460x110a-okt14

460x131REVSYOURBIKE

plant5AHM-project

Bro sekalian, Edan benar melihat gerak gerik Honda AHM, Plant 4 yang khusus skutik belum kelihatan Rampung Full, persis di sampingnnya sudah mulai menyeruak naik bangunan baru ( cekidot gambar di atas ) . . . yap itu bukanlah perluasan dari Plant 4 atau Plant 4A ( seperti plant 3 dan 3A ) tapi itu adalah plant yang sama sekali baru, orang orang menyebutnya sebagai Plant 5. Calonย  Plant 5 AHM ini peletakan batu pertamannya adalah sekitar Oktober 2014 yang lalu dan di November pertengahan bisa bro lihat progresnya seperti gambar di atas . . . nah ini buat apa lagi plant 5?

440x100 (7)-nop

banner-mbtech-tmcblog

Menurut bisikan informasi dari Banyak informan TMCBlog Plant tersebut disiapkan AHM untuk pusat brojolnnya Varian Murni sport dari AHM . . . ini lah jantung produksi Honda khusus untuk membidik sport yamaha . . .ย  biar lebih jos lagi infonya tmcblog tambahkan . . . plant 5 ini akan menjadi plant sport murni langsung dari Jepang, sehingga kedepan kemungkinan produksiย  sport Honda tidak akan transit lagi di Plant AP Honda Thailand . . . dan disinyalir,ย  Plant 5 ini adalah salah satu upaya Honda jepang untuk menjadikan AHM sebagai basis utama produksi Honda jepang. bisa jadi dari mulai cc 150 sampai Big bike !!

engine-vtr-250-

Unitnnya apa saja? . . . sumber tmcblog langsung menjawab dengan varian Yang tak asing lagi . . .ย  untuk tahap pertama Plant 5 disinyalir akan di persiapkan sebagai tempat diproduksinnya Sport V-Twin 250 cc Honda ( CBR/ VTR V-twin 250 cc ) dan Next Tiger ( kemungkinan 230 cc ) . . . silogismenya adalah,ย  walaupun tetap bisa diproduksi sementara di current plant AHM Khusus sport di cakung/ Pegangsaan , namun Honda belum akan All Out di segmen sport sampai Plant 5 iniย  didirikan. . . . so harap bersabar terutama yang lagi nunggu sport 250 cc V-twin dari Honda * colek muhsin bonsaiย  . . .

AHM-report-9M-1

Dengan melihat portofolio produk dan Market share yang dirilis Astra International 18 hari yang lalu, Sport AHM masih berada di angka 30% . . . inferior dari segi jumlah dibanding varian sport Yamaha Saat ini . Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah Fasilitas Plant Produksi Sport AHM masih kembang kempis dalam artian positif . . . progres produksinya masih saling potong jatah produksi per tipe tergantung prioritasย  . . . dengan kata lain, so kalo misalnnya CB150R mau digeber, mau nggak mau ada konsekuensinnya yakni varian lain kudu turun jatah produksinnya karena line produksi kepake varian lain yang di prioritaskan menurut marketing . . .

gunung-api-dasar-laut-meletus-di-jepang-001

Fenomena Gunung api dasar laut yang harus di perhatikan Yamaha

Di sini terlihat sudah potensi bahaya yang akan diterima oleh Yamaha . . . ini seperti fenomena gunung api dasar laut yang sekarang ini menurut tmcblog sudah mulai berbentuk di dasar laut, tampa terlihat dari atas permukaan laut . . . tapi gunung ini cukup besar dan berbahaya. Gunung yang terbentuk di dalam laut ini terlihat sunyi senyap tanpa pergerakan berarti . . . tapi sasaran bidiknnya jelas . . .dalam kasus Plant 5, sasarannya adalah varian Sport yamaha . . .

so menurut hemat tmcblog, alih alih membuat dan meriset engine baru , desain baru dan varian baru sport . . . yamaha Indonesia mungkin lebih bijak jika memparalelkan pula dengan memulaiย  mempersiapkan line produksi tambahan untuk varian sportnnya . . . kalo nggak? yaaa tmcblog mensinnyalir Gunung bawah laut ini akan sulit ditaklukan jika sudah menyembul di atas permukaan laut, Yamaha punya potensi kehilangan momentum jika nanti baru sadar saat gunung api ini sudah menyembul di permukaan dan kalo sudah begini . . .ย  siap nggak siap harus menerima kembali serangan Tsunami New Product dari AHM di segmen sport di kemudian hari. Gimana bentuk tsunaminnya ? ..ย ย  yah bisa berkaca sama tsunami produk skutik AHM sekarang sekarang ini kayaknnya

Sudah denger soal calon Plant 6 ? . . . bakalan lebih ngowos lagi kalo tmcblog ceritain tentang calon Plant 6 ini . . . So kedepan mudah mudahan kita bisa cerita banyak tentang Possitioning Plant nya AHM yang sekarang ini bertebaran di beberapa titik seperti sunter, pegangsaan, cibitung dan karawang . . . rencana diposisikan sebagai basis produksi apa kedepannya . ..ย  tentu menarik . . . untuk sementara silahkan dikunyah kunyah dulu ya sob

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

174 COMMENTS

  1. Semoga pabrikan lain bisa mengimbangi. Sementara ini baru Yamaha doang yg bisa bikin panas Honda. Takutnya klo satu pabrikan udah terlalu dominan akhirnya akan kembali lagi kemasa2 suram dulu dimana update produk sangat jarang dilakukan (cuman ganti striping doang) karena satu pabrikan terlalu dominan sehingga kompetisi sangat minim. Karena kompetisi yang ketat antar pabrikan justru menguntungkan konsumen.

  2. wira-wiri ke cikampek akhire ga jadi dapet projectnya, ditelikung sana-sini, mereka medio 2015 start produksi katanya..

  3. sebelah hati2, jangn ngaku doang yg laris
    ntr laris bneran bingung ngladenin indent
    udah gitu pake plant assmbly milik orang
    misalnya sebut saja motjin laen atau bahkan yg roda 3.
    eh iya lupa klw sebalah bner2 udah mproduksi r3 dan sesuatu yg rodanya ada 3 wkwkkw
    2 roda depan becak
    2 roda blakang bajai

  4. mantefh nih…biar gimanapun terima kasih ane haturkan buat yimm…gara gara sport nt yg nagen teu oblak oblak hese di lengserkeun,akhirnya honda jepun mo turun tangan juga,ga tergantung thai lagi…asyik banyak motor cakep brojol dimarih…plan 6 keknya buat bikin bigscooter ato moge nih…hanya soal wkt bwt ahm menjungkalkan sport yamaha kalo yimm ga sgera berbenah…bukannya yamaha sm toyota msh satu group? toyota sumber dananya melimpah ayo bantu yimm bikin pabrik baru bwt produksi sport biar inden ga mencacing

  5. Plant banyak kalo enga ada produk berkualitas ya sama aja..
    Ujung ujungnya ya penuhin gudang trus bangun gudang yg banyak lagi ๐Ÿ˜†

  6. kok kasih masukan nya ke yamaha mulu?
    suru yamaha kasih nama nmax,,
    suru yamaha bikin jargon yg bener,,
    suru yamaha ati2 ma plant 5,,
    hmm,, imho ya,, cmiiw..

    • Kalau satu pihak sudah terlalu menguasai biasanya jadi jelek bro, kompetitor jadi malas berinovasi, akibatnya tidak ada ‘sengatan’ bagi si leader, jadinya update-nya mandek ke client, jadi kita mundur ke abad kegelapan di mana cuman disuguhin update striping sama bodi….

    • ngasih masukan di blog seolah olah yamaha ngga punya team bisdev dan market research… mereka udah tau lah tapi ngga mungkin juga gembar gembor strategi untuk ngadepin ahm…

    • itu namanya care dul..
      kalo ga care mah biarin aja mati kelindes. kompetisi harus tetap ada & sehat, ga mau kan nantinya cuma ada 1 merk motor di indonesia yg layak beli?

  7. plant 5 ini akan
    menjadi plant sport murni langsung
    dari Jepang, sehingga kedepan
    kemungkinan produksi sport Honda
    tidak akan transit lagi di Plant AP
    Honda Thailand . . . dan disinyalir,
    Plant 5 ini adalah salah satu upaya
    Honda jepang untuk menjadikan AHM
    sebagai basis utama produksi Honda
    jepang .
    mantap bgt nih rencana honda.
    salam satu hati
    โ™ฅone heartโ™ฅ

  8. lah “menjadi plant sport murni langsung dari Jepang,” apakah nanti kualitas setara dengan japs.apa cuman “di bawah lisensi jepang”
    bikin penasaran aja neh..malah ada yang plant 6 segala jiann buat apa ya yang plant 6.ckckck bener2 deh.

    nabung ah ๐Ÿ˜€

    • jadi gini bos
      kalau udah menggerogoti pasar otomatis pabrikan sebelah seblah hanya mempertahankan pegawainya yg jualannya banyak aja, yg seret kan pada di udahin aja tuh koontraknya
      nah buat nampung saudara2 fby yg ud d anggurin yamaha
      maka ahm dgn tangan terbuka mereka untuk mnjadi kacung
      dan sukarela atau terpakasa jadi fbh
      jadi begitu

      • buahahahaha…
        sumpeh komen ente lucu banget bro,
        tp ciyus loh apa yg ente bilang 99% bisa terjadi
        siapa gak mau kerja di honda, raksasa roda dua yg gak putus-putus keran duitnya..

        ๐Ÿ˜€

        anak bini butuh perbaikan mental dan gizi,
        masa iya mo nasi aking mulu…
        lanjut AHM…

  9. kayaknya bakal jadi basis produk global nich kang Opik..!!

    bayangin aja..
    – plant jepang ato “ngeropah” biaya produksi pasti tinggi, ujung2nya harga jual gak kepegang ama konsumen..

    – plant Thailand lagi “reseh”.. bolak balik kena bencana alam banjir, belom lagi kondisi politiknya puanasss..walopun katanya gak ngaruh ama kegiatan perekonomian disana.. tapi ingat.. kue jualannya disana kueciiilll bannjeetttt…

    – nach kesempatan terbesar yaaa.. di Indonesia ini…tenaga kerja biar kata gaji di astra gede tapi (bagi wong jepun) gak gede2 amattt ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ..dann yang paling bikin ngiler…potensi jualannya guuueeedeee bangetttt….!!!

    suzuki dah pindahin risetnya disini, yamaha dah bikin basis produk globalnya dimarih..
    so pabrikan sebesar honda pasti gak mau ketinggalan….

    ciaoo…!!!

      • iya lah…
        astra kerjany dbandingin ama telkomsel gt

        sama2 jd manajer..temen gw aja kliatan jauh…
        temen2 gw yg nguli jg brasa…capekny broooh…

        gak komen klo yg baru nyari kerja yee..
        ini buat yg udah senior ajeh..hehehehe…maap

  10. produksi motor honda pindah dari thailand ke indonesia? kaya sih tipis ya kemungkinan nya, paling indonesia kebagian cc kecil 1 s/d 2 silinder poll, yang cc besar 2-4 silinder tetep di thailannd untuk konsumsi global alias seluruh jagat

    • ya uda di simplify aja klw gtu
      sebut aja yg di indonesia adalah tempat membuat dan merakit
      mesin2 efisien yg sedang booming

      eh trend mesin ke depan kn emang bakalan mesin kecil yg efisien yg boming
      jadi buka di RI ttp merupakan pundi uang.
      bwt org ahm dan fbh 250 cc emng ga pernh dsebut Moge 500 cc ke atas udah boleh ngaku2 moge lah, nah 1000 cc itu moge
      contoh fireblade 1000 goldwing dkk
      biasa fbh otaknya di tempurung kepala, gak kaya fansboy sbelah di dengkul
      baru 2 cyl 250 cc songong blagu brasa brasa moge

  11. penjualan moge diindonesia masih bisa diitung dengan jari orang se rumah, karena harga selangit poll, ngga ekonomis bikin moge di sini

  12. disinyalir beberapa tahun kedepan pusat produksi global untuk semua pabrikan jepang akan dipindah ke sini ya kang. wah yo mumet pemerintahe ki. dalan e ra nambah. isine seng nambah terus.wkwkwkwkwk

  13. dramatisirnya mantep wak….

    menurut gw bener banget….yamaha kudu waspada, dan menyiapkan planing buat 2 tahun kedepan….

  14. Wah kabar mengerikan bwt Yamaha n Kawasaki..6 plant bro..4 plant aja market shareny nyampe 67%..gmna klo 6 plantnya udah full produksi..?? Beyond imagination..

  15. Kang kok bahas strategi honda, yamaha doang yang dikasih saran penangkalnya? kawak, suzuki ngga?. sebaliknya klo yamaha bikin strategi kok honda, kawak, suzuki ngga dikasi saran menangkal startegi yamaha?

    • ya sebenarnnya sama aja bro apa yang disodorkan ke Y sama aja sama yang disodorkan ke S dan K, cuma memang nanti bergantung pada DNA masing masing Brand yang menentukan bagaimana cara mereka mengunyah ngunyah dan mengejawantahkannya * bahasa susah bener nih ๐Ÿ˜€

  16. Mangap :O plant 4 kayaknya baru selesai dan Desember nanti baru diresmikan, dan udah mau nyusul plant 5 yang sudah mulai di bangun. Belum juga kelar plant 5 eh ini sudah ada rencana plant 6, gile bener AHM #Mangap kayaknya kedepan pusat produksi globalnya juga bakal dimari. Kalau udah gini, mau gak mau pabrikan lain juga harus produksi motornya disini, biar kompetitif dari segi harga tentunya.

  17. pabrik AHM di kawasan BIC emang gueeeeeedeeeee banget, kayanya itu seperempat kawasan cuma buat AHM doang. tajir banget nih AHM kayanya, kalo ada yang mau usaha kost-kostan harus dari sekarang bro, mumpung tanah didaerah situ masih murah

  18. Terima kasih yamaha, tanpa engkau ahm mungkin masih terlelap dengan C series dan GL series. Silahkan yamaha kembali ke tempat, walau kau sudah berusaha turun menuju singgasana asal dengan memperburuk desain desainmu, tapi bersyukurlah, konsumen masih merindukanmu.

  19. Wuidiiiih…klau blger tngkat suhu bahasanya jian nampol…kyaknya wak hj punya cenayang ko serba tau alias nembus dimensi yg akan terjadii..juosss buat wak hj.moga sehat selaluh aaamiiin….

  20. Hihi, sing penting konsumen yg diuntungkan dg makin banyaknya varian dan harga makin terjangkau krn produk lokal sbg basis produk global, joss..!! ๐Ÿ˜€

  21. klo..soal seperti itu (pembangunan pabrik)..pasti para kompetitor sudah mengetahuinya , cuman strategi ‘perang’ itu berpulang pada masing2 merek pabrikan jepang.., rencana ke tahun2 depan pasti sdh ada namun kembali lg ke kebijakan masing2 lah..

  22. wah semoga yimm berbenah diri…ntar takutnya spt jaman sy waktu kecil….merk H mendominasi…ampe bosen cuma gonta ganti stiker……ulasan yg bagus dr wak haji

  23. Aku mo nanya ..berapa persenkah saham astra honda di kuasai astra gtup dan berapa persen di kuasa honda jepang? Pastinya besaran honda jepang..kalo sahamnya kecil saham honda jepang gak bakalan banyak tranfer tehnologi dari honda jepang.. intinya kebijaksanaan pengembangan perusahaan di tangan jepang. Berlaku jg dengan yamaha..maukah yamaha jepang mau menglontorkan dana untk perluasan pabrik di indonesia?

  24. klw dari sudut pandang lu tuh gunung api gak bakal hebat mo.
    nggulung yamaha sampe mengadakan pmberhentian pgawai/salesnya
    akibat pnjualan yamaha lesu karena kompetisi dulu, karena kesiapan dan kesediaan manufaktur
    baru cengir2 mewek lu udah koment sampah dimari

  25. ms di bawah 40 % bagi2 dgn beberapa pabrikan lain pula
    eh yg kalah masih merasa jumawa
    ga tau diri,
    orang bego plus sinting aja ga bgtu2 amat deh prasaan

  26. Mentok2 nya yimm buat r15 n nvl mesin dohc, Mau kate performa beda tipis sama sohc yg penting lebih menjual. 2-3thn lagi lah yakin ahm mampu beda tipis sama yimm untk motor sportnya. Tuk sementara dikunyah2 dulu motor jadualnya ahm smpi muntah.

  27. saya yakin YIMM sudah tahu akan hal ini, malah lebih tau dari wak haji…tapi yo mungkin salah satune adalah kendala modal yang kalah jauh dibanding Honda yang memang perusahaan buesar..nah kalau mau jeli,YIMM lah yang nampolin AHM sehingga AHM mau ngasih produk bagus, tanpa ada campur tangan YIMM ngasih produk bagus, desain yahud, dan bermain di insdustri motor instad of jualan doang…AHM akan gitu-gitu aja produknya, paling pol ya kyak Megapro/Tiger…

    • saya juga yakin tahu dan yakin banget Y jauh lebih tahu
      tapi saya pengen mereka juga tahu bahwa bahaya latent seperti ini juga diketahui orang yang notabenennya diluar dari lingkaran mereka berdua H n Y . . .

    • memang itu gunanya rivalitas, jadi gak cuma berpuas diri bagi yang memonopoli/ menguasi…
      Thanks to YIMM, Suzuki, Kawasaki …
      —————-
      abesn malam semuanya
      โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”-
      Selamat malam, sharing artikel buat baca-bacaโ€ฆNew CBR lokal lebih lincah dari yang CBU Thailand, kata otomotifโ€ฆapalagi perbedaannya?
      http://wp.me/p3RGJN-3eN

      Mengenal penerapan OS Android Lolipop pada Google Nexus 4โ€ฆApa sih kelebihannya dibanding KitKat?
      http://wp.me/p3RGJN-3f6

  28. Wew grup astra di lawan,, tapi jangan takut konsumen sadar betul mana yg kualitasnya bagus ama mana yg kualitasnya di paksakan…

  29. woohhh diutnya ahm ng berseri.. bangun plant baru dah kyk bangun rumah bedeng aja.. sim salabim langsung jadi.

    efek positif & negatif nya bwt rakyat apa wak haji?

  30. Tentu yamaha juga dah siap kan tandingane wak…ingat k15 SAAT ITU DIGEMBAR-GEMBORKAN VIXION KILLER,..TAPI malah gak bisa njungke sport yamaha……malah dikiller sendiri sama nvl baru

    • ente keliru bro, cbsf itu beneran vixion killer, bukan new vixion..
      ente liat aja penjualan vixion langsung nyungsep, sekarang new vixion udah terdeteksi publik klo mesinnya bermasalah…
      kususnya ketika diplintir diputaran tinggi mesin langsung ngebul, dan bunyi kemrosok bikin galau pemiliknya…

      ๐Ÿ˜€

      coba baca di blog motogokil.com

  31. seketika para fbh lgsg pada muncul
    tpi menurutku sama aja hasilnya klo motor sprotnya ttp gitu saja
    ditunggu update sprotnya ahm semoga lbh mantab dan bukan sprot irit-iritan tpi ga kenceng alias mesin berjalan (verzamegapro)

  32. bisa jadi honda suatu saat bisa merebut pemimpin pasar sport dari yamaha.

    dgn catatan.produknya disukai konsumen.biar kapasitas produksi besar kalo produknya gak di minati konsumen ya cuma numpuk digudang..

    atau jangan jangan ini bikin gudang buat naruh yg gak laku.ngoahaha…

  33. nasionalkan astra motor dan astra mobil…plant punya resource banyak…r&d..okeh…cuma jaringan dah seluruh negeri…ayoo ngastra..kita nasionalkan produknya…

  34. Hal yang paling edian… Indo jd basik pasar honda… Indo ini pasar yang empuk, gak dr dlu ya jepang sadar akan hal t ๐Ÿ™‚

  35. wah gawat,yimm kudu audisi cari juru kunci untuk tolak mleduknye gunung merapi dlm laut punya’e ahm…yimm kudu cari all new mbah maridjan…rosa..rosa..

  36. Strategi yamaha vixion tak terbantahkan ampe sekarang, all new mega pro, verza, CBSF, all new cbr gx bisa menjungkal body sexinya new vixion aka muka shincan… Disaat honda fokus ke sport, yamaha fight back metic, moped, jadi rame nih jalanan makin macet, saatnya safety riding dikedepankan, konsumen indonesia sederhana, irit, mesin bandel, bertenaga, canggih, desain aduhai…
    โ•”โ•โ•โ•ฆโ•โ•ฆโ•โ•ฆโ•โ•โ•ฆโ•โ•ฆโ•โ•—
    โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ• โ•—โ•”โ•ฃโ•‘โ•‘โ•‘โ•‘
    โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•ฆโ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•ฆโ•‘โ•”โ•
    โ•šโ•ฉโ•ฉโ•ฉโ•ฉโ•ฉโ•ฉโ•โ•šโ•โ•šโ•ฉโ•ฉโ• Powered by Telkomsel BlackBerryยฎ

    • lhawong 4 metic ahm siap2 mbrojol kok,tambah lagi bebek super sama bebek sport siap2 methungul…

      ngoahahahaaa opo ora mumet yimm wkwkwk

  37. jurus masspro. biaya produksi setengah harga jual pabrik. jadi masih bisa obral-obral kalo gak laku. kalo laku untungnya segunung.

  38. ternyata ini yang dibilang sama para petinggi AHM “butuh kesabaran, gak boleh grasak grusuk untuk menjungkalkan sport tetangga.”

    always ready stock, gak pake inden

  39. yang pasti plant 5 akan ada sirkuit permanennya kang buat uji tipe baru yg pasti lagi lebih lengkap dan kompleks dr yg dicakung….

  40. kalo sport honda gitu2 aja ya bakalan susah jungkalin sport yamaha. kecuali dijual dgn harga lebih murah dari sport yamaha. Dan bikin motor murah itu ga gampang, mesti banyak yg disunat.

  41. Tiap hari brgkt krja saya lewat situ wak haji.. mklum ane sma krja d honda tp sparepart honda mobil di kwasan indotaisei.. memang tu ahm msh trus ngebangun pbrik ny.. kta ny da jg sbgian kryawan yg d plant cibitung di pindahkn ksna.. bkal jd pbrik plg besar tuh sekawasan bic krwg.. jozz ganjozz tenan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here