Saturday, 23 November 2024

Tantangan Terbesar Yamaha Berikutnya di segmen Mid-End Sport . . . Mengelola Multi Branding !!

Keinginan Pasar Yang terfragmentasi menjadi beberapa Segmen kerap kali membuat sebuah perusahaan melakukan upaya strategi menawarkan beberapa produk dalam satu segmen, strateg iini biassa disebut multi branding atau Merek majemuk . Strategy penyebaran Porto Folio ini bisa jadi biasanya punya beberapa maksut yakni : Untuk dapat mengatasi perubahan pola segmentasi, memungkinkan fleksibilitas taktis mengikuti keterbatasan, termasuk diantaranya menghadapi ekstensi merek yang dilakukan oleh kompetitor,  untuk menarik berbagai macam segmen dan Juga dapat pula digunakan untuk melindungi melindungi merek utama. Sebenarnya Strategi ini telah dilakukan secara masif oleh Honda di segmen skutik. Nah dengan lahirnya Byson yang menemani Vixion, ditengarai Yamaha Juga melakukan Hal ini di segmen MID-End Sport . . .

Yamaha melakukan diferensiasi ini bisa jadi juga bertujuan untuk memperluas area marketnya dengan cara dengan memenuhi sasaran pasar yang mempunyai kebutuhan (needs) dan Keinginan (wants) yang berbeda. Ada yang suka Gadgeting dan teknologi sehingga memilih V-Ixion, ada pula yang menyukai motor yang mudah di oprek, maka dipilihkan motor karburator yakni Yamaha Byson. Dengan alasan diferesiasi needs dan want ini lah Yamaha juga mencoba untuk mencegah shifting demand para penggemar oprek untuk pindah dari Vixion ke New Megapro hanya karena Vixion susah dioprek karena meggunakan silinder Diasil dan Injeksi. dengan ini pula yamaha telah menyiapkan tools bila sewaktu-waktu pasar melakukan perubahan pola segmentasi baik karena trend maupun pengaruh dari Kompetitor.

Dalam Strategi Multi Branding seperti yang dilakukan Yamaha di segmen Mid-End Sport ini, dibutuhkan riset pendahuluan yang komprehensif mengenai Pemahaman khalayak sasarannya dan pemenuhan kebutuhan-termasuk yang bersifat Emosional dengan baik. Salah satu contoh pemenuhan kebutuhan emosional pasar motor sport adalah Kesan Gagah yang di timbulkan oleh aura produk motor tersebut . . . Mungkin sebagaian konsumen menilai kesan ini kurang diperoleh pada diri V-ixion . . .  Oleh sebab itu Yamaha memilih FZ 16 yang berpenampilan Muscle untuk disematkan dengan nama Yamaha Byson.

Akan tetapi bila kita telaah strategy multi branding semacam ini bukannya tanpa barier . . . ada dua yang secara kasat mata terlihat yakni Financial dan Marketing. Secara Financial yamaha mau-ngak mau harus menaikkan investasinya karena notabene mayoritas part Byson itu berbeda dengan V-Ixion . . . so harus ada pengorbanan financial contoh kecilnya untuk investasi molding, dan pelatihan para mekaniknya untuk bisa menangani motor baru ini. Ancaman bila terjadi ma’al-management di sektor finansial adalah . . . Management Biaya tinggi. Secara marketing pun, disinyalir Yamaha harus lebih berjibaku lagi . . maksute?

Yup lakon marketing V-ixion dan Byson harus dilakukan dengan bauran yang sama dengan mempertimbangkan peran strategis masing-masing varian yang sifatnya saling melengkapi secara sinergis. Yamaha harus bisa melakukan strategi Multi branding yang kuat, yamaha harus bisa mentrasfer product knowledge dan membuat masing-masing Varian memiliki kavling market tersendiri yang diharapkan tidak behimpitan, bersinggungan ataupun saling beririsan . . . atau dalam bahasa lapangannya . . .perang saudara . . .  kalo ini terjadi alhasil yang didapat cuma mindahin duit dari tangan kanan ke tangan kiri doang, walaupun ini tetep lebih untung dari pada pindah ketangan orang lain xixixixi :mrgreen: . Walaupun saya pribadi mensinyalir fenomena ini (perang saudara) sedikit banyak sepertinya akan terjadi antara V-ixion dan Byson , Gimana analoginya di segmen skutik oleh Honda . . . ya silah kan analogikan sendiri ya, pokoknya hampir sama dan bahkan lebih ketat lagi karena di sana sebaran variannya sangat dekat, cmiiw he he he he. . . . silahkan share komentar bro semua, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

232 COMMENTS

  1. yam-yam
    ngurusin segmen belasan ribu per bulan aja kok ya repot amat

    tidur lg ah

    komen agak seriusnya bentar, siangan dikit

  2. hmm…….gitu yahh………susah juga kayak nya……..vixy kasian……….kue nya vixy walaupun sedikit yah pasti kemakan juga…….bahkan bisa lebih

  3. Hmmm..nice opinion
    Intinya yg penting laku & untung, ga peduli meskipun pada main kroyokan :mrgreen:

    * gimana kalo helm INK nya, dijadikan hadiah quiz motoGP indiana polis ato lap 8 penjualan mas… 🙂 (ngarep.bgt.or.id)

  4. Kalo dr segi pilihan Yamaha menang (injeksi ama karbu) tp dari segi brand Honda yg menang,
    logikanya kalo 2 lawan 1 dgn kekuatan masing2 yg sama ato setara maka menang yg 2 🙂

  5. Yup betul mas,perlu investasi yg lebih buat farian baru apalagi byson yg semua partnya beda dgn kakak kakaknya,jadi mau gak mau butuh dana yg lebih..tapi menurut kasat mata pasti ada perang saudara,twtl
    Mindahin duit dari tangan kanan ke tangan kiri doang,hahahaha..tangannya udah capek kali.

  6. Mungkin agak lain ceritanya bila body ala FZ bermesin scorpio…
    Smoga dgn mau brojol FZ 16 bukan salah langkah…
    Ahihihi…

  7. Hmmm….
    yamaha kayak makan buah simalakama,… dimakan bokap mati, gak dimakan nyokap mati,…
    ya udah diemut aja, aman daaaaagh….

    hihihihiiii…

    (juragan-rondo.com)

  8. benul dah..
    kenapa nggak ni byson mesinnya scorpio aja..
    nanti market share 200cc ketasa teentu saja jelas terlihat perbedaan yg cukup signifikan..

  9. subuhhh……..

    masalahnya mereka yang mau beli vxion jadi ragu dan bimbang soalnya ban dan velg belakang cungkring habis, masa’ sport cungkring,

    nah akhirnya vxion jadi gak laku dan beralih ke byson, yang secara tampang sudah cukup bikin byson ketlingsut, toh uangnya juga itu2 aja, 🙂

  10. Untuk yamaha sepertinya jualan gak cukup hanya di bilang barangnya laku di pasaran. Tapi kalo barangnya gak ada apa yang di bilang jualan?

  11. Heran aja Kenapa
    Vixion, Byson dan Scorpio Z dibiarkan berteromol ria dibelakang.
    Tidak tanggapkah YMKI terhadap trend pasar dan tuntutan konsumen?

    kritikmembangun.com

  12. Bener bgt tu knp gak vixi non diasyl berbody byson aja ya,apa krn mesin vixi kekecilan..klo honda pan mesin sama tp body disesuaikan,jd moulding mesin sm,tggl suzuki nih kpn fu berbody gladius/gsx

  13. belajar lah mengelola multi branding sama honda.. jangan ditanya.. bah, jago banget dia tuh.. walaupun buanyak banget varian/tipe di kelas yang sama.. semuanya saling bersinergi, memegang peran masing2 dan intinya ga saling makan kue saudara.. honda.. semakin di depan :mrgreen:

  14. Apa susahnya sih nambahin cakram dibelakang?
    Tambah 1 jt ngga masalah kok bagi konsumen fanatik Yamaha!
    Masa sih gara2 motor YMKI rata2 berteromol ria dibelakang jadi bahan cibiran kompetitor?
    @YMKI….
    buka mata, buka telinga dong!

  15. inget gak?…dulu ada pabrikan yg puluhan taun jadi market leader,model motornya itu2 aja,ganti baju,ganti striping tp daleman sammaaa semua…baru bbrapa taun ini aja brubah karna merasa terancam sama kompetitor…artinya walo puluhan taun kita (konsumen) koar2 minta perbaikan produk tapi klo blom ada ancaman berarti dari kompetitor kayaknya gak bakal ada perubahan…

  16. Yamaha semakin didepan.. mau model gmana juga yg penting yamaha.. gak rugi beli yamaha.. Ngebut.. gaya.. modis.. honda di indonesia sampe 200cc nya juga gak ada yg pake radiator..kuno hari gini.. masih sama aja sama motor jaman batu..
    Honda sih ABG (angkatan babe gue) 😀 😀 😀

  17. yang saia liat ada perubahan atau pergeseran image dari produk2 ymki..
    dimulai dari new jupiter z lalu xeon dan byson..
    apa yg sama?
    lebih menekankan sebagai fashion bike!
    image kencang seolah ga ditekankan lagi..
    dan khusus xeon memang secara tampilan jadi agak hambar karna ahm lagi ngamuk disegmen itu dengan scoopy dan pcx..
    tapi untuk new jupiter z dan byson bisa dikatakan tampilannya eye catching..
    apa pergeseran ini karna didasarkan survey kencang 2% itu?
    semoga image ini yg dipakai karna image kencang bedanya tipis dengan ugal2an..

  18. diferensisi harganya terlalu mepet antara byson – vixion menurut saya pribadi. coba kalau byson bisa lebih murah lg, dijamin vixi aman dgn teknonya, byson melenggang dengan musclenya… IMHO

  19. menurut akang taufik sendiri gmn ntar nasib mereka berdua?
    honda sendiri di segment mid-end sportnya masih pake karbu..ada rencanakah di bikin seperti vixy?
    ato mungkin gak honda menambahkan 1 produk mid-end sport lg yg high tech??? ketimbang dibikin versi SW dan CW..

  20. Kasus yang sama terjadi di barisan skutik Honda. Dengan brojolnya Vario Techno non CBS misalnya. Di satu sisi dia bisa menahan laju Xeon Racun. Tapi di sisi lain kehadirannya juga bisa membuat migrasi peminat Vario lawas maupun Vario CBS. Karena harganya relatif cuma beda 20.000 an (kalo kredit). Jangan kaget kalo Vario Lawas gak lama lagi bakal didiskontinyu dan Vario CBS senasib dengan Supra 125 Injeksi yang hidup segan mati gak mau…

  21. sepertinya AHM lah yg harus lebih memperhatikan pengelolaan multi branding non sport..
    secara produk lebih banyak (selain sport lho), dan harga betti.
    kalo saia lihat, kemarin ada masalah sewaktu brojolin new vario non CBS, akan menggeser kelas lain dibawahnya,,
    dan tentunya konsumen yg sdh terlanjur beli dengan harga ‘lama’ akan merasa sedikit terzolimi,, yg ujung2 nya akan berimbas pada branding…

    imho lhoo,,
    thole jgn ikut2 siram bensin yaaa.. 🙂

  22. Bro taufik di photo mlh lbh mirip Sales dngn tas selendang ny…
    Xi xi xi

    Btw karakter NMP sesuai tuh dngn bro Taufik… Kalem tp berwibawah…

  23. Widiew,motor bejibun brojol terus,kasian tuh pedagang motkas pada mengeluh saat kemarin habis jual megapro 04 jari jari yg cuma laku 8jt pas, suruh nambahin 100 200 aja gak mau bilangnya akhir akhir ini banyak yg jual motor mas tapi gak ada yg beli,wah kok malah OOT…..

  24. @19. vyzex
    yup memang sdikit tapi signifikan, jadi Y dan H terlihat nggak main main sepertinya

    @24. cak poer
    yup keroyokan . . . lumrah, yang penting goal nya satu

    @27. shu_enk
    kadang, logika aritmatika nggaks selalu bisa menggambarkan, butuh proses mas

    @28. Biker46
    sepakat mas bro. perang saudara demi tercapainya juara beregu sudah lumrah sepertunya dilakoni di zona red ocean

    @32. bluepio
    kalo mesinnya scorpio . .. pasti akan masuk ke segmen >200 cc . .. dan seperti yang pernah saya paparkan sebelumnya . . sangat segmented dan . . . nggak terlalu banyak mas, cuma 10 % an doang

    @55. gv
    nice share

    @57. Motken
    kalo sedekah kan dah ada jalurnya . . . di CSR xixixixixi :mrgreen:

    @59. adit
    saya pikir dalam waktu dekat Honda Nggak akan bikin strategy multibranding di segmen mid level ini, terlihat, IMHO ada hal yang bagi Honda yang lebih penting. Bisa Jadi Honda berfikir cukuplah NMP di segmen ini Apalagi jika respons NMP cukup Positif

    @64. Onthel
    saya yakin Honda sudah memikirkan hal ini sebelum mereka membuat grand strategy multi branding misalnya di segmen matik

    @65. Mr_Long’S
    he he he he, kompoor niiiy

    @kang 67. Helmi
    mengingatkan pada bentuk awalnya kang xixixixixi :mrgreen:

  25. Waktu sy sedang service rutin mtr New jupieZ dibengkel resmi YMH,sy melihat mtr vixi hitam ditaroh disudut ruang service dan dipenuhi oleh debu yg tebal.sy tanya ke mekanik’nya knp mtr vixi itu ditelantarkan dgn body mtr yg sudah dilepas2.Kemudian sang mekanik menjawab:Sudah sebulan lebih mtr vixi itu disini krn fuelpump injeksi’nya rusak,sudah order ke yamaha pusat harga’nya mahal dan brg kosong.jd terpaksa dirawat inap dan ditinggal si pemilik mtr.Nah menurut sy saat ini ymh Byson bisa menjawab tragedi ini,krn masih memakai karbu dan tdk mungkin bernasib sial spt pemilik vixi tadi.jd konsumen tetap bisa memilih mau yg Hi-Tech tp perawatan ribet n mahal atau teknologi Jadul tp ternyata lebih praktis n perawatan murah.

  26. tantangan terberat Yamaha sebenarnya bukanlah Honda melainkan, Bagaimana cara Yamaha dengan Budget yang pas-pasan, melawan Kompetitor yang dananya Guedhe.

  27. @ aldo taher 72 …

    sebetulnya canggih/hightech dimaksudkan supaya perawatan’a tidak ribet, tp dng kompensasi biaya yg mngkin tidak sedikit. Kasus ini menggambarkan 3S ymh perlu di benahi tuh .. Y M K I ??? ..

  28. @kang taufik
    besok pada ikutan RSA aksi damai di bundaran HI menolak pembatasan sepeda motor gak kang?

    http://riowinto.wordpress.com/2010/08/26/aksi-damai-rsa/

    kayaknya Yamaha cukup pas mengeluarkan byson, meskipun bermain di segmen mid sport 150 cc dgn harga yg beti, namun secara penampilan dan mesin berbeda jauh, shg target marketnya cukup berbeda..

    Imho lain halnya dgn skutik Hnd, bedanya vario cw & vartec non cbs kan hny penampilannya aja, mau gak mau vario cw akan kemakan byk kuenya… klo sy tebak mungkin tak lama lagi vario cw akan stop produksi kali yah…. :O

  29. No. 72 => Bro, harusnya tinggal lapor ke team Yamaha ([email protected]) masalah sparepart sudah bukan masalah karena team Spare Parts sudah punya komitmen untuk 1 day delivery service untuk Jakarta. Jadinya kalau bilang tidak ada, sedikit aneh.

    Tolong kalau bisa minta di confirm ke [email protected]

  30. Mas Taufik…
    kalo saya melihat sebenarnya yamaha ngeluarin byson karena tertekan oleh honda dengan NMP-nya.
    Karena sebelum NMP keluar byson hanya sebatas rumor, walaupun secara TPT sudah didaftarkan, namun yamaha bingung,ibarat buah simalakama, kalo byson keluar ada kekhawatiran akan memakan share vixion,yg lagi bagus-bagusnya. Di sisi lain performa byson yg kalah dengan NMP membuat posisi yamaha semakin sulit, sementara yamaha selalu menanamkan image sebagai “motor kenceng” tidak terbukti di byson, sehingga bermain di tampilan. Sehingga tema yang diusung oleh byson adalah “macho street performance” seperti yg diulas di tabloid Otomotif ungkap GM MArketing & Promotion YMKI. Yang semakin mengherankan dari semua ulasan di tabloid, tidak ada satupun yang mengulas TOP SPEED byson pada saat di Sentul, padahal baik NMP maupun byson sama-sama ditest di sentul carting circuit oleh otomotif…..tanya kenapa???

    Kemarin saya posting di salah satu blog terkemuka di sebelah, tentang kelemahan “catalic converter” byson dengan sangat obyektif tapi setelah tayang beberapa saat langsung dimoderasi tidak ditampilkan, jadi saya semakin tahu arah independensi blogger itu berpihak ke ATPM mana.

    Mohon maaf ini hanya sharing agar opini publik berimbang, tidak hanya diarahkan untuk menguntungkan salah satu ATPM dalam hal ini yamaha, karena saya sebagai pengguna salah satu produk yamaha bisa merasakan langsung apa kelebihan dan kekurangan produknya.

  31. @ Raider
    Om yg satu ini Kuper yha,??
    Masa honda di indonesia di blng ga ada yg pke radiator… Katak dlm tempurung nich… Ga inget ada Vario dan CS1 yha yg udh aplikasi Radiator dlm system pendinginan ny,?!!

    @Taufik
    Bukan kompor Om, cm hsl penerawangan melalui voting yg di ambl dr 1jt orang mengatakan NMP cck ma karakter Om Taufik… Xi xi xi
    *sales NMP

  32. yg pasti salesnya harus melek benar ttg semua produk baru….tasnya pasti tambah berat, karena varian motor terus bertambah

  33. @75. chi
    ha ha ha ha tag line siapa tuuu 😉

    @76. Fey
    nah itu grand chalangge nya

    @82. mx_rider
    thks for sharing
    mengenai komen bro tentang cc, kayak apa sih?
    tapi akan lebih baik jika bro berbaik sangka dulu

    @83. Mr_Long’S
    haduh … stop mhon jangan dilanjutkan he he he 🙂

  34. @chi
    ya ampun, (one heart) hari gini baru ngomongin hati.. kemaren kemana saza, bozz?? kasiaan abizz konsumennya.. ckckckck :mrgreen:

    @asin
    lagi pengen muji honda, bozz :mrgreen:

  35. @Mas TMC
    oleh mx rider
    “Kemarin saya posting di salah satu blog terkemuka di sebelah, tentang kelemahan “catalic converter” byson dengan sangat obyektif tapi setelah tayang beberapa saat langsung dimoderasi tidak ditampilkan, jadi saya semakin tahu arah independensi blogger itu berpihak ke ATPM mana.”

    susah ya mas jadi blogger

  36. 10. chi – Agustus 27, 2010

    absen ah …
    ———————–

    busyet, tumben cuma hadir bang?
    pemanasan dulu yak..

  37. absent dulu,
    lagi konsent di blog ngaji
    ngomong2 photo yang paling bawah itu juragan warung??
    meni burahayyyy

    sedang sms-an kayaknya
    siapa ya yang di-sms-nya

    jangan-jangan ….

    teu nyaho ah
    moal nyanyahoan
    bisi salah

    hihihiyyyy

  38. rame juga di trit ini, bakal tembus 500-an jigana
    seperti biasa
    Abah Aseen alias Bonsay selalu bikin jebakan betmen
    harus ada tandingan untuk menjebak si pembuat jebakan…

    mbhu hahahah….

    udah dulu ah, artikelnya juga belum dibaca

    hihihiyyy

    :mrgreen:

  39. kemaren gw maen kekemang…gilingan dah macetnya jalan jakarta…kapoook gw ke atas lagi….btw gw kemaren sore ada kejadian miris..gara2 dua bajaj mo nerjang lampu merah aja…ada biker pake bebek..ngerem mendadak dan jatoh…si bajaj ( ada 2) langsung nolongin, si biker langsung kesel bgt kali yah…langsung dijingkang* tuch bajaj…macet berat dah….kayanya panjang….

    hikmahnya : pelajaran buat lo2 pade jangan nerabas lampu merah walau itu sepi….

    * tendangan ala bruce lee…

  40. setuju ma #61…suatu dilema,tapi menurut saia emang yamaha musti mbrojolin byson..soalnya yg ga suka tampilan vixion malah keburu lari ke NMP..ato malah pilih bajaj135..
    tp kalo gw seh milih bajaj135 aja..lebih murah tapi tampang lumayan…ga malu maluin..
    @bang taufik,,emang yg paling bawah tuh potonya abang??hoho..

  41. tp klo msh mikir “harga jual kembali” pasti Honda yg menang….masykt kt msh berpikiran “harga jual kembali….” krn masyk kt pny sifat bosen….

  42. Fans Honda bentar lagi juga seneng koq ada motor sport berfairing sama ada yg upgrade jadi 250cc xixixixi

    Ayo yamaha, masukkin R15 sekalian 😀

  43. Kalo ada yg bilang lebih baik body byson disematkan mesin scorpio, aye setuju banget! Tak diragukan lagi bahwa ini adalah perpaduan yg paling klop & harmonis, body gede + tenaga gede, apalagi ditambah pengaplikasian rem cakram belakang, makin tak tertandingi. Emang bener bagi sebagian orang ada yg menilai byson dgn mesin yg sekarang agak mubazir. Dan kalo ada yg menilai produk YMKI pada serba nanggung, aye setuju banget!
    Seperti kondisi scorpio sekarang ini yg bener2 gak berdaya, dan model facelift-nya sudah ada bocoran, tapi kita lihat apakah model tersebut sudah maksimal? Aye kira tidak, lihat aja nanti kalo udah dilaunching apakah penjualan akan meningkat secara signifikan? Padahal ada opsi yg lebih baik dan mesin scorpio menyimpan potensi yg begitu besar, tapi disia2kan oleh petinggi YMKI. Alangkah lebih bijak kalo seandainya mesin scorpio disematkan ke body fz16, mengingat tadinya model ini yg menjadi flagship YMKI, yg diposisikan utk mengganti sang legenda rx-king.
    Aye sendiri merasa yakin market share v-ixion bakal kemakan oleh byson, melihat secara model byson jauh lebih superior dibanding v-ixion yg serba ‘cungkring’. Dengan harga yg lebih murah bisa dapat model yg lebih gagah, lebih fresh, lebih mudah dioprek. Indonesia belum butuh ‘injection’, dan kalo selama ini penjualan v-ixion bisa bagus, itu karena di pasar kita konsumen hanya memiliki sedikit sekali pilihan, dan bakal lain ceritanya kalo di mari tersedia begitu banyak model seperti di Thailand atau India. Bener gak?

  44. hahay…………g mau kalah rupanya……..akan terjadi perang saudara…..yg penting tetap berbakti pada ortu aja……kwkwkwkwkwkw

  45. ga tau strategy yg digunakan yamaha apa? tp klo hanya untuk menandingi munculnya honda NMP terlalu mubazier, karena investasi biaya yang harus dikeluarkan sangat besar, belum lagi segmentasinya terbatas, keuntungan yg didapatpun minim atau malah tidak dapat sama sekali alias rugi kalau hanya berpindah tangan saja dari vixion to byson..lebih baik biaya investasi untuk byson digunakan untuk menurunkan harga vixion biar sejajar dengan honda NMP, toh tidak sebesar investasi motor baru..modal cekak aja gaya-gayaan………(kompor bulan puasa)

  46. Dibeli juga dong om motor bisonn dan mega pronya,masa cuma dites aja

    Buat menyalurrkan hasrat nafsu dunia setelah beli ninja sama vixion

    GAk mikir dunia akhirat malah harta dibelanjain buat beli motor

  47. ^99
    Gimana harga jual kembali Vario lawas yang kini harga barunya turun 600-an? Bakalan anjlog jlog jlog dech. (pemiliki Vario lawas cuma bisa ngelus dada sama strategi re-pricing yang membabibuta dari AHM, demi ngatrol share!)

  48. @ yudha …

    iya kemaren2 ga pake hati, jadi nelor terus tuh matic … sekarang ngerem dulu ni .. ngasi napas bwt tetangga … hehe ..

  49. @ ayume – Agustus 27, 2010

    Fans Honda bentar lagi juga seneng koq ada motor sport berfairing sama ada yg upgrade jadi 250cc xixixixi

    Ayo yamaha, masukkin R15 sekalian 😀
    ===============================
    berfairing’a ada 2 lho … upgrade’a g sgtu (kaya’a) … wait n see aja lah ..

  50. ibarat maen bola, ga ptg siapa yg nge’gol’in, yg ptg ‘goal’ dan memenangkan pertandingan. dan jgn sampai salah strategi dlm menghadapi lawan. niatnya mau mengamankan gawang, eh…justru malah ‘goal’ bunuh diri dan akhirnya kalah dlm pertandingan.

  51. multi branding ga cocok diterapin untuk jenis produk yg jauh berbeda spek (exam : byson+vixi) … terlalu bnyk invest yg musti dikeluarin dr mulai cost design, mc produksi, kesiapan sparepart, training oprtor dll, krna basic design’a terlalu jauh ..
    Berbeda dng hnd yg bisa bikin range harga rapet karna basic design’a sama .. secara cost jauh lbh murah .. specdown dr vario cbs ke non cbs is easy 4 hnd ..
    imho .. mnding ymki ngeluarin vixi non injeksi klo mau multi branding .. ato vixi karbu tp pke rear disk … itu br c e r d a s .. hehe ..

  52. Berarti vixion harus punya nilai ++ lebih dibanding byson, paling gampang tuh sok depan+ban gede punya byson dikasi ke vixion (ngarep) biar gak ceking lagi dia, mengingat sportbikers sini pada suka kalo motor tuh gede bannya. Ini sudah jadi nilai ++ yg cukup mendongkrak la, kalo urusan desain body si keduanya uda sama keren.

  53. nr 1908
    bener2…palagi harus nahan diri bgt dijalan….kmren gw liat dah macet jalan kecil..ada 2 matic rebutan jalan depan gw..ya allah, dalam hati..kesalip 1 motor gak bakal keilangan waktu 1 jam..ck..ck….ck..mang sebagai biker harus dibekali kesabaran..tingkat tinggi…

  54. multi branding versi ymh …

    vixi injeksi … 21jt
    vixi karbu+lmpu bulet … 19 jt
    vixi karbu+lmpu bulet+jari2 .. 18.2 jt
    vixi injeksi + velg lebar .. 21.8 jt
    vixi injeksi + velg lebar + rear disk + sok guedee .. 23.5 jt

    dah ada 5 tuh .. silahkan tmbah sendiri ..

  55. Yang paling pas ya vixion harus di metamorforsih kayak miliknya juragan warung,atau mengikuti sarannya juragan rondo untuk di jadikan model r125,

  56. ya…, memang jalan yang terbaik adalah meng-up grade vixi jadi R15….jika benar CBR150 jadi CKD.
    tapi jangan lupa tetap sediakan yang versi naked kayak sekarang, dengan harga yang tentu lebih murah.

  57. Pagi tadi pas mo ke t4 kerja dah lihat NMP dipake dijalan urip sumoharjo.
    wow… cepet bener deliverynya…
    tapi sayang, yang pake Bapak bapak yang boncengin anaknya (masih balita kayaknya)
    Sekali lagi, hal itu yang bikin gue males pake motor honda. Temennya ya bapak2 itu tadi..
    h.h.h.h….
    belom saatnya gue bergaya seperti mereka…
    he.he.he….

  58. Mo oot bentar
    Gardu induk PLN di pancalang kuningan terbakar td jam 10.30..mdh2an gak ada pemadaman bergilir lg deh

  59. @122.chi
    bah, kenapa sampeyan nyindir produk sendiri bozz?? :mrgreen:

    liat revo sw, cw, dx, at, blade cw, repsol, supra sw, cw, fi, matik nya ganti baju smua trakhir malah tecno non cbs, megapro sw, cw, tiger cw, picek.. bentar lagi revo at karbu menyusul.. dah kayak dagang casing hape aza :mrgreen:

  60. @ KANG TAUFIK
    Sorry oot nich

    saya koment di blog ngaji
    Dahsyatnya efek memaafkan ……

    Koment Bagian II udah nongol
    tapi koment Bagian I nya belum
    padahal udah saya share yang Bagian I itu
    atau saya belum share Bagian I-nya ya…

    punten panglereskeun kang ….

  61. @ yudhaThole …

    Ga usah nyindir diri sendiri … tp emang itu fakta’a … honda emang pake sistem multi branding … exm : revo family, beat, vario … low cost high impact … hehe ..

  62. @cegukan,

    Pagi tadi pas mo ke t4 kerja dah lihat NMP dipake dijalan urip sumoharjo.
    wow… cepet bener deliverynya…
    tapi sayang, yang pake Bapak bapak yang boncengin anaknya (masih balita kayaknya)
    Sekali lagi, hal itu yang bikin gue males pake motor honda. Temennya ya bapak2 itu tadi..
    h.h.h.h….
    belom saatnya gue bergaya seperti mereka…
    he.he.he….
    ==============================
    itulah bro, kalo bapak2 pastilah banyak duit dan matang dalam memilih kwalitas, ya nmp…

    lah kalo sampeyan dipaksakan juga percuma….duit gak ada…tampang gak menjual….maunya kenceng mulu, irit ogah…..serba salah…..:)

  63. @ Luis, dark sky, chi, @ji, dkk

    Hoy temen-temen
    udah pada ngaji belom ???
    ngaji dulu tuh
    bial dapet banyak pahala di bulan lomadon
    ntal masuk sulga

    malah om opik nyediain tajilnya tuh
    kalian mau enggak
    cendol ijo ama cilok

    betul-betul-betul

  64. 55. gv – Agustus 27, 2010
    …………….
    image kencang seolah ga ditekankan lagi..
    dan khusus xeon memang secara tampilan jadi agak hambar karna ahm lagi ngamuk disegmen itu dengan scoopy dan pcx..
    ===================================
    Dengan kata lain, xeon kelihatan out of date,meskipun baru beberapa bulan brojol. Konsumen seakan disuguhi produk era beberapa tahun lalu.

  65. oot:

    percuma YMKI sudah menggunakan blogger sebagai ‘low cost high impact’ tapi nyatanya dianggap angin lalu saja blogger.

    lihatlah AHM sudah mo denger lewat NMP yang lebih mendengar dengan inovasi Monoshocknya, Yamaha mana, Rear Disck Brake kayak gak didengar, berinovasi dunk.

  66. 55. gv – Agustus 27, 2010
    Image kecang beda tipis dengan ugal-ugalan.
    ===============
    berarti yang 2% itu sesungguhnya ugal-ugalan. Kalau begitu bisa salah dong, langkah Y*M*H*.

  67. @noboy

    itulah bro, kalo bapak2 pastilah banyak duit dan matang
    dalam memilih kwalitas, ya nmp… lah kalo sampeyan dipaksakan juga percuma….duit gak ada…tampang gak menjual….maunya kenceng mulu, irit ogah…..serba salah…..:)

    ====================

    heheheheh iya ya

  68. Ooo…I see I see, jadi kalo Honda itu Multi Segmen, kalo Yamaha Multi Branding…yang satu strategi menyebar, yang satu strategi terfokus….b’tul begitu kan?

  69. 142. Luis – Agustus 27, 2010

    di JMP sby gue br lhat striping mio trbaru, ko’ tmbh jelek
    =======================================
    Sudah habis ide untuk ganti striping mulu.
    Utak-atik terus, ya jatuhnya tetap sama striping.

  70. 153. nhd

    Setuju, vixi penjualan kenceng, lebih karena tidak ada pilihan lain.
    ======================================

    lha…, megipro, tvs apache, pulsar, itu bukan motor ya…?

  71. trus honda pake multi baju pada mesin beat ..
    ==============
    modal dikit untung banyak .. hehe .. produsen puas .. konsumen puas .. cerdas lah ..

  72. 162. chi

    hahaha…,
    modal striping doang penjualan mio tetap moncer.., produsen puas, konsumen juga puas..
    lebih cerdas lagi-lah….

  73. stragtegy HONDA di segmen ini kayaknya begini kang
    >>>>
    Daily Gear >>>>> NMP
    Adventure Gear >>>> TiGEr
    Sport Gear >>>> CBR…nunggu 2000 kapan gitu
    itu setelah HONDA bisa mapan di matic ….

  74. @ Xeong …

    jadi inget hnd taun 2000an .. supra 100cc gonta-ganti stripping doank … giliran 2010 ymh yg gonta-ganti stripping doank .. hehehe … ngikutin ni ye … hehehe ..

  75. kalo sudah begini vixi wajib upgrade dunk??? pecinta motor sport 90% milih motor sport karena ,performa,handling dan tongkrongan keren dan bagus bukan sport tanggung yg lemot dan di jejali fitur yg “useless” :mrgreen: imho ..ymh bth wkt lama tuk mengelola multi branding ini dgn dana cekak …tp hnd membabi buta dgn produkna bkin ragu2 aja buat beli produknya ..jangan2 ntar turun hrga lg kcw dunk yg dah beli dgn hrga mahal,…..kmd surve ymh tntang 2% responden milih motor kencang mungkin surve tu di tujukan btw mtr vega series ,kl di tujukan untuk motor sport keaknya ymh salah besar dehh… bwt ymh cobalah tanya smua pnngunjung blog ini kira2 sampeyan milih motor sport karena apa ??? ( saya hrp tdk ada yg jwb “karena motornya tidak kencang dan sangat murah ” :mrgreen: )

    saya liat ymh dah mulai kdodoran 😀 ayooo ymh dgerin bang opik “branding semacam ini bukannya tanpa barier” ….gak usah maksa brojolin produk yg lum siap ato malah mbekap produk yg sudah wktnya kluar tp blm jg di klurin … xixixixixi

  76. 165. noboy

    silahkan tanya sama seratus ribu orang lebih tiap bulan yang membeli mio.

    iritnya…? itu relatif, semua matic boros..
    Bandelnya..? kualitas yamaha tidak diragukan lagi.
    partnya..? ketersediaan part suku cadang lebih baik dari honda.
    Kualitas Part : sangat baik. terbukti dengan daya tahan motor serta mesin yamaha yang bahkan lebih baik dari honda.

  77. 166. chi

    itu malah lebih baik daripada hanya ganti baju.
    mio ganti striping tetap aja mio.
    ganti nama hanya kalau memang motor baru., Xeon.

    dari pada di sebelah itu…

    motor baru.., vario. setelah di buka bajunya…
    whalah…, beat.
    motor baru.., sutekno,..setelah di buka bajunya…
    whalah beat juga.
    motor baru : scoopy…, setelah di buka bajunya…
    whalah beat lagi.

    hahahahahaha..

  78. motor baru.., vario. setelah di buka bajunya…
    whalah…, beat.
    motor baru.., sutekno,..setelah di buka bajunya…
    whalah beat juga.
    hahahahahaha..
    ===========
    klo ga tau mending ga usah komen … keliatan bgt sampeyan product knowledge jongkok bgt …

  79. 171. chi

    hahaha….
    sama aja kali…, coba perhatikan baik2.

    Oya…motor koq di kasih water scooled cuma sampai cylinder head doank….

    hahahaha…

  80. Kualitas Part
    pelek yg geal geol ntu ye
    seumur-umur baru liat 2 vario pelekna geal geol
    klo nyang ntu-tu seminggu bs 2x liat (MANTAP)

  81. setuju chi
    siy masterxeon cm mau banyak2in komen aja, mkx klo komen y asal, harap maklum lah, hahaha, vario y vario, beat y beat, kyx siy masterxeon perlu bnyk bljr sm km chi, ksi ilmux donk chi biar product knowledgenya gak jongkok, hihihi……
    Salam One HEART.
    🙂 🙂 🙂

  82. Motor baru …. PCX di buka bajunya….
    wah ini baru…keren.
    seharusnya yang begini ini….

    beatvarioscoopysuteknocbssuteknononcbs….alah….

  83. perkiraan besaran cc motor berbanding lurus dengan pendapatan perkapita. . . jadi taon brapa mongtor cc250 keatas bakal rame bersaing ya?

  84. @noboy luis nhd

    -itulah bro, kalo bapak2 pastilah banyak duit dan matang dlam memilih kwalitas, ya nmp
    sudah banyak duit jadi kepala batu , malas berpikir yg penting montor bisa dipakai
    intinya cuma orang pemalas saja yg beli NMP

    Tidak ada orang beli beat untuk kedua kalinya, kecuali hanya keledai yang terperosok kedua kalinya,karena beat cuma mentok jadi 130cc
    Kalau MIO bisa 125cc , 150cc , 180 cc , 220cc , 300cc
    liner masih tebal.
    Harga MIO bekas yg stantard masih tinggi banyak yg nyari.
    Yg ngaku paling kencang di Honda CS-1 bisa diasapi sm MIO.

    kesimpulannya.
    Yg beli merek H*NDA cuma orang pemalas yg sudah jd kepala batu.tidak punya ide,selalu pasrah sm keadaan apa adanya.tidak bisa gerak cepat,alias lemotttt alias keledai.

  85. @ galang …

    beat cuma mentok jadi 130cc
    Kalau MIO bisa 125cc , 150cc , 180 cc , 220cc , 300cc
    liner masih tebal.
    =================
    meong std aja rakus’a minta ampun apalagi ampe 300cc … bisa 1:30 nih .. (1 liter 30 rumah) … bawa jerigen bensin kmn mana … :mrgreen: :mrgreen:

    pemalas??? cerdas mungkin maksud’a …

  86. @ 185.Galang

    Fakta Berbicara Saat ini malah Konsumen yang Punya matik Yamaha beralih ke MATIK HONDA,

    Saat ini Matik HONDA SEMAKIN DI DEPAN Matik Yamaha,

    Karena Matik Honda “One HEART” dengan Masyarakat Indonesia.

  87. @ 185.Galang

    Fakta Berbicara Saat ini malah Konsumen yang Punya matik Yamaha beralih ke MATIK HONDA,

    Saat ini Matik HONDA SEMAKIN DI DEPAN Matik Yamaha.

  88. H*nda cape deh.. kemana aja.. skian lama akhirnya honda ngeluarin monoshockya juga di motor “lakinya”.. Kalo motor CS1 yg mirip Onta itu motor bebek apa city sport apa gurun sport.. motor kok ada punuknya.. mending liat Kawak athlete deh.. masih ada keren2nya..

  89. @chi
    ya iyalah
    ente kan sales yg masih membodohi calon konsumen dgn iklan 73 kpl
    faktanya semua mekanik bilang matic itu rakus bbm
    kalau mau nggak rakus pakai sj bebek atau sepeda goes

    @Bryant
    sejak kapan matic h*nda menang
    mana datanya.

    fanatik dipelihara , kapan majunya bangsa ini.

  90. @ 197 masterXeon aka IPIN

    ah kamu aja yang salah ncali
    masa ncali aku ke Gunung Melapi
    pasti gak akan ketemu aku
    di sana kan tempat mbah Malijan

    aku kan di Kuala Lumpul oyoh…

    betul-betul-betul

    (bodor.garing.com)

    🙄

  91. 188. Bryant – Agustus 28, 2010
    Setuju
    Setengah sampai satu tahun terakhir, matik honda sudah mengimbangi Y di jalan. Setelah sama dominan, sangat terlihat matik H jauh lebih berkelas. Ini yang dirasakan konsumen. Kemarin-kemarin banyak yang ngikut tetangga doang. Lagian yang sering keliatan ya cuma si jadul itu.
    Saat ini peta sudah berubah. Tunggu saatnya, yang ganti striping saja akan segera ditinggalkan.

  92. @ Xeong …

    Oya…motor koq di kasih water scooled cuma sampai cylinder head doank….
    hahahaha…
    ===================
    water cooled??? buahahahahaa .. liquid cooled kalee .. xixixiiii

    ok kita bahas engine … serius.com!!
    Menurut sampeyan yang betul oil cooled sampe mana ???

  93. miyem geol n bros ( wajar mas )
    ttanggaku juga gtu,,cuma ngeluh,,
    Q jwab,,bli meong bru ja kuat koq,,msa bli bensin n velg ga bisa?

  94. @ galang – Agustus 28, 2010

    @chi
    ya iyalah
    ente kan sales yg masih membodohi calon konsumen dgn iklan 73 kpl
    faktanya semua mekanik bilang matic itu rakus bbm
    kalau mau nggak rakus pakai sj bebek atau sepeda goes
    ===============
    istigfar mas .. kenapa anda jd fitnah saya??? konsumsi BBM itu di dapat dr test ride wartawan … coba cek deh !!!

    http://otomotif.kompas.com/read/2008/06/18/16170178/Wow..Honda.Beat.Cuma.Butuh.1.Liter.untuk.73.Km

  95. 204. chi

    water cooled??? buahahahahaa .. liquid cooled kalee .. xixixiiii
    =======================================

    hehehehe…
    bedanya…?

  96. liquid bukan berarti air mas … tp coolent … hebat klo ada motor atw mobil pke air bwt radiator …. 🙂 🙂 🙂

    pernah denger quenching??? disitu br ada teknologi water cooled .. okeh2 ..

  97. eh ada kang udien … sehat kang???
    silahkan di tonton .. mbhu hahahaha (gaya kang udien) …. hehe .. btw dia ngerti ngga ya???

  98. 209. chi

    hahahaha…

    liquit memang bukan cuma air.., oli juga liquid.., Raksa juga liquid.
    tapi apakah ente mau bilang cairan pendingin itu bukan terbuat dari air…?
    air pendingin itu hanya air yang di tambah dengan zat anti karat atau anti korosi, dll.

    😛

  99. @ chi

    atau apakah yang anda maksud air itu hidrogen+oksigen..?

    atau air yang dalam bahasa inggris klo di indonesia-kan = udara…?

  100. Bro semua
    yo kita pantengi bersama cucuk-cucukan matik H dan Y.
    Juni, H sempat curi podium
    Juli, Y mengambil kembali dengan selisih 2 ribuan
    Agustus, gimana gambarannya?
    Spetember…..
    Finish 2010. Kelihatannyajarak semakin dekat saja.

  101. @ xeong ..

    air ama oil sama ga?? coolent radiator itu oil base .. jelas2 bukan air .. beberapa coolent mc (exam : dromus) ada yg harus dicampur dngan air .. itu pun aquades …

    terus water cooled itu apa???

    trus pendinginan yg maximal itu musti sampe mana?? ada apa dng cylinder head??

  102. @ chi
    alahamdulillah kang sehat
    gak tau nih si IPIN lagi muring gituh
    ampir tiap hari berantem terus
    tensi darahnya berapa yah
    kuatan juga nih brader
    tahan banting atau mana tahannnnn….

    mbhu hahahahah

  103. 218. chi

    hahaha..
    besok2 water jacket di mesin di ganti aja namanya dengan liquid jacket.

    setau saya fluida untuk pendingin itu biasanya terbuat dari air destilasi yang tidak mengandung mineral. seperti mungkin air untuk menambah cairan accu.
    penggunaan coolant berguna untuk menaikkan titik didih air/fluida tersebut.

    oya… saya biasa melihat orang mengisi radiatornya dengan air dari tetesan AC.
    setau saya itu air, bukan oil based.

    hemmm….

  104. chi & monsterXeon
    dulu sih (sblm thn 2000an) saia ngisi radiator pake air biasa,, tp sejak dikasih tau lebih bagus pake coolant khusus biar radiator gak karat dalemnya dan titik didih jg naik, ya skrg pake cairan coolant terus.

    bagus mana radiator yg pake air atau oli saia gak tau,, tp imho sih bagusan yg pake air, soale bisa melepas panas lebih cepat dan kerja pompa nya bakal lebih enteng.

  105. 222. chi

    wah…,
    jangan mem*ki dalam bahasa planet begitu…
    saya tidak mengerti…
    pake bahasa indonesia saja…

  106. air destilasi yang tidak mengandung mineral = aquades … biasa’a jenis coolent ini dipake bwt pemakaian luar Exm : coolent mc prod ky CNC ..

  107. @ xeong …

    translet’a +/- begini …

    ga ngerti jg uring2an ky gtu .. ga di kasi kali m bini’a td malem … 😛 😛

  108. @ 226. masterXeon – Agustus 28, 2010

    yakinlah bro, gak ada maki-makian
    yang dimaksud dengan muriang yaitu panas-dingin
    (“muring” itu salah nulis harusnya “muriang”)
    so …
    ini hanya canda saja, dan udah saya clearkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP