About these ads
jump to navigation

Test Ride Mencoba Impresi Idling Stop System Honda Vario 125 ISS April 15, 2013

Posted by Taufik in Honda, Test Ride.
Tags: , , , , , , ,
trackback

AHM_plant_tour5

Bro Sekalian, di sesi terakhir kunjungan 60 Blogger ke Plant 3 AHM dicikarang sabtu kemarin diadakan pula sesi test ride Honda Vario 125 Idling Stop System (ISS). Test Kali ini adalah test yang cukup kecil cangkupan test ridenya, Penekanan yang dicoba di share pada Test Ride kali ini mungkin hanya di sekitar Impresi ringan mengenai handling, ergonomi serta bagaimana impresi Sistem Idling stop. Tentu tidak lupa tmcblog membawa Action Cam yang memang selalu siap di tas dan dibawa kemana mana . . .

Yamaha#1_tmc

TMCblog mendapatkan kesempatan ke sekian, dan karena sudah dipakai berkali kali oleh rekan rekan Blogger sebelumnya, soooo dipastikan temperatur mesin  Motor sudah mencapai/ lebih dari 60 derajad, artinya Idling stop Mode sudah bisa dicoba . . . karena salah satu syarat idling stop bisa bekerja apabila suhu mesin sudah 60 derajat Celcius. suhu mesin akan di deteksi oleh ECT Sensor atau Engine coolant temperatur sensor . . . jika kurang dari 60 derajat Celcius dipastikan Idling stop mode nggak bisa terjadi.

V125#iss_3

Tombol pilih Idling stop di tekan ke opsi idling stop . . . lalu jalan pelan pelan, diusahakan jalan di atas 10 km /jam . ..  ini penting agar idling stop berfungsi karena salah satu syarat Idling stop mode bisa aktif jika Motor telah berjalan dulu dengan kecepatan 10 km/jam yang dideteksi oleh VS sensor (Vehicle Speed Sensor ). Sooo ini akan menjawab pertanyaan dari beberapa mas bro, bahwa motor yang dari diam trus distandar tengah dan dinyalakan mesinnya (dipanasi), nggak akan mati setelah tiga detik setelah dinyalakan mesin soale motor yang distandar diam dan belum/ berjalan sampai kecepatan 10 km/jam. . ..  geberrr samppai sekitar 30 km/jam suara koq halus ??mirip seperti Vario 125 milik tmcblog  . . . tanpa suara suara aneh dari daerah kipas seperti yang ditemukan pada beberapa kasus.

V125#iss_1

Di dekat Cone tmcblog berhenti, dan setelah menunggu 1 . . . 2  . . . 3 detik mesin vario 125 langsung berhenti bekerja . . . senyap walaupun lampu tetap menyala , lampu indikator idling stop di spedometer pun berkedip . . . Yang terjadi di dalam mesin adalah piston berhenti memutar dan dari tempat posisi angular perputarannya terakhir, Piston ini akan berputar kearah terbaik (swing Back) dan biasanya pada kondisi ini pada saat mau mulai lagi starter, ada sedikit proses pembocoran kompresi (dekompresi) untuk proses kedua ini bisa mas bro baca di artikel sebelumnya Ya . . . nyalain lagi . ..  ya cukup sedikit betot trotel gas dan motor kembali bisa menyala tanpa sedikitpu n suara starter . . . cesssssss

TMCblog Juga mencoba kondisi dimana tombol Saklar pilih ISS ditekan di posisi Idling ( ISS di non aktifkan)  . . . dan setelah di coba jalan lebih dari 10 km/jam . . . lalu berhenti di dekat jajaran Cone  . ..  ditunggu 1 . . . 2  . . . 3  . ..  4  . . . 10 detik  . . .mesin bener bener kagak mati . ..  piston tetep muter idle  . . . bahan bakar tetep kebakar saat motor diem . . . mubazir brooo . . . he he he gak heran . . . inilah yang  dicoba dihemat oleh teknologi ISS yang menurut pola pengujian ECE R40 bisa hemat 7 Persen  . . . nahhh udah nggak bingungkan . ..  silahkan dikunyah kembali dan sambil nyimak videonya mas bro . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. dermawancarter - April 15, 2013

Sip

2. mapika - April 15, 2013

Absen dlu

3. asem - April 15, 2013

Mantap

4. saliwang - April 15, 2013

Test

5. virginshe - April 15, 2013

sip juga

6. 2tak - April 15, 2013

maknyuuusss

7. Apipblog.com - April 15, 2013
8. dapbull - April 15, 2013

ajib…
absen wak haji…

9. agung - April 15, 2013

mantab

10. BC-Mania - April 15, 2013

Beli nggak ya ..??
Hmmm..

11. Everyone - April 15, 2013

Wow… The red’s Vario ISS..

12. dapbull - April 15, 2013

tnya wak haji..kira2 tknlogi ISS bsa dtrapkn d mtor batangan gak ya? trus ad klemahany gak? misalny pd umur part2 mesin? mksh..

13. rizkiyupz - April 15, 2013

mantepp..

14. appz - April 15, 2013

nunggu tahun depan ah belinya. Biar ditest dulu oleh konsumennya.

15. fonzie - April 15, 2013

Mantab surantab!!!! Tapi ane nov kemarin br ambil Beat FI.

16. Bonsai Biker - April 15, 2013

cess

17. rahmanmaspeke - April 15, 2013

Yg punya wtf non iss kayak sy sementara pake cara manual dl, tiap berhenti lmpu merah atau macet turunin standar samping sampe mesin mati kemudian angkat lg standarnya dan jika mau jln lg tinggal pencet sj tombol staternya :D

18. rusmanjay - April 15, 2013

mantap…. fitur canggih

19. wiwi - April 15, 2013

wis ora ngorok… tapi syarat bisa idle stop kok banyak. hehe

http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2013/04/daaan-mio-j-pun-diasepin-beat-fi.html

20. Doni Tetrawan - April 15, 2013

Pak Haji, terus gimana nasib PCX…nggak ada bedanya..wkwkwkkw

21. mottobiker - April 15, 2013

Lumayan bermanfaat jg pas di lampu merah, kan byk rider klo lampu merah di atas 1 menit byk yg ga matiin mesin tuh, biar hemat bahan bakar..

https://mottobiker.wordpress.com/

22. hendrix sby - April 15, 2013

canggih

tinggal tunggu tetangga2 sbelah ngikut biar bisa hemat bbm

23. emir99 - April 15, 2013

Saya tunggu fitur ISS versi motor sport nya aja deh… Kemungkinan ada apa nggak tuh ‘Kang ? :)

24. Taufik - April 15, 2013

@12. dapbull , 20. emir99
mungkin, nanti saya bahas khusus deh yaa :)

25. kadalaspal - April 15, 2013

kelistrikan tambah rumit gak

26. orong-orong - April 15, 2013

semakin banyak fitur semakin ribetkah dalam servis wak haji?

27. Trisna Ariwibawa - April 15, 2013
28. Erit07 - April 15, 2013

Woo,test lgi,asyik. .

29. JANGGO - April 15, 2013

wow..banyak banget sensornya, canggih banget ya ? tapi pengalaman sy makin canggih suatu mobil / motor biasanya makin rentan daya tahannya. rusak satu sensor bisa ribet jadinya…

30. Hendra Super - April 15, 2013

vario mulai produksi tahun ini sudah ga ngorok kok pak?terutama yang sudah ISS…

31. ardiantoyugo - April 15, 2013

Ahee…

32. rider88 - April 15, 2013

Ces

33. jalioye - April 15, 2013

keren innovasinya, pabrikan laen mana nih? klo cuma kenceng doang, bengkel pinggir jalan juga bisa bikin motor kenceng. :P

34. Ferry - April 15, 2013

harusnya bisa lah ya Honda bikin ISS untuk motor sport. ditunggu mas bro artikelnya :)
http://ht.ly/k3C1t

35. satria120s - April 15, 2013

makin lari nih vario125. Feature yg menarik

36. AMS - April 15, 2013

UDAH DI CIBA GAS MENDADAK SAAT ISS AKTIF KANK,MAKSUD SAYA KETIKA SUDAH BERJALAN 10KM/JAM KAN ISS BISA AKTIF SAAT BERHENTI,REAKSI SETELAH ISS AKTIF SAAT DI GAS MENDADAK GIMNA KANG.TERSENTAK ATAUTERTAHAN DI PUTARAN TERTENTU ..

37. ipanase - April 15, 2013
38. bangkak - April 15, 2013

makin wow aj

39. tawonklanceng - April 15, 2013

tambah mantab ja

40. nbsusanto - April 15, 2013

Sip..impresi yg sama.. :)

41. kinno - April 15, 2013

bang hasil penjualan motor AISI tiap akhir bulan kok belum pada nonggol ape ……penjualan pada jomplang ya………udah ungkapin yang ada biar tahu…….masayarakat……..mana yang juara dan mana uang keok…..gitu….

42. tawonklanceng - April 15, 2013

www

43. sof - April 15, 2013

Sorry OOT kang, saya dah tanya ke kawan saya di Osaka via “Line”, bandrol resmi Honda CBR400R 2 cylinder di Jepang setelah di kurs jadi Rp65jt, entah kalau sdh masuh di sini jadi berapa harganya?

44. k14 - April 15, 2013

klo jalanan macet ecek2 alias cuma 5 pe 10 detik doank . . . . Kyknya lebih pas buat stop di lampumerah ne

45. Pi'i - April 15, 2013

Bang haji…apakah si Vario ISS masih ada suara ngoroknya????????

46. dave - April 15, 2013

hmm,, kapan ada di beat?

47. anti motor lemot - April 15, 2013

44. Pi’i – April 15, 2013

Bang haji…apakah si Vario ISS masih ada suara ngoroknya????????
===================
Baca dulu, baru tanya.

48. sego goreng - April 15, 2013

y: gile lho ndro… Canggih amat…

H: hari gini masih teknologi jadul? Ya ketinggalan zjaman

y: ah elho Don… Tau ndirikan kalo dana riset di t4 gue CEKAK soale dipake ngiklan secara GEDE2an.

H: oh gt ya. Katanya insinyurnya pd smart?

y: smart apanya… Niru fitur PBL pnya elho adja butuh 6thn.!

H: :) :P :D :mrgreen:

49. pritikiew - April 15, 2013

kalau sistem ini diterapin dimotor biasa,dengan mematikan manual,apakah juga memper irit bbm?
Ane pernah denger katanya kalo suka matiin ngidupin motor bikin boros dimotor biasa…

50. hafiedh - April 15, 2013

pas Idling Stop System bekerja (motor mati setelah 3 detik berhenti) kan lampunya nyala tuh, apa gak tekor aki nya ?

51. sego goreng - April 15, 2013

EDIYAN TENAN pokok-e

52. sego goreng - April 15, 2013

ilang lagi nih koment

53. Soeharto Jooss - April 15, 2013

dlm posisi mesin mati (ISS bekerja) ketika gas “dijambak” apkh yg terjadi ?ttp muncul jambakan setan atau hny jalan alus om?ini penting mengingat kebiasaan org indonesia taruh anak didepan/di dek

54. sego goreng - April 15, 2013

tetep gak n0ngol

55. sego goreng - April 15, 2013

y: gile lho ndro… Canggih amat…

H: hari gini masih teknologi jadul? Ya ketinggalan zjaman

y: ah elho Don… Tau ndirikan kalo dana riset di t4 gue CEKAK soale dipake ngiklan secara GEDE2an.

H: oh gt ya. Katanya insinyurnya pd smart?

y: smart apanya… Niru fitur PBL pnya elho adja butuh 6thn.!

H: :) :P :D :mrgreen: :v

56. kukang - April 15, 2013

JANGGO pada April 15, 2013 pada 8:50
am
wow..banyak banget sensornya,
canggih banget ya ? tapi pengalaman
sy makin canggih suatu mobil / motor
biasanya makin rentan daya tahannya.
rusak satu sensor bisa ribet jadinya…
###
btul gan, mkanya ente msh piara radio am, tape deck, mesin tik, kompor myk, jam weker pegas, pompa air manual, motor yamaha 2 tak jadul
kan manual semua tuh, g ada sensor2
terbelakang amat sih, kapan majunya?

57. indonesian biker - April 15, 2013

Bagi sy, dalam memilih sebuah motor,faktor irit itu no sekian. Sy lbh mengedepankan kenikmatan dlm berkendara. Buat apa irit tp dibawanya tdk enak, tdk dgn passion. Dulu sy pakai Jup Z burhan. Walau agak boros tp dibawanya enak. Skrg Vixion sy pun sy setting CO nya. Memang lbh boros, tp dibawanya lbh enak. Kenikmatan dlm berkendara itu lbh bernilai dr cm irit.

58. indonesian biker - April 15, 2013

Bagi sy, dlm memilih sebuah motor, faktor irit itu nomor sekian. Sy lbh mengedepankan faktor kenikmatan dlm berkendara. Dulu Jupz Z sy jg agak boros. Tp dibawanya enak. Skrg Vixion sy pun sy setting CO nya. Memang jadi lbh boros, tp dibawanya lbh enak. Minumnya harus pertamax pula. Kenikmatan dlm berkendara itu lbh bernilai dr sekedar irit…….,

59. #99 bro. - April 15, 2013

perlu informasi yg JELAS DAN TEPAT untuk KONSUMEN

60. smartfaiz - April 15, 2013

Kondisi iss bekerja lampu nyala? Apa ga tekor tuh…

61. kang ari - April 15, 2013
62. BlackRR - April 15, 2013

Smoga semua varian motor pake fitur ini nantinya

http://autofresh.net

63. BlackRR - April 15, 2013

bensin irit, yang boros aki .. :)

64. Agustry - April 15, 2013

@smartfaiz kan daya pengisian baterai di gedein 1,6. Jadi untuk baterai aman

65. once - April 15, 2013

dan ahm pun mulai jualan aki wkwkwk

66. KobayZ250 - April 15, 2013

57. indonesian biker – April 15, 2013

Bagi sy, dalam memilih sebuah motor,faktor irit itu no sekian. Sy lbh mengedepankan kenikmatan dlm berkendara. Buat apa irit tp dibawanya tdk enak, tdk dgn passion. Dulu sy pakai Jup Z burhan. Walau agak boros tp dibawanya enak. Skrg Vixion sy pun sy setting CO nya. Memang lbh boros, tp dibawanya lbh enak. Kenikmatan dlm berkendara itu lbh bernilai dr cm irit.

===============

Kita sepaham, tapi tidak untuk kebanyakan rider, so, keep it just for the two of us bro :)
Hargai yang riset untuk keiritan tapi tanpa mengorbankan performa yah.

67. ari - April 15, 2013

joos

68. wahid - April 15, 2013

jd kngen m ahm plant 3.bnyak knangan sx di sana…

69. ariblogmotor - April 15, 2013
70. Antrix - April 15, 2013

Pak Haji emang cocok jadi Kuliner Motor, tes sana sini maknyusss…………………………

71. otoblogindonesia - April 15, 2013

canggih..

72. Onthel - April 15, 2013

nais info gan

73. Denz - April 15, 2013

Nunggu fbh vs fby aja ah..

74. Hendra Super - April 15, 2013

60. smartfaiz – April 15, 2013

Kondisi iss bekerja lampu nyala? Apa ga tekor tuh…
=================================================
Baca artikel yang bener……

75. joko - April 15, 2013

joss deh..bentar lagi bakal di aplikasikan juga di motor sport atau bahkan oleh pabrikan lain mungkin..:)

http://motoblast.wordpress.com/2013/04/15/new-vixion-modif-striping-bertema-kan-barcelona-ajiib-banget-bagi-penggemar-bola/

76. Benyamin Saputra Kurniawan - April 15, 2013

wah teknologi motor jaman sekarang makin canggih aja ya.. haha
just sharing my web, untuk berita-berita lengkap dan terbaru seputar dunia MotoGP, kunjungi http://www.beritasirkuit.com ya! :D

77. Pugman - April 15, 2013

Dengan teknologi yg canggih sudah selayaknya kualitas material dtingkatkan. Produk flagship harus dengan kualitas terbaik. Mgkin suatu saat teknologi earth dream dan skyactiv bs diterapkan di roda dua.

78. 46@sukses.com - April 15, 2013

Mantaaab…!!

79. ganzimaru - April 15, 2013
80. Cara Kerja Idling Stop System Vario 125 CBS ISS | Jalan Berkarisma - April 16, 2013

[...] Lalu bagaimana dengan sistem kerja di ruang bakar??? Sedikit copy dari blognya wak haji, [...]

81. ochep_jr - April 16, 2013

canggih tenan, jadi pengen,,,

82. Dogol - April 16, 2013

Teknologi yang bakalan jadi trend setter dimas depan,…kayak dulu teknologi Injeksi yg pertama diterapkan di SupraX 125,..orang banyak yg ragu…tapi sekarang….hampir semua motor mau beralih ke Injelsi….selamat menikmati Teknologi Baru.

83. Riky - April 16, 2013

Gmn kang setelah mencoba teknologi Idling Stop System pada Vario?

84. Riky - April 16, 2013

Sharing donk kang gmn sensasinya setelah mencoba teknologi idling stop system pada Honda Vario?

85. Riky - April 16, 2013

Sebentar lagi semua motor pasti akan menggunakan teknologi ISS ini…

86. Aryo - April 17, 2013

mantep banget kang infonya, pastinya bisa ngehemat banyak bbm tuh, hahaha

silahkan berkunjung kalau berkenan kang
http://jadipenerbang.blogspot.com/2012/08/dibalik-desain-alur-pada-roda.html

87. oblongjogja - April 19, 2013

suara musiknya nutup suara mesin, jadi ga jelas suara mesin berentinya

88. blogger visit to AHM factory : test ride Vario 125 idling stop system | kankkunk - blognya nbsusanto - April 25, 2013

[...] seperti ini memang bukan cuma nbsusanto yang ngrasain..seperti di blog pak taufik tmcblog hampir [...]

89. mazbrams - Mei 3, 2013

jadi pingin nih motor mas bro.. nunggu yang second aja kali yah.. :)

90. haroem - Mei 6, 2013

ISS vario adopsi dari PCX kan ya? keren, bisa ngirit bahan bakar juga… hehe

91. haroem - Mei 6, 2013

wihhh,,, canggih… bisa ngirit bensin pula…

92. Devilish 99 - Mei 15, 2013

asyk tuh apalagi variox striping repsol, canggih cbs, smart stand switch, parking lock, idling stop system, mau gan

93. voody - Oktober 30, 2013

Baru beli seminggu yang lalu katanya bebas ngorok tapi begitu di coba inreyennya masih ngooooooookkkkkk…..BULL SHIT


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.650 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: