460x110-maret2

tmc

tmc-sukamart-april2

jorge-fp1

Bro sekalian, Mohon maf sekali lagi karena kendala server, report MotoGP jadi agak delay šŸ˜€Ā  . . . Oke langsung saja kita cek Hasil Akumulasi FreePractice 1 dan 2 MotoGPĀ  Jerez 2015 . . . Jorge Lorenzo Menguasai dua Jalannya Free Practice. DiĀ  FP pertama JL99 mencetak laptime 1’39.174 dan Di FP2 walaupun masih menjadi yang tercepat ia berhasil menorehkan laptime 1’39.300, karena pada Q2 nanti dipilih 10 rider tercepat dari kombinasi 3 FP ( FP1 sampai FP3 ) maka Laptime Tercepatlah yang di ambil, dan untuk Jorge adalah laptime di FP1 . . . namun menarik, karena di tiga Race terdahulu Baik Qatar-Austin dan Termas, Lorenzo seperti belum memperoleh Pace terbaiknya, namun di negarannya sendiri iniĀ  Ia seperti kembali menemukan Kecepatan, Konsentrasi dan determenasinya . .. bahkan Jorge Lorenzo di FP1 dan FP2 ini berhasil lebih cepat dari circuit record saat Race yang dicetak atas namanya sendiri di Tahun 2013 . . . jangan jangan ada motivasi sendiri karena besok senin 4 Mei 2015 JL99 Ulang tahun yang ke 28 ? šŸ˜€

440X100-hondamotorshow1

MBtech Riders-APR

aleix-fp1

Di tempat kedua setelah Lorenzo adalah Aleix Espargaro yang juga mencatatkan laptime tercepat akumulasi sementara di FP1 dengan 1’39.223 . . . namun dikabarkan oleh Motogp bahwa Aleix memang diuntungkan oleh penggunaan Ban yang lebih soft. Sedangkan Kabar mengenai penggunaan Seamless Shift gearbox seperti yang sempat di kabarkan oleh Maveric Vinales ternyata Gagal setelah ditest coba pada tahap pertama menemukan masalah teknis sob.

marc-fp1

Di tempat ke Tiga tercepatĀ  adalah Marc Marquez yang melakukan lap dengan kondisi lengan kiri cidera akibat retak tulang kelingking sepekan lalu. HRC melakukan sedikit modifikasi di Handgrip tunggangan Marquez untuk menopang sisi sebelah luar dari pergelangan kiri MM93. Namun salut, dengan kondisi seperti itupun Marc berhasil mencetak laptimeĀ  1’39.428 atau hanya terpaut 0,254 dari laptime terbaik Jorge Lorenzo di akumulasi dua FP 1 dan FP2. Namun tidak seperti Jorge dan Aleix . .Ā  Marc Mencetak Laptime terbaik ini di FP2.

marc-fp1-handgrip

Marc Marquez sendiri mengatakan ke Repsol Honda seperti Press Release yang tmcblog terima bahwa ia masih merasakan sakit yang sangat saat ngebejek handle kiri RC213V . . . Mungkin oleh karena itu juga total lap yang dibukukan pun tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan Jorge Lorenzo. Seperti apakah konsistensi Marc pasca Operasi cidera ini nanti kita bahas di bagian Lap per sector ya sob . . .

Duo Ducati Factory yakniĀ Ā  Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso yang agak kendor di FP1 terjawab di FP2 sob . . . keduannya menempati tempat ke 4 dan 5. Yap Dengan GP15 Di jerez ini adalah pembuktian selanjutnya . . . ini sirkuit tidak mengandalkan performa top speed namun ke-fleksibelan sasis dan kekuatan saat speed corner . . . Kita akan simak performa GP15 di sesi latihan selanjutnya sob . .

Valentino Rossi yang moncer di 3 race pembuka MotoGP 15 ini, tidak terlihat begitu greget di dua Free Practice kemarin . . . laptime terbaiknya hampir 0,7 detik di belakang laptime terbaik Jorge Lorenzo . . . namun jangan khawatir, Rossi mah Gituh bro . . . di FP kadang terlihat nggak meyakinkan . . . tapi di Race nanti bisa jadi VR46 sangat luar biasa . . . Namun tmcblog coba analisa kenapa Rossi begtu pelan ? . . . Yup disinyalir Rossi Fokus ke pemakaian Ban dengan Kompon Keras semenjak dini . . . ia mengatakan sesuai Press release Tim Movistar yang tmcblog terima bahwa ia sangat yakin ban Kompon keras akan jadi ban terbaik saat Race nanti jadi ia Fokus ke pemakaian tipe Kompon ini semenjak awal . . .

Data yang tmcblog peroleh dari Bridgestone sendiriĀ  menunjukan bahwa pada FP1 – Dry. Ambient 19-21Ā°C; Track 26-29Ā°C dan pada FP2 – Dry. Ambient 29-30Ā°C; Track 50-53Ā°C . . . jelas banget ada perbedaan mencolok dari segi temperatur sirkuit saat FP1 dan FP2 . . . wajar Rossi mengatakan bahwa FP2 ia banyak mengalami gejala Slide . . .

combined1-2

Yang paling mengejutkan adalah Danilo Petruci yang bisa lebih cepat dari banyak rider Factory Satelit seperti Crutchlow, Smith, Redding dan bahkan . . . Vlentino Rossi . . . dan jelas ia adalah Rider Satelit tercepat di kombinasi FP1 dan 2 . . . ini menarik secara Petruci padahal Petruci menggunakan Motor Ducati Desmosedici GP14 yang notabenenya ‘lebih susah belok ‘ dibanding GP15 dan . . . Jerez bukanlah tipe Sirkuit yang menuntut power . . . melainkan fleksibilitasĀ  . . . apakah ada yang diupdate pada sasis GP14 nya Pramac Racing? entahlahĀ  . . . silahkan dikunyah kunyah sob sementara nunggu server balik lagi nih . . . semoga berguna

taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

 

 

 

35 COMMENTS

  1. Kang ga salah “… ia mengatakan sesuai Press release Tim
    Movistar Honda yang…..” bukan Movistar YAMAHA?

    • Ah masa? Kemaren waktu markonah juara FP terus kok pada bangga banget? Sampe rossi di anggap sepele,buktinya rossi malah menang dan markonah ndlosor wkwkwk

  2. Wak.. knp pada suhu tinggi ban mengalami slide..? Bukannya kalau suhu tarmac tinggi membuat ban kompon keras jd lebih lengket? apakah karena pada suhu tinggi, tarmac mengeluarkan minyak (minyak tarmac naik ke permukaan)??
    Terima kasih

  3. Spertinya artikel2 di blog ini ada prubahan yak..ada yg hilang, susunan artikel berubah sdkit, dan ada jga komentar2 dikurangi. Rata2 artikel dikomntari skitar 50 komentar..
    Atau ini hnya perasaan sya saja:.

  4. Hehe, fp dan kualifikasi gw emang lelet. Ntar baru di race gw habis-habisan. #gw mah gitu orangnya (vr46)

  5. FP2 suhu lebih tinggi tapi kok ban hard Rossi malah lebih slide ya? Apa krn jd lebih cepet aus jd ilang traksi?

    Logikanya kalo suhu lebih panas malah lebih ngegrip dibanding dingin kan, kang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.