Bro sekalian, Jum’at kemarin Yamaha dengan menggandeng media Online DetikOto mengadakan Acara Sharing Coaching Clinic dengan tema Mesin Injeksi yang melibatkan Blogger dan anggota Komunitas Klub V-Ixion. Sebagai Blogger yang Trend mahzab nya Juga menyoroti motor motor baru yang akan keluar, TMCBlog Lumayan kaget saat Pihak Nadyne mengirimkan Undangan ini dulu .. .  hmmm jangan jangan ada hubungannya dengan Calon Skutik Baru Yamaha yang Katanya akan ber’injeksi’ itu? begitu guman TMCBLog dalam hati. Ternyata salah euuy kang dadan dari Detik Oto menjelaskan pada awal pembukaan acara bahwa Dalam Acara ini Yamaha lebih Fokus menjelaskan Kembali hasil hasil survei mereka Terhadap Mesin Injeksi V-Ixion seraya memperkenalkan Inovasi terbaru yamaha berupa sebuah Pembersih Injector yang lebih Advance, hmmm Kayak Apa sih?

Naaaah, Gambar Injector Cleaner terbaru Yamaha Adalah yang kayak Gambar diatas  Bro (gambar No 1) , Namun Cara kerjanya tidak sesimpel Injektor cleaner terdahulu Yamaha yang  Menggunakan Pembersih Injector Merk 3M (gambar No 2 ) . So Yamha Sekarang punya dua Model Alat dan SOP pembersihan Injector . . . Yang Model terdahulu Harganya lebih terjangkau sehingga Bengkel bengkel resmi Yamaha terpencil sekalipun diharapkan bisa mempersiapkan alat tersebut. Sedangkan Injector Cleaner terbaru yang lebih sophisticate baru Bengkel Flang ship shop dan beberapa bengkel Resmi di kota besar yang punya.

Hal ini TMCBlog rasa Cukup penting dan signifikan karena menurut survey Internal YMKI Walaupun Tingkat Awareness pengguna V-Ixion untuk membeli bensin di SPBU resmi sudah 100%  . .  namun pada survei lanjutan ada Nilai 74% dari sampling pengguna V-Ixion yang di survei menggunakan Bensin Berjenis Premium Oktan 88 . . . Lalu Pertanyaannya  . . . ada apa dengan Premium Bersubsidi Oktan 88 ini? Nilai Oktan dari Premium tersebut tidak mempengaruhi kerja Injector, namun hanya berefek pada masalah pembakaran dimana Oktan rendah pada Kompresi mesin tinggi disinyalir keras akan menghadirkan efek gejala Knocking yang hasilnya akan mempengaruhi Performa Motor. Tapiiii . . . .

dari Survei YMKI ke pebagai daerah pun ditemukan berbagai macam kotoran baik pada tangki bbm, Saringan fuel pump, injector maupun pada Klep kupu kupu ( Buterfly Valve) Pada Throttle Body . . . Naah kesemua ini disebabkan oleh Kualitas BBM yang beragam di setiap daerah. namun tenyata Bagi pengguna V-Ixion di daerah kadang bukannya mereka nggak mau beli Pertamax atau pertamax Plus Lho . . . Namun menurut Pak Abidin dari YMKI Karena Pada beberapa daerah Kedua BBM tersebut sangat sulit ditemukan di pelosok bro he he he

Namun Uniknya Hasil pembersihan sistem Injeksi ini Nggak akan terlalu kentara terasa, namun dapat dibuktikan perbedaannya saat dilakukan  Uji emisi dimana Level CO dan HC yang merupakan dua senyawa yang berbehaya bagi Lingkungan dapat diminimalisasi sapai 68% setelah dibersihkan.

Nah dalam Sesi tanya jawab, selama satu Jam terakhir cukup Seru Banyak Pertanyaan pertanyaan dari Blogger dan Komunitas kepada YMKI . . . TMCBlog nanya kapan Itu Vixi di Upgrade nambah cakram dan Velg lebar kayak adiknya NJMX . . . Mas Iwan banaran menanyakan masalah apa yang terjadi Pada kasus FuelPum V-Ixion tahun 2008 Yang lalu. Kayaknya bakal dijabarkan mas IWB nanti di blognya, kita simak bersama disana Ya. Lalu ada fakta Menarik yang dijelaskan oleh Rekan rekan Komunitas YVCI dimana mereka telah melakukan test konsumsi BBM Ala Biker bekerja sama dengan pertamina dengan Jarak jakarta-banding dengan membandingkan 3 jenis BBM (Premium, Pertamax, dan pertamax Plus) . . . hasilnya . . . Untuk Premium oktan 88 didapat Nilai FC 48 km Per liter. Untuk Pertamax oktan 92 didapat Nilai FC 58 km Per liter. Untuk Pertamax oktan 94 (atau 95 ya?)  didapat Nilai FC 58,5 km Per liter.  Demikianlah semoga berguna

Taufik of buitenZorg

 

 

49 COMMENTS

  1. Wah, pas banget ane mau service besar vixie ane neh yg dah 30ribu km. kang taufik, flagship mana aja yg dah ada inject cleaner tipe 2 ini? Klo di flagship cempaka putih ada gak? Trus klo dibersihin injectionnya, ngaruh ke iritan konsumsi bahan bakar gak? Soalnya vixie ane skarang cuman bisa 35km/ltr di semrawutnyA jakarta….

    Guest
  2. apakah saat ini injector cleaner baru sudah tersedia di bengkel resmi, ngomong2 vacelift fairing dan komstir dibahas juga gak? hhee

    Guest
  3. @kang Taufik
    Mungkin itulah sebabnya New CBR FI settingan ECU nya dirubah agar dapat mengkonsumsi bensin yang oktannya lebih rendah karena keragaman kondisi bahan bakar di setiap daerah yang belum seragam….Pertamax dan prtamax plus tidak ada didaerah saya bekerja, padahal masyarakat disini (Kalteng) sanggup lho membeli mobil dan motor yang mungkin mahal (bagi saya)…..xixxixixi :mrgreen: yang memiliki kompresi tinggi spt mobil camry, ninja 250R maupun NCBR250 &N CBR 150….. :mrgreen:

    Guest
  4. Untuk Premium oktan 88 didapat Nilai FC 48 km Per liter. Untuk Pertamax oktan 92 didapat Nilai FC 58 km Per liter. Untuk Pertamax oktan 94 (atau 95 ya?) didapat Nilai FC 58,5 km Per liter
    misal nya jarak yg di tempuh 58.5km..
    1. kalo bensin: 58.5 – 48 = 10.5km (masi kurang 10.5km lagi..)
    10.5 / 48.5 = 0.22 liter..
    jadi 1liter + 0.22 liter = 1.22* Rp.4500 = Rp. 5.490,- untuk 58.5 km..

    2. kalo pertamax: 58.5 – 58 = 0.5km lagi
    0.5 / 58 = 0.0086 liter..
    jadi 1liter + 0.0086 liter = 1.0086* Rp. 8400 (pertamax bener segini?
    cmiiw) = Rp. 8.472,- untuk 58.5 km..

    3. kalo pertamax plus: 58.5 – 58.5 = 0..
    jadi untuk 58.5km = Rp. 8.700,- ato Rp. 9.000,- c harga pertamax plus?
    ga tau.. ya pokoke gt d.. cmiiw..

    nah kesimpulan nya,, pake pertamax ma pertamax plus emang lebih irit dalam pemakaian bbm nya untuk jarak tempuh..
    tapi untuk pengeluaran uang nya,, jau lebih mahaaaalllll,, 🙁

    Guest
  5. hihi.. Kayaknya yamaha emang lebih siap dlm maintenance fitur injeksi + liquid cooling dibanding merk lain..

    Guest
  6. mas taufik.. itu yang di salah satu fotonya ad vixion putih dan merah.. yg merah striping baru yah?? baru liat.. apakah yg hitam dan biru juga baru seperti itu,,hmm??

    Guest
  7. kok ga ada keterangan pembersihan injektor sebaiknya untuk berapa km sekali? apa nunggu mberebet dulu?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.