460x110_rev (2)

tmc-460x110-revisi

sentul-transmission-map-nvl

Bro sekalian, di atas ini adalah Transmission Map sirkuit sentul yang mungkin bisa menjadi bekal mas bro sekalian yang mau mulai mempelajari ngebut safety di tempat yang paling sesuai yakni Sirkuit.  Gambar di atas adalah peta sirkuit sentul yang di lengkapi dengan informasi posisi gear yang akan kita gunakan di lokasi tertentu . . . oke mari kita mulai . . .

banner-440x100 scoopy(6)

Kita mulai dari Area Straight . .. Selepas R (Round-tikungan) 11 motor akan dipaksa meraung keras menghajar lebih dari 700 meter straight menuju R1. nah di Straight, transmisi naik dari 3-4-lalu ke 5- dan ke 6 kalo sempet . . . lalu bro akan Membaca tulisan BRAKE warna merah, sekitar 150-100 meter sebelum R1 .. . saat Brake transmisi mulai turun dari 5/6 ke 4 lalu ke 3 dan 2 . . . ini tricky banget . . . kalo yang sudah pake slipper cluth mah mungkin rada gampang down shift segini banyak dengan cepat . . . buat nyang nggak pake SC, bisa pake teknik blipping gas . . .

Selesai Apex R1 . . . silahkan naikkan trotel gas, naikkan juga gear dari 3 ke 4 sesuai dengan spesifikasi power motor masing masing di rpm mana naiknya. Lanjut libas R2 ke kiri yang merupakan Speed Corner . . . gak ada penekanan rem disini, gas poll, silahkan kneedown kalo bisa . . . selepas R2 masuk ke Gear 5 dan terus bejek gas motor . . .

Lanjut ketemu R3 yang termasuk termasuk slow corner . . . turunkan gear dari 5 sampai ke 2 dengan teknik yang bro bisa (misale bliping) . . . kalo belum terbiasa , bisa ambil titik pengereman di 200 meter sebelum R3 . . . ( ada tulisan 200 nya di samping )

R25

Setelah R3 naikkan dikit ke gear 3 lalu bersiap masuk Ke R4 yang juga slow corner . . . turun lagi ke 2 . . ., libas R4 dengan gear 2, lepas dari apex sikat lagi naikkan gear ke 3, menjelang R5 yang juga merupakan fast corner naikkan gear ke 4.

Setelah R5 naikkan ke Gear 5 siap siap Hard Brake ( disini lah tmcblog sedikit ngesot kemaren pake R25) . . . kenapa hard Brake ? karena R6 adalah Mulut dari sebuah tikungan Tricky ke kanan yang super sempit yang dibalas tikungan ke kiri R7 (atau boleh dibilang ini adalah tikungan tusuk konde/ chicane) . . . banyak yang gagal nikung disini (termasuk iwb di first attempnya kemaren haha  :mrgreen:  ) selagi hard brake sebelum R6 transmisi turun dari 5 ke 2  . . . pake lagi style Blipping kalau pengen cepet down shiftnya

YROI_4

Selepas R7 ada sedikit straight menuju R8 . . . naik kan gear dari 2 ke 3 dan ke 4 . . . siap siap ngerem, lagi tapi tidak sekeras Pengereman sebelum R6, Gear hanya turun dari 4 ke 3, which means, ini termasuk intermediate corner, nggak terlalu pelan corneringnya  . . . ambil posisi racing line yang benar, sikat apex kanan R8, melipir ke kanan dikit selagi naikkin gear ke 4.

R25_iwan

Bersiap masuk ke R9 yang menurut tmcblog cukup asik karena biasanya rider awam itu nikung ke kiri lebih handal dari pada nikung ke kanan ( karena kebanyakan kita bukan kidal – update om leo) . ..  gear bisa turun dari 4 ke 2 .. . jangan lupa leaps apex, siap naik kembali itu gear ke 3 dan 4 menjelang R10

MVAI-Banner-1

R10 juga siap siap Hard Brake . . . turunkan gear dari 4 ke 2  sebelum R10 . . . setelah R10 naikkan pelan pelan ke tikungan kalo di gambar gak ada namanya 😀  . . ., gantung RPM diperlukan disini saat gear berada di angka 3 . . . kalo di gambar ada naik dari 3 ke 4  . . . kalo tmcblog prever gantung RPM di gear 3 saat menggunakan R25 kemarin . . . selesai  R12, geber trotel sekuatnya, kalo bisa sebelum R11 udah speed 100 km/jam . . .

lepas R11 naikan gear ke 4 lalu ke 5 gali terus kemampuan maksimal performa mesin motor di straight sentul . . . nahhh easy to say and write . ..  hard to practice . . . tapi tentu . . . Practice make perfect . . . so Cara terbaik adalah mencobanya disirkuit nya langsung . . . semoga Berguna . . . kapan kapan asik kali ya, kalo kita panggil guest blog dari pembalapnya langsung . . .piye menurutmu mas bro . .. ?

Taufik of BuitenZorg

 

 

 

 

51 COMMENTS

    • Sebagian besar kita lebih mudah menikung ke kiri karena kita tidak kidal. Utk menikung ke kiri bagian tubuh yang lebih dominan adalah sebelah kanan. Mulai dr pinggul, tubuh hingga lengan.
      Tapi ini juga bisa dilatih.

    • Kalo di samarinda ada sirkuit kalan kang, pendek dan kecil kayak kenjeran, cuma bedanya ada tanjakan dan turunan, tricky banget, tikungan pertama nanjak ke kanan, suka banyak yg jungkir balik disini, sama tikungan terakhir sebelum trek lurus garis finish itu turunan ke kanan, favorit overtake spot, mirip catalunya, xixixiiii…. Kapan2 main ke samarinda kang, sy ajakin main di sirkuit kalan 😀

    • IWB keknya ini yang kedua atau ketiga kalinya deh, dia pernah bawa MV Agusta kok bareng2 mbah Satar n TMC juga…

  1. Keren, btw wak mau nanya, tentang pernyataan wak haji “biker awam biasanya lbh handal di tikungan kekiri ketimbang kanan” itu knapa ya? Saya juga ngerasa kurang berani ngegas kalo tikungan lke kanan, apa ini smua karena terbiasa bawa motor di jalan umum, indonesia berkendara di lajur kiri, tentu jika belok ke kiri (asal yakin di depan aman) jadi lebih berani karena jalanan masih luas dari garis tengah ke lajur kanan , jadi ga takut keluar aspal, sedang tikungan ke kanan biker akan merasa jalan lebih sempit karna akan brbatasan langsung ke bahu jalan, nah, lama kelamaan gaya riding seperti ini mmbuat kita terbiasa lbih nyaman saat belokan kekiri timbang kekanan? apa itu alasannya wak? Atau ada analisa lain?

  2. I don’t even understand how I finished up right here, however I believed this publish used to be great.

    I don’t understand who you’re but definitely you are going to a famous blogger if you aren’t
    already. Cheers!

  3. Wak haji, kalo mau make Sentul itu rincian harganya seperti apa ya? Boleh dong infonya hehe, takut geber motor full di jalan raya –‘

    • pastikan sentul tidak dalam keadaan full booke oleh kegiatan balap ataupun acara pabrikan seperti yamaha kemarin
      kalo nggak salah dulu 2013 masih
      sampai 248 cc 250 rb
      diatas itu lupa 300 atau 400 rb githu . . . seharian 🙂

      mungkin bawah saya bisa membantu info yang lebih akurat

  4. wuidih,, serem saya mah,,
    takut mabal,, apa tuh mabal?
    ya takut kelewatan terus ga sempet rem,, zz..
    mantep c,, tapi ga berani saya mah,,
    apalagi kalo sampe pas nikung rebah2 gt,, ckck..
    tapi kalo belok malah feel saya enakan ke kanan,,
    padahal saya ga kidal,, knp tuh ya?

  5. mungkin nikung kekiri lebih gampang drpd ke kanan,mirip kyk kalo kita ngedorong motor kan lebih mudah juga dari sisi kiri, dari kanan malah lebih terasa beratnya cmiiw

    • Itu rada aneh om, alasannya uda beda
      1, Kita disini jalan dilajur kiri, kalo ente dorong motor dari sebelah kanan motor, apa ga takut keserempet mobil dari belakang?
      2, Biasa motor di dorong saat mogok/ bocor ban , mesin lumayan masih panas, aneh kan kalo kita dorong dari sebelah kanan? kenalpot masih panas 😀

  6. tip mau in corner coba perhatikan:
    1. rambu brake point distance (BPD) 200->100->50, atau
    2. marka zebra sisi lintasan,
    3. pos jaga steward menjelang tikungan,

  7. Mau ngeshare juga ah,pake motor cbr250,best time 1.55menit. R1 pake gear 5,ditengah2 R2 oper gear 6,masuk R3 pake gear 4,sebelum masuk R4 downshift lagi ke gear 3,lalu upshift sampai gear 6 sebelum masuk s kecil. Masuk sama keluar s kecil pake gear3.Masuk keluar s besar pake gear 4.Mau masuk R10 downshift sampai gear3.Trus di garis finish udah masuk gear6.
    Semoga Berguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.