Saturday, 21 December 2024

Bongkar Jeroan Dapur Pacu Yamaha Jupiter Z1 . . . Seabrek Galeri Foto

Bro sekalian, gambar detail fisik udah, dan setelah mengupas resep performa Jupiter Z1 dari tampilan slide komputer, tmcblog tambah penasaran . . . kayak apa sih sebenarnya hollow pin di YZ Crank technology? Kayak apa sih entuk dome nya . . . paket FI apa yang digunakan oleh yamaha, apa bener gigi transmisinya (terutama di gear 3 dan 4 ) dibuat lebih lebih kuat sehingga durable menahan rpm yang tinggi? ..  . okeeeh mari kita bahas satu persatu ya bro

Saat pertama tmcblog melihat bongkahan mesin Jupiter Z1 yang baru saja selesai di gunakan buat test internal YIMM . . . itu  blok mesin bagian bawah dan atas langsung di bongkar . . . disinilah baru tahu tmcblog bahwa Yamaha tidak menggunakan gasket lembaran . . . melainkan liquid gasket pada bgaian tengah blok mesin bawahnya . ..

setelah bongkar bagian mesin bawah baru deh ketahun bahwa memang gigi gigi pada roda gigi transmisi 3 dan 4 dibuat cukup besar dimaksudkan agar motor ini bisa durable menahan getaran di RPM yang sedikit lebih tinggi yang biasanya berada pada gigi gigi transmisi terakhir (3 atau 4 )

YZ Crank Technology

Kayak apa sih YZ Crank Technology . . . apa benar penampaka teknologi yangberasal dari YZ450F dan satufilosifi dengan teknologi M1 ini segitu sophisticate nya ? . . . nggak terlalu juga sih bro . . . cuma pin crank tempat untuk poros pengayun setang piston dibuat sedikit hollow (berongga) . . . simpel kan? tujuannya apa? sudah pasti jika berongga maka bobotnya lebih ringan sehingga kerja menonjoknya bisa lebih kuat/ efesien . . . ini lah yang membuat tarikan bengis Z1 di rpm rpm awal, cmiiw . . . pin lebih ringan tentu dibutuhkan perhitungan khusus agar tidak terjadi getaran . ..  maka shape bagian ini dibentuk ulang sesuai dengan hitungan fisika mekaniknya . . . kalau dilihat detail memang ada perbedaan baik di tebal dan balancer bila dibandingkan dengan crank Jupiter Z karbu

Dari Blok bawah, kita naik ke blok silinder. Point view nya langsung ke piston tempanya yang memang benar lebih kecil. Menurut Pak Abidin ..  . fokus utama dari forged piston adalah bagian dome dari piston  . . . ini lah yang harus diperkuat dengan teknologi tempa . . . sebab bagian ini yang menerima tekanan terbesar saat ledakan pembakaran mesin. Piston lebih kecil, kerja lebih ringan, lebih efesien pastinya.

Terlihat memang Klep Z1 dan Klep Jupiter Z  beda banget . . . secara umum Jupiter Z1 lebih lebar . . . kenyataan ini membuat Dome silinder atas berbeda dimensinya . . . Jupiter Z karbu lebih cekung, sedangkan Jupiter Z1 tidak terlalu cekung . . . menurut pak abidin resep ini lah yang membuat Z1 bernafas lebih panjang dibandingkan Jupiter Z karbu.

dari daerah chamber pembakaran kita naik ke atas lagi yakni head silinder . . . di dalah head silinder . . . Klep Z1 digerakkan melalui sistem roller rocker arm . . . sedangkan Jupiter Z karbu menuruut pak abidin belom pake Roller rocker arm.

head silinder Jupiter Z1 sama sekali beda dengan Jupiter Z karbu . . . Z1 menggunakan head yang lebar untuk memperoleh pendinginan yang lebih baik. Z1 menggunakan tutup head silinder yang bisa dibongkar , ini mirip head silinder motor motor pabrikan lain. . . .. . . Jupiter Z karbu nggak . . . langsung paten dicetak (casting)

 

Karena ada ruang gap antara bagian tengah dan pinggir pada head silider . . . penyakitnya adalah getaran . . . getaran ini menyebabkan gasket penutup head silinder bisa hancur dan menyebabkan head silinder pada meler . . . nah yamaha punya resep jitu di area ini . . .mereka menempatkan satu baut yang mengghubungkan bagian luar dan dalam sehingga akan dapat meminimalisasi getaran yang bisa merusak gasket . . . wew . . . detail amat sampe mikirin beginian

Lalu kita beralih ke sistem FI . . . Yamaha menggelar seluruh part Injeksi yang digunakan di Jupiter Z1 ini . . . nggak biasa biasanya yamaha yang menggunakan produk Mikuni ..  . kali ini mereka sama dengan Honda yakni menggunakan sistem FI dari Keihin ( bearti terawangan tmcblog meleset euuy 🙂 ) pantesan koq fuel pump nya guedeee . . . kan fuel pump mio J kecil punya tuuu . . . lalu ada lagi detail sensor temperatur oli, sensor O2 yang ditempatkan di mulut dekat ujung mula muffler, lalu juga injectornya, trotel bodynya . . . yaaaah jadi sebenarnya boleh dibilang sistem FI nya nggak jauh beda dengan PGM Fi he he he . . . tapi ukan berarti Yamaha pake PGM FI . . . karena Keihin kan bukannya Honda . . . so kapan kapan Honda pun bisa pake mikuni dan menggunakan sistem secondary air passagenya Mikuni he he he he boleh nggak yaaa ?  . . . sooooo, udah jelas ya sekarang kayak apa bentuk real dari resep resep yamaha di Jupiter Z1 . . . so silahkan simak gallery fotonya dan share komentar mas bro semua . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

303 COMMENTS

  1. dengan kata lain jupiterz1 adalah oprekan resmi pabrikan dari jupiter z , mestinya sih boros …tapi di minimalisisr dengan injection.

    • Kalo ngeliat kerak di dome cyl head-nya yg tebel gtu, keliatan bgt pembakarannya g sempurna alias boross ..

      • setubuh, kan boros buat accelerasi saat uji cb ,biar dbilang tarikan mantab.n tetep kuencengg..,,( bagi yg ngerti permesinan ajah ..,)
        yg ngerti mesin jahit mah manggut2 aje ,.,:D

      • Yg bilang piston berkerak?

        Emang situ tau ini motor sudah di tes berapa KM, mungkin aja sudah di tes jalanan sampe 50ribu KM

        emang honda yg tiba tiba brojol tau tau bermasalah haha

      • menurut lo kerak setebel itu nongol dr mana??? mau yamadut, hondut ato dut2 yg laen klo pmbkran ga smpurna yg sama akibatnya.
        Satu lg fb koplak nie, motor d tes sruntulan d jalan raya d bangga banggain, ugal2an bangga. miskin aja nyolot. wkwkwkw

      • Yang duluan kok racikannya gak bisa bikin kencang. Tanya kenapa? Buktinya gak pernah bisa ngalahin Jupi Burhan di pasar senggol, !!!

      • ada yg kbaran bulu ketek ampe bawa2 pasar senggol …. wkwkwkkw …. Ooooo iya lupa klo ini tuh “performance bike”-nya fby ya … sekenceng2nya bebek tetep aja ujung2nya kepasar … wkwkwwkw …
        sori mba mau yamadut, hondut, suzudut ato dut2 yg laen yg pasti ane ga demen balap bebek … wek wek wek wek wek … hhahahahahahaa
        balap pake bebek?? apa kata dunia ??? wkjkwkwkw

  2. bwt turun di roadrace udh gk prlu lg roller rocker arm blade lg…jarak baut tanam lebar bener 250cc msh bisa gk ya…btw jarak baut tanam z1 ama yg karbu sama gk kang?

      • AR125 sport 2 tak gan, katup bensinnya yang rotari, teknologi jaman baheula. klo 2 tak modern katup bensinnya pake reed valve. gak apple 2 apple klo sama FU. Keliatan begonya lu bro, ngeliatin MS mulu sih… wkkkkkk

      • om roy ini kayaknya beneran mengerti seluk beluk mesin… 😀
        mesin rotary mah gak bakalan ada yg bisa nglawan gan….
        mesin terbengis tenaganya…soalnya di setiap putarannya menghasilkan 3 langkah sekaligus.
        jangan bilang kalo mesin jadul pasti jelek….untung AR cuman 125 (sepadan sama 350cc kalo di 4 tak) kalo lebih dari itu saya gak bisa bayangin deh… kekekek….
        kenapa mesin rotary jarang (malah tidak di bikin lagi) di indonesia? jawabannya………wong pake yg 100 cc aja banyak kecelakaan…(pengendara tidak tanggungjawab sama mesin yg ditunggangin)…apalalagi kalo dikasih lebih….

        kekekekeke

  3. haa.. haa… sistem injeksinya 11-12 ama tetangga sebelah… cerdik betul.. teknologi mesinnya hebat… iritnya seperti tetangga sebelah… sippp..sippp.. (nah kalo akur gitu kan enak…)

  4. mantaf dah…
    bnr2 dibongkar jeroannya, kita jadi tahu seperti apa sih rupa dan apa aja yang ada disana.thx bgt mas bro.
    ayo2…yg tukang jiplak silakan jiplak.

    blok silinder ma head yang injeksi ga bs nemplok di yang karbu ya? -_-?

  5. Wah jadi gamblang kang haji… jadi part injeksi ala keihin yg dipakai hnda yg dulu dijelek2in fanboi ymh ternyata dipakai jg di z1
    Lalu roller rocker arm yg katanya tak guna, si z1 pakai juga..
    Berbahagialah fby, jadi sama2 jelek wkkkkkk

    • Setuju bro..

      Tapi gw heran, masih ada juga FBY yang nuduh honda plagiat design yamaha, kalau emank yamah ngerasa di tiru kok gak meng-gugat honda secara hukum aja..
      Yamaha adem ayem, eh malah FBY nya yang heboh..

      Ngapain fanatik merek, pilih sesuai kebutuhan aja..
      Peace..

    • @ Roy…
      Mestinya sudah cuy, sama seperti kasus mocin… tetep saja penggugat kalah, beda 1 mm secara hukum itu beda desain…
      Faham???/

  6. Ini betul2 artikel yg berkualitas.Salut wak haji.Landjoetken… Dan jangan lupa sedulurr…salah 1 motor yg paling berkualitas dunia ya Kawasaki Versys 650. Brrruuummm….Brruuummm……Wuuuzzzz….. Ciiieeetttt…..rem bentar. …Vicky Shu silahkan bonceng….

  7. Bebek super teknologi masa depan, katanya….
    Kita lihat seberapa lama Euforia ini bertahan ….
    Ayo sales-salesnya lebih giat lagi ya……

    • memang tutup head kotak luar biasa, begitu pake kotak langsung ngacirrrrrr.
      Mestinya semua bebek yang ikut road race dimodif jadi kotak, josssss.

  8. biasa aja lha gini2an (buka sendiri tuh mesin motor juga ketauan bedanya ) , honda udah lama buka2an sampe pake cutting mesin …namanya jurus desperado marketing untuk ngasih tau ke pubilk mesinnya baru lho , untuk membooster penjualan yang semakin loyo 😀

  9. salut sama si mind genesis yang udah jauh2 bulan bahkan tahun , kalo yamaha akan balik ke speed …bahkan nama jupiz1 udah diketahui jauh2 bulan 😀

  10. roller rocker arm..ah ketinggalan lagi nih pabrikan…Honda Suzuki dah pake duluan…pala silinder kotak Honda Suzuki dah duluan…ah ketinggalan mulu niih…wakakakaka

    • sebenere tutup head macam itu trik ngirit… cukup 1 tutup, mewakili tutup klep 2 biji + bautnya kalo yang pake baut, tutup gear cam samping, dan tentunya proses pasangnya lebih cepat…

      jadi fbh dan fby jangan mengira tutup model gituan itu teknologi…

  11. Masih Ngoklok dan Boros nggak …
    Horse Power tambah besar , yang dikorbankan Fuel Consumption / Tambah Rakus …

  12. bukannya ini jg kemauan fanboi kutang? ngarep yamaha bikin tech yg bagus, udah terwujud tuh, tetep aja dicaci, wkwk

    lagian tech honda mobil juga byk tuh yg nyontek toyota, wkwkwk

    • Bantuin Mas Taufik!
      Itu motor tester, Bro! yang udah dipake wara-wiri (sampe makasar lho) puluhan ribu kilometer !

  13. teknologi dan disainnya fresh, coba kalo dibikin 150cc, bisa nyaingin vixie v2 atay K15 ya mas broo? he he

  14. gile technology kolaborasi, wkwkwk

    btw vario 125 ISS dpt bocoran dari anak2 variuos dikit lagi mo launching, dibanderol enggk lbh dari 1jt,

    CMIIW

  15. Pabrikan selalu pake threebond 1210 buat sealer, tapi konsumen mau nyari threebond 1210 susah, nyari sana sini cuma dapet threebond 1104.

  16. klo menurutku tekhnologi ini bkn yg pertma diaplikasikan ke motor. honda sdh mengaplikasikanya trlebih dahulu n yamaha selalu mengikti dr belkang smbl memantau situasi. mash byk contohya dan gw bkn pwnggemar honda tp konaumen yg subyektif, hnda sdh mengadopsi ckram disk brake ,yamha msh seria dgn twromolya, diklas 250 ja yamha msh setia nunggu dibelakang, jd mnurut hemat gw motto yamha yg pling cucok adlh YAMAHA SELALU NUNGGU DIBELAKANG…he…he…he…

      • Jadi masih pake sistem gigi matahari to, ga balik algi ke masa jupi burhan yang pake sistem 4 pegas. Ya akli saja pake sistem pegas tapi pegasnya sampe 6 biji…

        Thank infonya…

  17. Pengen liat yamaha bikin mongtor seport depannya kayak desain tebeng JPZi ini, keren kyknya

    Btw Potonya kang haji keyen
    Like this joooo

  18. 92. tigor – Juli 18, 2012

    klo menurutku tekhnologi ini bkn yg pertma diaplikasikan ke motor. honda sdh mengaplikasikanya trlebih dahulu n yamaha selalu mengikti dr belkang smbl memantau situasi. mash byk contohya dan gw bkn pwnggemar honda tp konaumen yg subyektif, hnda sdh mengadopsi ckram disk brake ,yamha msh seria dgn twromolya, diklas 250 ja yamha msh setia nunggu dibelakang, jd mnurut hemat gw motto yamha yg pling cucok adlh YAMAHA SELALU NUNGGU DIBELAKANG…he…he…he…
    ======================================
    ah itu cm perasaan dik tigor aja.

  19. kalo crankcase bukannya dari dulu ngga pake gasket kertas/plat pak taufik?
    yang make gasket kertas/plat cover crankcase dan head silindernya.
    sering belah mesin beberapa merk, tapi belum pernah nemu yang crankcase pake gasket kertas/plat.

  20. mau dibilang apa kek, yang pasti ini jupiter Z1 kenyataannya memiliki power diatas supra 125R, silakan dibantah bagi yg gak terima hehehe

  21. Jadi bangga ane,gear yg ane bwt pny klebihan yg lebih…heheheheheheee…….1DY-4p n 1DY-3p….hehehehehehehheehheeheeeee…

  22. Yg bilang teknlogi duluan kymco.. Emng kymco hasil riset mana.?
    Ane pny manual booknya tu.. Lah wong disitu dijelasin kymco minta INSINYUR HONDA buat riset pengembangan mesinnya dan HONDA jadi pemegang saham terbesar KYMCO sejak 1973-2000. Disini aja yg AHM jejalin mesin2 jadul tp tetep laku.. Baru indo melek teknologi.. Gara2 internet murah jadi diupdate tu mesin..

    • bos…kita ngomonginnya yg masuk ke indo….jangan globalnya.
      kalo globalnya memang benar kalo kymco itu adalah “anak asuh” dari honda. teknology kymco dulu adalah turunan dari honda.
      cuman yg bikin bilang kalo kymco duluan itu adalah yg masuk ke indo duluan bos…trus yg koar2 kalo itu dipake pertama kali di mesin dia khan yg koar2 di indo juga.
      ============
      …AHM jejalin mesin2 jadul tp tetep laku..
      ————–
      bukti bahwa pabrikan SELALU membutakan konsumennya. entah itu yamaha, honda, kawasaki, dll

      yg saya heran, kenapa konsumen (bodoh) tersebut terus ngebelainin merk X padahal merk T lebih baik value-nya dibanding merk X tsb.

      itulah lucunya (bodohnya) konsumen indonesia

      IMHO, Itulah kenapa sekarang kiblat kendaraan roda 2 sudah mengarah ke eropa, mengarah ke value yg lebih baik, bukan seperti katak dalam tempurung

  23. sayang banget ya? kok ada pengamat bodoh bin stupid… baca baca dulu.. itu motor tester yang udah puluhan ribu KM…

  24. itu lbh bagus dr gaket kertas bos, ketebalan mendekati zero thickness jd lbh presisi … namanya liquid gasket threebond 1215 series … cyl head tiger m karisma jadoel dah make .. hahaha

  25. sadizzz…. bener2 nunjukin kualitas dan ga main2 kalo brojol motor baru..

    ga kek si mahonda ujug2 brojol… spare part aja blom ada…

    yang penting sih sek untung… hahahakoplak!

  26. kang aji
    kq O2 sensornya g da y
    jadi kl sistem injeksinya masih open loop y?

    kl pake sm mikuni pa tekanan bahan bakarnya
    sama kayak punya honda jg 294 kpa ato gmn kang?

  27. kesimpulannya ini motor full fitur
    termasuk fitur PLAGIAT hehehe…
    HEBAT YIMM semakin didepaaannn..
    yang lain kasiaan deh di tiru semua!

  28. Pingin ketawa kalo ada yg ngomong teknologi motor ini, itu duluan/ Plagiat….

    Yang pasti mau Suka Honda kek, Yamaha kek, Suzuki kek, Kawasaki kek.

    Kanzen yg ktanya produksi dalam negri “TUTUP DULUAN”.

    itu karna orang-orang sini belain “barang PRODUKSI”(ingat “barang Produksi”/ yang diatur) negara PENJAJAH kakek nenek kita.

    salah orang sini produk dalam negri slalu dibilang Plagiat, mobil ESEMKA plagiat, KANZEN plagiat, kapan mau maju. Cina, India, sering nyontek tapi berinovasi/ di improvisasi.

    tapi kalo nte-nte NYONTEK soal “pilihan ganda” di bangku kuliah, atau sekolah apa PLAGIAT?? Tentu nte-nte lebih plagiat dripda automotive produksi dalam negri. Loh Knapa?? karna nte Nyotek mentah-mentah tanpa berinovasi/ improvisasi.

  29. mantap Jupiter Z 1, bebek serasa R1 atau M1.

    “Yang Lain Gak Usah Dengerin”

    wong selera kita yang pilih, Urusan gak suka yaudah Cintailah Motormu sendiri.

  30. Kopling mana kopling? Masa pake diafragma… Wkwkwkkw

    Percuma sederet kata2 teknologi kalau ga di pake balap, lawan dulu tuh jupie z burhan.. Pake rodres, kalau emang kompetitif baru bilang bagus..

  31. @ kang taufik

    klo liat foto transmisi katanya giginya di gedein, di gedein disini maksudnya nilai modulnya apa Z nya yg di gedein??? klo tujuannya supaya lebih durable mungkin modulnya yg di gedein (walopun jd aneh gigi 1 m 2 pake nilai modul yg beda) tp klo modulnya yg di gedein otomatis getaran yg tmbul pasti lebih gede coz tolaransi gear ikut bengkak. knp ymh ngga develop hardnessnya aja y klo ngejar durable?? tp klo liat finish surface difoto pun kayanya ngga ada treatment khusus buat tu gear.

  32. @rendy

    yah jelas aja yamaha berani blak-blakan kaya gini..

    Terang aja mesin z1 jeroan’nya NIRUH (ngikutin) mesin honda yg sdh teruji kualitas’nya..

    Ga kaya z cuma asal ngomong sdh teruji doang..

    Yamaha ngikuti (NIRUN) yg lain lgi..

  33. sales yamadut kaya lo ga tenang ye liat MS nyungsep truzzz … tiap bulan d kejar target ,,, deg deg deg deg croottt …. kkwkwkwkw

  34. Kalo dianalisa lebih mendalam, sepertinya hanya 1 yang bisa membuat powernya lebih besar, yaitu ukuran valvenya, dengan kata lain kira2 di road race tidak akan beda signifikan karena semuanya sudah diatur dalam regulasi. Selain itu ukuran valve besar yang tujuannya meningkatkan efisiensi volumetrik akan bertolak belakang dengan yang namanya irit bahan bakar. Sekarang tinggal dibuktikan konsumsi bahan bakarnya, hehehe

    • Ukuran klep sama dengan mio j bos, cc juga sama persis tapi power beda jauh lebih besar Z1

      disinyalir power meningkat bukan karna klep besar saja

  35. Kalo dianalisa lebih mendalam, sepertinya hanya 1 yang bisa membuat powernya lebih besar, yaitu ukuran valvenya, dengan kata lain kira2 di road race tidak akan beda signifikan karena semuanya sudah diatur dalam regulasi. Selain itu ukuran valve besar yang tujuannya meningkatkan efisiensi volumetrik akan bertolak belakang dengan yang namanya irit bahan bakar. Sekarang tinggal dibuktikan konsumsi bahan bakarnya, hehehe..

  36. selamat mlm pak taufik..

    saya mau tanya brdsrkan referensi dr langganan saya buat konsultasi motor. atas bantuan langganan saya akhirnya saya bisa main internet di kapletnya

    cerita saya kbtln anak tertua laki2 minta dibelikan motor buat 17thnnya. sudah 2 tahun dia merengek2 minta motor sampe saya pusing harus cari uang dan akhirnya saya dpt pinjaman. penghasilan saya sbg tukang nasi goreng pas2an..

    saya ga mau belikan dia motor bekas krn nanti kalo perawatannya masalah saya sendiri yg repot.
    masalahnya seminggu yg lalu dia brubah dr maunya Blade kejupiter. dia tau dr temennya ada merk baru katanya. dari temen saya akhirnya saya disuruh buka internet buat ke tmcblog lalu saya baca artikel sblmnya tampaknya motor ini motor kencang.

    saya ga mau kasih motor kencang ke anak saya. saya ga mau menyesal naudzubillahi min dzalik kalo nanti krn motor terlalu kencang dipake kebut2an anak saya kenapa2. saya lbh ke blade selain uangnya jg tidak bisa naik lagi buat ambil motor jupiter ini. dari segi harga ini tampaknya juga lebih mahal ya pak taufik dr blade?

    saya orang tua khawatir banget krn pengaruh internet dan temen tidak bs saya kontrol setiap saat. temen2 yg pnya motor pada di modiv-modiv. pake kenalpot corong yg suaranya blara’an. bodinya jg di kelotokin catnya.. ban2 semua dikecilin sampe mirip ban gerobak saya.

    menurut pak taufik gimana ya caranya saya kasih penjelasan ke anak saya biar dia ga milih motor kenceng tp yg standar2 aja.. di kasih revo ga mau dia. saya putus asa ngasih taunya.. ibunya sdh nyerah nasehatinya. gerobak sdh sering ditendang dia sampe rusak .. piring2nya sdh langganan pecah.

    bingung saya pak . mau dikasih motor takutnya motor kencang dipake ngebut2. ga siap saya kalo sampe keluar biaya perbaikan atau obat2an. ga dikasih gerobak saya hancur dan habis ibunya ditengking2. sedih betul hati saya pak taufik.
    mohon dengan sangat pak taufik bantuannya..

      • semprul – Juli 19, 2012

        sales lg kerja nih
        ———————————————————
        kata FBH dan SBH

        Revo ABS > Najiz
        Supra X > Najiz
        Nubeled > Najiz
        Jupe Z > Najiz
        Titan > Najiz
        Axelo > Najiz
        Edge > Najiz
        ZX130 > Najiz

        apa ente ada pilihan motor yang katanya lemot???
        kalo bukan najiz apalg??? so Najiz lebih safety dan peduli terhadap bapak di atas… so beli najiz…

        :mrgreen:

    • sama2 motor bebek pak, sama2 pelan top speed +- 110Kpj.
      soal akselerasi 11-12 sama merek lain, namanya bebek.

      kalo bebek kenceng itu Satria F, CS 1, Jupiter MX.

      & kalo bapak pingin kasih anak bapak motor lambat tongkrongan laki kasih aja Thunder 125 tahun lama, harga murah, Tanki kuat, masih mulus2 kinclong pula.

      namanya anak dikasih motor itu ya serba salah, apalagi usia labil.

      di kasih motor lemot betot gasnya maksain ampe kesusul.

      di kasih motor kenceng, gatel betot gas buat kebut-kebutan.

      kalo menurut saya kalo anak bapak di kasi Revo 110 sama aja ituitu motor bebek buat narik-narikan. cz sya sering liat yg pake ntu mtor pda kebut2an, mau anak muda, bapak2, kakek2 yg bawa ntu motor pada seruntulan.

      kecuali di kasih revo 100 cc, ntu motor lemot abiss. kecuali klo udah di paksain di putaran atasnya.

  37. Wow.. ini namanya pencerdasan otomotif kang haji.. jadi konsumen tahu darimana asalnya tenaga Jupiter Z1 yang dahsyat tenan.. salut dengan Yammaha atas revolusi teknologinya.. Jupiter Z1 joss 😀

  38. @hohe hoheho

    hehe

    kalo untuk tempat tes semua pabrikan juga pasti ada seperti tes melewati banjir tes lewat jalan rusak dll itu sudah umum/standar

    kalo yg di tes yamaha di jalan bukan tes seperti diatas tp motor bener2 dipake sampe puluhan ribu KM mungkin malah sampe 50rb KM atw itunganya sesuai garansi mesin

    kalo honda gak mau tes dijalan kan biar ngurangin biaya maklum AHM kan gak mentingkan kualitas

      • ahhh sama aja.

        justru Honda duluan loh …. ingat compare otoplus, dan m-plus dngan meng-compare Blade, JupiZ, Smash. beberapa tahun yg lalu.

        dan yg menang telak adalah Blade pada komparasi majalah2 itu.

    • dyno test, chasis dyno bsa d lab endurance bsa d sirkuit. jngankan 50rb km, ampe ambrol pun bosa d test sepuasnya. sudah jd rahasia umum yimm tdk punya sirkuit test d jkt. makanya test on road alias jalan raya.
      hondut ga test produknya?? ngrang ko kebablasan mas. cuci muka dulu sono. trus man ke RnD hondut tipar cakung, wkkwkwkwkw … dagelan sales salea yamadut … wkwkjwjwkwk

  39. Bedanya FBYahomo dgn FB yang lain:
    FBYahomo: harga operprice dibilang sesuai dgn teknologinya
    FBYahomo:gak perlu RDB, karena tromol lebih pakem
    FBYahomo:nyampah dimana-mana biar keliatan smart
    FBYahomo: ???
    Akhirnya YIMM jadi budeg dan PD dng penempatan pricing nya

  40. Sedih ngelihat mesin2 injeksi motor di Indonesia masih bertipe D-Jetronik semua,, T~T,, Kang Haji yg baik, tolong di bahas beda mesin injeksi tipe D-Jetronik & tipe L-Jetronik supaya sodara2 kita tambah melek teknologi,, Hatur Nuhun..

  41. honda ga usah ganti mesin, diberi striping repsol aja udah nambah performa !

    Ga percaya ? Tanya sales honda

  42. produk2 yg menghasilkan profit tinggi kyk gini emang pantes teknologi mesinnya diupdate terus, tp paling gak motor flagship jgn gak ditengok sama sekali laah…
    kasian yamaha, motor flagshipnya udah sampah bgt teknologi mesinnya klo dibanding kompetitor… paling gak dinaikin jd DOHC ato pake radiator gitu haha

  43. yang komen disini kebanyakan bukan FBY tapi group orang2 yg gak suka honda….lihat aja isinya ngaku fans yamaha tapi yg dijelekin cuma honda terus tapi selain merk honda dipuji habis2an…lihat aja artikel bung taufik tentang komparasi ninja 250 vs cbr250 yang komennya ngejelekin cbr makluknya sama dengan yang komen ngejelekin honda disini…ngaku fby tapi muji2 habis ninja250….kayaknya sales black camaign nya yamaha semua nih….

    • kalo saya jadi kamu pasti menyangka orang2 yg comment yg gak suka honda.

      kalo saya jadi diri sendiri pasti saya menyangka orang2 yg comment yg gak suka yamaha.

      yuk kita saling menduga. orang kalo dah sinis pasti menduga-duga ini itu. iya gak?? sama ane jga kaya gitu.

  44. Sekarang sepeda motor all merk sudah mulai menggunakan teknologi FI, supaya lebih ramah lingkungan. Dan setiap merk memiliki positioning untuk menancapkan awareness type tersebut ke konsumen. Ayo bersaingan dengan Fair dan Respect

  45. SUDAHLAH BIARKAN SAJA.NIAT MS IWAN TU BAIK NGASIH INFO SALING SADAR DIRI DONG?KATANNYA PUASA JANGAN2 GAK PUASA NICH NGOMONGIN GAK BENER SALING MENHINA DAN JELEKIN MERK LAIN GAK BAIK LAH.MARI KITA BERSAMA2 MENJALAN =KAN IBADAH SUCI RAMADHAN DENGAN BAIK.TANPA EMOSI DLL.OKE SETUJU.HATI YG DINGIN SEJUKKAN HATI KALIAN SEMUA WAHAI PARA BLOGER MANIA.

  46. AK RALAT MS TAUFIK SALAH NULIS LAGI EHEM?????SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA YA BAGI TEMAN2 YG MENJALANKANNYA.

  47. bang haji, kalo cuma O2 mah ga seru itu bekerja di 300 derajat yang seru itu HO2 (heated oxsigen sensor) yang sensor o2 ada pemanasnya dan langsung ngebaca kadar oksigen

  48. saya rasa antara crankcase kika emang ga ada gasket kertas deh ini mah bukan barang baru mustinya yang di kupas itu teknologi injeksinya dan kalo bisa hitung total rasio neh motor pake rumus keluar data aktual berapa kecepatan akhir kayanya bang haji ga pernah bahas

  49. kalau dibandingin yupi z lama memang beda tapi dibandingin merek lain ya njiplak tapi nggak apalah lebih baik sebanding daripada kalah

  50. Makasih mas taufik buat oprek2nya… jadi makin yakin mau beli Z1.
    Buat yang ribut2 diatas soal Yamaha kek… Honda kek…
    Balik lagi ke pasar… Konsumen lebih suka yang bagaimana… namanya juga dagang/bisnis…
    Inget, orang Indo sekarang juga ga bego2 banget soal mesin.

  51. Makasih mas taufik buat oprek2nya… nambah wawasan banget.
    Buat yang ribut ribut diatas.. mau Yamaha kek… mau Honda kek…
    Yang penting dibuktikan aja dipasaran… mana yang lebih disuka konsumen, namanya juga orang dagang/bisnis…
    ujung2nya ya ke konsumen lagi..

  52. semua persamaan yang teman2 sebutkan di atas pasti tidak bisa di patenkan, makanya bisa ditemukan di motor merk apa saja. Jadi tidak bisa di sebut sebagai plagiat jika satu merk memakai tekhnologi merk lainnya. yang ada hanyalah siapa yang bisa terus menyempurnakan semua tekhnologi tersebut menjadi se-efisien mungkin. Teknologi yg benar2 bisa dipatenkan tentunya teknologi yang benar2 baru. Sebagai contoh, yang saya tau teknologi forged piston pada Jupi Z1 & diasil cylinder punya jupiter mx & vixion tentu tidak bisa di pakai oleh siapapun karena sudah dipatenkan. Begitu juga system starter basah
    milik Mio juga sudah dipatenkan. Yang perlu kita amati/ bandingkan adalah hasil akhir dari gabungan semua tekhnologi tersebut apakah berhasil menjadikan motor tersebut efisien?, nyaman dikendarai ?, aman?, tahan lama?, harga terjangkau?. dsb nya.
    Salut buat yamaha yang tidak menjual ‘Kucing Dalam Karung’…
    Thx bro Ufik buat ulasan nya.
    Semoga Jupi Z1 hasil racikan engineer Yamaha ini bisa mengharumkan nama indonesia di ajang Indoprix mendatang…

  53. hahahaha saling menjagokan ya orang indonesia….ya yamaha ya honda ya suzuki ya kawasaki dll….mo apa aja kek yg penting mampu terbeli ya udahlahkan pake duit sendiri…sayangnya yang sok tau dan sok motor lover malah kenceng banget suaranya…heheheh ga malu yah pengetahuan baru se kuku kelingking dah koar koar di dunia maya…padahal ada lho mekanic indonesia yg pernah ikut motogp, superbike malah adem adem aja….hayo dah ngaca belum apa ANDA sudah pernah ikut competisi tingkat dunia?????….kalo jawabannya belum ya ada baiknya baca lagi di buku ato browsing di internet…..ada teknology baru langsung..oh yang pertama merek ini tuh…oh yg pertama dipake merek ini tuh…CIUUSSS????? bola mata ama congor lu juga dipake orang jaman majapahit jugakan….ga masalah…yang penting JANGAN SIRIK DAN JANGAN MENUNJUKAN SISI NEGATIF LU BRAY….nenek lu juga pake bh jaman dulu sama juga nenek gwa…jangan jangan sempaklu sama juga ama yg gwa pake….

  54. saya yg membuat throttle body dan injection jupiter Z one. saya sendiri yg buat dan menurut saya memang kurang bagus. yamaha masih ketinggalan dari honda yg fuel injectionnya sudah memakai solonid sedangkan yamaha masih memakai sensor.

  55. RE: 143. Arismunanto – Juli 19, 2012

    Tegaskan kepada anak Bapak, supaya “Beli motor pakai uang dia sendiri”. Dengan begitu anak bapak tidak akan kurang ajar seenaknya minta beliin motor. Emangnya harga motor itu cuma seribu/dua ribu perak??
    Saran saya, jangan dibelikan!! Kecuali anak bapak bisa memintanya dengan cara yang baik. Tidak dengan cara brutal kepada orang tuanya. Durhaka!
    —————————————————————————————
    Original post by:
    143. Arismunanto – Juli 19, 2012
    selamat mlm pak taufik..

    saya mau tanya brdsrkan referensi dr langganan saya buat konsultasi motor. atas bantuan langganan saya akhirnya saya bisa main internet di kapletnya

    cerita saya kbtln anak tertua laki2 minta dibelikan motor buat 17thnnya. sudah 2 tahun dia merengek2 minta motor sampe saya pusing harus cari uang dan akhirnya saya dpt pinjaman. penghasilan saya sbg tukang nasi goreng pas2an..

    saya ga mau belikan dia motor bekas krn nanti kalo perawatannya masalah saya sendiri yg repot.
    masalahnya seminggu yg lalu dia brubah dr maunya Blade kejupiter. dia tau dr temennya ada merk baru katanya. dari temen saya akhirnya saya disuruh buka internet buat ke tmcblog lalu saya baca artikel sblmnya tampaknya motor ini motor kencang.

    saya ga mau kasih motor kencang ke anak saya. saya ga mau menyesal naudzubillahi min dzalik kalo nanti krn motor terlalu kencang dipake kebut2an anak saya kenapa2. saya lbh ke blade selain uangnya jg tidak bisa naik lagi buat ambil motor jupiter ini. dari segi harga ini tampaknya juga lebih mahal ya pak taufik dr blade?

    saya orang tua khawatir banget krn pengaruh internet dan temen tidak bs saya kontrol setiap saat. temen2 yg pnya motor pada di modiv-modiv. pake kenalpot corong yg suaranya blara’an. bodinya jg di kelotokin catnya.. ban2 semua dikecilin sampe mirip ban gerobak saya.

    menurut pak taufik gimana ya caranya saya kasih penjelasan ke anak saya biar dia ga milih motor kenceng tp yg standar2 aja.. di kasih revo ga mau dia. saya putus asa ngasih taunya.. ibunya sdh nyerah nasehatinya. gerobak sdh sering ditendang dia sampe rusak .. piring2nya sdh langganan pecah.

    bingung saya pak . mau dikasih motor takutnya motor kencang dipake ngebut2. ga siap saya kalo sampe keluar biaya perbaikan atau obat2an. ga dikasih gerobak saya hancur dan habis ibunya ditengking2. sedih betul hati saya pak taufik.
    mohon dengan sangat pak taufik bantuannya..

  56. anak jaman dulu : maaf mengganggu. kalo bisa bapak lebih keras dan jangan takut dalam mendidik anak bapak. kemudian beri pengarahan lebih jelas tentang ruginya punya motor kenceng tapi sudah di modif/ganti knalpot. saya saja punya jupiter z1 walaupun rada ugal-ugalan tapi tetap tertib dan lebih hati-hati. malah saya mau minta dibeliin motor kencang aja, dimarahin. saran saya mending beli blade. semoga saran saya dapat membantu bapak. terima kasih

  57. yamaha FI new jupiter z1 keren kok…alus banget…aq juga punya revo 110..tp yang jupiter keren abis..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP