIT MEGELLI 250RE - March 31, 2011

mmm

66. satriafu150 - March 31, 2011

Nice inpoh kang…

67. desmo - March 31, 2011

@ 60.JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE

yaaa ga bisa ngerem mas bro,,,secara kalo ecu erorr aliiran minyak rem jadi error,buka tutup kaliper jadi erorr jadi pas tekan tuas rem malah gak berfungsi,,,hasilnya,,tabrakan..
hahahah kasian deh lo…
ngawur.com
ps: jangan diambil hati :mrgreen:

68. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE - March 31, 2011

67. desmo – Maret 31, 2011
wakakakakak bisa jadi yach,apalagi ridernya juga error :lol: :lol:

69. desmo - March 31, 2011

anyway…dari awal-awal saya sudah ga terlalu tertarik ma c-abs ini…secara, pengaruhnya ga terlalu signifikan terhadap keselamatan.kecuali bikernya latah,,ada yang bunyiin klakson langsung kaget teken tuas rem,,,secara, c-abs ini hanya berfungsi saat panic-breaking..itu aja sih,sory just my IMHO…

70. bynewmustkid - March 31, 2011

Kang Haji
kemarin aku baca di motorplus katanya CBR250 gak bisa ganti ban lebih lebar karena ada sensor yang menghitung ukuran lingkar luar ban yang menyebabkan system ABS nya jadi kacau dan tidak berfungsi,
pertanyaan saya adalah ?
bukanya ABS itu system pengereman yang cara kerjanya tidak seperti traction control, kenapa pada saat ganti ban lebar dengan asumsi ukuran lingkar luar ban berubah kok system ABS dengan mudah jadi ngaco yah ?
berarti bisa berarti pula kalo ban sudah menipis alias kembangnya dah habis karena ukuran lingkar luarnya berubah system ABS ngaco juga dong…

masih bingung … tapi udah terlanjur tanda jadi ke AHASS

71. desmo - March 31, 2011

@ 68. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE

bro,biar muncul smile kayak gitu gimana caranya???saya cuma inget mrgreen aja…???

72. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE - March 31, 2011

69. desmo – Maret 31, 2011
:lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

73. avatarx - March 31, 2011

absen dulu setlah sekian lama tidak mengunjungi blog ini….

btw untuk sistem abs pada cbr terbukti honda sangat peduli keselamatan. yang lain gak perlu malu untuk meniru….piss…
yang suka Bola bisa liat videonya disini
http://bestsoccervideo.blogspot.com

74. dendy - March 31, 2011

hahaha desmo di ledek jaffar
:mrgreen: :lol:

75. Dradjad_Djati - March 31, 2011

ckckckckkkk….
canggih bener ya?

soal teknologi honda selalu terdepan meski gak ngaku2 semakin di depan.

76. Dradjad_Djati - March 31, 2011

teknologi Honda memang manteb….!!

77. Dradjad_Djati - March 31, 2011

semakin cinta sama honda.

salam,
One HEART.

78. dendy - March 31, 2011

honda memang fiturnya mantab, motogp ada igs, motor 250cc ada c-abs tapi yang ngaku semakin di depan gmn ? Masih setia tromol ?
:lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

79. uDien d'kab 234 - March 31, 2011

@ 61. Arkham Ashylum – Maret 31, 2011
hadoooh….pusing dah baca dari atas kebawah…..bego amat yah ane…
====================
wakakakakak ….. payah ach ente
sama dengan guwe donk ….. :mrgreen:

80. ridertua - March 31, 2011

saya ajah yang bingung gak koment kok…lah nih ??? (jadi bingung mo koment apa) :mrgreen:

81. azizyhoree - March 31, 2011

absen :D

82. yb - March 31, 2011
83. uDien d'kab 234 - March 31, 2011

@ ridertua
gak usah koment kalo bingung mah
sayah juga gak koment kok …. :roll:

84. de cantezza - March 31, 2011

Emang Honda yang lebih mantab dech , satu.satunya motor produk yang mnggunakan sistem ABS dan motornya keren banget. salut buat Honda yang sudah merancang N ngluarin kendaraan yg keren n aman buat pengendaracuz ada ABSnya.

Semakin Jaya n makin <3 ama Honda ……
:) :):)

85. de cantezza - March 31, 2011

Gak ada habisnya dech buat Honda selalu memberikan yg terbaik buat pengguna motor khususnya motor yg ber CC gede. baru Honda yang ngluarin motor bersistem ABS teknologi canggih dan wrna , desaignnya keren :) :)

SeLaLu Jaya N Salut buat Honda……. !!!! :)
Makin <3 ama Honda

HeHeheee,,,,

86. Kang_OmprenX - March 31, 2011

salut sama honda dgn inovasi dan teknologinya.
kapan yg lain nyikut?

87. Kang_OmprenX - March 31, 2011

Honda udah mikir sampai C-ABS yg lain Rem cakram belakang aja belum bisa bikin.
semakin ketinggalan aja tuh.

88. ウィナ - March 31, 2011

wuiihhh…mantep artikelnya,rem blkg terintegrasi dgn dpn,secara ga sengaja kita ngerem depan biarpun pedal rem belakang kita injak dgn kecepatan tertentu

89. masterXeon - March 31, 2011

69. desmo – Maret 31, 2011

anyway…dari awal-awal saya sudah ga terlalu tertarik ma c-abs ini…secara, pengaruhnya ga terlalu signifikan terhadap keselamatan.kecuali bikernya latah,,ada yang bunyiin klakson langsung kaget teken tuas rem,,,secara, c-abs ini hanya berfungsi saat panic-breaking..itu aja sih,sory just my IMHO…
===============================================

klo menurut saya anti lock brake itu penting,
karena cukup banyak orang jatuh karena ngerem panik atau kaget dan gak sadar menarik tuas rem terlalu keras sehingga roda terkunci.

90. mang - March 31, 2011

bakalan ga ngerti2. lha ngeremnya(non C-ABS)aja otodidak berdasarkan perasaan

91. masterXeon - March 31, 2011

systemnya mantap…..
tapi kenapa ya di motogp, motor honda masih tetap bermasalah dengan system pengereman yang tidak sebaik, se-stabil dan se-mumpuni yamaha…
apa system seperti ini gak diterapkan di motor motogp honda…?

92. E-magazine_gratis - March 31, 2011
93. Mercon C Lagi dilema - March 31, 2011

C-ABS, berarti apa itu fitur ABS ama CBS digabung yaa?

94. j4na - March 31, 2011
95. mario - March 31, 2011
96. mario - March 31, 2011

waduh salah masukin e-mail :D

97. Arkham Ashylum - March 31, 2011

rider tua feat udin

sama aye jg bngung mo koment apa yah…baca2 komentnya aja deh….

98. Arkham Ashylum - March 31, 2011

Master Xeon

klo menurut saya anti lock brake itu penting,
karena cukup banyak orang jatuh karena ngerem panik atau kaget dan gak sadar menarik tuas rem terlalu keras sehingga roda terkunci.
========================================
cool comment

Master Xeon

systemnya mantap…..
tapi kenapa ya di motogp, motor honda masih tetap bermasalah dengan system pengereman yang tidak sebaik, se-stabil dan se-mumpuni yamaha…
apa system seperti ini gak diterapkan di motor motogp honda…?
==========================================

jiakakakakakak…teteup…

99. kentung - March 31, 2011

wadauuw…sampe ketiduran di masjid….
oot.com

100. a12g4p5 - March 31, 2011

C-ABS pada Honda CBR250 dapat sangat berguna ketika kita menjelajahi jalanan yang belum kita ketahui karakternya, apakah ada jalan yang berlubang atau banyak orang yang nyeberang jalan sembarangan, tagline nya aja Known The Unknown, misalkan mau touring keluar kota, secara pake motor CC gede masa iya jalan pelan trus, sekali2 ngebut boleh dong, trus karena baru pertama kali lewat jalanan itu ternyata ada jalanan berlubang, otomatis ngerem dong, klo remnya ngunci ban gimana?akhirnya jd ngepot dong, dan ujung2 nya tuh ban hantem tuh lobang, speleng dah tuh velg, klo ada sistem C-ABS kita jd bs menghindari lubang tersebut karena ban masih bs di kuasai untuk di belokkan ke kanan atau ke kiri

101. dendy - March 31, 2011

@ mister keong sotoy bgt lo !
tau dari mana ?
No link = hoax !
yang ada moge honda mulai 600cc – 1000cc lebih bgus pengeremanya di bnding yamaha. Lht aja di motorcycle.usa atau motorcycle.com

102. dendy - March 31, 2011

@ mister keong sotoy lo ! Tau dari mane ? Mana linknye hoax ?

103. richie - March 31, 2011

Wah om taufik makasih banget nih info’y, Gwa yang awam soal teknik dengan bantuan info dari om taufik sangat membantu…ya minimal ga ngerti bagian-bagiannya tp ngerti alur ato sistem kerja Rem nya…Good Info

104. dendy - March 31, 2011

@ mister keongz yang ada malah moge honda mulai 600cc – 1000cc lebih baik pengeremanya di bnding yamaha. Wakakak mister keong sotoy marotoy

105. Moy17 - in max speed - March 31, 2011
106. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE - March 31, 2011

104. dendy – Maret 31, 2011
iyah den,si mas-xeong memang sotoy alias soto-ayam,wakakakak :lol:

107. ridertua - March 31, 2011

Masih mau ciettttttt :)

108. Sting_Ray - March 31, 2011

Wuaahhhhh, hebat sekali. Honda lah yang pertama kali menghadirkan teknologi CBS di motor produksi lokalnya (Vario Techno CBS), dan sekarang semakin disempurnakan menjadi CBS – ABS pada motor Hi-End nya CBR 250. Mantaabbb. Mengerem pun jadi aman. Tarikkk maaanggg!!

109. Smash Merah - March 31, 2011

Kalo pake ABS (anti-lock braking system) berartikan ban ngga kekonci, apa maksudnya ban masih bisa terus berputar? ban masih bisa bergerak bebas? kalo gitu nyelonong terus dong motornya? bukannya kalo kita ngerem itu kita memang mengunci rem?? Buat para master tolong pencerahannya ya.. ;)

110. Ndeso Kluthuk2 - March 31, 2011

wah ribet bgt sistemnya, kalo ada masalah pasti habisin duwit banyak.
mgkin buat pemakai yg gak suka ribet, cukup yang gak pake ABS ajah…. perawatannya bro….

111. dedewinasis - March 31, 2011

Lagi-lagi status FB menjadi ajang pembajakan dan perusakan nama baik…baca disini!!

http://dedewinasis.wordpress.com/2011/03/31/hati-hati-link-situs-porno-nempel-di-status-anda/

112. ridertua - March 31, 2011
113. FuadStuxnet - March 31, 2011

manteeb produk Honda memang bertekhnology tinggi, yang lain ngikut deeeh,,, udah gitu masih ada yg ncela, masih satu silinder laagh dll,,, hhmm ada ajaa,, :)

114. dendy - March 31, 2011

@ smash merah
mungkin sedikit informasi bro. ABS adalah sistem rem yang mencegah terjadinya rem nge lock atau terkunci ketika tekanan tuas rem tinggi. Nah dgn maksud supaya roda masih berputar namun dgn penghentian perputaran roda secara signifikan, sehingga mengurangi kejadian ban ngesot. Nah kalo tanpa ABS ini jika kita menekan tuas rem kuat2 maka yang terjadi adalah rem terkunci dan ban berhenti tiba tiba dan jika putaran berhenti mendadak bukan berarti berhenti total tapi ngesot dan dlosor. Apalagi kalau licin. Nah abs ini intinya mencegah ban ngesot karena reaksi ban dgn jalan.

115. Dradjad_Djati - March 31, 2011

hahahhaaaa….
sales Y masterkeong udah nongol.

116. Dradjad_Djati - March 31, 2011

@113. FuadStuxnet

biasa bro kalau salez lagi panik ya begitu.

117. Dradjad_Djati - March 31, 2011

Yamah disuruh belajar bikin rem cakram belakang dulu aja..
trus baru CBS, kalau udah bisa baru bikin C-ABS.

yamaha bikin rem cakram belakang di motor sport aja belum bisa gimana mau bikin C-ABS?

118. Smash Merah - March 31, 2011

@Dendy

Makasih pencerahannya bro..! :)

119. teuku_donny - March 31, 2011

ABS sistem pengereman cangging yang dikontrol oleh modul ECU…untuk meminimalisir motor tergelincir saat rem mendadak.dan berfungsi sekali jika kondisi jalan hujan, licin maupun jalan berpasir….biasanya banyak diaplikasikan ke MOGE yg berCC besar dan juga dipakai di MOTOGP tapi di MOTOGP lebih canggih lagi ABS terintregrasi dan terkoneksi dengan sistem traksi kontrol yg juga terhubung dengan ECU kontrol putaran mesin sehingga motor enak diajak rebah ekstrem…
dipasangnya ABS di Honda CBR250R sangat mempertegas bahwa motor bukan cuma modal ngandalin model yg keren sporty dan kencang aja, tapi juga aman untuk dikendarai….salut untuk HONDA..

di indonesia semua motor pada dasarnya bisa dipasang ABS entah itu motor bebek ataupun sport dan gue pernah baca di salah satu majalah otomotif di indonesia sudah tersedia disalah satu gerai bengkel di jakarta dan bisa diaplikasikan ke semua motor.. cuma harganya yang mahal bro kisaran 10-15JT komplet dengan pemasangannya..
….
..honda CBR 250R dengan ABS nya…sangat sebanding dengan harga dan fungsinya….salut buat HONDA…

120. dhimazt - March 31, 2011

salut buat segala inovasi honda belakangan ini.
semoga yang lain bisa ngikutin.

121. umarabuihsan - March 31, 2011

koreksi mas taufik, kayanya bagian akhir yang jelasin ABS ban depan: kata ‘kaliper belakang’ harusnya diganti kata ‘kaliper depan’ ya? Saya baca 2 kali tetep ada yang aneh, takutnya bikin bingung…CMIIW

122. sof - March 31, 2011

eeeee..”bingung” “bingung”…jadi prinsipnya untuk memperlambat laju kepakeman rem..gitu,….secara otomatis rem seprti di kedut2 gitu kan?….asik juga sich, secara saya sdh pernah ngalamin yg namanya ngelock, busettttt, efeknya ngak sekedar ngesotttt duank, tapi motor serasa ada yang nendang dari samping langsung ngebanting ke tanah, kaget banget,…padahal cuma jalan 50kph, palang kereta turun langsung kaget bejek rem….ngelock deeee….

123. sof - March 31, 2011

@111, dedwis, iya tuch bro, oot dikit yach, fb gue juga kena bajak, tulisannya seolah2 gue yang posting padahal ngak pernah, isinya ngejelekkin salah satu grup Band yang ada di Indonesia, duh cape ngapus2in nya, malah sekali nongol 5 postingan sama semua isinya….

124. nhd - March 31, 2011

Masterxeon lama gak keluar. Keluar-keluar kena hoak. Emang selama ini sibuk ngapain bro. Komennya kok malah gak berbobot.

125. nhd - March 31, 2011

^^^
Jualan Mio ya.

126. meet_hana - April 1, 2011

ulasan yang sangat bagus, suatu teknologi sensor yang canggih.. dan tujuannya sangat baik, kenceng2an boleh.. tapi tetep hrus safety, bukan dari orangnya aja, tapi juga produknya

127. Top Posts — WordPress.com - April 1, 2011

[…] Mengupas Cara Kerja Sistem Combined ABS pada Honda CBR 250R Bro sekalian, tmcblog kali ini akan mencoba mengetengahkan Cara Kerja Sistem Combined ABS (C-ABS) seperti yang […] […]

128. Taufik - April 1, 2011

@121. umarabuihsan
noted mas bro, thks koreksinya

129. Pangeran Diponegoro - April 1, 2011

Harga ndak jauh dari kualitas lah.
apalagi dengan teknologi C-ABS ini…
thanks info nya gan..

130. umarabuihsan - April 1, 2011

dah komen, nitip aja deh

ATPM ngasi merchandise miniature motor produk merka, boleh lah

http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/01/atpm-ngasih-merchandise-miniature-motor-sehari2-produk-mereka-boleh-lah/

131. huristak - April 1, 2011

hebat lo gan

132. Jaos - April 1, 2011

yamaha semakin didepan….!

133. ciel92 - April 2, 2011

nitip jemuran yak hehe
http://bimo92.wordpress.com

134. eri - April 2, 2011

mantapp nie 250honda, ninja lewat nie :,,,,:

135. mehonk_edan - April 4, 2011

Wah ga salah Honda ngeuarin CBR 250 dengan harga selangit..udh motornya keren didukung sama technologi yg canggih..technologi pengereman C-ABS..lura biasaaaaa…

136. Viola - April 5, 2011

Teknologi Honda memang keren-keren dan selalu mengedepankan Safety Riding…tinggal bagaimana rider nya nih yang make di jalanan…harus punya etika dan skill yang mumpuni

137. KucayOVIC - April 5, 2011

Wah teknologi ABS, hebat juga ya, gak ke bayang kalau orang yang belum tahu secara teknisnya. Tapi kalau dilihat dari sistemnya emang teknologi ini sudah canggih, sehingga proses pengereman akan maksimal dengan motor yang harganya sekitar 46 juta, biar lebih aman dipakainya

138. Honda Mengundang “Workshop Honda CBR 250R” untuk Blogger « TMCBlog – Motorcycle News - April 6, 2011

[…] big single bisa minim getaran. Mengenai C-ABS sendiri akhirnya tmcblog nyari sendiri solusinya dan menghasilkan artikel tersendiri . . . Sepertinya Pabrikan pun mengerti Blogger itu membutuhkan menu informasi yang lebih […]

139. Pangeran Diponegoro - April 6, 2011

teknologi sperti ini emang inovatif, moga di dukung dengan edukasi ke pelanggan atau masyarakat agar lebih aware terhadap teknologi ini.

140. CL7Z - April 6, 2011

Walaaah , kebanyakan FBHnya.., ckckc

141. klinsmann_8teen - April 11, 2011

HONDA, tiada duanya!!

142. Video Pengereman C-ABS pada Honda CBR 250R « TMCBlog – Motorcycle News - April 11, 2011

[…] dapat terus mengendalikan Motornya. Mengenai Teknologi CABS nya sendiri sudah tmcblog kupas tuntas di Artikel C-ABS terdahulu, dan ternyata mirip abis seperti yang diterangkan Oleh Intruktur AHTC  . . . Monggo di simak kedua […]

143. sintoGENDENG - April 30, 2011

Wahhhh…luar biasa, memang HONDA ga ada matinya…penggunaan sistem ABS pada CBR bener2 bikin mantap,Harus beli nih bulan depan!!,FORZA PARMA..dan FORZA HONDA

144. Zen the Silver Fang - August 30, 2011

ada yang aneh. kalau sensornya rusak maka rem akan tidak berfungsi. bukankan itu berbahaya, gimana cara ngatasinnya. apalagi kalau keadaan darurat (misalnya ada anak kecil nyebrang jalan)

145. diky - September 14, 2011

kalau sensornya rusak atau bermasalah apa pengereman masih berfungsi seperti non ABS..bahaya jadinya bila rusak terus rem mengunci waktu dikendarai..bisa celaka

146. HTC Sync - December 19, 2011

Hi my friend! I want to say that this article is awesome, nice written and include approximately all vital infos. I’d like to see more posts like this.

147. http://tmcblog.com/2011/03/31/mengupas-cara-kerja-sistem-combined-abs-pada-honda-cbr-250r/ « arsir - April 30, 2012
148. Obat Kuat - July 14, 2012

Jika mengecek rem ABS kita bermaslah dari faktor apa? jika kanpas rem berbunyi jika motor didorong apakah menandakan REM ABS tersebut Error atau gesekan tersebut biasa saja.

149. Imouto - August 3, 2012

saya bingungnya begini. pada penjelasan dan gambar diatas, c-abs ini bekerja “hanya” jika yang digunakan adalah rem kaki (rem belakang), maka sistem akan mengaktifkan c-abs nya tergantung dari seberapa kuat tekanan pada pedal rem tanpa ada intervensi dari pergerakan tuas rem depan.
pertanyaan saya, bagaimana bila user ternyata adalah pengguna rem depan murni (anggaplah seperti itu) yang hanya menggunakan rem belakang kalau darurat, apakah c-abs ini bisa berfungsi dengan kondisi seperti itu ?

Imouto - August 3, 2012

begini saya pilah lagi pertanyaannya :
apakah c-abs ini bisa berfungsi jika hanya rem depan saja yang digunakan ? ataukah mengharuskan menekan rem belakang agar c-abs nya dapat bekerja ?
jika hanya rem depan dan c-abs tidak berfungsi, apakan rem depan tersupport abs secara mandiri ? atau kah manjadi hanya seperti rem biasa ?

thx b4

150. haddie - April 4, 2013

Saya sempat nanya ke dealer dan katanya kalo sistem ABS tidak bisa fungsi kalo ganti ban lebih besar……akhirnya pilih yg non ABS dech…..

151. Pengen Tau Seperti Apa Perangkat ABS bekerja? | TMCBlog - Motorcycle News - April 18, 2013

[…] . . . cekidot deh, untuk di motor ya, nggak jauh beda sih (kalo pengen lebih jelas bro bisa cek di artikel cara kerja ABS Motor ) . . . semoga […]

152. mc Doohan jr - April 18, 2013

HONDA slalu terdepan dlm teknologi. gak kayak tetangga yg cm bs buat slogan.
MOGA HONDA SLALU JAYA

153. ruri - April 18, 2013

mantap bro

154. Kolojengking 225 - April 18, 2013

Sayang banget, cbr belum dual piston

155. ABS Ninja 250 Fi masih bisa rem blong? | The Thinking is Just Too Much - May 23, 2013

[…] ya? Sedangkan untuk di CBR250R versi ABS sepertinya tidak ada masalah. Riset punya riset baca dari blognya kang taufik sepertinya perbedaan mendasar berada pada combibrake pada ABS CBR250R, sedangkan untuk ABS Ninja 250 […]

156. gasa gagah perkasa - May 25, 2013

Salam hangat dan menawan untuk admin blog ini.
Saya senang berkunjung ke blog anda, disini banyak sajiannya yang bermanfaat dan memberi nilai yang baik untuk kita semua. Semoga bisnisnya semakin sukses dan dapat mencapai yang diinginkan.

157. kasabi - November 6, 2013

salam sob..numpang nanya nanya bro….kalo cara menyeting sistem combinet abs bagaimna ya bro kl dri awal kita isi minyak rem….???mohon bantuanya ya bro…dituggu saranya….tanks berat broo….

158. setiadi - December 7, 2013

kalo motor abs di pake off road gimana kang?
Pasti banyak lumpur sama tanah liat yang ngumpul di cakram atau sekitar shock depan. ?
Apalagi di daerah kalimantan yang mayoritasnya banyak jalan berlumpur dan sudah rusak

159. OBAT PEMBESAR PENIS - September 15, 2014

tanks good



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: