Bro sekalian, masih inget dulu saat awal awal peraturan wajib SNI bagi helm helm yang akan diperdagangkan dan dipakai di Indonesia? Yang bikin rame adalah beberapa brand helm Luar yang sudah berstandari sasi Internasional yang teruji dan terbukti seperti SNELL dan DOT diperdebatkan antara pakai juga tanda standarisasi SNI atau Nggak . . . nah ternyata masalah serupa kejadian juga di India . ..

India akhir akhir ini juga sedang menggelakkan helm berstandarisasi India yakni ISI. Pengendara tanpa helm bercap isi bakal di tangkap dan di denda di sana . ..  Lha ini pun akhirnya malah bikin rame . . . masalah nya sih sama bro . . . kebanyakan para enthusias roda dua mempertanyakan bagaimana bisa standarisasi SNELL dan DOT belum cukup sebagai penanda bahwa Helm tersebut sudah mengacu standar keselamatan . . . yah mirip mirip sama di kita waktu itu lah

Pemerintah sana keukeuh menjalankan kebijakan ini untk menekan Helm yang nggak standar .. .  namun di tataran pelaksanaan malah bersinggungan sama helm yang sudah terang terang berstandari sasi . . . solusinya? mungkin kebijakan dibuat agak luwes? kita lihat nanti . . . eh ngomong ngomong . . . koq nggak santer lagi ya gaung Standarisasi helm SNI ya ? silahkan dikomentari dan semoga berguna

taufik of BuitenZorg

58 COMMENTS

  1. LAgi2 masalah sepele…. orang badan standarisasinya dah ada kok ya mau bikin yang aneh2. kalahin dulu standar yang ada baru bkin kebijakan…. liat aja di negara kita tercinta ini… kebijakan asal ada uang mah semua bisa diatur… #Wanipiro

  2. Itulah kalo para pembuat kebijakan bukan dari ahlinya.. Jadi salah kaprah penerapnnya, ga di Indonesia ga di India ada za kasus kayak begini, udah jelas2 SNELL & DOT itu berstandar internasional yg levelnya lebih tinggi dari SNI..
    Aya2 wae..

  3. Standarisasi SNI dah gak rame lagi soalnya polisi berfikir kayaknya udah cukup tuh sosialisasi dan kampanye2 sampai2 membagikan helm2 SNI kepada masyarakat.

    tapi fakta di lapangan tidak sesuai dengan harapan, masih banyak yang pakai helm catok, dan masih banyak yang helmnya tidak ada SNI (merk gak jelas)

    polisinya sekarang lagi fokus nilang yang gak nyalain lampu, gak pakai perlengkapan lengkap motornya (spion dll) dan mereka yang ngelanggar jalur busway :mrgreen:

    CMIIW

  4. sudah jd tradisi,awalny doang yg smangat…ahir2ny lupa semangat awalny.jd permasalahany numpuk2 krn suka menunda,harusny 1 per 1 diselesaikan dulu.kalo sudah bgini…ya ahirny jd negara rasan2.jd rasa2 spt naek motogp,rasa2 spt negara maju,mending jd diri sndir..weleh nyambung ra ki…

  5. pernah ngobrol sama kanit lantas wonokromo (surabaya), untuk daerah jawa timur ini sudah disepakati nggak harus SNI sih kang.. asal sama petugasnya dilihat helm sudah memadai, maksudnya bukan helm asal-asalan ya sudah. nggak dicek SNI atau bukan.. 😀

  6. salam kenal kang taufik,red komar p135 ls B 3033 TGT.kl boleh usul nih…,gmn kl diadain lomba koment u menyambut th baru masehi.bagi komen yg bagus yg memenuhi syarat akan dpt hadiah..hadiahny boleh apa ja g benilai uang jg g pp…trims,maaf kl ada salah kata.

  7. jgn gitu dong mas..
    mudah2an yg DOT ato SNELL bs di pake lah,,
    saia beli helm dah lama banget,,
    cm ga pernah di pake,,
    label nya DOT doang..
    waktu itu lom ada SNI segala,,
    sekarang giliran dah ada motor,,
    mo pake helm yg itu,, jadi ga bisa dong? 🙁
    beli helm mahal2 bisa ga kepake,,
    gara2 ga ada SNI,, cm ada DOT.. ckck..

  8. paling aneh di tulungagung mas. Helm yg g ada topinya/atau helm retro org sini bilang g2 kena tilang.. Padahal udh ada standart SNI dsb..

  9. Sebagai pengguna motor, sebaiknya kita melihat dari segi keselamatan, bukan dari segi tilangnya..
    Kalo pengen selamat, pake Helm yang berstandar minimal SNI, dan patuhi aturan lalulintas, hormati sesama pengguna jalan….Thats it..
    Keep One HEART n keep Safety Indonesia

  10. Ga susah nyari helm SNI, waktu saya beli motor Honda langsung dapet helm standar yg ada tulisan SNI nya& ga pernah ditilang..
    Mungkin pabrikan motor di India juga sebaiknya memberlakukan aturan gitu, setiap beli motor dapet helm yg terstandarisasi ISI..
    hehehe..

  11. di daerah saya ada kejadian aneh, temen saya yg jelas2 pake helm standar internasional (agv ori rossi replika) malah ditilang polantas pas razia dgn alasan helmnya gak SNI. Bingung saya ntah gak tau ntah tu polantas bloon.

  12. aduh kalo di Indonesia ga tau deh. ALAYrider tetep aja ke jalan raya ga pake helm, bahkan masih bisa main HP. haduh”. memalukan sekali ya. semoga biker yg lain ga seperti ALAYrider.

  13. Kalo SNI mah cuma akal2an pemerintah aja biar bisa dapat pemasukan tambahan,sebenernya mereka tau kalo yg standar SNELL & DOT bagus,intinya pejabat kita ingin + memperkaya diri.

  14. Kang, di sini gaungnya ilang soalnya memori org Indonesia pendek. padahal helm itu penting. org indonesia aja yang ga mentingin helm soalnya kepala bukan sesuatu yang harus dilindungi. Isinya kepala kan otak.

    Selain itu aturan gak ditegakkan. Kampanye dari kepolisian setengah hati gak ada yang serius. kalo ditanya nih sama Polisi : Kok kampanye nya gak lanjut? Jawabannya klise : gak ada bujet. Padahal kalo bicara teror kalo bicara kerusuhan nomor satu mereka, karena dapat duitnya gede. kalo bicara helm? setengah hati, kecuali duit dari ATPM dan produsen helm dkasih bermilyar-milyar buat mereka.

  15. Kenapa tilang helm sni ga ramai lagi?karena lebih gampang nilang yg ga pasang lampu /ga pake spion. Langsung keliatan, kl helm hrs stop dulu bikernya baru cari2 logo sni dll, terlalu repot u nyari tambahannya

  16. Kalo di kota aku sih ga muluk2, ga harus memakai lebel SNI yg penting harus berstandar SNI. kebayakan di kota aku memakai Lebel DOT dan SNELL. Aku aja makai lebel DOT.. 🙂

  17. lah? kan di sini udah jelas. helm standarisasi DOT maupun Snell nggak akan ditilang. karena memang standarisasi nya sudah jelas. Helm MINIMAL berstandar SNI.
    hari gini masih berpolemik begituan? capedeee…

    salam buat red komar sesama penguna P135LS. diliat dari nopolnya, domisili JakTim ya? deket dong 😛

  18. Sepertinya polisi sedang lupa sama masalah helm SNI. Mereka lagi asyik sama kasus mesuji dan Bima. Harusnya kampanye helm itu terprogram dengan baik, dilaksanakan dan direview. Direview juga harus melibatkan pihak eksternal misal NGO macam RSA dan diberitakan di media massa atau blog macam blog TMC inilah. hehehehehehe.

  19. Jadi klo ga pke helm yang berstandar SNI apakah bakal ditilang atw gmn? Tapi penjual helm dipasaran masih banyak yg ga pake standar SNI.

  20. akal-akalan birokrasi saja, buat menambah pemasukan PPN barang luar masuk ke kas negaranya, termasuk indonesia dikit2 apa2 jadi duit…dikit2 apa2 jadi duit. yang jelas standarisasi DOT & SNELL saja sudah lebih dari cukup, karena standarisasi international yang dipakai, bukannya stndarisasi area regional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here