jump to navigation

Cerdas dan Bijak Menyikapi Angka NJKB March 10, 2014

Posted by Taufik in : Honda, Kawasaki, Suzuki, yamaha , trackback

460x110rev_feb21

uk460x110feb

Brugman125#2

Bro sekalian, Bicara Soal NJKB ( Nilai Jual Kendaraan Bermotor ) alhamdulillah tmcblog sudah memulainya semenjak beberapa tahun terakhir  . . . Yap Blogger memang biasanya menggunakan Jalur jalur Out of The Box untuk bisa menganalisa Strategi New Product Pabrikan. Selain Via TPT, Kalo di Trace tercatat semenjak Juni 2012 tmcblog (suzuki inazuma) sudah mulai menggunakan data NJKB yang bisa di akses secara bebas oleh Publik ini. Nah pekan ini kembali soal NJKB ini menjadi heboh karena Beberapa angka NJKB produk pabrikan Roda Dua Indonesia terlihat Cukup Rendah. Apakah NJKB rendah mencerminkan OTR ( On The Road – Harga yang dibayar konsumen) Rendah? berikut Analisa dan paparan awal tmcblog yang didasarkan dari hasil Diskusi berdua dengan seorang rekan dari Divisi Legal sebuah Korporat Otomotif yang beberapa Tahun lalu sempat mengurusi Soal TPT, dan NJKB dari Produk baru.  cekidot . . .

banner-440x100

banner-460feb14

Berdasarkan beberapa Bacaan Online yang tmcblog cari diketahui bahwa, umumnya untuk menghitung harga On the road :  adalah [sumber]

Apa benar seperti diatas? ataukah beda beda? untuk membuktikannya kita simulasi  . . . Untuk Memulai mari kita simak dulu satu simulasi yang akan menunjukan perbedaan harga NJKB dan OTR.

Harga  YAMAHA NEW VIXION Terbaru

Sebagai Contoh Kita Pakai Harga Jakarta Untuk Yamaha New Vixion yang dibandrol OTR  22,5 Juta

dari Ketiga variabel diatas dapat diketahui Biaya ATPM untuk New Vixion adalah = [ OTR – ( NJKB + BBNKB + PKB ) ] = 2.764.500,00 atau sekitar 15,6 %. Untuk Kasus NVL ini OTR = NJKB  + (27,1 persen x NJKB)

honda_megapro_fi#_0011

Contoh Lain adalah Honda New Megapro FI yaa dimana  OTR 20,45 Juta rupiah

dari Ketiga variabel diatas dapat diketahui Biaya ATPM untuk New Megapro FI adalah = [ OTR – ( NJKB + BBNKB + PKB ) ] = 3.167.500,00 atau sekitar 20,4 %. Untuk Kasus NMP ini OTR = NJKB  + (31,9 persen x NJKB)

contoh lain Bisa Bro Lihat di gambar bawah Berikut ini yang tmcblog kumpulkan Khusus buat pengunjung tmcblog:

list_NJKB

:roll: silahkan Klik untuk memperbesar

Dari data list diatas baik untuk Motor yang diproduksi maupun yang di impor, biaya ATPM berkisar antara 9-37% . . . Ini artinya perbedaan antara angka NJKB dan OTR bervariasi antara 20% ( kasus dtracker 150) sampai 49% (kasus CBR 150 repsol) , artinya rumus OTR = NJKB  + (21,5 persen x NJKB) bener bener tidak selamanya berlaku . . .dari beberapa data yang tmcblog himpun diatas pada umumnya Nilai OTR hanya lebih tinggi 20% sampai 30% saja (beberapa kasus bisa lebih) dari bandrol NJKB . . . atau rumusnya

OTR = NJKB + ( [20% s/d 30%] x NJKB )

R15

Bingung dengan pemaparan diatas karena Banyak anka angkanya? . . . Oke secara Kesimpulan begini mas bro

OTR = NJKB + BBN KB + SWDKLLJ + BPKB + TNKB + STNK + BIAYA X

Nilai NJKB, BBN KB (10% NJKB), PKB (1,5% NJKB), SWDKLLJ (32rb) , BPKB (80rb), TNKB (30rb), STNK (50rb) itu sudah Eksak alias bisa kita lihat datanya . . . Namun BIAYA X ini yang sulit kita tembus sebelum resmi di rilis harga OTRnya oleh pabrikan. BIAYA X ini bisa digunakan Pabrikan untuk Biaya macem macem seperti untuk possitioning, untuk memukul produk kompetitor dengan price killer, bisa buat promosi dll

so jangan juga kaget Jika saat kita ketemu NJKB dari UH200 (disinyalir Burgman 200) yang hanya 14,7 Juta , 2PK (disinyalir R15) yang 18,1 Juta , RV125 ( disinyalir van van 125 ) yang 11 juta, GSX150 yang 12,4 juta,  sampai BJ250L (disinyalir Estrella 250) yang 53,75 juta blogosphere mencoba menebak nebak dan hasilnya yaaaa githu deh . . . UH200 kalo bro googling akan ketemu Burgman 200 . . . kalo aja pake angka 50% NJKB atau ekstreemnya 100% (dua kali lipet NJKB) sekalipun, masuknya tetep di bawah 30 Jutaan brooooo . . . apa nggak bikin semrawut price list tuh kalo bener segithu di aplikasikan ke Big scooter gede yang terlihat seperti Skutik Moge? begitu juga harga R15 dan Van van 125

analisa pun muncul . . . Jangan jangan salah ketik? jangan jangan ada pola perhitungan baru NJKB-OTR? jangan juangan UH200 bukan Burgman200? , jangan jangan Downgrade besar besaran?, jangan jangan diproduksi di Indonesia? atau yang lain . . . jujur, tmcblog nggak mau terjebak dulu dalam analisa hipotesis berbau spekulatif ini . ..  tmcblog hanya mau konsern di Fakta yang ada dulu  . . . NJKB dan kebiasaan Korlasi OTR dan NJKB :D

Nilai Diantara NJKB dan OTR selain diisi Nilai pajak yang masuk ke negara, ada juga Nilai Promosi dari Pabrikan. Nah Nilai Promosi ini lah yang tidak bisa kita ketahui, tergantung bagai mana parikan meramu dan membuat rumusnya. Nilai Promosi tentu saja bergantung bagaimana Posisitioning dari Motor tersebut di pasar . . . . . Mau ngehajar Siapa ini produk naaahh itu bahasa kasarnya :D Mudah mudahan postingan ini bisa membuka jendela kita lebih terbuka untuk Bisa cerdas menyikapi dan mengunyah angka NJKB dari kendaraan bermotor  . . . silahkan di komentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber bacaan dan data :

Comments»

1. rezaholic - March 10, 2014
rezaholic - March 10, 2014

pak taufik, bagaimana dengan minerva, viar, kaisar, yang harga OTR nya lebih dari 100% dari NJKB??

Taufik - March 10, 2014

Viar dan Minerva saya belom kunyah kunyah . . . ini yang masuk AISI dulu ya bro :D

rezaholic - March 10, 2014

nggih pak :D

aripitstop - March 10, 2014
bakso urat - March 10, 2014

semoga bener ya kang, karena saya sedang menunggu mengalokasikan budget -+ 25 juta saya buat beli motor.. semoga si burger 2000an ini masuk budget…

hulssay - March 10, 2014

harga ndud brugman jadi turun gini ya..wow banget..

http://hulssay.com/2014/03/10/pria-8-cintanya-part-1/

-ஜ۩۞۩ஜ Cover Jok CoolTech® ஜ۩۞۩ஜ- - March 10, 2014

Brugman klo dgn perhitungan seperti NJKB NVL cuma 17 jutaan
siapa yg ga ngiler..??
Tp ane ragu, kayaknya ada pola yg berbeda dgn pola NJKB sebelum2nya kang.
terlalu murah.

——————————————————–
Biar NVL makin ganteng dan nyaman:
http://sarungjokcooltech.wordpress.com/2013/05/09/sarung-jok-anti-panas-cooltech-vixion-edition/

Kobayogas - March 10, 2014

Sudah mulai terjawab semua kecuali harga X-nya… Apa kira kira melebihi 100% ya?

Berapa lama nongol dari TPT? 3-6 bulan ya kang?

http://kobayogas.com/2014/03/09/harga-heboh-di-tpt-dan-njkb-burgman200-cuma-147-juta-salah-ketik-berjamaah/

ojobkuayutursolehatporakolod - March 10, 2014

mumet ngitung duit wkwkwkwkk…..yg jelas, khusus Vanvan harga analisa harus benar pak haji, biar saya tmbah sumringah !! heheheh….

masshar2000 - March 10, 2014
muhamadrozak46 - March 10, 2014
motoblast - March 10, 2014
Bruuud - March 11, 2014

itu motor y paling bawah y matanya Belok gede banget motor apa ya??

2. gaaralovers - March 10, 2014

Pertamax!

don95ol - March 10, 2014

mumet tp mencerahkan..
Jos lah..

Ane cari2 gak ada si MBAH, kmana ya?? Jd kangen
Disinyalir otaknya gak mampu dijejali artikel bginian…
Wkwkwkwk

hardiasbantuly - March 10, 2014

Artikel pencerahan… ane sukaaa… mungkin yang ini juga… ehehehehe…
Pengetesan pada kendaraan bermotor

Nanako - March 11, 2014

jangan – jangan itu harga tarikan motor baru ke leasing nantinya???

3. gaaralovers - March 10, 2014

Memang cerdas wak Haji

devi kurniawan - March 10, 2014

ga salah jadi panutan ya bro :D

http://devmoto.blogspot.com/

andre3127 - March 10, 2014

master wak haji ini :D

4. mariman - March 10, 2014

wow

5. In - March 10, 2014

kalo beli offtheroad, dan kita urus sendiri bpkb & stnk, maka harga jauh lebih murah.. cmiiw

Taufik - March 10, 2014
fb wong deso - March 10, 2014

Truz apa sih beday offtheroad ama OTR. . Bukany sama beliy didealer resmi.
Knpa juga dealer ga ksh pilihan mau beli offtheroad apa OTR . .yg ada ya cm Brosur.
Stelah bc artikel tentang pengurusan stnk dn bpkb. . Itu ada tlsn SEDIKIT MENGANCAM ,saat mau minta surat pengantar.
Lho. .berarti bisa ga di kasih dong(bhaya)
truz ngancamnya/cr ngmngy gmna tuh biar diksh surat pengantarnya.. Gratis lg.
Mohon pencerahany yg secerah cerahy wak hji?
Ditunggu

Taufik - March 10, 2014

baca disini bro : http://pajak.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1983

ada tulisan gini :

NJKB berbeda dengan harga pasar (HP). HP off the road (kosong) adalah NJKB + (10 persen x NJKB),

sedangkan HP on the road (isi) adalah NJKB + (21,5 persen x NJKB).

Angka 21,5 persen diambil dari penambahan besaran PKB 1,5 persen, BBNKB 10 persen, dan 10 persen untuk biaya-biaya yang dikeluarkan agen tunggal pemegang merek (ATPM) seperti promosi dan asuransi.

fixer - March 11, 2014

bukannya kalo cash gk dapet asuransi kang opik. cuma yg beli kredit yg dapet

bagus semarang - August 11, 2014

Tidak semua dealer bs jual off the road om..

6. Thoecks - March 10, 2014

petromax

monkeymotoblog - March 10, 2014

wah, hebat euy kang taufik bisa faham gitu yak, hehe. aku mah asumsi cetek aja kang, salah ketik, hehehe
Kenalan sama CB1300 yuk
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/10/kenalan-dengan-honda-cb1300-cb-terbesar-yang-pernah-ada/

7. perkin - March 10, 2014

wow akhirnya 10 besar

8. 2tak - March 10, 2014

10 besar

9. mrongos - March 10, 2014

mang haji memang jos kalo soal begnian :D

10. mariman - March 10, 2014

artinya memang NJKB bukan patokan untuk harga OTR ya wak.. masih banyak faktor X yang harus di itung,
mantep nih,,,

Taufik - March 10, 2014

kalo BBN KB dan PKB termasuk SWDKLLJ nya sudah dapat dipastikan . . . ada hidden cost yang kita tidak bisa tahu . . . rumus dan variabelnya ada di kantong para petinggi pabrikan tentunya hehehe, imho

bocah atlantis - March 10, 2014

yg faktor pajak dan retribusi tarifnya udah jelas, tinggal sisanya untuk liat margin ATPM yang mau diambil seberapa besar, terlepas disitu ada unsur biaya biaya internal mereka.. ambil rata rata nya, nanti akan ketahuan satu produk overprice atau ngga…

novi - March 10, 2014

saya cenderung melihat nilai X ini sudah bukan lagi strategi langsung dari pabrik. karena NJKB ini harusnya adalah harga jual kosongan dari pabrik, yang dihitung sebagai omset oleh pabrik, dan ditambah biaya kirim, klo biaya kirim ditanggung distributor, dihitung sebagai Harga Pokok Penjualan oleh distibutor. Nilai X ini sudah masuk wilayahnya distributor (fee, transport, promosi level distribusi) dan pajak/retribusi yang belum masuk hitungan (jika masih ada, contoh PPN Impor 10%, PPh Pasal 22 Impor 2,5%/7,5%, Bea Masuk??? CKD=25% CBU 35%). tapi tetap ada strategi tidak langsung yang mungkin terjadi. ini yang kayanya menurut kang taufik menjadi rahasia dapur. misal dengan margin lebih banyak tapi dealer diminta memberi diskon atau mengelar even-even tertentu.

soalnya klo ada pemasukan lain selain NJKB yang dibayar ke pabrik terkait penjualan 1 unit kendaraan, kayanya PPN, BBN dan PKB-nya bisa turut di koreksi walau tetap banyak cara untuk mengalihkan tanpa melawan hukum.

NB: Bea masuk saya masih bingung apakah sudah masuk NJKB atau belum.

Taufik - March 10, 2014

karena sampai sekarang saya pun belum tahu isi dari Biaya X ini . . . segala sesuatu tetep mungkin mas bro menjadi variabel dalam Biaya X

tazz - March 10, 2014

menarik bro/sis novi.
ayo yg kemaren beli motor yg ada di daftar di atas, coba diliat nilai yg tertera pada faktur keluaran pabrik. kan ada tuh..
ato wak taufik, klo g salah ada vario 125 kan.
monggo dibabar dimari.

11. touringrider - March 10, 2014

Wih

12. gaaralovers - March 10, 2014

Luar biasa

13. Maniak Motor - March 10, 2014

josss

14. gun - March 10, 2014

mmmmhh..?? ngungbi..

15. gaaralovers - March 10, 2014

Komenq bnyk yg kena razia

16. raja ngimpi - March 10, 2014

enaknya wak hji ini dijdkan ketua bloger indonesia??wkwkwk

Taufik - March 10, 2014

gubraxxxxxxx :mrgreen:

abadi83 - March 10, 2014

Kalo Presiden blogger gmana,wak haji adain kopdar pengunjung blog dong wak

17. mbahjo paijo - March 10, 2014

essip (y)

18. Rider_Enom :D - March 10, 2014

Sipp wak… :D

19. goeh80 - March 10, 2014

nah kalo kita beli Off the road dan ngurusi surat surat nya sendiri rumus nya jadi gimana kang?

Taufik - March 10, 2014
goeh80 - March 10, 2014

jadi kalo harga offTR =NJKB + (10%*NJKB) untuk kasus Megapro FI :
offTR =15.500.000 + (10%*15.500.000) = 17.050.000
bbn kb = 10%*15.500.000 = 1.150.000
pkb = 1.5%*15.500.000 = 232.500
total = Rp. 18.832.500

jika dibandingkan dengan harga OTR = Rp. 20.450.000, maka ada selisih Rp. 1.617.500
IMHO

kebo ijo - March 10, 2014

ane prnh ngurus sndri dl wktu bli mnerva, beda skitar 1jt.. lumayan sih, pi d samsat agk d prsulit ma oknum polisi yg tugs d dalam…..

20. dexter - March 10, 2014

Nice share bang…
Jadi tau skrg…

21. abdi - March 10, 2014

Hadir wak……

22. shane vrockstarc - March 10, 2014

Kedewasaan….kematangan…. keluasan khasanah ilmu dan referensi….artikel informatif didukung referensi2 aktual ..membuat kita dimanjakan kekayaan ilmu oleh wak haji….jozzz tmc blog…

Taufik - March 10, 2014

haduh, sebenarnya biasa saja saya mah mas bro . . . saya mah cuma karena punya waktu aja untuk menghimpun data data ini dan mungkin karena kebiasaan dari Kuliah bicara data mas bro :)

RCV - March 10, 2014

kalo di sebelah dimanjakan artikel provokatif terus, makanya selalu penuh sesak perusuh

bang jali - March 10, 2014

itu pasti blog yg suka bego2in orang

23. orong-orong - March 10, 2014
24. kuda besi liar - March 10, 2014

ini baru siip, warung sebelah malah artikel nya kyak forum kuskus.

25. agil - March 10, 2014

mumet itung-itungannya…tp stlh artikeln
ya di simak pelan-pelan skrng udh sdkt mengerti. untuk mslh TPT NJKB wak haji TOPBGT deh.

Taufik - March 10, 2014

alhamdulillah

26. lupuz - March 10, 2014

yg plg tinggi naiknya cbr 150 ama 250….37% 31%…oper prettt

novi - March 10, 2014

untuk yang CBU kayanya perlu dihitung juga PPN Impor dan PPh Pasal 22 Impor yang ga masuk nilai NJKB/DPP tapi tetep di bebankan ke konsumen.

Taufik - March 10, 2014

itu bener banget, pajak masuk
cuma yang saya bahas hanya variabel variabel yang masuk dan tercatat di STNK Kita saat pertama kali beli
mungkin nilai pajak ppn., pph masuk yang ke Biaya X itu bro, cmiiw, imho

27. briptu - March 10, 2014

Eh buset, selisih NMP 37 persen. Gede amat untungnya ahm… Cmiiw

dengkul ngebul - March 10, 2014

buat biaya turing nusantara bro. itu salah satunya.
yg nggak kebagian turing, kaciaaan deh.

thedeadbone - March 10, 2014

untung gede tapi ga dibarengi kualitas yang bagus juga…

hahahah

28. slolholob - March 10, 2014

boleh murah . .asal jangan downgread kualitass. . . itu yang penting kualitas . .

29. blackrasta - March 10, 2014

kalau produksi lokal memang perhitungannya gak jauh kang kecuali yang cbu

Taufik - March 10, 2014

ya ada biaya pajak kayaknya di Biaya X, imho

30. pulsar 135 - March 10, 2014

jooss.. wak haji.. sang master tpt.. :-D

31. pembaca - March 10, 2014

pengen deh ngopi bareng wak haji.. kapan ya??

Taufik - March 10, 2014

ayuukk :D

killbill1 - March 10, 2014

ikut dong

32. itsuki minami - March 10, 2014

meledup kepala ane wak kaji..

Taufik - March 10, 2014

wakakakakak, kayak lagi kuliah yaa? :D

33. bikerlover250 - March 10, 2014

perang pabrikan besar besaran
konsumen yg di untungkan
harus cerdas memilih…
bagus lah kedepannya banyak type motor…
tinggal sesuaikan peruntukannya…

34. IGO Lover - March 10, 2014

mungkin ada perubahan penulisan NJKB untuk bulan ini pak,
masa iya R15 segitu?
masa iya Motor2 baru Suzuki segitu?

mungkin ada perubahan perhitungan mulai maret ini ..

CMIIW ;)

Taufik - March 10, 2014

Bisa jadi iyah . .. tapi erubahan pasti ada undang undangnya . .. minimal Perda, imho

35. r6 - March 10, 2014

josssssssssss suwon wak haji……. atas pencerahanya

36. bead revoist - March 10, 2014

lieur kang…..nunggu loncing ae lah

37. paperiders - March 10, 2014

iya UH200 kalopun di kalikan pajak mewah 125% tetep aja ga masuk akal unutk ukuran big scooter.. tp ya sudah lah.

kalo TPT produksi itu buat sepanjang tahun, persemester atau beravariasi tergantung pesanan (laku enggaknya) lek?

http://paperiders.wordpress.com/2014/03/09/sekilas-pandang-strategi-harga-suzuki/

38. Efek dari NJKB dan Bagaimana Kita Menyikapinya | Budi_Sant | Bapak'e Salma - March 10, 2014

[…] tidak selamanya rumus OTR = NJKB + (21,5 persen x NJKB). Untuk info selengkapnya bisa dilihat disini. Nilai antara NJKB dan OTR selain diisi nilai dari pajak yang akan masuk ke Negara. Ada juga nilai […]

39. Duinnn - March 10, 2014

Makin banyak penjualannya maka faktor x nya semakin kecil.

40. ndas becak - March 10, 2014

bar upacara moco ongko..tambah mumet…wakwakwkak

Taufik - March 10, 2014

wakakakakak . . . baca mulai dari gambar R15 aja bro . . . itu kesimpulan sementaranya

killbill1 - March 10, 2014

serumit regulasi motoGP 2014,Fik

41. chep fabregas - March 10, 2014

mantaaaapppp artikel nya kang.

42. Junior - March 10, 2014

Alhamdulillah artikelx bikin nambah ilmu

43. "ngelindur" - March 10, 2014

Mudah²an Burgman 200 beneran,,,,
Cancel ambil New PCX…. :wink:

44. casper - March 10, 2014

saran mas, gimana kalo komen terbaik dari tiap artikel di pajang di muka, (istilahnya best comment). sehingga para komentator berlomba2 untuk membuat komen yang baik dan kritis.

saya sedikit memberi analisa tentang harga2 njkb akhir2 ini

1. yamaha yzf r15
harga 18.1 juta memang keliatan sangat murah. akan tetapi memang r15 hanyalah OLD VIXION yang dipakai fairing dan gigi 6. tidak ada alasan mahal. jika old vixion 22,3 juta r15 25 juta. ini adalah sangat wajar. tidak seperti honda yang mengoverprice cbr 150 supaya cbr 250 laku, yamaha lebih pintar. yamaha menset harga yang menyebabkan massive destruction. jika r15 dihargai 24 juta, maka honda dan yang lain telak tidak akan bisa melawan dengan senjata apapun. cb150, new tiger, suzuki gsx 150 akan lenyap dari peredaran.satu2nya lawan hanyalah cbr 150 dan itu sangat sulit mengeset harga 24 juta. dalam hal ini yamaha memang harus mengorbankan vixion dan itu q ora opo-opo

2. suzuki burgman
saya pikir suzuki sudah belajar, tidak akan bisa mengalahkan honda jka tanpa membuat gebrakan. segmen sekutik terlalu kuat untuk di penetrasi. jika burgman dijual dengan harga 19 juta pun, masyarakat masih pikir-pikir. beli burgman atau vario.

Roy (Sempak Operpret) - March 10, 2014

jelas burgman lah. gw juga mau maxi scooter kek gitu. matic ada tachometer nya + 200cc. jangan mimpi cebong ama verza or NVL nyalip nie motor di trek lurus…

RCV - March 10, 2014

Ngeliat matic Nex kayak Mocin, ya segitulah kualitas Matic Sujuki akhir2 ini..

masih mending skywave/skydrive/hayate

45. Roy (Sempak Operpret) - March 10, 2014

mudah2an GSX nya 16jt an, kalo 17jtan mudah2an belakang ganti jadi cakram jangan tromol…

SOHC nya udah cukup kok…

46. ojan - March 10, 2014

Perasaan ane juga sama ama kang haji..kayanye downgrade besaran besaran atau hayate upgrade hayate..?

47. mariodevan - March 10, 2014

Mantap jos gandos….

Pilihan Mobil bekas, kendaraan keluarga dengan harga terjangkau! (Maret 2014) http://t.co/DNhNtr15OZ

48. pembaca-setia - March 10, 2014

jangan jangan jangan :) tetep aja bikin “market leader” kaget :D
overprice produk siap2 huni gudang

49. Montor - March 10, 2014

Pengaruh terbesar di harga OTR bisa jadi malah X faktor kayaknya.

50. aripitstop - March 10, 2014

belajar dulu

51. udinsastro - March 10, 2014

Semoga nanti pada jual dengan harga pas yg gak over priced lagi

52. faiz - March 10, 2014

brarti beli cbr 250 off the road + urus sendri stnk -bpkb bisa hemat 31 %…so biaya atpm ga kebayar….

53. at0zz - March 10, 2014

keren om…
gamblang

54. karSidi - March 10, 2014

jadi yg berbeda sebetul nya biaya ATPM nya .. ngga selalu 10%NJKB

55. motogokil - March 10, 2014

itung2annya sangat informatif, berarti dengan rumus yg sama persis dengan yg diterapkan di NVL, harga R15 akan mepet NVL, mungkin kurang dari 25 jt.
titip mas
http://motogokil.com/2014/03/08/dampak-psikologis-dari-munculnya-harga-njkb-yzf-r15-yang-cuma-18-1-juta/

56. Ferboes Richardson - March 10, 2014
57. kurkumin - March 10, 2014

Pabrikan kalo mental kemaruk aka operpret tetep aja njkb nya digedein. kasus 2pk harusnya 14jt, GL15C21A07 MT seharusnya 12jt…..

58. kura kura ninja - March 10, 2014

Moga2 makin keren,,,cc makin gede,,,and makin muraahh,,, toh diluar negri emang murah2 kok kenapa disini harus mahall…!! :D

59. teguhbk - March 10, 2014

Pertama ngerti, setelah itu mumet baca artikel wak haji yang satu ini. Saya yang penting ada motor murah, seandainya mahalpun yang penting harga masuk akal sesuai spesifikasi & desaign motor, langsung sikat wae.

60. dred - March 10, 2014

bodo emet r15 25 jt juga..yg pnting ivanivan 125 dibawah 20jt… Umur brtambah jdi ga suka motor nungging..pegel..btw vanvan ga kecil2 amat..perasaan cocok buat ane yg tingginnya 165..

61. husni - March 10, 2014

Melu sinau

62. aman - March 10, 2014

Trik bisnis aja itu kayak nya (bisa iya bs nggak) atau mungkin sesuatu…hehe

63. Sotong - March 10, 2014

Biaya X, termasuk di dalamnya adalah proyeksi keuntungan APM, main dealer dan dealer.

64. Sanghyangasmara - March 10, 2014

Inggih, Wak… Josss!

65. CUMAMELURUSKAN - March 10, 2014

yang terjebak cuma para FBH oon , yg kagak punya semprot piring

don95ol - March 10, 2014

kalau ngom0ng mbok ya sambil bawa cermin, biar tau ky apa muka sndiri…
Asal jeplak aja, DODOL….!!!

66. Sotong - March 10, 2014

Mas Taufik tampaknya perlu editor bahasa. Bukan berarti nanti menjadi berbahasa Indonesia baku, tapi lebih kepada penggunaan huruf besar dan kecil, tanda baca, dan lain-lain.

penggembira - March 10, 2014

Ane stujuu bgt sma komen agan ini. Dari dlu ane emang pmbaca blog wak taufik..dan bbrpa kali ane komen skedar mmberi masukan utk lebih mmperbaiki tulisan/ketikan..(dluar konten). Cma krna yg komen bgnian minoritas bgt,mgkn g didenger *sedih
Sorry to say ya Wak,msak duta blogger indonesia di kancah motogp, ngetik bahasanya sndri blepotan? dan sudah dpastikn englishnya acak kadut dong…contohny aj di artikel ini, hrusny Positioning, mna ada Posisitioning? kontent?? What a mess Wak! Smoga didenger deh..peace!

Taufik - March 11, 2014

@sotong
ya saya memang merasa perlu, tapi belum ada waktu nih, makasih inputnya ya

@penggembira
hahahahaha, segitunya :D

67. warungasep - March 10, 2014

Mantap analisanya…

68. warungasep - March 10, 2014
69. shuvit - March 10, 2014

mantaaap ini baru artikel mencerdaskan pembaca

70. sosi - March 10, 2014

trus untung perusahaanny ngambil darimana wak haji? dari njkb ato dari faktor x ? nuhun..

71. Joko - March 10, 2014

melihat tabel, ternyata biaya ATPM “CBR” paling tinggi

72. karSidi - March 10, 2014

*****kita ambil contoh UH200 ato brugman/skywave 200******

OTR = NJKB + (21,5 persen x NJKB)
dimana 21,5 persen = PKB 1,5 persen NJKB + BBNKB 10 persen NJKB + Biaya ATPM 10 persen NJKB
Biaya ATPM ~ Promosi, Asuransi, SWDKLLJ dll

misal biaya ATPM 10%(saya ambil dari list suzuki paling rendah)
14,7+(220.000+1.470.000+1.470.000)
14.700.000 + 3.160.000= 17.860.000 IDR

kalo pake biaya ATPM 37% , saya ambil tertinggi dari list di atas seperti pada CBR 150 repsol)
14,7+(220.000+1.470.000+5.439.000)= 21.829.000IDR

*trus bagaimana dengan pajak impor motor CBU yg kapan hari naik???

Taufik - March 10, 2014

PPNBm?
sama seperti reply No#26
itu bener banget, pajak masuk
cuma yang saya bahas hanya variabel variabel yang masuk dan tercatat di STNK Kita saat pertama kali beli
mungkin nilai pajak ppn., pph masuk yang ke Biaya X itu bro, cmiiw, imho

73. Mercon C - March 10, 2014

kayaknya memang CBR yang paling edan :roll:

Roy (Sempak Operpret) - March 10, 2014

lho?
kata FBH gak operpret…

itu tiger gimana operpert gak sih?

novi - March 10, 2014

please jangan dulu menjudge seperti itu. bisa jadi CBR masih sangat reasonable, angka 37% bisa jadi bukan angka yang wah bahkan cenderung tipis klo kita lihat PPN Impor 10% PPh 22 Impor 2,5% bea masuk CBU motor 250cc kebawah 35%. jumlahnya 47,5% loh kok lebih dari 37%. masalahnya impor itu perhitungannya bukan dari NJKB/DPP yang di daftarkan, tapi dari Nilai Impor(harga pokoknya pabrik) yang kita tidak tahu. Lalu apa kabar IU pasti lebih besar lagi.

makanya produksi lokal, minimal sudah menekan biaya pajak diatas, belum termasuk laba perusahaan di negara asal dan pajak/retribusi yang di kenakan di negara asal(biasanya 0 % klo untuk ekspor)

74. Peyek - March 10, 2014

Bloger kondang ilmunya seGUDAng :D

75. zzz - March 10, 2014

kesimpulannya : “Dengan data kita dapat bersikap dan bertindak lebih bijaksana dan terarah” ……. :-)

76. gc133hijrah - March 10, 2014

Wait n see for uh200 sebelum ngejual vario 125 ane.

77. hanbalitaxi - March 10, 2014

Messi blogger laen langsung mingkem cepp goro2 ulasane mas topik iki….
Hayoo sopo sing arep latah eneh

78. ASIAWAE - March 10, 2014

mungkinkah biaya X 200% ?

Taufik - March 10, 2014

kalo dibilang mungkin . . . mungkin dan boleh boleh aja mas bro, saya belum nemu peraturan yang tidak membolehkannya mas bro . . . cuma kan diluar ke umum-an dan kebiasaan, plus ketauan sama publik karena NJKB dan OTRnya kan terekspos ke publik dan ngak bisa di tutup tutupi

79. ipanase - March 10, 2014
80. lovemybike - March 10, 2014

wak mau tanya, sebenernya dari harga NJKB nya sendiri, atpm/pabrikan udah ngambil untung atau belum sih? atau keuntungan hanya bisa diambil dari selisih harga NJKB sama OTR??

http://lovemybike.wordpress.com/2014/03/09/test-ride-3-in-1-megapro-fi-verza-dan-cb-150-sf-stadion-mandala/

Taufik - March 10, 2014

kalo menurut saya, NJKB sendiri sudah ada Biaya produksi, Keuntungan, overheat dll, cmiiw, imho

lovemybike - March 10, 2014

Sip, makasih infonya wak

81. Dkuntoro - March 10, 2014

biaya APTM :

Ninja 250 ABS 7,38Jt
CBR 250 Repsol ABS 12,458Jt

Status sama – sama CBU Thailand.

MS “H” bisa menjelaskan??

Dkuntoro - March 10, 2014

contoh lain Biaya APTM:

Inazuma 3,714Jt
Z250 3,9Jt

Status sama – sama CBU tapi yang 1 SOHC yang 1nya DOHC.

82. pugman - March 10, 2014

Wak haji, jarga njkb itu produsen sudah ambil margin dari biaya produksi to? Artinya keuntungan diambil dlm 2 tahap. Pertama waktu pendaftaran njkb dan kedua saat harga resmi otr diumumkan. Betul ga?

Taufik - March 10, 2014

makanya saya nulisnya Biaya X bukan hanya keuntungan, melainkan biaya lain seperti biaya promosi , apace buat melakukan strategy possitioning dll
menurut pendapat saya, mho, NJKB sendiri sudah termasuk Basic cost Produksi, overhead, keuntungan dll

sontoloyo - March 10, 2014

mungkin maksud bang haji Overhead bukan Overheat …

Taufik - March 10, 2014

Wakakak iyah betul ituh

83. kuda jingkrak - March 10, 2014

mumet ndase :D
Klo intip NJKB scra online,gak ada porsentasenya ya wak??? Cuman daftar merk dan nilai NJKBnya aja..

Taufik - March 10, 2014

gak ada bro, saya itu ngerjain sendiri di excell

84. penggemarmotor - March 10, 2014

oom kalo dasar penetapan NJKB itu darimana oom, apa dari pengakuan produsen?? kalo gitu bisa diakalin dong oom, ngakunya murah hehehehe, apa ada tim survey mya?
http://penggemarmotor.wordpress.com/2014/03/10/angan-angan-modif-nvl-ala-r15/

85. kuda jingkrak - March 10, 2014

oalaaah pantes… :D
Tpi percuma intip njkb,soalnya ga tau kode motornya xixixixi :D
Klo wak haji kan masternya NJKB dan TPT heheee…
Terima kasih n salut deh ma wak dah memberi info yg sangat detil kpada pemirsa.. (y)

Taufik - March 10, 2014

biar nggak hanya saya yang bisa ngunyah ngunyah mas bro . . . semua bisa menganalisa, semua bisa terbuka pabrikan untung, konsumen senang harga turun . .. piye carane coba ? :D

peyek - March 10, 2014

mangkanya kalo pembaca lama memberi julukan kpd wak haji Taufik adalah sebagai “DUKUN TPT” permotoran di Indonesia. CMIW

86. Rollerman - March 10, 2014

berarti R15 belum pasti 25-26 jutaan donk?

Taufik - March 10, 2014

Kalo ngikut patern selama ini sih segitu, tapi kalo ada patern lain yaaa, bisa jadi berbeda

87. wisnu3ds - March 10, 2014

pusing mbacanya……angka-angka….taunya angka pasti ..lebar kali tinggi ketemu apa….jadi bentuk2 ruang polygon aja deh…..

pokoke…buat FBY…” belii siiii”

88. 0yoo - March 10, 2014

artinya harga real bisa saja di set jauh lebih tinggi dr NJKB ya?

89. frenz muda - March 10, 2014

Hahahaii…… artikel yg cukup emosional tpi masih terkontroll….wak haji bnar2 cerdas nieeehhh…cerdas merespon isu dan tekanan dri dagangan warung lain..dan juga mencerdaskan pembacanya…salam cerdas wak haji..

RCV - March 10, 2014

warung lain mah isinya kompor meleduk, provokatif, kadang cuma repost artikel wak haji + gak berisi

Taufik - March 10, 2014

Jangan githu bro, setiap blogger punya gaya masing masing .. yang penting blogger rukun itu lebih asik

90. Kobayogas - March 10, 2014

Lengkap pisan kaaangg… Btw contoh diatas pertanyaan saya semua keknya wkwkwkk…Makasih sharingnya ya

http://kobayogas.com/2014/03/09/full-review-test-ride-honda-pcx-150-2013-enjoy-the-joyride/

91. isal - March 10, 2014

kopdar yuk wak haji, temanya membicarakan NJKB sampe semua paham.. :)

Taufik - March 10, 2014

Wakakakakakak …

92. first time - March 10, 2014

bukannya NJKB tuh sudah ada profit dari pabrikan, kok masih ada nilai x nya ya?

Taufik - March 10, 2014

ini lah yang belum bisa di jawab :D

Giusty - March 11, 2014

biaya x termasuk masuk margin untuk distributor+sales, kalau disebutkan banyak bro. mungkin wak haji mau breakdown biaya x ? ditunggu artikelnya. Apakah biaya njkb tiap propinsi itu sama?

93. Isa Zit Tooya - March 10, 2014

keliatan overprice nya nih ahm .. ( ane fbh ngakuin sendiri lo ya :D )

94. Roy (Sempak Operpret) - March 10, 2014

kalo gitu kalo tiger operpret gak sih wak aji?

95. dadot - March 10, 2014

and the master continues…..
hemmmsssss master opo yo saiki? :mrgreen:

Taufik - March 10, 2014

Piyeee Transletan transletan …

dadot - March 10, 2014

brojol 2 di motoupdate1 ;)

96. ATPM WATCHER - March 10, 2014

Kang Haji, bbn dan pkb gak selalu 10% dan 1.5%.
Pada model tertentu bisa lebih besar. Tergantung kebijakan samsat dan pemda. Cmiiw.

Taufik - March 10, 2014

wow . . . begitu yaa? saya cari dulu datanya deh, soale kalo masalah persentase pasti ada peraturannya hitam di atas putih

novi - March 10, 2014

BBN dan PKB itu Pajak daerah jadi tarifnya tergantung daerah walau tetap di kasih batasan oleh pemerintah pusat. selain itu tarif juga tergantung cc. sepertinya scope yang di bahas kang taufik adalah khusus jakarta dengan cc s.d. 250. beda lagi hitunganya klo di daerah lain atau untuk motor dengan cc lebih dari itu. bahkan NJKB-nya pun pasti berbeda. makanya selalu berbeda harga di jakarta dengan di daerah lain. hal ini terjadi bukan hanya karena biaya kirim semata.

97. psikotessesuatu - March 10, 2014

analisa cerdas kang.. ngikut aja deh

98. 4G92Mivec - March 10, 2014

Mantap analisanya, disertai banyak contoh….

99. baco - March 10, 2014

motor berkualitas lebih murah lebih baik wak haji,kita untung bangsa untung..
kalau njkb sepeda onthel berapa wak haji??he..he..

Taufik - March 10, 2014

gak ada di websitenya mas
*series bener jawabnya :D

100. jackalride - March 10, 2014

Berarti memang kita harus nunggu petingginya YIMM ngerilis resmi dulu gitu ya wak?
_____________________________
Test-Ride NMP FI: Jangan nyari Power dari Reog Ponorogo Season 2!!!!

http://jackalride.wordpress.com/2014/03/10/test-ride-new-megapro-fi-yang-dijual-bukan-power-dan-tampilan/

101. boerhunt - March 10, 2014

kalopun OTR = 4x NJKB untuk si Burgman 200, tetap harganya jauh dibawah yang Burgman 250 kang, ini yg bagi ane surprise kok bisa suzuki ngehargain Burgman200 ini seharga itu, berharap banget emang bener harganya MENTOK di 2x NJKB kalo mau di posisikan barang mewah :D

http://boerhunt.wordpress.com/2014/03/09/njkb-suzuki-burgman-200-14-jutaan-to-good-to-be-true/

102. komunitashondamegaprokebumen - March 10, 2014
103. frenz muda - March 10, 2014

Benar2 dingin dan mengesankan… wak haji layak dilabeli ‘the best of the best..??? Hahsha

104. nivikoko - March 10, 2014
105. dave - March 10, 2014

behh,, burgman 200cc ga sampe 30juta,, maknyos,,
geger dunia permotoran.. :p

106. baco - March 10, 2014

berharap wak haji mengulas kembali motor lawas tahun 80-90an,yg pernah hadir di PETANI (pengemudi/pembalap tanah air indonesia)

107. mydasign - March 10, 2014

kesimpulannya wak haji… puyeng pake rumus gituan.hehehehe…

Taufik - March 10, 2014

OTR = NJKB + BBN KB + SWDKLLJ + BPKB + TNKB + STNK + BIAYA X

ini kesimpulane :D

mydasign - March 10, 2014

hehehehehehe… berarti dealer untungnya berapa yah ?
*tanya sales yuk….

novi - March 10, 2014

satu lagi wak haji… PPN 10%

108. budi - March 10, 2014

makasih wak haji pencerahannya, tinggal bsok bongkar2 knpa NJKB bsa rendah?
krna commont parts, downgrade ato gmna..
okee wak haji :)

109. k14 - March 10, 2014

kepengen berukman wak haji, antep koyone

thedeadbone - March 10, 2014

berukman= manusia beruk brarti…

tar ada FB yg marah nyinggung kata” beruk

:lol:

berukman 20an jt? ikut indent jiahaha

110. Radit - March 10, 2014

Pak Haji, ini sepertinya efek kehadiran team Roda 4 Suzuki yang sukses dengan Eritga dengan “menghancurkan” Dominasi Avanza Xenia dah mulai terasa nieh di dalam Team Roda 2 Suzuki. ;)

Taufik - March 11, 2014

disinyalir sih

111. yanu - March 10, 2014

cerdas kalo pake kacamata… :)

112. krisna - March 10, 2014
113. monkeymotoblog - March 10, 2014

nyimak dulu ya kang, itung2annya lumayan asyik juga
Kenalan sama CB1300 yuk
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/10/kenalan-dengan-honda-cb1300-cb-terbesar-yang-pernah-ada/

114. randystrife - March 10, 2014

biaya atpm cbr series operpret bgt yah… 10 – 12 jt atau 30 – 37%, untung besar tuh. kl kawasaki er6n masih dimaklumin lah moge. dengan untung atpm 15 jtan atau 20%.

novi - March 10, 2014

ER6N lebih dari 250 cc bozz. harusnya pajak dan retribusi tarifnya lebih tinggi lagi. klo data Z250 kayanya salah deh. selisih 8,5juta, padahal pajak dan retribusinya aja 8,8juta… apakah ada agenda lain?

115. waton - March 10, 2014

nambah ilmu, nambah wawasan….suwun informasinya.

116. AutonetMagz.com - March 10, 2014

bagus bener ini artikelnya, mencerahkan banget…. tapi kalau diliat dari harga NJKB, sepertinya R15 bakal dibanderol dengan harga kurang dari 30 juta sih… hehehehe

titip juga kalau mau liat review honda mobilio brosis

http://autonetmagz.com/first-impression-review-honda-mobilio-e-manual-gallery-photo/

117. fb wong deso - March 10, 2014

yang xu lbh heran lg. .xok bisa apal Link-Link situs.
Ada yg tanya ,cukup bilang . .baca http://blabla.com
hebat.

118. Le lembut - March 10, 2014

Hhhmmm
Ya… intinya kita sebagai reader-nya para blogger harus bisa menelaah dengan bijak ulasan2 yang diberikan…
jangan telan bulat2 infonya, tapi kita kunyah2 dulu sambil dinikmati “rasanya manis, asin, pedes, pahit….dll”
wkwkwkwk

119. discovery - March 10, 2014

atau mungkin bisa coba ambil sampling dari produk premium sejenis wak haji, misalkan CBR250 atau kalau dari suzuki, skywave 250nya atau inazuma biasanya faktor Xnya sebesar apa ya :P

120. MotoGP - March 10, 2014

belom terendus via tpt informasi kehadiran sosok next yamaha jupiter mx fi. Ditunggu info selanjutnya bung.

Taufik - March 10, 2014

Nanti saya tulis ya tentang jptr mx fi ;)

121. darkiblaki - March 10, 2014

Wak haji,suzuki lg ada acra apa ya di ancol hri ini,truz ada 4 mtor yg lalulalang,1.brugman 2.hayabusa 3.street fighter ga tau apa ada tulisan test ride gsr, tpi moge 4.kaya dual purpose, multistrada ducati,cm ga sempet mulu di jepret :0

Taufik - March 10, 2014

Ditunggu fotonya bro, ya ada acara szk di mercure hari ini

122. belalangmerah - March 10, 2014
123. nivikoko - March 10, 2014

mantrap surantapp cerdas dan lugas wak haji taufik yang mempengaruhi harga jual spida motor
http://nivikoko.wordpress.com/2014/03/10/uji-konsumsi-bbm-vario-techno-110-seliter-premium-tembus-422-km-juwosssss/

124. thok - March 10, 2014

njlimet trus mumet.

125. Agung ES - March 10, 2014

Kang,tolong itungin Ninja RR Mono doongg,apa bener dilepas di kisaran 40 jeti….? Klo diliat dr NJKB nya kok malah belum muncul tuh si Mono….? Dan kira2 kapan bisa di inden or sampe ke tangan konsumen di pulau jawa….? Suwun kang…. dah nunggu2 Si Mono di garasi rumah nih,hehehehehe

Taufik - March 11, 2014

RR Mono Belum ada NJKBnya per kemarin mas bro

126. dimas arif antonio - March 10, 2014
127. edi - March 10, 2014

CBR benar benar terlihat jelas paling operprice…!

128. arek cilieck - March 10, 2014

berarti ane ditipu nih ,masak old cbr ane dapet cuma 15 jt…

wkwkwkwkwkwk

129. asees - March 10, 2014

YIMM jozz gandos soale lebih ke service oriented

130. st3v4nt - March 10, 2014

Udah sabar aja, kalaupun entar murah kan tinggal beli tapi kalau entar mahal tinggal rame2 komeng overpret……:-D

131. jaos_konsumen biasa - March 10, 2014

Artikel gini aja koq pada bilang rumit sii?

Justru yg rumit itu koar2nya fbh….sy aja males mau baca saking rumitnya. Knp rumit? Krn isinya kusut plintat plintut dan opini yg dibuat2 semua….habis itu bisa sok spiritual pula…hahha.

:grin:

132. Lagi… Spyshot Yamaha YZF-R15 Tertangkap Kamera Saat ditest Ride | ARIPITSTOP - March 10, 2014

[…] nunggu motor yang dikabarkan cuma 25jutaan. Awas jangan ketipu sama harga NJKB sudah dibahas sama mas taufik disini. Sikapi dengan cerdas dan bijak kata mas taufik agar kita tidak tertipu oleh harga NJKB yang akhir2 […]

133. Bonsai Biker - March 10, 2014

jozz

134. Kobayogas - March 10, 2014

Malam… barangkali ada sanak familinya mencari review Honda Mobilio…mangga di klik..

http://kobayogas.com/2014/03/10/full-impression-review-honda-mobilio-e-cvt-part-i/

135. Bonsai Biker - March 10, 2014
136. fb wong deso - March 10, 2014

Saya lg siaga 1 nih..td,barusan nguber2 tikus. Ekh. .sial,tikusy masuk dlm motor.
Sdh pake 1000 cara,tp tikusy ga keluar2.
Ada yg tau caranya?

137. warungasep - March 10, 2014
138. tata - March 10, 2014
139. Dhia - March 10, 2014

kesimpulan nya mentah lagi dong wak..
artikel ini otomatis mementahkan semua argumentasi tentang NJKB di artikel sebelumnya yg pernah di tulis sndiri..
tepuk jidat..

Taufik - March 11, 2014

kayaknya bro nggak sama ama saya dalam mengambil kesimpulan :D

140. penggembira - March 10, 2014

–kena sambel terasi–
Ane stujuu bgt sma komen agan ini. Dari dlu ane emang pmbaca blog wak taufik..dan bbrpa kali ane komen skedar mmberi masukan utk lebih mmperbaiki tulisan/ketikan..(dluar konten). Cma krna yg komen bgnian minoritas bgt,mgkn g didenger *sedih
Sorry to say ya Wak,msak duta blogger indonesia di kancah motogp, ngetik bahasanya sndri kacau? dan sudah dpastikn englishnya acak kadut dong…contohny aj di artikel ini, hrusny Positioning, mna ada Posisitioning? kontent?? What a mess Wak! Smoga didenger deh..peace!

Taufik - March 11, 2014

hahahaha santai aja . . .
masukan diterima, gak masalah . . . alasannya adalah, saya masih belum punya sumber daya untuk itu
dan untuk english version?
udah prnah baca artikel inggris dari test rider RR Mono?
udah baca motoupdate.com?

penggembira - March 11, 2014

Sampun Wak..dan itu saya appreciate bgt! sumpah..hehehe
Seperti itulah sbnernya standart penulisan blog, mnurut ane. Maaf lho Wak klo ane ‘sewot’ mslah ketikan doang.. Smoga bisa diterima sbg saran yg membangun. Kalo nggk yaa…aku rapopo :D

141. novi - March 10, 2014

satu lagi wak haji… PPN 10%

142. Prakiraan Harga Motor Baru Suzuki, GSX 150, Raider J 110, Brugman 200, Brugman 125, Van-Van 125 berdasar NJKB dan Harga Motor Suzuki yang sudah beredar | PERTAMAX7.com - March 11, 2014

[…] berdasarkan rumus pencerahan dari bang haji ( disini ) harga OTR suatu motor ditentukan dengan FORMULA […]

143. blade-in - March 11, 2014

Untuk Burgman 200 yang NJKBnya 14,7 jt… Cermati PKB-nya. Ini barang CBU dari Thailand. Kena pajak barang mewah 125% (atau 18juta). Nah, baru tambah pajak saja harganya sudah 32,7jt. Belum lagi biaya lain-lain. Paling murah motor ini dijual Suzi di kisaran 40-an (Bahasa para petingginya dibandrol di bawah 60-an) …

144. budi - March 11, 2014

NJKB hanya 14,7jt mungkin dolar =rp.9500
kalau dolar =rp. 12000,. njkb ada kenaikan 26% jadi=18,5jt
biaya otr 30% dari 18,5jt jadi 24jt
Suzuki Burgman mungkin 24jt…

145. Ponimanz - March 11, 2014

Ane baca disini http://m.otomotifnet.com/read_article/17391921/2014/03/10/First_Ride_Suzuki_Burgman_200__Super_Lebar_

Suzuki burgman 200..Harganya ditulis 50-60jt.. Kalo bgini sih sama aja boong suzuki masukin motor bginian.. Ga bakal bisa ngegebuk pcx..beda 50cc harga beda 14-24jt?

146. nata - March 11, 2014

Wow honda CBR ngeri amat ya biaya ATPMnya tertinggi 31% & 37%, pantesan FBY sering ngomong operpress hahahaha

147. vanerz88 - March 11, 2014

disinyalir biaya x itu biaya kirim keluar daerah contoh,,,ke jatim,,,pasti harga otr beda,,,!,,,

just opinion,,

148. dwisetiyadi - March 12, 2014
149. Herman-Arts - March 12, 2014

oh begitu ya bang aji.

150. oguds - March 21, 2014

Kalo di tanah namanya NJOP, nilai jual obyek pajak. Mau tahu berapa NJOP di tagihan PBB saya? Rp 614.000. Padahal harga tanah pasaran sini bisa 2x-nya. Jadi gak bener pengertian NJKB dalam artikel di atas.

151. tmcblog.com » Kode TPT aneh Honda T5E02R11L0 MT Ber NJKB 21,6 Juta . . . CBR 150 Lokal Kah? - June 25, 2014

[…] tapi beda pabrikan, bisa jadi beda pula pola hubungan antara angka NJKB-OTRnya . . . silahkan baca cara bijak menyikapi angka NJKB. Nah setelah mengunyah ngunyah, mohon sudilah kitanya sobat sobat sekalian pengunjung tmcblog […]

152. tmcblog.com » Memperkirakan OTR Calon Honda CBR 150 buatan Lokal AHM - July 23, 2014

[…] Cara bijak  mensikapi angka NJKB telah tmcblog ulas bahwa Berdasarkan beberapa Bacaan Online yang tmcblog cari diketahui bahwa, […]

153. tmcblog.com » Kupas Pajak Kendaraan Bermotor . . . Studi kasus Yamaha R25 dan Kawasaki Estrella - August 11, 2014

[…] 10% dari angka NJKB yang tertera. NJKB dari RG10 adalah sebesar 39,3 Juta rupiah . . . artinya hitungan pada artikel bijak menanggapi NJKB cukup akurat […]

154. tmcblog.com » Yamaha NMAX 150 NJKB 21,5 Juta . . . Prediksi TMCBlog Bandrol OTRnya punya Kans di bawah Harga PCX 150 - November 14, 2014

[…] Nanti Yamaha NMAX 150 akan pakai angka berapa perbandingan OTR/NJKB nya? yang jelas TMCBlog kagak tahu, keputusan ini tentu merupakan hal prerogatif YIMM. Untuk sepeda motor secara umum angka Rasip OTR-NJKB ini berkisar antara 1,25-1,35 . . . namun diluar itu tentu  saja bisa, tergantung kebijakan dan strategi pabrikan. ( baca Bijak menyikapi NJKB) […]



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: