AHM Oil EksNus 460x110

uk460x110feb

Jpeg

Bro sekalian, Motor adalah alat Transportasi, namun pertanyaannya bagaimana cara mendelivery/ mengirim/ membawa motor tanpa motor tersebut di jalankan . . . ada bebrapa cara seperti dinaikkan ke Mobil gendong khusus motor bisa berupa Bak terbuka, atau truk . .  namun cara lain yang lebih umum adalah menggunakan kereta gendong motor (istilah tmcblog sendiri )

banner-440x100

banner-460feb14

Jpeg

Kereta Gendong Motor adalah kereta gandengan yang digunakan untuk menggendong motor dan memindahkan dari satu tempat ke tempat lain . . . kayak apa bentuknya yaa tmcblog punya contoh gambarnya yang tmcblog jepret saat trackday beberapa pekan yang lalu di sentul

Jpeg

Jpeg

Jadi Motor contoh (saat itu Ducati Monster 795/696 ) di naikkan ke atas sebuah Bilah logam berbentuk U ( U-shape) dengan stoper terdapat pada roda depan. roda belakang tidak diikat. Agar Motor bisa berdiri tegak maka motor di ikat ke arah samping kanan dan kiri dengan  tali / belt pengikat khusus. Tegangan belt musti diperkirakan sama sehingga motor dapat berdiri dengan tegak.

Jpeg

antara kereta gendong dan kendaraan penderek/ Penggandeng dipastikan ada sebuah sistem pengait dengan klaher/ Bearing sehingga gerakan antara kendaraan penggandeng dengan kereta gendong motor  terutama saat berbelok bisa smooth. TMCBlog belum mengetahui bagaimana tata cara membawa Mobil dengan gandengan roda dua seperti kereta penggendong motor ini, namun  yang pasti mobil penggandengan jangan dibawa slalom yah . . . Oke sekian artikel ringan ini, Mudah mudahan bisa menginspirasi kalangan industri kecil Indonesia . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

98 COMMENTS

    • itu maling hercules kali bro. macet emang gampang bawa lari moge? belum lagi kanan kiri belakang pasti lihat.

      Guest
  1. Beuh….ngeri juga ya kalo mobil yg dereknya agak kencengan bawanya trus nikung agak tajem….bs keguling guling motor n gerobaknya…. ground clearance grobaknya kalo bs jgn terlalu tinggi biar ga terlalu limbung kalo tikungan….

    Guest
  2. Salah beli mobil orangnya… harusnya beli yg singel kabin 4×4 dong…jd motor gede bisa dibelakang..atau .ky mobil2 yg angkut harley,,,kalau yg gini terlalu resiko wak

    Guest
  3. Itu bang kali yg gendong lion air

    Tu motor bisa lari kenceng ampe terbang…..

    0-100 kmpj busa cuma sedetik lho….

    Guest
  4. Nggak ditilang polisi nih wak? Kalo di UU lalu lintas, boleh ya nambahin”gandengan” seperti ini?. Thanks

    Guest
    • Siap wak….
      diatur di pasal 49-50 UU No 22, saya copy paste:
      Pasal 49
      (1) Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang diimpor, dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri yang akan dioperasikan di Jalan wajib dilakukan pengujian.
      (2) Pengujian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:
      a. uji tipe; dan
      b. uji berkala.
      Pasal 50
      (1) Uji tipe sebagaimana dimaksud dalam Pasal 49 ayat (2) huruf a wajib dilakukan bagi setiap Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan, yang diimpor, dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri, serta modifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan perubahan tipe.
      (2) Uji tipe sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas:
      a. pengujian fisik untuk pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan yang dilakukan terhadap landasan Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Bermotor dalam keadaan lengkap; dan
      b. penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor yang dilakukan terhadap rumah-rumah, bak muatan, kereta gandengan, kereta tempelan, dan Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi tipenya.
      (3) Uji tipe sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan oleh unit pelaksana uji tipe Pemerintah.
      (4) Ketentuan lebih lanjut mengenai uji tipe dan unit pelaksana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat
      (3) diatur dengan peraturan pemerintah.

      Guest
    • Potensi dendanya, Wak:
      Pasal 277
      Setiap orang yang memasukkan Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan ke dalam wilayah Republik Indonesia, membuat, merakit, atau memodifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan perubahan tipe, kereta gandengan, kereta tempelan, dan kendaraan khusus yang dioperasikan di dalam negeri yang tidak memenuhi kewajiban uji tipe sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah).
      Padal 285 (2)
      Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, atau penghapus kaca sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).
      Selamat meliput GP Qatar…!

      Guest
  5. Kalo di Negara2 lain macam Eropa sih hal gini udah lumrah. Bukan cuma motor, karavan ataupun perahu juga bisa. Tapi disini regulasinya gimana dan boleh atau enggak kurang tau juga 😀

    Guest
  6. kalo delivery model kayak gitu di jalan mulus sih no coment, lah kalo jalan yang banyak jebakan batmannya alias banyak yang berlubang parah piye dadi ne !
    yo iso2 nggoleng iku sepeda e.

    Guest
    • pasti boleh lah lewat tol,,,
      wong tuh mongtor kagak di kendarai,,,,

      pije jal,,, nek mubil pabrikan ngangkut puluhan mongtor yang akan di distribusikan di deler,, mosok ora oleh masuk tol,,,??

      Guest
  7. Di Qatar malah ada tuh kereta gendong buat angkut kapal , besar angkutan kapalnya bisa 2 x dari mobil penarik itu sendiri ‘Kang.. Hehehe..

    Guest
  8. bahasanya dah byk serapan dr malay neh, macam sila & terakhir kereta gendong motor 😀 rada susah dicerna bang..

    Guest
  9. resikonya terlalu besar tuh wak haji,,,,
    kemungkinan terguling sangat terbuka sekali,, di liat dari groundclearen si gerobak di banding dengan ketinggian si mongtor itu sendiri,,,,

    keuntunga dengan sistim seperti ini,, tuh mongtor gampang naikin/nurunin dari gerobaknya,,,

    yang lazim di pake di luar negri sono,, ngangkut motor pake double cabin,, lebih aman,,
    tapi kekurangannya,, agak susah untuk menaikan atau menurunkan motor dari mobil double cabin tersebut,,,

    Guest
  10. harusnya pake nissan navara tuh. Udah double cabin,ada baknya juga. Didaerah ane pada pake gituan buat ngangkut MX.

    Guest
  11. owh gini tho cara mbawa yg bner
    thank you tmcblog,.
    ane baru tau <<
    klw di tempat ane yg d bawa ampir sama ky gini biasanya jetski, atw boat2 ringan.
    maklum anak pinggir pantai,.
    😀

    Guest
  12. Orang kampung…komennya kampungan yah…mirip anjing kampung..sorry…fakta…Di tiap anggapan baik dan buruk selalu di dengar sbg doa…

    Guest
  13. Maaf admin dan rekan-rekan sekalian, mau tanya kereta gendong motor tersebut apakah bisa masuk jalan tol? Terimakasih.

    Guest
  14. kalo motor yg membawagandengan barang gimana ya om,,, sbgai contoh di negara amerika ada honda goldwing membawa gandengan,,,,,

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.