Saturday, 21 December 2024

Antara Honda CB 150R dan Honda CBR 150R FI

Bro Sekalian Iseng saja membandingkan mesin Honda CB150R StreetFire ( disinyalir harga antara NMP dan Tiger) dan Mesin Honda CBR150R (di atas 30 jutaan ). . . keduanya memang sama sama mesin 150 cc DOHC 1 silinder berpendingin cairan . . . Selain bentuk body dan sasisnya yang memang berbeda, Sekilas Mesin keduanya sama Blas bagai pinang tak berbelah Baik Crank case, Blok Mesin Bawah, sampai Blok mesin atas . . . akan tetapi ada beberapa perbedaan yang sempat Terlihat secara kasar mata Oleh TMCblog . . . cekidot

Gambar di atas adalah manifold exhaust dari Honda CBR150R sedangkan gambar Bawah adalah Manifold Exhaust dari Honda CB 150R FI . . . Terlihat Pada Ujung manifold Exhaust CBR 150R terdapat sebuah Sensor yang kita kenal sebagai Port Sensor O2. Sensor ini tugasnya adalah sebagai kendali Feedback yang mengukur tingkat kepekatan kadar emisi gas buang. Bila Emisinya kurang baik maka sensor akan memberikan info ke ECU agar melakukan upaya untuk membuat emisi lebih ramah lingkungan . . .

Sedangkan pada Ujung Manfold Honda CB150R tidak terdapat sensor ini . . . dengan fakta gambar di atas disinyalir Kuat CB150R masih menggunakan sistem OpenLoop . . . Lho apakah bila menggunakan sistem Openloop emisi dari CB150R tidak ramah lingkungan ? TMCBlog menduga tidak, dan Yakin banget ada part yang menggantikan Fungsi dari O2 sensor tersebut. Salah satu yang memungkinkan adalah apa yang kita sebut Secondari Air System ( SAS ) . . . . . Silahkan sobat sobat , buat yang masih bisa melihat CB150R di hari terakhir JMCS ini cek deh bagian atas dari silinder head karena biasanya disanalah tempat SAS itu berada . . . kalo bener berarti sinyalemen tmcblog klop  . . . . he he he ciyuus ?

Kenapa CB150R menggunakan (disinyalir) SAS dibanding O2 sensor? Disinyalir ada masalah penyesuaian Cost  . . . O2 sensor disinyalir lebih besar Costnya dibanding SAS . ..  eiit tunggu dulu Apa lagi yang berbeda dari CB150R ini dengan CBR 150R . . . suspensi belakangnya bro . . . Kalo CBR 150R monoshok biasa, sedangkan CB150R menggunakan Monoshok plus Link . . . Secara Logika Monoshok Link lebih baik dan lebih mahal dibanding Monoshok Biasa tanpa link, imho

Kita Lihat Lagi deh Sproket belakangnya . . . CB150R menggunakan mata gigi 45 buah sedangkan mata Gigi CBR 150R adalah sebanyak 43 (atau 44?? ) buah (cmiiw) . . .Sproket belakang lebih besar memungkinkan motor berakselerasi cepat di rpm bawah-menengah yang artinya CB150R diposisikan sebagai Motor Commuter yang disinyalir lebih pas buat stop and Go  . . . So Gimana jika diadu Natara CB150R dan CBR 150R . . .

Jika memang spek Piston dan kompresinya sama (power sama) maka TMCBlog mensinyalir CB150R akan melesat lebih cepat di rpm awwal dan menengah, akan tetapi keteteran di rpm tinggi karena disinnyalir CBR 150R yang bersproket belakang lebih kecil akan mencapai top speed yang sedikit lebih tinggi.  Lho kalo CB150R pake SAS, maka power akan sedikit tersendat dong? gak masalah . . . kan Roda belakang CB150R notabenenya juga lebih kecil dari CBR 150R . . . hmmm bener bener sebuah kompensasi yang sudah dihitung masak masak oleh Honda, cmiiw

Oke baru segitu dulu yang tmcblog dapet . . .kapan kapan kalo sudah jelas semua secara Official kita singgung kembali ya . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

240 COMMENTS

    • Betul, jika pangsa pasarnya adalah kelas menengah yang fanatik premium, sepertinya kompresi cb150r dibawah 1:11. Sy rasa ahm akan membuat blunder jika kompresinya = cbr150fi (1:11), karena kompresi itu lebih tinggi drpd punya new-vixion (1:10,4) yang artinya cb150r menuntut penggunaan pertamax plus.

  1. kang haji, sebetulnya kehadiran cb150r melebihi ekspetasi ane sendiri, dan ga ragu lagi buat meminangnya, udah lama ane nunggu mingtor tg seperti ini, semenjak kelahiran vixion pertama kali ke dunia ini, ane kurang sreg sm mesinnya, dan dahulu kala pernah ngomong,, klo ada motor street figther mesin cbr langsung ane ambil.. well done honda, akhirnya bentar lagi “turun kelas”, dri matic 110 cc ke manual 150 cc.. hha

  2. Menurut bisikan dari sumber yang tidak mau disebutkan namanya,setelah proyek besar AHM ini selesai,proyek selanjutnya adalah the next tiger motor tertinggi dikasta honda ini,dan bisik2nya
    the next tiger akan mengusung mesin cbr 250 r 1silinder,sedangkan untuk cbr 250 r sendiri bakal di upgrade menjadi 2 silinder………………
    Demikianlah sekilas info……………

    • setuju bro,, memang sudah ada rencana basic engine tiger akan menggunakan CBR250R, sedangkan CBR250R akan menggunakan mesin 2 silinder seperti pada foto kang haji kemaren dan tidak itu saja CBR250R akan berubah tota bodinya dan mirip CBR fireblade!! dan berganti nama menjadi CBR250RR!!

      • sapa bilang cbr 250 riset mesin 2 cyl? CBR 250 tetep 1 silinder kali, harga tetep,

        tiger ga pake mesin dohc apa lagi water cooler, tetep aircoller, pake mesin remake dari cb trwin, jadi tetep sohc air cooler, tapi jumblah cyl jadi 2

        untuk CBR honda uda riset mesin cbr 250 rr, mesin khusus pasar indonesia, dan asia, pake kofingurasi 4 cyl, mesin uda siap, uda di riset pula, jumblah bore x stroke beda sama super four terdahulu, yang jelas lebih efisien, dan lebih bagus, putaran mesin sampe redline di angka 14.500

        yamaha juga pesen plant mesin multi silinder untuk 250,, tapi sayang ga 2 silinder, ga juga 4 cyl

        yamaha pake mesin versi mini r1 terbaru, 3 cyl pake yz crossplank, model muka dari desain mirip r1, dengan lampu hid, buntut mirip r6,

        tar harga cbr rr sama r4, 11-12 1

        4 cyl,vtwin, vs 3 cyl inline diacil cyl plus yz crossplank 120 derajad

        harga modal awal, sekitar 45 jeti, mungkin kalo di masukin keuntungan harga off the road sekitar 55 jeti, OTR nyampe 60 an, di atas ninja persis,

        untuk yamaha kofing mesinya 3-1-2 (undertail)
        untuk chibi rr kofingnya 4-2-1 (short tipe)

      • saya harap mlah mesin dohc cb150r ini jadi dbuat dilokal namun cc jd 200cc mlirik kbiasaan honda dlu dngn mesin gl nya basic msin gl pro160cc di stroke up jadi 200cc jadilah mesin tiger lok mesin cb 150r d stroke up juga karakter overstroke nya kan ad karakter tiger juga ad n bisa bersaing dngn KTM duke n p200ns lok g jd tiger ya projek cs1 aj wuat nyaingin ke dua mtor td speck sma kan dohc 200cc model g jauh ma kdua mtor trsbut ttp pkk sasis truss fram nya cb150r bis brsaing

        yg g stuju monggo

  3. Menurut bisikan dari sumber yang tidak mau disebutkan namanya,setelah proyek besar AHM ini selesai,proyek selanjutnya adalah the next tiger motor tertinggi dikasta honda ini,dan bisik2nya the next tiger akan mengusung mesin cbr 250 r 1silinder,sedangkan untuk cbr 250 r sendiri bakal di upgrade menjadi 2 silinder………………
    Demikianlah sekilas info……………

    • Ane pilih yg murah… Scara desain ane suka dua2nya antr nw vixi n cb150r… Klo soal larinya gg masalah soalny ane gg brni trlalu ngebut 100km/jm dah ckup..

  4. Betul, kayanya siy diturunin. Tebakan gwe di angka 10,7. Hal ini untuk CB150R wellcome buat premium.

    Jadi Power saya kira hanya 17 dk, sementara CBR 150R kan 17,6 dk.

    Andaikan new vixion seperti yang telah kita dengar mempunyai power 16,9 dk tetap saja CB150R akan leading di depan karena long ratio gear yang dimiliki.

  5. Imho kalau dilihat langsung, bagusan new vixi (selera she) sebab maren baru dari sono. Tapi kalau mesin pasti gak akan sama powernya dg cbr150, supaya beda kelas. Kalau sama ya untung konsumen, tinggal pasang fairing yg cocok, totalannya bisa lebih murah dari cbr150.

    • Nah kalau itu kita harus nunggu yang versi 2.0 kayaknya, soalnya ada bau-bau strategi marketing di kemunculan cb150r ini. cmiiw

  6. Kalau misalkan CB dan piksen dijual 22jt,,
    injeksi,, 1DOHC + 1SOHC,, power 16-17hp..
    Terusss…
    Apa donk kelebihan Tigor 200cc SOHC 2Klep harga 25JUTA..??

  7. CB150R bakalan bunuh pangsa pasar saudara kandungnya semua (NMP, Tiger, bahkan CBR150)… honda jagonya bikin perang saudara. kl Vixion kyknya aman2 aja, apalagi byson… apalagi Kawasaki KRR dan Ninja 150 series masih adem ayem dengan konsumen setianya… selamat berjuang CB150R, kita lihat 3 bulan kedepan. apa nasibnya kyk kakaknya CBR250R yg cuman menang MS 2 bulan awal lawan N250 siap itu klepek klepek apalagi di hantam lagi N250 FI. Musuh sesunggunya baru datang kl Kawasaki dan Suzuki dah keluarkan 150cc DOHC juga. tunggu 2013

  8. pokoknya artikel kang opik emang beda sama artikel bayaran blog sebelah, uda jelas ancur di bilang bercita rasa tinggi, kalo ga dibayar ga mungkin bohong, nenek nenek bisa salto aja tau tampang pigson kalah sama si chibi

  9. Menurut gw rpm atas juga nampol kang. Secara mesin sama tapi kan beratnya pasti beda, klo secara logika yang lebih ringan pasti bakal lebih cepat. Liat aja ninja rr sama ninja r

      • Inget fairing bro,
        Gunanya fairing itu buat memecah angin,
        Sehingga dikecepatan tinggi, CBR150 lebih kencang dr CB150R

      • kalo gear ringan malah gear 6 nya bisa gmpng naik rpm lbih tinggi dri pada gear berat gag kerasa ngempos kan lebih close , kalo gear berat rpm lbih rendah top speed dapet tp rpm naiknya lambat 😀

  10. Jika memang spek Piston dan kompresinya
    sama (power sama) maka TMCBlog
    mensinyalir CB150R akan melesat lebih
    cepat di rpm awwal dan menengah, akan
    tetapi keteteran di rpm tinggi karena
    disinnyalir CBR 150R yang bersproket
    belakang lebih kecil akan mencapai top
    speed yang sedikit lebih tinggi.
    ===============================
    kyk nya gk trlalu brpngruh mas faktor utama karakter mesinnya yg sama ..kcuali beda mas
    dg kta lain aksel n speed kduanya gk akan beda jauh..pling cma seuprit..old cbr ane juga size 45 mas soale
    mungkin mas taufik tau bobot nya ni cb..
    klo seandai andainya power nya sama ama cbr (17,8 hp) kira kira gmna prbndingan power to weight ratio nya?? klo cb lbih gde ptwr nya kyknya ini yg buat torsinya lbih galak mas bkn prbdaan size gear nya..prbdaan size gear cmn terasa sekian % mas.

  11. kang haji, ujung manifold exhaust streetFire sama persis dgn cbr150 OLD non FI…..tanpa ada O2 sensor…
    tapi setelah saya hitung jumlah mata gigi belakangnya ternyata ada 44 mata, kang….itu untuk cbr150 yg OLD non FI….

    kalau benar jumlah mata gigi belakang streetFire berjumlah 45, kemungkinan performa streetFire sama dgn cbr150 OLD non FI….

    streetFire:
    – mata gigi belakang 45
    – PGM-FI

    cbr150 OLD:
    – mata gigi belakang 44
    – karburator

    Jadi secara logika performanya sama dgn cbr150 OLD, yg notabene sedikit dibawah cbr150-FI….
    Bagaimana menurut kang haji???

    • performa kudu lihat spek asli nih nanti . . .tapi masuk akal juga kalo sama ama ol CBR secara Ol CBR masih karbu dan pasti nggak pake O2 sensor

      • bener om spek aslinya,dari mulai mapping ecu,lebar klep,profil cam,kompresi,gear rasio,krn nih motor disetting irit & g mgkn
        mo kalahin tiger&cbr juga kan?ms mo bunuh kluarga sendiri?

  12. btw buat tmn tmn yg hobby atau ngerti modip..
    mau nnya nih kira kira bisa gak ya headlamp cb150r dbuat agak turun/menunduk??klo bisa ap mesti buat dudukan atau semacemnya??alnya nih cb slain kaki kaki nya yg mungil..minus lainnya posisi headlamp agk ktinggiannn..jdi kurang rasa street fighter nya

    • jadi Kayak Hornet . . .
      harus dperhatikan juga nanti pelat NoPolnya mas bro . . . biar jangan benturan sama spatbor depan 😀

    • yg sudah terlanjur beli CBR gak usah kuatir…. top speed masih tetep lebih kenceng CBR150R Om…selisih 10 kmh 😀
      (149 kmh vs 159 kmh… cmiiw)
      Fairing CBR juga mempengaruhi…

      Jadi bagi yg demen top speed tinggi, pilih CBR aja….dan yg pasti harganya juga TOP…. 😀 😀 😀

    • Kata temen ane nih gan. Motor cbu rata rata lebih cepet dari motor buatan lokal.
      Ktnya satria fu yang cbu power nya lebih kerasa di bandingin ama yang udh lokal.

      Kalem aja cbr kan cbu.

  13. usaha yang patut diapresiasi dan layak dapat 10 bintang, why? menciptakan kompetisi serius di segmen sport mid-end,
    dengan sedikit mengurangi kualitas, tangki jadul, rangka besi murahan, ban cungkring, hebatnya lagi bodi juga dibenturkan dgn kompetitor, semua pemikiran hebat insinyur perancang ahm, lebih hebatnya lagi engine juga disesuaikan untuk segmen nya yang why, kelas2 cere, bener2 briliant nih, menciptakan produk downgrade khas AHM yang semua juga tau gimana mutu & kualitas produk AHM sangat sangat “terjamin” kualitasnya hanya utk menumbangkan lawan, great job, tangki bocor, bodi mencong, rantai bernyanyi masih selalu menunggumu, tapi semua semakin lengkap dengan lambang sayap pincang, we are the best!

  14. Lho kalo
    CB150R pake SAS, maka power
    akan sedikit tersendat dong?
    gak masalah . . . kan Roda
    belakang CB150R notabenenya
    juga lebih kecil dari CBR
    150R
    :::::::::::::::::::::;::::::::::::::::::::::::::::::
    klo matematikanya spt itu,apkh ga dihitung dg bobot motor jg om? cbr pake fairing jd lebih berat,tp lebih aerodinamik membelah angin,ga diliat juga kompresi & profil cam,durasinya,lebar klep,rasio gear & utamanya mapping ECU,krn CB disetting irit jd plg menang di 100m pertama selebihnya ilang tuh

    • dibaca dulu yg jelas dong bro..kan dah dibilang ini baru secara kasat mata. nanti setelah ada spec lengkapnya ya dibahas lebih lanjut lagi

  15. ane nunggu silent killer 150cc/200cc DOHC yg mau nongol 2013 dari Kawasaki aja … tau2 brojol kyk N250 FI tanpa spyshoot segala

  16. well, ai cuma mau bilang ai lagi ngadain voting buat new vixion sama streetfire. Silahkan datang ke blog ai

    Yang ai tanyakan design ya, karena kalau ai tanya mesin pasti jagoan gwe new klingon jr ngga bakalan menang.

    Satu2nya yang bisa ai banggain ya design.

    Kalau menurut ai design adalah lebih penting daripada mesin. Mau ngebut dimana?

    • kalo pikiran anda cuma desain n mo ngebut di mana…

      endonesa bukan cuma njakarta dan sekiternya.. jalanan endonesah masih panjang… coba maen ke jalur selatan…/ coba ke sumatra / kalimantan yang masih masuk wilayah endonesah.

      kalo masih bilang mo ngebut di mana kenapa ducati dan kawasaki laku ya…???

    • apa yang di rasa?
      kalo cuma mentingin design mending beli aja motor biasa terus modif body abis abisan.. bisa jalan atau enggak urusan belakangan..
      kan yang penting design ya? wakakakakak

  17. jelas…wak haji,honda gt loh….ga salah ane menjatuhkan pilihan dr astrea prima,grand,supra 100,supra 125,cs1,tiger….smua dr smu smpe pnya 2 anak kek gn….honda mania
    🙂

  18. “Jika memang spek Piston dan kompresinya sama (power sama) maka TMCBlog mensinyalir CB150R akan melesat lebih cepat di rpm awwal dan menengah, akan tetapi keteteran di rpm tinggi karena disinnyalir CBR 150R yang bersproket belakang lebih kecil akan mencapai top speed yang sedikit lebih tinggi. ”

    Belum tentu juga Gan….
    Soalnya belum ketahuan limiter rpm & rasio gear CB150R apa dibuat sama dengan CBR 150R.
    Belum lagi perbedaan roda belakang yang berbeda, bisa jadi pebedaan mata gigi 43 & 45 setelah dihitung pada diameter total roda belakang, rasionya sama saja..

    Request 1 lagi juragan Taufik…bagaimana dengan IAT & MAP ikut disunat juga seperti skutiknya?
    Kalau ikut disunat, bagus juga dibahas bagaimana cara AHM mengakalinya agar tidak perlu setting ECU tiap pindah ketinggian dalam range tertentu.
    Soalnya CB150R diposisikan sebagai motor touring…

  19. Ane sudah bersumpah di hadapan istri dan anak2, Bapak pasti beli Honda CB150R ini. Rencana beli vario 125 dibatalkan demi rencana peningkatan harga diri keluarga

    • wakakakakak….
      ampe segitunya mazbro, pake sumpah2 segala.
      ane malah kebalik, dah terlanjur beli vario 125 karna istri dah mimpi2 pengen cepet2 minang vario 125.
      akhirnya hasrat pengen nunggang CB mesti di tunda dulu.

    • waduhh ..klo saya dah terlanjur kecewa nich om.. dah terlanjur minang vario 125, ehh ternyata punya penyakit ngorok .. hmm .. kuciwa beratt .. ayo ahm .. ilangin ngoroknya vario gw …

      • sohc sm dohc itu bukan alasan utk melihat powernya.
        contoh kasus justru honda yg bikin sohc 4 klep meski dipakai di divisi mobil yaitu di produk honda jazz 1500cc sohc 16 valve tp powernya sampe 120dk terbesar dikelas yg sama yg mana rivalnya macam toyot yaris, suzuki swift, mazda2, ford fiesta tidak ada yg melebihi atau menyamai powernya honda jazz. padahal semua rivalnya pakai dohc. hanya honda jazz saja pemain tunggal yg masih sohc…
        so kasus yamaha new vixion yg sohc bila dibandingakan dg cb atau satria yg udah dohc jangan terlalu extreem gitu dong mengunggulkan dohc diatas sohc.. semua ada faktor penentu mesin bisa powerfull mau sohc kek mau dohc kek klo insinyurnya memberikan tujuan utk efisiensi mk jgn harap bs dapetin power yg sangat tinggi begitupun sebaliknya.

    • injeksi si m4h0 yang mengadopsi sistem keihin masih kedodoran tuh kwalitas dan performanya walo sudah pake sensor segambreng wkwkwkwkwk

  20. sebatas sensor, gak bgitu pengaruh ma mesin..,
    akhirnya AHM sudi mendengar suara konsumen yg minta CBR150 versi naked…, klop jg namanya streetfire.., 😀

  21. Fakto harga paling penting di segmen ini. Harga sama / dibawah new vxion baru bisa menjungkalkan new vxion. Kalo AHM msh kasih harga mahal siap2 ke laut aja dan kalah lagi di segmen motor sport

  22. Fakto harga paling penting di segmen ini. Harga sama / dibawah new vxion baru bisa menjungkalkan new vxion. Kalo AHM msh kasih harga mahal siap2 ke laut aja dan kalah lagi di segmen motor sport..

  23. Bagus deh ini CB 150R keluar juga,jadi yang punya New CBR 150R jadi sedikit dan makin eksklusif ,karena kemungkinan orang awam pasti akan lebih memilih CB 150R dengan selisih harga kemungkinan sekitar 10 jutaan daripada beli New CBR 150R ….(ane pengguna jelmaan cb 150r berfairing)

  24. CB 150R spesifikasi mesinnya hampir sama persis dengan CBR 150R, hanya saja mesin CB dibuat di indonesia, sehingga bisa lebih murah… Tapiiiii semoga bahan2nya dan spesifikasinya minimal sama atau melebihi CBR sehingga performa dan ketahanannya bisa sama juga… Itu baru terobosan…

  25. lhaahh, ..
    terus yang udah terlanjur beli cbr 150 seperti saya merasa dirugikan dong dengan kebijakan honda.
    masak harga 34jt sama 20-24jt ga beda2 jauh speknya,
    udah mesin sama persis, otomatis larinya juga ga jauh beda kan
    tolong dong bagi pabrikan honda di pikir dulu kalo mau buat motor juga harus inget sama pelanggan yang lebih dahulu

  26. tumben enak nih baca komen2nya.
    adem, gak ada qwerty, jaos, nobita, bukan FB, Miko, cs blog jadi adem.
    diskusi jd lebih berbobot

  27. Ane bilang faktor yang paling mempengaruhi tuh:
    1. Desain sasis
    Terellis tuh lebih murah daripada casting. Terellis lebih ringan karena biasanya besi yang dipakai berrongga, jadi berpengaruh pada weight to power ratio. Tapi kalau bisa jangan sampe motor terallis jatoh ato nabrak, lebih rentan bengkok karena berongga.

    2. Produksi vs CBU
    Ini paling berpengaruh, andaikata CBR 150 diproduksi dalam negeri, ane yakin paling bantet beda 2-3 jt dari CB150. Tapi sebelum langkahi ini dilakukan perlu disadari bahwa hal ini akan merusak hati konsumen CBR150, harga jualnya akan hancur drastis.

    Kalo dilihat dari geraka Honda sih kayanya berusaha menghilangkan market CBR150, lalu memproduksi CBR150 lokal, karena di Thailand katanya mau dijadiin base motor gede kubikasi tinggi. Sehingga membuka peluang motor2 150cc dqn kemungkinan kecil 250cc juga bakal dipindahin. Dan pasar otomotif Indonesia tuh paling seksi se-ASEAN.
    Ya… Intinya Honda ingin meminimalkan efek dari jatohnya harga CBR yg (semoga) dirakit lokal

  28. Klo tebakan gw,
    CB150R pakai cetakan mesin dari CBR 150 yg lama,
    Jadi tu mesin cetak yg dipakai Honda Thailand dilungsurin kesini buat bikin mesin CB150R.
    Dgn kata lain biaya RnD dan produksi bisa ditekan, sehingga harganya pun akan kompetitif.
    Mudah2an aja AHM ga pasang harga tinggi,
    22 juta bungkus gan 😀

  29. Klo tebakan gw,
    CB150R pakai cetakan mesin dari CBR 150 yg lama,
    Jadi tu mesin cetak yg dipakai Honda Thailand dilungsurin kesini buat bikin mesin CB150R.
    Dgn kata lain biaya RnD dan produksi bisa ditekan, sehingga harganya pun akan kompetitif.
    Mudah2an aja AHM ga Padang harga tinggi,
    22 juta bungkus gan :mrgreen:

  30. kakak saya hendak membeli motor 150c. pilihan antara cb 150r dengan vixion. secara singkat lebih memilih ke honda, namun berkaca pada kasus vario125 yg banyak masalah jadi sedikit ragu. apakah cb15r ini akan sama seperti vario125 tidak. kalo vixion mah sudah tidak usah diragukan,

  31. Rumah cramkcasenya beda kang.. Cbr new dan old sama tapi cb150 beda.. Haruse Di tengah ada bolongan eks engine mounting gen Sonic.. Imho ini mesin buatan lokal semua…

  32. kang topik, minta info perbandingan sensor injeksi cb150 vs new vixion dong
    salah satu yang terlupakan daripada fb2 yang teriak2 DOHC vs SOHC ama bandingin desain unggulan mana

  33. pantes.. dr kmrn ngeliatin foto2 cb150 ko kyknya kg ad o2 sensornya,..
    btw,, nunggu review akhirnya aj dah pas dah brojol nanti..

    semangat wak Haji.. n salam kenal.. 😀

  34. Mungkin ada 1 lagi yg dilupakan.,
    Perbedaan paling besar yaitu pada rangka besi teralisnya yg amat berbeda dgn rangka deltabox twinspar di Honda New CBR 150R Thailand…
    Seharusnya AHM tidak mengorbankan ”rangka deltabox” tsb…
    Semua kembali pada pertimbangan cost dan harga jual nanti…
    Namun kembali performa akan turun dan tak akan sebanding dgn Honda New CBR 150R Thailand..,
    Rangka teralis utk CB 150 ini masih banyak sambungan bautnya…dan tak akan mampu bersinergi dgn ”High RPM” nya DOHC itu sendiri…
    Sejujurnya produk ini masih dalam riset AHM…makanya harus mundur sampai akhir Desember 2012…bahkan ada kemungkinan sampai awal 2013….
    Karena vendor lokal belum mampu membuat rangka teralis yg ”kuat” utk gen CB 150 anyar ini…

    Semoga Fans Honda Semakin Pintar

  35. tolong diulas tentang jeroan mesinnya?
    Semisal piston set, dan kopling set. Apakah bisa dipake satu sma lainnya kang……….?

  36. cbr 150

    Sproket belakang lebih besar memungkinkan motor berakselerasi cepat di rpm bawah-menengah yang artinya CB150R diposisikan sebagai Motor Commuter yang disinyalir lebih pas buat stop n go

    OH INI TOH yg bikin cbr 150r ku lemot di putaran bwh…

    ALAMAK….
    apa bisa gue ganti aja itu sproket atau apaan biar cbr150 ku enak buad harian…

    secara di kota ku ga ada track macam sentull……
    jadi mubazir deh ini mtr…

    thx mas tcm, eh tmc

  37. Apri pada November 4, 2012 pada 11:10 am

    Rumah cramkcasenya beda kang.. Cbr new dan old sama tapi cb150 beda.. Haruse Di tengah ada bolongan eks engine mounting gen Sonic.. Imho ini mesin buatan lokal semua…
    ——-
    hush kemarin ada fb semar pekok sotoy bilang ahm blm bisa bkin DOHC jd katanya masih ckd

    apa g gendeng tuh?

  38. benar pak haji, itu artinya cb150 r masih open loop, tapi untuk pemakai yang doyan modif engine ini peluang, karena engine ecu tidak pernah dapat feedback tentang injeksi bbm, kita bisa modif ringan dengan hanya menaikan tekanan bbm atau mengganti injektor berkapasitas sedikit lebih besar untukmendapatkan torsi lebih besar, tanpa di ketahui oleh engine ecu. dan secara biaya ini lebih murah di banding ganti ecu atau pasang piggy .
    jika cloosed loop ini akan sulit karena ecu akan selalu mengkoreksi durasi injeksi bbm jika dia mendeteksi rich afr. satu2nya jalan hanya ganti ecu atau pasang piggy. lebih mahal kaan. di tambah lagi jenis bbm reguler kita kan masih mengandung pb, ini musuh besar o2 sensor.
    Sejak selentingan kabar motor ini keluar saya berharap akan tetap open loop. Karena memang doyan ngulik mesin. secara karakter sebenernya gak seneng dengan motor over bore. tapi bisanya cuman nyicil motor honda, jadi ndak ada pilhan laen, hehehehe.
    tinggal tunggu review test ride, kalo ok, pesen deh satu. buat gantiin adeknya ,si cs1 ,si merah yg selama ini setia menemani ke mana2 kalo pas touring.
    Sekian monggo ti terusin komenya!!

  39. wah berarti cbr 250r yg sekarang andaikata ntar mau dijadiin 2 silinder, jd tiger yg baru dong yah?. .kasian nih ama yg udah beli cbr 250 skrg =(

    tp ntah kenapa gue masih kesengsem aja ama cbr 150r. opini pribadi kali yah? 😕

  40. Brigjen Norman Kamaru – November 4, 2012

    Mungkin ada 1 lagi yg dilupakan.,
    Perbedaan paling besar yaitu pada rangka besi teralisnya yg amat berbeda dgn rangka deltabox twinspar di Honda New CBR 150R Thailand…
    Seharusnya AHM tidak mengorbankan ”rangka deltabox” tsb…
    Semua kembali pada pertimbangan cost dan harga jual nanti…
    Namun kembali performa akan turun dan tak akan sebanding dgn Honda New CBR 150R Thailand..,
    Rangka teralis utk CB 150 ini masih banyak sambungan bautnya…dan tak akan mampu bersinergi dgn ”High RPM” nya DOHC itu sendiri…
    Sejujurnya produk ini masih dalam riset AHM…makanya harus mundur sampai akhir Desember 2012…bahkan ada kemungkinan sampai awal 2013….
    Karena vendor lokal belum mampu membuat rangka teralis yg ”kuat” utk gen CB 150 anyar ini…

    Semoga Fans Honda Semakin Pintar

    ===========

    deltabox alumunium asli import dari jepang ya klingon jr itu??

    koplak

  41. @ didik…..

    anda benar” smart … O2 sensor yg menurut kbanyakan orang kelebihan..tp buat pecinta kecepatan adalah kekurangan ….” emisi yes peforma no dan sebaliknya emisi no peforma yes” untuk saat ini loh ya…IMHO..;-)

  42. Hasil akhir tinggal liat apa bs mengubah nasib tak laku spt pendahulunya, tp patut diacungi jempol usaha para fbh & salesnya yg gigih memuji & menggiring opini, demi sesuap nasi monggo aja dah.

  43. YAAA TUHAN PERMOHONANKY YG KE2….

    SETELAH GAGAL MENDAPATKAN CBR 150 WARNA PUTIH ALA THAILAND.. DAN TERPAKSA AMBIL RWB….

    AKU MINTA 1 PERMINTAAAN UTK SEUMUR HIIDUP……

    AKU MINTA CBR 250 DGN 2 SILINDER DGN SUARA YG STEREO….
    KRN KU TAU KAWASAKI 250 ITU JIJAY APA LAGI FI,,,
    CHEAP MATERIAL…SHOCK AMBROL BARU DIPAKE 5 HARI…

    walau yg ninja 250 yg lama mayan keren tapi boros ….

    maka dari itu

    kuminta…

    cbr 250 dgn 2 silinder, dan bensin yg irit…. pertamax gpp…
    asal bisa tembus 35km per liter dah cukup walau pertamax…

    warna gue minta putih trus ada striping kebesaran racing….biru merah…

    di JAMIN GUE BAKAL ABDIKAN HIDUPKU UTK MU HONDEE OH RONDE….

    biarlah yamaho dgn byson nya yg baru walau gue juga pingin…..
    akan gue tinggalkan….

    demi kau cbr 250 2 silinder….
    dgn striping baru… yg harus aduhai…

    kalo isa body berootot ala ninja zx6r aja…

    gue ga muluk2… ga perlu ampe zx10r….

    walau dikasih ga nolak sih…

    plssss plsss

  44. ooo. bgitu ya wak….
    brarti ahm ingin honda cb itu sama kencang dg cbr yah tp dibikin dg low cost?
    mantep deh, jd gak perlu beli cbr mending beli cb aja klo mau rasakan power mesin yg sangat fenomenal smp skrang dan susah ditandingi oleh ktm atau bajaj sekalipun (perbandingan power to weight ratio).
    makin kesengsem nih sm cb daripada sama new vixion…

  45. 1 lagi, bila CB150R limit di majukan maka akselerasi akan lebih enteng akselerasi putaran bawahny, nmun top speed berkurang.

    youwiss mesin kloning Cbr ni udah kenceng ko, maka lebih baik ditarik ke akselerasi agar lebih balance antara akselerasi, & top speed. 🙂

  46. Yang bisa mengalahkan power motor CB 150 R ini kayaknya Suzuki. JIka tahun depan Suzuki Reborn dengan suzuki FXR 150, konsumen akan banyak pilihannya.

  47. Putaran bawah masih tetap menang V-ixion,untuk stop and go masih menang V-ixion. Kenyamanan dan kestabilan handling juga masih dipegang V-ixion.
    Untuk manuver extreme masih meragukan karena ban masih cungkring,kurang menggigit.

    • masi terlalu prematur analisnya bro….yg dijelaskan kang taufik masi yg terlihat….kita blm tau rasio gigi yang dipakai….soal cungkring bukannya old vixy dulu jg kagak masalah…cuma keliatan kurang padat

  48. sebagai jawaban 2 tahun yg lalu konsumen ingin cbr di ckd. Lha ini tho… Malah dulu prediksi 29 jtaan skrng kira2 25-26 jt

  49. Link wiki :
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Honda_CBR150R
    Tenaga
    CBR Old : 18,98 PS Loh..
    CBR New : 17,6 PS
    Mulai Redline 11.500 limiter lebih 12.000 keatas.
    Jadi kemunginan si CB150R ini mungkin kayak kasus CS1 mesin persis Sonic tapi downgrade.
    Dilihat dari speedo CB
    Mulai Redlinenya di 11.000 turun 500 rpm dari CBR jadi kemunginan limiter CB dibawah 12.000an
    kompresi turun 10,7 sesuai premium
    Derajat lifting noken as turun
    Bentuk dan berat piston tidak sama
    Agar tidak jebol kalo minum premium
    Mapping ECU turun..
    Bentuk klep tidak sama sesuai premium
    Tenaga turun 1PS…
    Kalo begini sama kayak Sonic downgrade jadi CS1..

  50. kalo baca dari penjelasan mas taufik kok serasa cb 150 lebih banyak untung nya dari cbr 150? dengan harga lebih murah,, tapi keuntungan lebih banyak,, selaen ukuran ban + fairing,,

  51. gak ada masalah sich, tergantung bikers nya mau yang gimana mau di apa in motor ntu, yang pasti masih oke oke aja kalo CB150R and CBR150 di pake bikers di Indoesia..salam bikers..

  52. 1. Minerva R-150 , menggunakan mesin CB 150 (ekuivalen dgn mesin seri GL) , menggunakan rantai keteng , sehingga getaran mesin di rangka sangat minim, juga suara lebih halus , sedangkan merk lainnya Kaisar Vartex / Happy Swift , menggunakan mesin CG 150 , pakai push rod , sehingga getaran sangat terasa di rangka , body speedometer . punya kaisar jarum speedometer sampai bergetar sehingga tidak akurat lagi.2. shock upsorber depan sdh upside down dgn warna titanium ( lebih exclusive dibandingkan gold)3. MINERVA R 150 finishing body cover (body cover) lebih halus .4. Mesin cukup responsive , apalagi kalau ganti CDI (racing) , dgn standard bisa sd 120 km/jam ,knalpot suaranya cukup nge-Bass = Honda Tiger Revo5. Harga paling kompetitif 12.85 juta OTR jakarta , pilihan warna Hitam Merah , Biru , Grey Black , mirip sekali dgn Honda CBR , termasuk stickernya paling mendekati .6. Katanya sih Teknologi German , setelah kita selidiki ternyata sbb :yaitu ada kerjasama antara MINERVA dg Sachs Germany , kita bisa lihat info ini di calendar minerva 2008 , mereka ada kolaborasi dgn Sachs Germany ( pabrik motor tertua di German yg masih exist sp sekarang ).7. Minerva dulunya memproduksi Loncin (sejak thn 2000) ,tapi sejak thn 2007 mereka sdh menggandeng Sachs Germany ,dan menggunakan nama MINERVA SACHS sehingga ada semacam technical assistant bahkan mereka juga akan memproduksi original model Sachs Germany (katanya Maret 2008 sdh diproduksi model Sachs MADASS 125, itu lho model sportnya sachs yg futuristik).Jadi overall , saya cukup puas menggunakan Minerva R 150 , apalagi Minerva saya lihat sudah didukung Finance company besar spt ADIRA FINANCE , sehingga harusnya kualitas dan dukungan purna jualnya cukup baik , bila tdk Finance besar mana mau danai MInerva .

  53. Wah, ternyata perfoma cb150r ga kalah hebat dari cbr150r.. bahkan ada kbeberapa kelebihan dr nih motor..
    Sproket belakangnya pake mata gigi 45 buah..Akselerasinya jadi cepat.
    Selain itu, CB150R make Monoshok plus Link yang secara Logika Monoshok Link lebih baik dan lebih mahal euy.. 🙂

    Udah banyak kelebihan gitu, harganya yg murah siapa yg gag ngiler coba… 😉

  54. motor itu sesuiai selera
    biasanya klo udah selera yg berbicara hrga mtorpun ga jd masalah ( bgi yg pnya uang lbh seh)
    setiap mtor psti ada kekurangan, ga da mtr yg smprna
    yg pnting ga slng mnjelekkan mtor laen, klo suka blik ga suka ya ga blik, simple 🙂

  55. saya suka dgn model cb150r , kelihatan lebih garang dari v-ixion . . .
    thn 2008 saya pengguna v-ixion ,
    tp skrng saya pengguna CBR 150 R

  56. Buat ane,,,,honda tetep no 1
    biarpun yamaha semakin di depan,,,tetep honda ane paling di depan
    ane kemaren baru turun cbr 150r street fire…bener bener mantaft

  57. baru liat nih tadi honda cb150r.. lumayanlahh kl buat yg mau naik kelas dari bebek jadi motor seporot.. kl ane tetep milih CBR 150 new dehhh.. modelnya itu lohhh mantaffff.. tarikan okeee.. puas dehhh

  58. 44. ute – November 4, 2012

    Jika memang spek Piston dan kompresinya
    sama (power sama) maka TMCBlog
    mensinyalir CB150R akan melesat lebih
    cepat di rpm awwal dan menengah, akan
    tetapi keteteran di rpm tinggi karena
    disinnyalir CBR 150R yang bersproket
    belakang lebih kecil akan mencapai top
    speed yang sedikit lebih tinggi.
    ===============================
    kyk nya gk trlalu brpngruh mas faktor utama karakter mesinnya yg sama ..kcuali beda mas
    dg kta lain aksel n speed kduanya gk akan beda jauh..pling cma seuprit..old cbr ane juga size 45 mas soale
    mungkin mas taufik tau bobot nya ni cb..
    klo seandai andainya power nya sama ama cbr (17,8 hp) kira kira gmna prbndingan power to weight ratio nya?? klo cb lbih gde ptwr nya kyknya ini yg buat torsinya lbih galak mas bkn prbdaan size gear nya..prbdaan size gear cmn terasa sekian % mas.——————-
    —————–

    ngawur,]
    beda bgt
    putaran bwh nya cb 150 ringan,, meluncur,,,
    putaran bwh cbr 150 kayak ada beban, keseret2,,,

  59. Sayang OM Tutup Tangkin nya CB150r >< Trauma saya ngilat nya,sayang motor bagus masih nggunakan tutup tanking seperti itu,sama seperti tiger, rawan ke pamukan air,harus sering2 deh tu cek tangki nya 3 bulan sekali

  60. klau diadu penampilan ane megang cbr old gk klh sma cb150r&ane jga brani balapan sma cb150r yg baru ane msih megang cbr old

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP