460x110-okfeb

uk460x110_dec13_2

FTR_YMH#_0005

Bro sekalian, Tanpa mengesampingkan kehebatan Tim tim dan Rider pabrikan  seperti Marc Marquez, Lorenzo, Rossi dan Pedrosa . . . Jujur salah satu Rider yang membuat terpukau saat test Resmi MotoGP hari pertama di Sepang Malaysia adalah Aleix Espargaro yang tergabung dalam Tim FTR Yamaha yang hitungannya masuk ke Open Class. Kemarin Aleix hanya 1,133 Detik lebih lambat dibanding Marc Marquez . . . sedangkan Ironi Tim Open Class Honda . . . hampir semuanya belum kompetitif di test perdana . . .ada apa dengan Motor Aleix?

banner-440x110

banner-460feb14

Saat Press Converence kemarin TMCBlog kembali menemui Lin Jarvis dan Khusus menanyakan Hal ini kepada Beliau . . . dan ternyata Lin masih ingat banget sama tmcblog yang mewawancarainya ketika di Jakarta pekan pekan kemarin . . . Jadi begini Jawaban Lin.  . . .

FTR_YMH#_0002

Motor Yang dipakai Oleh Aleix itu Pada dasarnya sama dengan Motor yang dipakai sama Lorenzo dan Rossi . . . Mesin, sasis dan suspensi semua sama dengan M1 factory . . . yang membedakan hanyalah penggunaan software ecu dan pengaplikasian hal hal lain seperti fairing yang menunjang aerodinamika dari Motor. Tim FTR Yamaha menggunakan Software Ecu buatan DORNA . . . yang kebetulan memang ternyata cepat banget adaptif dengan Mesin M1 nya Yamaha . . . Aleix dintungkan dengan penggunaan BBM yang 4 liter lebih banyak dibanding kelas Factory . . .plus mesin cadangan berjumlah 12 buah bila dibandingkan dengan kelas Factory yang dibatasi hanya 5 mesin per musin . . .So jelas sekarang  . .. jadi secara mesin  . ..mesin Motornya si Aleix itu bukan spek Nomer dua hehehe  . . .pantesaaan . . .

Jadi apakah hal ini semata mata karena keuntungan dari segi elektronis? terlalu dini sepertinya jika kita menyimpulkan hanya dengan hasil test data hari pertama maka software elektronik ECU Magneti Marellei dari Dorna yang hanya memiliki satu (single) Whelly Control punya andil begitu besar bagi perkembangan Aleix . . . Namun sepertinya Pilihan Open Class menjadi salah satu Pilihan Yang cukup baik Baginya. Oke semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

59 COMMENTS

  1. enak ya, motor pabrikan buat open,,,, jatah mesin banyak.. racing fuel banyak,.. tapi tetap rasa pabrikan…. kalau honda malah pake mesin yang beda sama mesin pabrikan,,,.. per klep baja.. dll lemes lemes…..
    hayden ditanya akan honda RC1000Rnya yang kurang kencang jawabnya….. : tanya yamaha yang kencang,, lah…

  2. Hahaha bagooosss.. biar makin banyak motor yamaha merangsek ke depan pas race ntar, ga yang pabrikan aja.

    Keliatan mana yang total kasih mesin pabrikan mana yang kasih mesin kelas 2 :p

  3. Motor open class honda kan konon katanya dikembangkan bersama stoner, jangan-jangan cuman cucok ditangan stoner. Atau justru stoner yang kurang maksimal mengembangkan motor tsb?

    • Klo menurut gue stoner bukan tipe pembalap yang bisa bangun motor. Ducati yang kenceng hasil bangun troy bayliss.
      sejak 2007 prestasinya terus menurun. tapi doi emang pembalap yang kenceng. macam kimi raikonen di F1, bisanya cuma balap tapi ya memang itu tugas utamanya.

  4. Masih belum percaya bang (walopun lin jrvis yg bilang hehe) kalo bener2 plek sama ma M1 pabrikan. Berasanya sperti marketing gimmick/strategy ke media aja buat naekin daya jual M1 open class buat kedepannya. Soalnya sponsornya pasti harus gede banget tuh biar dikasih speknya lorenzo.

    Masih lebih percaya dan masuk akal klo speknya selevel ma M1 punya Tech3. cuma sekedar opini.

    • nyang pasti dri sumber otomotifnet adalah langkah yamaha racing untuk menggantikan rossi kelak & kontraknyapun dengan yamaha racing langsung so yamaha titip aleix di openclass makanya dikasih motor M1 sama plek cm beda ECU…..

  5. kenapa fairingnya ga sekalian? berapa duit sih?
    lha trus ECU YFR dari mana? knp ECU Dorna bisa sebegitunya “mengenali” karakter M1?

  6. sepertinya gak sama persis
    kalo sama persis berarti pake Pneumatik Valve dan Seamless Gearbox juga dong

    gosipnya mesin M1 FTR itu basisnya mesin M1 2006 990cc yg kubikasinya disesuaikan, ingat M1 2003 s/d 2006 bisa ngampengi RCV 5 silinder loh

    • bener mas broh, cb cri di otomotifnet yg jelasin klo untuk aleix espargaro sama plek2…..krn kontrak langsung sma yamaha bukan openclass….& disinyalir buat ngelawan MM seperti di moto2

    • hahahaha, mas broo, butuh biaya besar buat yamaha untuk ngembangin mesin jadul th 2006 itu, dan ngk kan kompetitif dengan persaingan dan teknologi sekarang, toh juga cuma rossi yang bisa ngemplengin RCV, selebihnya pelengkap race aja

  7. Kalo Honda mesinnya bisa dibeli tapi spek beda jauh
    klo yamaha mesinnya cuma bisa nyewa tapi spek ga beda jauh

    Pilih mana

  8. sembalap open class yg pake rcv hanya kering nunduk aja kok.. 😆

    kalo nggak percaya.. berkunjunglah ke blog motocakil.. 😆

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.