460x110a-okt14

Marc-2

Bro sekalian, Test Resmi MotoGP terakhir di Tahun 2014 telah berakhir kemarin dan Marc Marquez menjadi yang tercepat di masa test tersebut dengan Torehan 1 menit 30,973 detik. Namun Cepatnnya marquez kemarin menyisakan PR besar Untuk HRC, pasalnnya Marq mencetak Laptime tercepat tersebut dengan Current Bike Honda RC213V Versi 2014, bukan dengan Motor honda RC213V Versi 2015.  Di awal Lap Marc menggunakan Motor 2014, dan setelah Lunch, ia menggunakan Motor 2015 dan akhirnnya Sesi test ditutup dengan mengunakan Motor Versi 2014 lagi . . . Dengan Back to Back bergantian menggunakan motor tersebut, Marq bisa memberikan Feedback mengenai perbedaan RC213V 2014 dan versi 2015.  Namun Kesimpulan sementara mengenai RC215V sepertinya akan menyisakan kerutan dahi untuk Shuhei Nakamoto sepanjang akhir tahun sampai menjelang wintertest di Sirkuit Sepang Februari nanti . . . Marc Marquez merasa tidak nyaman dengan Honda RC213V versi 2015.

banner-mbtech-tmcblog

Marc Marquez menjelaskan bahwa dengan versi Baru ini, HRC meningkatkan performa di satu sisi yakni bagian Front end dari Motor yang menyebabkan peningkatan feel saat memasuki tikungan namun menghilangkan beberapa performa di sisi lain seperti engine brake, dan response motor ketika keluar dari tikungan . . . jelas ini adalah masalah Sasis bagian belakang yang akan jadi fokus pengembangan HRC selama 4 bulan kedepan sebelum winter test. Marc Marquez tidak menyukai karakteristik dari mesin baru RC213V. Namun Yang jelas HRC punya referensi yang sahih akan sasis yang disukai oleh Marq yakni Sasis RC213V tahun 2014 . . . mereka pasti akan berpatokan pada hitungan rear end dari RC213V versi 2014 untuk mengembangkan versi 2015 nya . . .

dani-web

Berbeda dengan Marquez, Dani Pedrosa mencatatkan waktu terbaik 1 menit 31,119 Detik dengan motor versi 2015 nya, namun walapun tidak menjelaskan dengan detail, Dani mengatakan memang ada yang perlu di tunning dari RC213V versi 2015  . . . kita akan lihat hasilnnya Februari nanti

lorenzo-web

Team Yamaha Movistar, Jorge Lorenzo yang sempat menjadi yang tercepat di paruh waktu pengetesan, pada akhir hari ketiga kemarin mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31, 164 detik . . . tmcblog belum mengetahui, lap time ini dicetak Jorge dengan motor versi 2014 atau 2015, namun yang pasti laptimenya masih lebih lambat dari waktu laptime Jorge yang ia cetak di hari senin ( 1 menit 30,975 detik ) saat test pertama dengan kondisi track kering. Valentino Rossi mengakhiri test dengan laptime 1 menit 31,301 detik. Valentino menyatakan paket New Yamaha M1 Bike  yang disodorkan oleh Yamaha Factory racing cukup potensial untuk kompetitif tahun depan. Oh ya Jorge Lorenzo pun mengatakan bahwa beberapa hari lagi ia akan mengunjungi Indonesia

rossi

Valentino Rossi mengatakan ia sangat menyukai mesin, sasis dan swing arm baru dari Yamaha M1. Response motor terutama front end menjadi lebih baik. Namun Rossi mengatakan Bahwa YFR menjanjikan bahwa New M1  untuk Tahun depan akan dilengkapi dengan Seamles Gearbox yang sama dengan Honda RC213V. Motor Versi 2015 yang ia pakai di test valencia sudah All new Kecuali bagian gearboxnnya yang levelnnya masih satu tingkatan di bawah seamless Gearbox Honda RC213V. Dimana letak keinferioran Seamless Gearbox Yamaha M tahun 2014? banyak kolumnis dan Journalis Permanent motogp yang tmcblog tanya mengatakan di bagian downshift nya . .  wow, tahun depan bakalan neck to neck nih

petruci

Ducati team, sudah mulai mengepak semuannya setelah pengetesan Hari senin yang lalu karena Ducati Desmosedici GP15 belum siap untuk ditest di Valencia ini, Namun tidak untuk team satelitnya yang akan race di Musim 2015 dengan opsi kelas Factory maupun kelas OpenBike. Daniel Petruci dan Yonie Hernandez misalnnya, Dua rider team Pramac Ducati tahun depan ini akan menggunakan motor yang sama dengan motor yang digunakan Dovi dan Iannone di akhir musim 2014 yakni Ducati desmosedici GP 14,2. Hasilnnya gimana . . . hmmm lumayan banget bisa masuk 10 besar bro . . . petruci di posisi 7 dengan laptime 1menit 31,665detik dan Hernandez di posisi 9 dengan laptime yang 0,25 detik lebih lambat dari Petruci. Untuk Kelas Open Ducati, Hector  Berbera dan Mike Dimeglio hanya bergap 1-2 detik dengan Marc Marquez

pol-web

Di Kelas Satelit Factory Honda dan Yamaha, Boleh dibilang Yamaha masih lebih cepat di sesi akhir pengetesan ini Baik Pol Espargaro dan Bradley smith sudah sangat nge-blend dengan team yamaha Tech3 dan laptime mereka boleh dibilang cukup konstant . ..  bahkan the young guns macam Pol Espargaro bisa lebih cepat dari Veteran Valentino Rossi .

crutchlow

Satelit Factory Honda boleh dibilang masih mencari bentuk, line up pasukannya boleh dibilang baru dirombak dengan garda terdepan Cal Crutchlow yang masih 0,8 detik lebih lambat dari Marquez dan bahkan Scoot Redding yang bahkan laptime tercepat di kondisi keringnnya masih lebih lambat hampir 0,5 detik dari veteran Honda Nicky Hayden yang menggunakan motor dengan spek lebih inferior dari motor RC213V yang digunakannya yakni RC213V-RS.

hayden

Note Honda RC213V-RS yang akan digunakan Hayden, Laverty dan Miller tahun depan adalah motor dengan spek sasis dan mesin RC213V versi 2014 namun tanpa seamless gearbox dan menggunakan One Make unified software yang dikembangkan oleh Magneti marelli dan Dorna.

Forward Yamaha ditangan Stefan Bradl dan pindahan WSBK Loris baz pun sepertinya masih mencari bentuk dan setingan yang sesuai dengan gaya riding mereka. Laptime mereka menggunakan motor yang memiliki spek sama dengan motor yang tahun 2014 dibesut Aleix Espargaro masih 1:32- sampai 1:33 detik-an sob. Stefan Bradl  seumur karir kelas primernnya mengendarai Honda dan Loriz baz yang terakhir sebelum pindah ke MotoGP lebih banyak membesut motor Kawasaki ZX6R dan Kawasaki ZX10R

melandri-valencia-test

Aprillia Gresini yang dibesut Baik Alvaro Bautista dan Marco Melandri  hanya bisa melakukan leptime  tercepat di test hari terakhir kemarin dengan fakta masih lebih lambat 1,9 detik dari rider tercepat, hmm angka yang harus segera di potong dengan kerja 4 bulan mendatang sebelum Winter test di sepang Februari 2015.  Last but Not least adalah performa Rokkie tahun 2015 nanti Suzuki GSX-RR malah menunjukan potensinnya di test hari terakhir. Aleix Espargaro mencatatkan laptime yang hanya terpaut 1 detik lebih lambat dari laptime marc marquez yang menggunakan motor 2014 dan hanya 0,8 detik lebih lambat dari Pedrosa yang sudah menggunakan Motor Honda RC213V versi 2015.

suzuki-web

Secara Motor walaupun merupakan team factory  sebenarnnya, Suzuki GSX-RR spesifikasinnya lebih mendekati spesifikasi Motor Open class dari pabrikan Honda dan Yamaha. Yakni dengan Penggunaan Unified software dan tanpa menggunakan seamless Gearbox . . . dan bahkan secara gearbox, ini masih inferior bila dibandingkan dengan Ducati Open Class yang menurut pengakuan Paolo Ciabatti sat di interviews ecara ekslusif oleh TMCBlog akan menggunakan Ducati Desmosedici GP14 lengkap dengan Seamless gearbox namun dengan unified software magneti marelli, oleh karena itu nggak terlalu heran jika Danilo Petruci bisa langsung mencetak laptime yang lebih cepat dari Aleix Espargaro. So apakah Di Winter test Februari 2015 nanti baik Aleix espargaro dan maveric Vinales akan memperoleh paket Seamless gearbox? kita lihat saja nanti sob . . .

mediapass-motegi

Oke Officialy, selesai sudah kegiatan  MotoGP di tahun 2014 ini . . . Flashback kebelakang . . . TMCblog cukup bersyukur bisa meliput secara langsung  baik saat winter test di sepang februari 2014, Race pembuka di Losail Qatar, maupun dua race selanjutnnya di Motegi jepang dan Sepang Malaysia dan hasilnnya ? selain beberapa report langsung, ada juga beberapa wawancara ekslusif dengan beberapa orang yang cukup penting baik di team maupun di dorna selaku penyelengara MotoGP  . . . sampai bertemu di MotoGP 2015 . . .  semoga tahun depan bisa lebih kompetitif dan seru . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Hasil Test hari ke tiga valencia 2014 dari crash.net

  1. Marc Marquez    ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 30.973s (Lap 58/68)
  2. Dani Pedrosa    ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 31.119s | +0.146s    (23/57)
  3. Jorge Lorenzo    ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 31.164s | +0.191s    (27/64)
  4. Pol Espargaro    ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 31.288s | +0.315s    (51/53)
  5. Valentino Rossi    ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 31.301s | +0.328s    (64/68)
  6. Bradley Smith    GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 31.365s | +0.392s    (52/53)
  7. Danilo Petrucci    ITA Pramac Racing (Desmosedici) 1m 31.665s | +0.692s    (63/66)
  8. Cal Crutchlow    GBR CWM LCR Honda (RC213V) 1m 31.774s | +0.801s    (52/53)
  9. Yonny Hernandez    COL Pramac Racing (Desmosedici) 1m 31.914s | +0.941s    (47/52)
  10. Aleix Espargaro    ESP Team Suzuki MotoGP (GSX-RR) 1m 31.973s | +1.000s    (34/41)
  11. Hector Barbera    ESP Avintia Racing (Desmosedici) 1m 32.007s | +1.034s    (75/84)
  12. Michele Pirro    ITA Ducati Test Rider (Desmosedici) 1m 32.113s | +1.140s    (34/68)
  13. Nicky Hayden    USA Drive M7 Aspar (RC213V-RS/RCV1000R) 1m 32.173s | +1.200s    (44/53)
  14. Scott Redding    GBR Marc VDS Racing Team (RC213V) 1m 32.621s | +1.648s    (58/64)
  15. Stefan Bradl    GER NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 1m 32.784s | +1.811s    (26/38)
  16. Alvaro Bautista    ESP Factory Aprilia Gresini (ART) 1m 32.810s | +1.837s    (50/68)
  17. Mike di Meglio    FRA Avintia Racing (Desmosedici) 1m 32.922s | +1.949s    (63/70)
  18. Maverick Vinales    ESP Team Suzuki MotoGP (GSX-RR)* 1m 33.216s | +2.243s    (56/60)
  19. Loris Baz    FRA NGM Forward Racing (Forward Yamaha)* 1m 33.486s | +2.513s    (56/60)
  20. Eugene Laverty    IRL Drive M7 Aspar Honda (RCV1000R)* 1m 33.509s | +2.536s    (59/62)
  21. Jack Miller    AUS CWM LCR Honda (RCV1000R)* 1m 33.746s | +2.773s    (49/61)
  22. Marco Melandri    ITA Factory Aprilia Gresini (ART) 1m 34.336s | +3.363s    (50/56)

Keterangan

Biru= Factory – ECU Dorna, Software Pabrikan : 20 liter bbm, kuota hanya 5 mesin permusim . semua mesin sama dan identik dengan pemberlakukan pembekuan pengembangan mesin selama musim berjalan.

Hitam = Factory 2ECU Dorna, Software Pabrikan : Diberlakukan untuk pabrikan yang belum pernah menang dalam kondisi kering pada musim sebelumnya dan atau pabrikan baru yang masuk kelas MotoGP | 24 liter bbm, kuota 12 mesin permusim, Ban dengan kompon lebih lunak, tidak ada pembekuan pengembangan mesin dan  kesempatan pengetesan lebih banyak selama musim berjalan.

Merah = Open – ECU dan software Dorna: 24 liter bbm, kuota 12 mesin permusim, Ban dengan kompon lebih lunak, tidak ada pembekuan pengembangan mesin dan  kesempatan pengetesan lebih banyak selama musim berjalan.

* Rookie

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

70 COMMENTS

  1. semakin seru, 4 bulan waktu yg lumayan cukup untuk setting dan penyempurnaan motor, siapa smart dia yg dapat…

    😀

    wait n see aja progres nya

    Guest
  2. 2015 paling tetep hrc sama movistar yamaha yg menguasai, yg lain cuman ngisi slot kosong.. kenyataan pahit memang

    Guest
  3. Tu kn..
    Stoner mmg pembalap hebat,tp jgn kembangkan motor ala stoner..
    Pilih yg gaya balapnya smooth aja,jd tinggal setting2 aja hehehehe..
    imho..

    Guest
  4. spek aprilia lengkapnya apa wak? ane googling ga ketemu, apakah cuma versi aprilia rsv4+penumatic+seamless gearbox? framenya kayanya beda jauh juga.. ga sabar musim 2015

    Guest
      • lho. . Bukany ga usah digaji? Kan ga kerja ga riset ga ngembangin.
        Ibaraty tu insyiwur diistrirahatkan 4 bulan.
        Kan ngirit duit tuh.
        Kalo yg 2014 aja bisa buat 2015 bhkn mungkin jurdun lg ,knpa harus pake motor yg 2015? Mlh bisa ga jurdun tuh.
        Asli. . Nyong puyeng gole mikir kue.

        Guest
      • sesuai harapan apa tidak riset harus selal dilakukan, karna makin banyak data yang bisa dibandingkan, jika riset ditunda, alamat tertinggal 1 kecamatan (gara2 down shift tidak sebagus up shift)

        Guest
  5. Setelah sekian tahun, Apakah Maho sudah bisa menjiplak SSG honhon..???? Seeeeeeeeeeeeemakin menciplak yang di depan.. ahahaha. kl tetep gk bisa menjiplak ya siap siap ae MuooooooooooDhar..Moo

    Guest
  6. scoot redding pake apa pak aji…dia satelit setara cal buka yah…gak ada peningkatan juga nih scot dah pake rcv satelit….si jackass cmn 20 besar…hahahha,,, mudah2an prestasinya sebesar mulutnya….

    Guest
  7. Ok deh wak Hajji, di tunggu infonya tentang moto gp tahun depan, tapi jangan sampe lupa perkembangan roda dua di Tanah air saya tunggu infonya setiap saat.. Hehehehehehehehehe herey wak ulah pundung pisss

    Guest
  8. untuk factory katanya pertengahan 2015 nanti pake software dorna atau gimana, masih butuh penerangan ini untuk ecu sama software

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.