460x110a-okt14

r15goldgifLOOP

bro sekalian, Kemarin valentino Rossi membuktikan bahwa Usia bukanlah halangan untuk bisa kencang di Track Ricardo Tormo Valencia. Vale menjadi yang tercepat dan berhak start dari Posisi terdepan hari ahad ini. Namun memang menarik melihat Vale ini, di sesi FP1- sampai FP3 nggak terlihat sering Pace lap time Rossi masuk ke Bagian 4 besar  . . . namun di Kualifikasi , ia bisa sangat kencang . . . kayak apa kencangnya Yamaha M1 yang digeber Rossi kemarin? dan bagaimana pace dari Ducati GP14.2 yang digeber Iannone dan juga Honda RC213V yang dikemudikan Dani Pedrosa . . . tidak lupa dari data data Kualifikasi 1 ( Q1 kita akan lihat Pace laptime dari dua motor Rookie di gelaran Finale ini yakni Suzuki GSX-RR yang dikemudikan Randy De Puniet dan Honda RC213V-RS Open Bike yang di geber Hiroshi aoyama . ..  Cekidot

banner-mbtech-tmcblog

Fakta Sirkuit Ricardo Tormo valencia, Spanyol

Valencia_(Ricardo_Tormo)_tr

Fakta sirkuit Ricardo Tormo valencia adalah sirkuit sepanjang 4 kilometer dengan jumlah tikungan ke arah kanan sebanyak 5 kali dan tikungan ke kiri sejumlah 9 kali . . . namun beberapa tikungan ke kiri sangat ekstreem seperti tikungan 12-13-14 dimana  saat melibas bagian itu, sisi sebelah kiri ban yang dipakai rider akan sangat terpapar friksi Sampai sampai Bridgestone menyediakan opsi pilihan band depan Asimetric lagi di seri Finale ini. Straight-nya sendiri sepanjang 876 meter dengan diakhiri sebuah tikungan R1 agak agak fast corner yakni tikungan aspar.

Sektor 1

sektor1-valencia

Sektor 1 dimulai dari akhir straight yang dihadapkan ke tikungan cepat R1 ( tikungan aspar) namun setelah tikungan aspar ada sedikit straight yang diakhiri dengan R2  yang merupakan tikungan sempit dan pelan (slow Corner) sebenarnya simple banget sih  sektor 1 . . .  siapakah yang terbaik di sektor ini . . . ? Cekidot

sector1-pace-riders-valenci

Terlihat mas bro . . . dari sekitar 6 kali percobaan di 15 menit Q2 , Iannone hanya melakukan dua kali laptime yang memiliki angka signifikan ( 4 laptime lainnya tidak tmcblog masukkan karena angkannya nggak relevan karena dibawah standar laptime motogp)   . . dan rata rata laptime Iannone di sektor ini cukup kencang bahkan lebih kencang dari Dani dan Rossi. Melihat Sekor 1 terdiri dari Straight, ini menjadi Logis karena Ducati punya power maksimum yang paling buas dibanding Honda dan Yamaha, dan Grafik di atas memperlihatkan itu.

Suzuki GSX-RR dan RC213V-RS terlihat masih 0,2 sampai 0,4 detik lebih lambat dibanding motor RC213V,  M1 speck factory dan GP14,2 spek factory 2 di sektor ini bro. Ini terlepas dari fakta bahwa Randy Depuniet baru kali ini lagi ikut kejuaraan dengan atmosfer seketat motogp setelah hampir setahun lamannya, entah apakah ritme RdP sudah kembali atau belum. Buat aoyama sendiri? top speed RC213V-RS yang digebernnya sudah mendekati motor factory honda, namun team aspar menurut beberapa berita yang tmcblog baca punya masalah menyeting RC213V-RS baik setingan mesin maupun suspensi . . . nyatannya setingan RCV1000RR yang selama ini dipakai berbeda banget dengan setingan RC213V-RS

Sektor 2

sektor2-valencia

Sektor dua adalah sektor yang cukup punya banyak tikungan yang memiliki karakter beragam . . . R3 misalnnya, adalah sebuah tikungan cepat R4 agak 90 derajat. sudut tikungan R5 dan R6 terlihat sempit namun punya apex yang sedikit lebar.

sector2-pace-riders-valenci

Dari Grafik di atas terlihat, Di sektor ini Valentino Rossi yang awalnnya masih kalah cepat dari pedrosa di dua percobaan laptime teakhir malah bisa lebih cepat dari pedrosa. Sedangkan Pedrosa? seperi terlihat di grafik naik juga pace nya, walaupun terlihat konstan dan linear . . . namun bicara laptime , terlihat Motor Ducati GP14,2  yang dibesut Iannonecukup  superior walaupun laptime secara total nya masih sedikit dibawah Rossi. Kontradiksi dengan mindset tmcblog selama ini terhadap karakter motor ducati yang terkenal punya cukup masalah understeer yang musuh utamannya memang ..  . tikungan  . . . hmmm bisa jadi perubahan fisik terakhirdari GP14.1  menjadi GP14,2 punya peranan membuat Ducati desmosedici GP lebih mudah dan lebih nurut dibawa nikung, imho. Terlihat juga dari gambar diatas GSX-RR dan RC-213V-RS masih sekitar 0,2-0,3 lebih lambat dari pada 3 motor yang diperbandingan, Honda, Yamaha dan Ducati.

Sektor 3

sektor3-valencia

wah Sektor ini juga menurut tmcblog adalah sektor dengan jenis tikungan campur campur mulai dari tikungan cepat (fast corner) di R7 dan R9 plus tikungan sempit di R11 . .  butuh motor dengan pengendalian yang prima disini sob dan gimana hasilnnya?

sector3-pace-riders-valenci

Dari Grafik diatas, boleh dibilang pace grafik dari Rossi, Iannone, dan Dani Pedrosa mirip mirip. Kalo soal honda dan yamaha mirip mirip sih dah biasa . . . lha ini ducati ikut ikutan punya pace yang mirip mirip dengan Honda-Yamaha di sektor ini . . . jelas suatu hal yang musti diwaspadai oleh parikan jepang nih untuk persiapan persaingan tahun tahun mendatang. Di sektor 3 ini juga pada awal lap RDP dan GSX-RR masih sedikit lebih lambat dari pada laptime yang dibuat Aoyama dengan motor barunya Honda RC213V-RS. Namun di kesempatan terakhir, DePuniet mencoba memaksimalkan trotel gas sehingga bisa hanya bergap 0,1-0,15 detik saja dengan pembalap terdepan di sektor ini dan bisa lebih cepat dibanding RCV213V-RS. . . catatan positif buat motor yang baru pertama kali turun

Sektor 4

sektor4-valencia

Sektor 4 adalah sebuah sektor terakhir dimana ada bagian yang ckup menarik yakni tikungan semi parabolic di R13 .. . Bro bisa bayangin dari Mulai Tikungan ke 13 sampai ketemu R14 lanjut R1 lalu R2 dan R3 semua tikungan ke arah kiri sooob, oleh karena itu Bridgestone menyediakan ban depan dan belakang dengan kompon asimetrik dimana sisi sebelah kiri lebih keras komponnnya mas bro. Secara Umum spot paling tricky hanya di R14 dimana tikungannya rada sempit setelah nikung parabolic di R13

sector4-pace-riders-valenci

dilihat dari grafik diatas, Iannone cukup bagus laptimenya di sektor ini dan bahkan berada lebih cepat dibanding Pedrosa dan Rossi . . . awal kualifikasi ke dua, terlihat Rossi agak jauh dari pace Pedrosa dan iannone . . . namun setelah rehat di menit ke 8, Rossi nge-geber motornya dan terlihat hampir menyamai laptimenya Iannone. Untuk GSX-RR dan RC213V laptime kedua motor ini tetap ber- gap kepada para rider alien dibarisan depan . . . Beda laptime antara motor motor Rookie valencia ini dengan Motornnya Rossi, Pedrosa dan Iannone adalah sekitar 0,2 sampai 0,3 detik . . .

So baru kali ini lagi tmcblog melihat hasil analisa yang tidak di dominasi oleh satu anak 21 tahun saat ngegeber RC213V nya mas bro . . . tidak ada rider dengan pace yang terlalu dominan sehingga diharapkan akan ada battle Epic menarik yang seimbang diantara mereka di Race hari ini . . seperti kita ketahui Rossi dan Lorenzo keduannya memperebutkan posisi runner up MotoGP2014 . . . saya yakin nggak team order nih antara Jorge dan Vale, cmiiw . . . silahakan share komentarmu bro . . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

1 COMMENT

  1. ini kn analisa cm dari qp wak….si bocah edan sikat habis fp1 smpe fp4, jd qp blm bs jd acuan, krn prcobaan marc di last minute gagal aja.

    Guest
  2. Weew si bocah ajaib kayaknya dah Puas dengan title juara dunianya tuh.. Makanya kemaren pas Qualifikasi sempet ndlosor,,, balapan final untuk perebutan tempat kedua yg di perebutkan duo rider Yamaha Factory Team, yup pastinya tidak ada istilah team order, saya yakin Om VR 46 akan beatle sama JL 99, jadi penasaran nonton duel seru balapan akhir ini… Tapai tetep Pak lek Tino Rossi yg bisa merebut second posisi di klasmen akhir…..

    Guest
  3. ini yg ane tunggu….mantap sekali ulasannya wak.
    jadi smkin yakin deh klo jhoni lono wktunya di ganti..
    exellent for you.

    Guest
  4. Kecewa neh dengan K45 ane, br
    datang kemaren hari ini masuk
    bengkel… Sensor pendingin mesin
    rusak, radiator gk fungsi dan over
    heat. Asli Kecewa… Jika tau gini
    mending sabar inden R25. Da*n
    Produk AHM.

    Guest
  5. untuk sasis, Ducati sepertinya ada kemajuan
    kalo untuk mesin sepertinya Ducati terbantu mesin yg fresh sementara duo Factory Yamaha dan Honda pake mesin bekas

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.