Bro sekalian, sebelum diadakan coaching Clinics, tmcblog sengaja mengerojokan artikel penggalangan pertanyaan dari Pengunjung blog terhadap sistem Injeksi V-Ixion dan ternyata animo keingin tahunan bro sekalian terhadap produk Injeksi Yamaha khususnya V-Ixion cukup tinggi . . . ini dapat dilihat dari pertanyaan pertanyaan teknis yang bro sampaikan . . . Nah dengan ini TMCBLog langsung memforward amanah yang bro titipkan ke yang berwenang Yakni Pak Abidin Manager technical Support Division YMKI . . . berikut pertanyaan bro dan Jawaban  dari beliau . . .

 

14. Toto Chan – Juli 20, 2011 [Edit] Om taufik boleh nitip pertanyaan gk? Tolong tanyain ” apakah efek terhadap mesin kalau fuel pressure ditambah/lebih besar dari standart? Apakah bisa menambah power/torsi atau tidak, krn secara logika semakin besar fuel pressure maka pengkabutan bahan bakar jdi semakin baik?

Asumsinya bisa jika setingnya tepat, contoh pd karbu, MJ (Main Jet) dibesarkan “Mblebek” jika terlalu kaya !

16. endro.id – Juli 20, 2011 [Edit] Saya nggak punya kendaraan ber-injeksi tapi boleh kan nanya seperti ini : -Bagaimana perlakuan dalam merawat injeksi daripada perawatan karburator, apa perlu juga di bersihkan seperti halnya membersihkan karburator. -Adakah pengaruh signifikan terhadap penggunaan jenis bahan bakar pada injeksi.

16.2. Pengaruh “Kualitas” bahan bakar pasti ada, terutama tingkat kebersihan Bahan bakarnya (Krn dapat menyebabkan penyumbatan pd Komponen FI yg sensitif)

19. ALQ – Juli 20, 2011 [Edit]kang bro titip pertanyaan 1. Selayaknya FI yg menyesuaikan suplai bahan bakar secara sempurna terhadap sensor, mengapa masih di butuhkan settingan CO yg harusnya sudah otomatis? Dan apa fungsi dari baut yg ada di kenalpot yg menutupi lubang?

Krn, kondisi mesin berubah, seiring jarak tempuh (Carbon deposit) , menyebakan Kompresi berubah, maka butuh penyesuaian (Tp dalam jangka cukup lama >10000Km)!
Baut tsb, digunakan untuk mengukur CO,HC dan NOX (Emisi), tapi di IDN cukup diujung knalpot, dinegara yg sdh Maju biasanya diposisi tsb (Sebelum catalitic Converter)

3. Bentuk Perawatan extra apa saja yg perlu di perhatikan selain service berkala dan bentuk modifikasi apa saja yg harus di hindari yg dapat merusak sistem injeksi

19.3 pd dasarnya FI minim perawatan, asal Kualitas BBMnya Oke! (Kami akan info hasil survey “Gasoline awarness “model Vixion (74% Premium, sisanya Pertamax dll)
Hindari penggunAan aksesoris yg memberikan beban berlebih pada “Batteryaki)”

20. anjaya – Juli 20, 2011 [Edit] Titip tanya satu pertanyaan penting bro taufik… Kenapa bengkel2 umum tidak diperbolehkan memiliki diagnostic tool (alat untuk service vixion)? Itu sama saja dengan memonopoli teknologi injeksi dan memberi hambatan terhadap perkembangan teknologi injeksi itu sendiri. Sbg contoh: orang yang tinggal jauh dr bengkel resmi ymh ga bakal beli vixion krn takut kesulitan service…

20. Sejak 2007 Vixion masih kami study , Diag Tools berfungsi dapat membaca kerusakan , menyimpan dan menghapusnya! Anda bayangkan kl kita kasih bengkel umum! Kami kehilangan jejak!

Dimasa datang, km kembangkan yg lebih baik, Mungkin saja Diag Tools saat ini dapat dimiliki oleh Bkl Umum, kita tunggu sj!

23. mercon – Juli 20, 2011 [Edit] titip tanya bang opik kenapa fuelpump vixi harus di dalam tangki? disinyalir bahan plastik fuelpump apa nggak cepet rusak kalau terus terendam bengsin/pertamax?

23, Tutup Tanki bensin sj karet , apalagi plastik , yg tentunya sdh dilengkapi dg bahan yg tahan terhadap hal tersebut (Kandungan PVC dan NBR) dapat menahannya!
ABIDIN (YMKI)

27. karis – Juli 20, 2011 [Edit] Nitip pertanyaan kang, apakah ke depan sistem injeksi akan diaplikasikan ke semua motor terutama produk Yamaha? mengingat kebutuhan lingkungan yang semakin rusak

27. Lihat Kompas.Net bulan april 2011, Eropa sdh wajib 2050 semuanya harus “HYBRYD”  . . . Injection ya sekarang!

 

31. deede – Juli 20, 2011 [Edit] kalau vxion khabisan bensin, meski telah diisi knapa sngat susah mesin nyala..?

31. Ada 3 tipe Pump : Di mobil ada yg tipenya “Masuk angin”,  Tipe 2 “Fuel Return System” sirkulasi melalu pipa dari dan luar tanki,  : Tipe 3  Vixion : “Return Less System “artinya yg tdk tersalur dikembalikan ke tank!

65. Rollerman – Juli 20, 2011 [Edit] ohh iya kang sebenernya semua INJEKTOR itu sensitif terhadap bbm PREMIUM ato hanya beberapa merk INJEKTOR aja yg sensitif terhadap PREMIUM??

65. Premium tdk masalah terhadap FI, paling Detonasi , krn oktan nya rendah sedang Vixion kompresi tinggi!

 68. penggemar ninja – Juli 20, 2011 [Edit] 3. berharap Yamaha bisa modifikasi ECUnya jadi bisa disetting dengn PC, kyk motorGP gitu..hehhee..

ECU bisa, kl punya protokolnya!  Next , kami akan kembangkan! Comming soon!

1. bisa ngak disetting kipas radiatornya bekerja pada suhu di bawah 100 derajat, biar adem mesinnya, kyk 80 derajat, atau klo kipas radiatornya di bypas, jadi star awal langsung hidup apa efeck sampingnya..

68. Seting std 100 derajat nyala, 90 mati, maka disarankan jgn pakai air biasa harus coolant (agar titik didih diatas 100) maka penguapan terhindari!

2. kenapa setting CO vixion di bikin linear dari RPM bawah sampai atas..? kan kebutuhan suplay bensin per RPM beda2..?

68.2 Tdk linnear, semua sensor membuat FI adalah system yg cerdas (Besok dibahas)

4. Klo dilihat ada selang dari pompa radiator ke filter udara, bukan kah itu sisa udara panas yg di hisap lagi ke mesin..? fungsi buat apa..? bukan lebih baik ngak dimasukan ke mesin tapi di buang aja.

68.4 Itu bukan slang radiator, tapi Hawa panas dr mesin (Di dekat pompa air) tapi salurannya beda, agar hawa panas membuat EG mudah “Ready”

77. satriafu150 – Juli 20, 2011 [Edit] Adakah perbaikan dari sistem FI Vixion, seperti yang dilakukan pada kompetitor. ada step1, sampai sekarang step 3. Ya mungkin perlu dilakukan pengembangan pada Vixion, seperti ditambah sensor lamda, dan sensor2 lain yang berguna semakin menekan efisiensi bahan bakar itu sendiri.

77. generasi FI , ada banyak pengembangan , Vixion sdh paling lumayan !

91. chi – Juli 20, 2011 [Edit] Titip tanya ah ,, 1. bedanya injeksi step 1, 2 dan 3?? 2. yamaha dah pake step brp??

91. Bedanya, pada system sensor sensor. Sj!

2. biasanya, perawatan aki di motor agak dinomor sekian-kan. nah, kalo tegangan aki turun, pengaruh ke ecu atw sistem keseluruhan ??

93.2 ECU hanya butuh 5V , maka tegangan minimal > 10 V , krn dibawah itu banyak system yg tdk bisa bekerja!

Wuiih, tmcblog sangat mengapresiasi pak Abidin yang masih meluangkan waktunya untuk menjawab satu persatu pertanyaan walau belum semua pertanyaan . . . Namun mudah mudahan bisa menjawab keingin tahuan bro sekalian terhadap sistem Injeksi yamaha . . . silahkan dikunyah kunyah, semohga berguna

Taufik of BuitenZorg

55 COMMENTS

  1. thx kang bro udah di sampaikan pertanyaannya
    Walaupun yg ke 2 ga dapet jawabannya

    Sekali lagi thx kang bro

    Guest
  2. Oh mantab infony,sangat berguna..
    Kang haji jg lebih mantab coz dah menyampaikan amanah dr pengunjung blog. Lanjutken…

    Guest
  3. Nah, kalau begini kan asyik, jadi jelas… ndak simpang siur, kadang montir-montir jalanan atau montir ‘dadakan’ suka sok pinter, bilang ini itu, kayak yang paling ngerti aja. Padahal insinyur-insinyur yamaha mendesain motor dengan perhitungan begitu kompleks, penuh pertimbangan, bukan asal setting / pasang. Coba kita pikirkan, kenapa ada begitu banyak ‘asesoris peningkat daya’ di pasar, tapi kok ndak ada satupun pabrikan yang mengaplikasikannya sebagai komponen standar ? Sekedar contoh, busi iridium, koil aftermarket, segala macam magnet, groud strap dll. Belum lagi model water injection, induction system dll. Bisa ditebak : setelah mempertimbangkan banyak hal, para insinyur pabrikan akhirnya menetapkan paket standarnya adalah seperti yang ada di brosur, dijual ‘as is’.
    Coba pabrikan lain juga bisa kasih jalur yang sama untuk konsultasi spt ini, pasti bakalan rame… kalau bisa forum online gitu…

    Guest
  4. absen pagi,,
    makasih bang opik, titip tanya sudah di jawab,, bang opik te ope be ge te lah pokoknya,,, 🙂
    met week end buat semua,,,

    Guest
  5. Terima kasih pak haji, pertanyaan ane semuanya ditanyakan.:)

    ditunggu lanjuatannya :

    68.2 Tdk linnear, semua sensor membuat FI adalah system yg cerdas (Besok dibahas)

    ya kyk nya ada rumus tertentu yg telah di bikin waktu penambahan CO , soalnya saya klo saya check AFR , itu bawak kering , tengah nya pas, dan atasnya pasti basah..ngak peduli itu co nambah berapa, pasti kondisinya seperti itu

    ditunggu bahasannya

    Guest
  6. katany yamaha bisa ngasih dianostic tool. dengan cara menjadi binaan yamaha. tlong TMC kasih tau cara nya gmna jadi binaan pihak yamaha ane punya bewnkel umum pengen jadi patner ymaha ane juga suka ma produk2 yamaha. 085719753067 FB danibenk

    Guest
  7. saya mau naya????
    saya puya yamaha vixion
    waktu habis saya cuci
    tp abis itu kipas radiator/pendinginya hidup aja
    itu apa evkya ya?

    Guest
  8. mas tolong jelas tentang kode err 1 pada motor mx king….apa penyebabnya dan solusinya biar tulisannya hilang

    Guest
  9. Pak mau tanya saya punya vixion old 2012 chek engine nyala setelah diliat akinya drop sy ganti aki dengan yg 5amp setelah beberapa lama lampu chek engine menyala kembali pas saya pegang kiprok panas minta ampun saya sudah bersihkan shoket2nya sampai saya ganti tapi masih panas bangat kiproknya jika keadaan dingin check engine tidak menyala tapi setelah beberapa menit di gas kiprok panas dan chek engine nyala sy sudah tes sepul masih bagus apakah sy harus ganti kiprok ,sepul,atau kabel bodi yg sudah lama tolong pencerahannya pak

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.