460x110-maret2

blog-460x120-alt

tmc-sukamart-april2

Perpanjang-sim-10 (Copy)

Bro sekalian, pagi pagi artikel ringan aja yaaa  . . .  kebetulan banget kemarin baru nganterin Mrs TMCBlog memperpanjang SIM Sepeda Motor atau SIM C di SATPAS SATLANTAS Markas Polresta Bogor  . . . Yah selama ini SIM beliau sudah habis masa berlaku selama beberapa Pekan  . . . awalnya Bingung wah, kena denda nggak Ya? APakah harus mulai dari Seperti Bikin SIM baru?  . . . nahhh Hal Yang perlu Kau Ketahui Ketika Memperpanjang SIM ? Cekidot sob  . . .

banner-440x100px

MBtech Riders-APR

Kapan Bisa memperpanjang Sim ?

Perpanjang-sim-11 (Copy)

Sesuai dengan papan pengumuman diatas sob . . . Kita bisa memperpanjang SIM mulai dari dua pekan sebelum Itu SIM habis masa berlaku sampai 3 bulan setelah SIM Habis masa berlaku

Kalo udah lebih dari 3 bulan Basi ?

Ya kudu Mengikuti prosedur seperti Membuat SIM baru sob

Lho Apa Beda Prosedur membuat sim Baru dan memperpanjang SIM ?

Perbedaan Membuat Sim baru dan memperpanjang Sim adalah, pada Pembuatan SIM Baru ada yang namanya Ujian Praktek dan Ujian teori sob . . . dan ini jelas butuh tambahan waktu ( lihat foto pertama untuk alurnya sob)

Biayanya Juga beda ?

Perpanjang-sim-13-(Copy)

Iyah sob beda juga antara bikin SIM baru dan Perpanjangan. Untuk lengkapnya silahkan cekidot deh jepretan Ponsel TMCBlog di atas  . . . kalo dilist sih untuk tahn 2015 ini di Polres Bogor :

SIM C Baru Rp 100 ribu

SIM C Perpanjangan Rp 75 Ribu

SIM A Perseorangan Baru Rp 120 ribu

SIM A Umum Baru Rp 120 ribu

SIM A Perpanjangan Rp 80 Ribu

SIM B I Perseorangan Baru Rp 120 ribu

SIM B I Umum Baru Rp 120 ribu

SIM B I Perpanjangan Rp 80 Ribu

SIM B II Perseorangan Baru Rp 120 ribu

SIM B II Umum Baru Rp 120 ribu

SIM B II Perpanjangan Rp 80 Ribu

Prosesnnya Perpanjangan SIM sendiri Gimana sih ?

Perpanjang-sim-10 (Copy)

Proses perpanjangan SIM C yang dilakukan oleh Mrs TMCBlog adalah sebagai yang terlihat di Diagram atas sob . . .

Jadi dari Rumah siapkan FotoCopy KTP dan SIM yang sudah habis masa berlaku

Perpanjang-sim-01 (Copy)

Jpeg

Sampai Langsung ke Klinik untuk Periksa kesehatan . . . Cek tensi darah, tinggi dan berat tubuh plus cek buta-warna . . . Biaya 20 ribu Rupiah, lalu ada sodoran Asurasi Bhayangkara yang berlaku 5 tahun dengan polis 30 ribu rupiah . . . ya Lumayan lah  . . . total total 50 ribu

Perpanjang-sim-03 (Copy)

Dari Klinik, langsung menuju BANK BRI yang kebetulan masih dalam Komplek kantor pengurusan SIM Polresta Bogor

Perpanjang-sim-06 (Copy)

Dari Bank, memperoleh Tanda Bukti pembayaran .. masuk ke Loket 1 untuk pendaftaran

Perpanjang-sim-07 (Copy)

Dari Loket 1, sekitar 3 menit kemudian sudah dipanggil kembali dari Loket 2, dikasih formulir yang harus diisi. ISiannya juga simple sob . . . seperti di bawah ini sob

Perpanjang-sim-08 (Copy)

Setelah Formulir Terisi lengkap Masukkan kembali ke Loket 3 . . . lalu memperoleh Nomor antrian Foto . . .

Perpanjang-sim-12 (Copy)

Menunggu Nomor antrian dipanggil, lalu masuk ruang foto . . . jeprat jepret, 5 menit kemudian sudah keluar ruang foto dan SIM pun secara Instant jadi dan diambil di Loket 4 . . . total waktu pembuatan dari mulai pemeriksaan sampai SIM jadi sekitar 40 menit . . . Cepet juga nih . . . total Biaya 75 ribu + 20 rb ( cek kesehatan) + 30 rb ( asuransi ) = 125 ribu rupiah  . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

 MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

 

130 COMMENTS

  1. Ditempat saya sekarang prosesnya lama wak, terutama dibagian proses foto. Wak haji cuma 40menit, di tempat saya bisa 4jam buat ngantri foto.

    Guest
    • kayaknnya masih ada, karena di luar kantor polisi masih ada yang nanyain . . “perpanjangan atau bikin baru?” .. . nah nah, bukannya suudzon, cuma disinyalir . . . so bikin sendiri aja, gampang koq

      Administrator
      • calo biasanya polisi juga. pengalaman tahun kemarin, nyampe satsim lgsg di tanya petugas bikin baru/perpanjang? trs lsg di minta fc ktp ama sim nya. trs di suruh nunggu di ruangan, transaksi tawar menawar, deal lsg bayar. trs lsg suruh antri foto. waktu +/- 1 jam.

        Guest
    • asli, nggak bingung koq, tahun kemarin saya sendiri perpanjangan sim A juga begini, sekitar 1,5 jam karena sedang rame aja, nunggu fotonya lama 😀

      Administrator
  2. Berguna infonya wak buat yg baru mo buat sim ataupun yg biasa nembak sim karena ga tau prosedurnya seperti apa, semoga trus diberi kesehatan biar terus bisa share artikel yg berguna bukan cuma artikel yg mengundang hit smata coz u the only one wak blog besar satunya no hope dagh…

    Guest
  3. biaya asuransi bhayangkara itu untuk apa wak? Kan dah ada asuransi jasa raharja.
    Apa ini cara polisi buat minta uang secara halus pengganti pungli?.
    Sebab kl ada kecelakaan, pasti yg dituju jasa raharja, bkn bhayangkara.

    Guest
    • asuransi 3rd party aja . . .
      kalo dibilang pungli, saya belum bisa memastikan . . .
      kalo bener ya, minimal ada dua asuransi nih

      Administrator
  4. Sebulan yg lalu iseng tanya kpd pak polisi d Polres Bna, brp biaya utk proses peningkatan SIM B polos k umum ? Beliau jawab : Rp 1.200.000,_ ( satu juta dua ratus ribu rupiah )….

    Guest
    • kalo menurut pengumuman itu, biaya bikinnya sih mungkin sama dengan biaya bikin baru . . . bogor 120 rb ya bro

      Administrator
  5. Wak haji, tolong di ulas juga info untuk pengurusan mutasi SIM.
    apa aja syaratnya dan prosesnya bagaimana ???

    Guest
    • cabut berkas dulu untuk sim lama, trs masuk loket mutasi di polrestabes tempat yg baru, syarat sama aja kaya perpanjangan SIM selama SIM belum kadaluarsa

      Guest
    • Mutasi SIM ga beda jauh ma perpanjangan asal masih berlaku. Ga perlu ujian lagi. Kalo dah ada surat keterangan sehat ga perlu cek kesehatah lg (bikin di puskesmas Rp 5000,00 Bandung).
      Tinggal ikuti alur saja.

      Guest
  6. maaf wak, bukan maksud mau ngejelek-jelekin instansi yang satu ini….

    tapi di daerah ane buat SIM harus melalui calo, kalau sediri gak bakal dilayani… kalau pun dilayani, pasti dipersulit….

    bayangkan aja wak, biaya pembuatan SIM C tahun 2013 aja sudah hampir 500rb… SIM A 600rb…
    miris ane liatnya 🙁

    Semoga birokrasi kita kedepannya semakin baik dan transparan dalam melayani…

    Guest
  7. mungkin kurangnya sosialisasi dan malesnya orang tuk cari informasi dan dgn alasan kesibukan jdi masih banyak praktek nembak sim
    Ane kbtulan pernah kursus mobil dan di tempat kursus tersebut juga ada jasa bikin sim A dan C tinggal bawa foto 2 lmbar jdi walau blum bsa nyetir mobil pun sim bisa didapat dgn membayar 1jt sim A, sim B 500rb
    Pengen bikin sim dgn cara yg baik dan benar, paling ga ngurangi praktek corup dari diri sendiri biar barokah simnya hehehe

    Guest
  8. Enak di mal gak perlu dokter2an dateng isi formulir nunggu di panggil bayar, foto, verifikasi data, cetak jadi tinggal pulang….

    Guest
  9. emg betulll kok perpanjang sim sekarang cepet….baru sebulan kemarin perpanjang di polres jakpus…biaya jg sama segituan…ga sampe sejam

    Guest
  10. tgl 1 april 2015 yg lalu saya perpanjang sim c di mobil sim keliling polresta bukittinggi-sumbar kena biaya rp.230.000 ….berarti kelebihan rp.100.000 nya = biaya siluman….

    Guest
  11. jauh lebih enak dan cepet perpanjang SIM dsi samsat keliling aja,
    pengalaman tahun kemarin ane perpanjang SIM, kalo ga salah cuman perlu KTP asli n SIM asli sama uang 75rb jg kalo ga salah, isdi formulir bentar trus tinggal antri..
    kebetulan lokasi mangkalnya di alun2 di pinggir jalan, jadi sambil nunggu giliran (ga lama tergantung antrian) nongkrong n beli makanan or es dulu dah….hehe

    Guest
  12. Kalo di purwakarta kemarin perpanjang SIM C di sim keliling (pakai bis) kena 150.000… 2 x lipat harga normal

    Guest
  13. mungkin karena tahu itu tmcblog jadi lancar kalo dibikin ribet ntar bisa dua artikel di blog TMC 😀 .

    wak haji mau nambah koleksi Garmin? mungkin Garmin X dan XE terbaru.. multifungsi plus plus pula. bisa lihat dulu infonya di goozir.com

    Guest
  14. Kalo blm telat Lebih simpel di mobil SIM keliling wak.

    tinggal daptar bayar formulir rp. 1000, trus diisi, diserahin petugas trua tinggal nunggu dipanggil..

    biaya terpantau di semarang rp. 110000.
    g smpe 10mnt jd.

    Guest
  15. SIM bukan disamsat keliling kali om, ya emg di mobil SIM keliling 🙂 bayarnya sih mgkn sama 120rb tp proses gak ribet, klo cm 75rb untung di ente kga ada biaya cek kesehatan dll klo gt

    Guest
  16. 1 lg yg perlu diperhatikan wak. jangan perpanjang sim/membuat sim pas ada razia polisi ( kaya operasi zebra gtu ). karena di samsat sim pasti rame berjubel. pengalaman tahun lalu pas apes ngurus sim barengan ada operasi zebra. bikin jam 8 kelar jam 3 sore. kalo mau perpanjang tp pas barengan sama operasi tertentu. mending perpanjangnya dipercepat/menunggu operasi usai 😀
    *lokasi saya samsat jakarta barat.

    Guest
  17. Waah dulu ane perpanjangan masa berlaku SIM C pake jasa SIM Keliling prosesnya ga ribet wak haji. Cuma datang bawa fotocopy KTP & SIM C lama terus isi formulir. Nunggu 15 menit buat dipanggil foto & SIM C nya pun langsung jadi. Total biaya skitar 135 ribu rupiah saja.

    Guest
  18. ENAK BANGET! Itu pembuka komennya, ditempat ane wak, ane kemaren juga perpanjangan (Desember sih sebenernya), menghabiskan waktu 6 jam. Bayar “cek kesehatan” 20 rebu, kenapa diberi tanda petik? Lha wong tinggi badan ukur sendiri, berat badan mending ya gampang, dan udah, itu aja, tekanan darah gak dihitung sama sekali! Terus lanjut ke loket, sama aja prosedurnya, isi formulir bla-bla-bla. Lanjut lagi menanti 4 jam cuma buat dipanggil foto, apa nggak edan? Di ruang foto harus nunggu lagi sekitar 2 jam! Begitu selesai foto, nunggu SIMnya dicetak lagi. Apa nggak mantep tuh?

    Udah jadi SIM, bayarnya berapa? 150 rebu! Gile, 2x lipat harga resmi, plus bayar “cek kesehatan” 20 rebu, total 170 rebu (kagak ada diminta asuransi dll). Mau komplen ini-itu ntar malah diperlambat lagi, kapan kelarnya dah ntar..

    Jadi, ya enak banget di tempat wak haji 40 menit udah kelar.

    Guest
  19. persiapan besok bikin sim ah 😀
    pertamax7.com/2015/04/24/yamaha-vixion-ngebul-kata-pak-abidin-yimm-semua-motor-akan-berasap-kalau-digeber-8000-rpm/

    Guest
  20. klau ada samsat corner misal di mall atau di mobil keliling satlantas bisa lbh cepat,menurut pengalaman saya,saya perpanjangan sim A di samsat corner di mall sidoarjo cuma bth waktu 30 menit,itu udah full dari awal sampai dapet sim barunya

    Guest
  21. mulai juli kan katanya SIM Online berlaku nih wak nah sementara sim ane habis bulan Desember . kebetulan SIM ane itu SIM daerah dan KTP ane udah pindah ke DKI .. kalo bgini kasusnya kira2 gimana yah wak .. apa ane harus bikin surat mutasi ke daerah dulu ato langsung ke satlantas terdekat di jakarta aja .. ?

    Guest
  22. Wak haji kan bloger terkenal seantero jagad alam dan gaib.jadi ya lancar2 aja.cepet.kena palak polisi di curhatin di blog nya.polres bogor kalang kabut dlosor mubeng.jenggot sariawan

    Guest
  23. Hehehehehe wak haji setia bingits,, klo di DKI di mobil sim keliling lebih cepat lag wak, biayanya 150 an. Hari minggu lagi,, jd tenang tinggal datang trus ambil formulir tdk lupa. Bawa ktp sama sim lama,, nunggu panggilan photo langsung tanda tangan sim jadi, bayar pulang.,,, tdk sampe 30 menit,,

    Guest
  24. klo SIM udah mati 3 thn yang lalu,masih bisa di SIM keliling..?

    klo info sim keliling bekasi dimana ya..? jarang denger keknya

    TQ

    Guest
  25. Ditempatku urutannya jg sama mlh lebih cepet 1 point di (loket 1) pendaftaran bayar jd 1 (loket 2) ambil formulir biru… dst…

    Guest
  26. Kalau di Polres Bekasi begitu datang langsung dihadang Calo, susah kalau mau ngurus sendiri, ujung ujung 400 rb. di Bogor keknya gampang Kang Haji. 🙂

    Guest
  27. Murah bener wak cuma segitu biaya nya
    Di tempat saya t.tinggi sumatra utara klo prpanjang sim mesti buat baru lgi katanya pdahal blm mati sim nya
    Dan biaya nya mahal wak sampai 300rb pdahal disitu ada info biaya nya perpanjang 75rb buat baru 100rb
    Apa ada permainan ya wak?

    Guest
  28. keknya klaim asuransi bhayangkara ribet wak. preminya ga sebrapa.

    Untuk pemilik SIM C :
    a) Meninggal Dunia = Rp. 2.000.000,-
    b) Cacat Tetap = Rp. 2.000.000,-Jumlah maksimal yang diberikan berdasarkan persentase cacat fungsi.
    c) Biaya Pengobatan = Rp. 200.000,-Jumlah maksimal yang diberikan setiap kecelakaan selama 5 tahun.

    CARA MENGAJUKAN KLAIM
    1) Melaporkan kepada Petugas asuransi PT. Bhakti Bhayangkara Daerah dimasing-masing Satpas setempat.
    2) Melampirkan surat keterangan dari pihak yang berwenang tentang :
    a) Surat keterangan kejadian kecelakaan lalu lintas dari Satlantas setempat.
    b) Kematian / cacat / biaya rumah sakit.
    c) Photo copy SIM dan Kartu Asuransi yang bersangkutan.
    d) Tuntutan dari ahli waris yang sah dalam hal tertanggung meninggal dunia dengan disertai visum et repertum.

    sumur abb.co.id

    Guest
  29. dan setelah baca artikel ini, kemarin tgl 28 langsung saya praktekin untuk perpanpang sim c saya. dan alurnya sama persis + totalnya cuma abis 110 ribu .

    Guest
  30. proses yg lmyn ribet mau perpanjang sim B1 pribadi. knp hrs make sertifikat klinik mengemudi? yg udah jelas2 cuma ngejalanin simulator abal2.. klo buat baru maklum lah.. tp klo utk perpanjangan, knp hrs mjd syarat wajib?
    semoga ada perbaikan.

    Guest
  31. Hatur nuhun kag Bro atas info nya, sim salabim saya mau habis waktu tayang nya, mau di perpanjang dulu 2 meter biar awet.. bermanfaat info nya, ringan penyampaiannya kaya krupuk palembang..

    Guest
  32. Selamat Malam,, Mohon izin Saya mau bertanya” Sim C saya habis dari tanggal 16 Juni 2015 apakah bisa di perpanjang di Mobil Sim Keliling di pasar baru Jakarta,,??,, atas info nya saya ucapkan terima kasih,

    Guest
  33. ada gagasan yang baik, tapi kadang menjadi percuma aja kalo banyak oknum yang sengaja menciptakan kondisi air keruh dengan motto ” kalo bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah”

    Guest
  34. Kalau perpanjangan SIM di polres KENDAL jawa tengah, berbeda…
    Biaya lebih dari pada di bogor…
    dg rincian sbb
    SIM A
    Bayar di BRI Rp 80.000
    Cek kesehatan Rp 40.000
    saat ambil formulir Rp 25.000
    Asuransi Rp 30.000
    semua TANPA Kwitansi….
    Seperti PUNGLI saat meminta uang pembayaran terutama pd saat ambil formulir….
    Padahal disitu ada tertulis “DILARANG MELAKUKAN PUNGUTAN LIAR”
    dan sebagainya….
    Bagaimana hal itu msh mereka LAKUKAN???
    Kapan mau berubah??
    Itu instruksi Presiden knp kalian melanggar????
    Trm ksh

    Guest
  35. Klo mo perpanjang sim..tp Sim yg lama alamat bdg sdgkan skrg ktp saya sdh dijkt..gmn tuh?kena biaya Ga ya?trz tau Ga kira” kena brp?tlg infonya ya…thx

    Guest
  36. Ane perpnjg dimnta sertifikat sim nya ya gan ane masuk dsruh buat biaya buat sertifikat 220rb kt petugas pos wajib lapor disuruh buat klo gk da sertifikat gk bisa …itu juga pake tes teori + praktek juga

    Guest
  37. Ketika seseorang sudah pernah lulus mengikuti ujian pembuatan SIM, berarti orang itu sudah dipastikan mengerti dan mampu menjadi pengendara yang baik. Sekarang pertanyaan saya, kenapa masih harus diperpanjang setelah 5 tahun? apakah ada kemungkinan setelah 5 tahun itu kemampuan kita untuk memahami peraturan lalu lintas dan keterampilan mengemudikan kendaraan bermotor kita berkurang? Jadi perlu di perbaharui?

    Salam

    Guest
  38. Trimakasih atas infonya..cuma berbeda dengan DKI di DAAN MOGOT dalam memperpanjang SIM A (umum) kok di test dari awal sih itu terjadi sekitar 20013, sungguh tidak praktis dan buang waktu dan ujung-ujungnya pake calo juga,karena tidak lulus samapi 3x pertemuan. Soal dan praktek tidak nyambung dengan peaktek kendaraan setiap hari.huffffff…..

    Guest
  39. Mas saya ngurus SIM di Medan dan masih aktif. namun saya sudah di jakarta sekarang dan sudah KTP Bogor. ingin memperpanjang SIM yg dari Medan di Bogor bisa ndda mas?

    Caranya gmana ya mas?

    Guest
    • bukan ini asuransi lokal daerah kayaknya , asuransi bhayangkara, jasa raharja biasannya di STNK, cmiiw

      Administrator
  40. 2017 pengguna kendaraan bermotor semakin banyak, 5th lalu buka jam 9 datang jam 9 antrian paling 10orang.

    Sekarang sim corner buka jam 9, datang jam 8 udah antrian ke 40, banyak yang sudah datang dari jam 7, bahkan ada satu bapak2 datang jam 6 pagi. jam 9 udah antrian seratus sekian. Alhasil pulang tanpa hasil. besok mau coba berangkat jam 6 pagi, hahaha.

    Inilah akibat lupa, baru ingat masa berlaku sim tinggal 2hari, itu juga diingetin polisi yang razia kemarin. hahaha

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.