Bro sekalian, kalau selama ini kita tidak asing lagi dengan pola strategy Marketing red Ocean yang merupakan strategy baku hantam head to head antara produk/ jasa dan Strategy Blue Ocean sebagai strategi Marketing radikal yang sejatinya bukan sekadar membuat perbedaan dalam bentuk atribut dan benefit seperti konsep diferensiasinya Jack Trout, Maka kali ini kita akan mencoba menggali konsep Strategy Lautan Ungu ( Purple Ocean Strategy ) . . . Yup sebuah strategy Hybrid penggabungan antara strategy lautan Biru dan lautan Merah dan mencoba menghubungkannya dengan Perkembangan Market ranah Roda dua

Nah tmcblog mencoba menganalisa bahwa kedatangan calon skutik retro modern yamaha nanti sebagai upaya Purple ocean. Strategi Purple ocean yang kayak apa? Kebetulan marketing.co.id pernah membahas sebuah sub-strategy dari Purple Ocean Yakni Imitator Yang Inovativ. Menjadi Imitator nggak selalu bermakna negatif . . . Contohnya ? Honda pernah menjadi Imitator Inovatif saat mengadopsi Lampu asimetris yang kerap digunakan oleh BMW pada New Tiger. Imitator disini tentu bermakna positif . . .

Strategy Imitator Inovatif disini sederhananya adalah membiarkan kompetitor maju dulu dalam melakukan Blue Ocean dan pada saat yang bersamaan, Korporat mempersiapkan diri masuk ke dalam segmen tersebut. Blue Ocean itu membutuhkan cost edukasi konsumen yang panjang dan mahal . . . dan dengan menunggu kita berharap korporat yang melakukan strategy Blue ocean akan menanggung sebagian dari Biaya edukasi ini serta berharap produk kompetitor memiliki celah ketidak sempurnaan . . . sehingga saat strategi purple Ocean di declare secara terang terangan . . . Korporat follower amsuk dengan produk yang menawarkan produk yang lebih baik, melakukan perbaikan, dan mengisi celah ketidak sempurnaan dari produk yang pertama kali menjalankan konsep Blue Ocean.

So . .  disinyalir Yamaha sudah berfikir bahwa Sudah cukup Honda melakukan edukasi publik terhadap skutik retro modern .. .  dan Fino bisa masuk dnegan lebih mudah karena ada beberapa barrier mindset yang sudah terlebih dahulu dihancurkan Oleh kehadiran Honda  Scoopy. Tapi  . . . lho ada tapinya . . . Yamaha Kudu Inget . . . sebagai First Mover, Honda Scoopy memiliki keuntungan Mindset kuat akan skutik Reto modern . .  lha contoh nya aja  . . . si Lexy LX 150 ku aka di anggap mirip sama scoopy . . . gubrakkk . . . got the point ? yup seperti yang dikatakan sun tzu bahwa  Butuh Upaya kuat Juga untuk menggoyang sang First Mover

The speed with which a position is occupied is critical. Those who own a position early may need to expand less resources defending it than those who come later and must try to occupy that position. The defense of an occupied position is always less costly than the expenditure required to take that position.”

Biaya edukasi sudah berkurang, namun  jika terlalu lama Honda Scoopy dibiarkan merajalela . .. maka Mindset KOnsumen bahwa  Scoopy = retro Modern akan semakin kuat . . . dan Upaya untuk menggoyangnya akan semakin berat dan ‘costly’ . . . so adalah strategis jika yamaha memang kudu secapatnya membuat Lautan Yang Biru ini menjadi lautan merah dengan Upaya strategy lautan Ungu ini . . .  Plus tentunya Yamaha Fino harus Punya Bibit bebet dan bobot yang kuat agar bisa kompetitif dengan Scoopy nantinya . . . .Silahkan dikomentari,  mohon maap kalo nggak terlalu komprehensip atau terasa kulit kulitnya doang 😀 mohon dimaklumi . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

109 COMMENTS

  1. PR yg berat buat yamaha… apalagi kl fiturnya masih dibawah scoopy… walaupun nantinya fino sdh launching mindset konsumen milih matic retro… “ya scoopy” intinya fino harus punya nilai ++ dibanding scoopy..

  2. follower belum tentu jelek. lihatlah wings grup, apa yg dibikin unilever doi juga bikin. bahkan variasi mungkin lebih banyak.

    utk model retro jelas yg melek internet akan tahu bahwa ymh fino lah yg duluan, scoopy sbg follower (utk regional asean)

    yg penting buat kebanayakan konsumen adalah bukan follower atau pioneer (ini mah bisa2nya orang kreatif dan marketing) tapi benefitnya apa untuk konsumen.

  3. Disaat produk baru fino yg dijadikan benturan ke lawan Scoopy,
    akan ada inovasi baru lagi dari pabrikan Honda untuk produk2nya..
    So…disini bukan hanya startegi lebur bersama di market yg sama, tapi harus bisa memberikan value produk utk bisa bersaing..
    Keep One HEART n keep Safety Indonesia

  4. utk model retro jelas yg melek internet
    akan tahu bahwa ymh fino lah yg duluan,
    scoopy sbg follower (utk regional asean) =============================== kalo memang Fino yg duluan kenapa Bos Yamaki mengatakan Bahwa Skutik Retro sudah ketinggalan 3 tahun lalu,, Remember it? sudahlah jangan buat Opini pembodohan

  5. utk model retro jelas yg melek internet
    akan tahu bahwa ymh fino lah yg duluan,
    scoopy sbg follower (utk regional asean) =============================== Skutik Retro sudah ketinggalan 3 Tahun lalu Bos… Masih inget ga ? Itu tuh kata petinggi Yamaha , lha terus kenapa sekarang malah masukin? Tanya Jaos,Thole.

  6. @ Finokio, Walau Fino memang Pionir untuk di asean region, kenapa Pak Dion nggak mau masukin lebih awal, biar image pionir lebih baik ?
    Malah katanya Model Retro dah ketinggalan buat disini
    ya pinter pinternya Honda melihat peluang ini……ibarat kate…..siapa cepat dia dapet duluan…….
    jadi ?

  7. di sinyalir para pembesar fby akan maju di garda paling depan lw fino nya di bilang plagiat scoopy..! Duuuuaaarrr !!!!

  8. di sinyalir para pembesar fby akan maju di garda paling depan lw fino nya di bilang ama fbh ”njeplak scoopy”..! Duuuuaaarrr !!!!

  9. Perang produk antara yamaha dengan honda.suzuki masih bikin tak tik penyerangan beruntun kawasaki diam menunggu penyerangan.kunci kemenangan dipeggang konsumen.

  10. Kebalikan ama matic mio ya? (Padahal kymco duluan). Menurut gw pabrikan harus ngasih pancingan pancingan model test di jalan dan yg diproduksi beda, biar pabrikan sebelah kecele. Yamaha punya banyak model skutik bagus di luar, tapi telat aja masukin.

  11. scoopy itu kan di benturkan ke fino thai klo gak salah.. Sekarang di indo fino di benturkan ke scoopy,,,
    wkwkkwkw.. Main bentur benturan.. Bisa bonyok nih pale..
    Sama sama mongtor cute.. Kalo lebih tertarik ke skupi ya beli skupi, sebaliknya juga kalo lebih tertarik ke pino ya beli pino.. Gitu aja kok repot… Ada uang ada barang..

  12. minimal fitur n tech sama…. follower akan jadi lebih di perhatikan kalau lebih banyak fitur n tech yang lebih maju…
    selanjutnya konsumsi bbm, desain, 3S, harga jual -__-;;

  13. yang asal njeplak ngaku2 melek internet, coba buka lagi internetnya mana duluan scoopy sama fino… kalo udah tau sejarahnya posting lagi dimari..

  14. sangat sulit menggoyang first mover kurasa, liat aja contoh lek sam yang udah terlanjur latah ngeladeni repo ate, penjualannya sekarang gimana???

  15. Ada kelemahan fino yaitu lampu depan/
    head lamp terlalu menonjol keluar —————————————————- @Gary Houbson ,, Makanya Namanya ganti aja FINOKIO

  16. Wah ini nih artikel edukatif,,,
    Kang Taufik, tolong perbanyak artikel2 yang sifatnya edukatif kaya gini ketimbang pure bocoran, info tpt atau spy shoot doang,,, lumayan kan nambah ilmu :mrgreen:

  17. Matic Honda bisa kudeta Matic Yamaha yang “first mover”, kan …??? Jadi bisa saja Scoopy yang first mover itu dikudeta si jyadul Fino, kalo Scoopy gak naik tingkat kualitasnya…. minimal kualitas plastiknya jangan plastik ember lah !!! JEGEEERRRR !

  18. 22. finokio – Januari 2, 2012
    …… kalo memang Fino yg duluan kenapa Bos Yamaki mengatakan Bahwa Skutik Retro sudah ketinggalan 3 tahun lalu,, Remember it? sudahlah jangan buat Opini pembodohan
    ——————————-
    tenang aja… sabar…. doi sudah punya jawabannya, sabar ya…. pak bos baca kok. 😛

    yup, betul… ketinggalan 3 thn yg lalu. lha gimana gak ketinggalan, launching di thailand kapan?? indonesia kapan?? jd betul, kan ketinggalan bertahun-tahun 😀 tidak terbantahkan kok. dan ga ada salah, lha memang ketinggalan.

  19. Kayaknya si Fino dah terbilang telat untuk bisa menyaingi Retro nya Honda…
    Scopy dah punya mainset yang kuat sebagia Retro Modern!!!
    Klo mau coba, ya harus tekan harga habis2an…

  20. Fino itu udah basi, mau aja di kasih produk yang lebih berumur daripada scoopy.
    Mendingan bikin retro matic basis dari mio J atau nozza, era mio lawas udah jadi bangke.

  21. skupi bukan first mover skutik retro.. Kalo gak salah pas tahun 2007an ada skutik mocin retro *lupa mereknya* doi pake body fino tapi mocin.. Persis kaya kasus mocin njiplak model honda supra x modelnya plek jiplek… Jadi first movernya mocin itu.. Sayang mocin jadi cepet tenggelam

  22. Kang gmn info MEGELLI 150 kan sekarang dah 2012 kesengsem sama body nya tok, 250 terlalu beresiko. .
    Tolong kang bkin artikel nya lagi. .
    Maturnuwun

  23. 😀 sebagai first ,over emang scupi lebih unggul yah… cuma dengan mengeluarkan fini maka sedikit banya akan menambah market share yamaha biar gag terlalu telak di hantam honda,

    btw baca baca blog gini kan pasti pada pake internet ya, entah itu koneksi dewa atau malah koneksi keong he he…
    nih sebagai referensi ane kasih list paket internet termurah dari berbagai operator di tahun 2012 ini cekidot kang:
    Paket Internet Unlimited Termurah Dari All Operator Di Awal Tahun 2012

    Semoga bermanfaat dan silahkan dikunya kunya he he 😀 😀 😀

  24. tenang aja… sabar…. doi sudah punya
    jawabannya, sabar ya…. pak bos baca kok. yup, betul… ketinggalan 3 thn yg lalu. lha
    gimana gak ketinggalan, launching di
    thailand kapan?? indonesia kapan?? jd betul, kan ketinggalan bertahun-tahun tidak terbantahkan kok. dan ga ada salah,
    lha memang ketinggalan. ============================== @Afan , maksutnya Bos Yamaki dulu dia keluarin Statment itu karena dia nyindir Honda yg lagi ngeluarin Scoopy, jadi intinya pernyataan itu ditujukan ke Honda. nah pertanyaanya kenapa sekarang malah ikut ngeluarin Fino.

  25. seandainya nanti, harga diseting dibawah skupi, gw jamin skupi kalah, wkwkwk

    kata fanboy, nanti fino akan dihantam skupi jari2, alias skupi pahe, waspada, kasus REVO ABS terulang, bukan malah moncer, image murahan REVO malah kelihatan, wkwkwk so waspada waspada waspada

  26. ibarat penjual tanaman hias, yamaha baru sekarang jualan Gelombang Cinta. kenapa gak dari dulu? trennya sudah lewat……..

  27. seandainya nanti, harga diseting dibawah
    skupi, gw jamin skupi kalah, wkwkwk =============================== @Thole lha kalo Fino Velk Jari2 mau kasih harga sama dengan Scoopy ya kebangetan, woalah le..le.. cangkemmu kalo ngomong Jumawa, belum ada apa2nya aja sdh sombong, kaya gitu Sifat2 FBY wkwkwkwk..

  28. kang taufik, revolusi industri otomotif sudah dimulai di Solo (halah).
    Mobil SUV ESEMKA RAJAWALI terpilih sebagai mobil dinas Walikota Solo.. konon harganya 75juta rupiah saja,, siapa tahu jadi alternatif buat biker yang pingin mobil nasional terjangkau,, kalu bisa mohon diulas kang,,

  29. dulu dgn lantang bilang klo TREN RETRO UDAH KETINGGALAN JAMAN.
    eh sekarang malah mau masukin .
    apa gak semakin ketinggalan jaman tuh?

    makanya klo ngomong itu dipikir dulu, jgn asal jeplak aja mirip fans Boy-nya aja.

  30. fino lebih ndeso dr pd scoopy !!! Wk wk wk.”org2 pd tanya : eh motor loe scoopy nya yamaha ea ? Buuaahaa ha ha ha

  31. Tanpa jadi fbh dan fby pun…si skupi modelnya lebih retro elegan…lebih bagus modelnya….
    Blom lagi konon powernya fino dibawah skupi di thailand sana…
    Mau kasi harga brp si yamaho??
    Paling jg ancur jualannya….kyk lexam lesu

    Inget dulu tahun 2007 yamaha terlalu pede dengan satu produk vixion plus jupi z nya….dengan iklan yg lebay dan ofensif thdp honda
    Giliran honda bangun malah yamaho tiarap gk bergerak 😀

  32. ayo tebak2an, fino nanti pake mesin mio j tapi minus injeksi, artinya? lihat aja spesifikasi nanti, tertulis kompresi 9.3:1 spt mesin yg dipake new mio j, wekwekwekwek

  33. udahlah BUAT FBH ALAY2 ENTE SDH DEWASAKN KOK KOMEN YG GAK PENTING KYAK ANAK KECIL, o iya namanya fansboy alay pikiran sempit, maklum hemmmm… padahal gak digaji yh tu mreka sma AHM kok getol bnget nge bc produk YIMM… padahal fbh alay bwt bikin sepeda onthel aja gak bisa… GUBRAK..

  34. thole jadi kebanyakan cincong yaa.. sejak pabrikan nya mau nelorin produk baru.. kemaren2 waktu pabrikan sesembahan nya tiarap perasaan ni orang lebih sdkt ada manfaatnya.. :mrgreen:

  35. setuju. intinya yamaha harus bisa membuat sebuah brand values yang catchy yang tentunya berbeda dari scoopy jika ingin menerapkan purple ocean strategy. tinggal pintar2 mereka meramu positioningnya saja, bisa dari feature ataupun peta persaingannya. selain dari desain iklan, yamaha semoga mereka bisa semakin kreatif dalam mengkomunikasikan brand produknya, karena selama ini beberapa iklan yamaha sedikit mulai ter’dikte’ oleh gaya honda.

  36. si thole dari jaman jebot waspada terus ..sampe ymki udah di tebas dan jualannya udah ancur aja masih waspada 😆

  37. fino = imitator inovatif ??? :mrgreen: wkwkwk… yg namanya imitator inovatif itu produknya bagus …ngak sejeuleeek fino wkwkwk

  38. 89. thole – Januari 3, 2012

    haha,byk komen diatas yg pake emosi, bkn pake akal sehat,
    tp waspadalah, waspadalah ymaha mulai tebar ancaman serius, wekwewkewke
    =================================================
    Kalo yamaha koar2 dulu launchingnya lama… Kalo HONDA ga pake koar, blm sempet yamaha waspada eh langsung tembak sasaran..
    Hasilnya? Raja matik yamaha tumbang… wekkk..

    Jadi yamaha yg harus lebih waspada.. karena HONDA lebih agresif dan bermodal besar.

  39. Imitator inovatif yg menjilat ludahnya sendiri. ssslrrrpppp….tapi harus dibuktikan mana yg paling hebat strateginya. pastinya Honda lebih siap.

  40. ga laku tuh scoopy malah yang laku beat, honda emang aneh…
    kenapa aneh, terlihat jelas oleh org marketing dealer honda di daerah kota bandung, ketika adik saya akan kredit beat malah dikatakan oleh marketing beat tidak punya stock & malah di arahkan untuk kredit scoopy aja, hhmmm setelah selidik demi selidik ternyata di daeler tersebut masih ada beberapa uniit beat kurang lebih nya 10 beat, (info yang dapet dengan modal dari 1 bungkus marlboro)…padahal itu deales besar di pusat kota bandunng, hal hasil dapet beat di daeler lain, aneh !

    Dengan skr beat nya mau ti jual lagi karena terjatuh gara2 stang yang ga bisa di bawa manuver alias kaku(pendek)

    lagi nungguin fino biar mantabs..

  41. Kalau belum launching mana bisa dibanding – bandingin! Fino nonggol baru deh bandingin sama Scoopy dan pastinya Scoopy yang paling keceee

  42. wkwkwk…imitator inovatif apanya …wkwkwk…ini namanya imitator desperado alias modal juelek tapi maksa keren :mrgreen:

  43. Yamaha tentunya hrs belajar ttg bagaimana strategi utk menggoyang Scoopy. Krn butuh effort yg besar utk melakukan hal itu, lihat saja bagaimana Honda menumbangkan dominasi Yamaha di segment matic. So…Yamaha jg kudu memperhitungkan hal itu. Ingat Mindset konsumen Indonesia skrg kalo ngomongin skutik retro ya Scoopy. Yamaha jg hrs mempertimbangkan fitur2 yg ada jika mau bersaing dgn Scoopy, tentunya penempatan harga yg kompetitif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.