Bro sekalian, seperti Kita ketahui Bagi HRC 7 race pembuka MotoGP Musim 2015 sangatlah berbeda bila dibandingkan dengan tengah musim pertama MotoGP 2014 . . . Mulai dari Test Pertama Motor Seri 2015 Oleh Marc Marquez pasca race Valencia 2014, Paket all new Bike RC213V 2015 sudah kelihatan potensi masalahnya, Motor liar dan sulit dikendalikan. Motor ini dibangun oleh HRC dan di test sebanyak 3 kali setahun oleh test rider mereka Casey Stoner. Stoner selalu memberikan hasil testimobi positif terhadap hasil testnya, namun Marc Marquez dan rider lainnya terlihat terus struggle untuk menjinakkan sang RC213V . . . Marc Sempat bilang ke Motocuarto (1) bahwa Andil Stoner tidak terlalu besar untuk pengembangan RC213V . . . Lalu Bagaimana Stoner mananggapi hal ini? Berikut wawancara Stoner dengan Marca (2). .
M : Walaupun Marc Menyangkal, apakah menurutmu Marc meminta Honda Untuk Menghentikanmu mengetest Motor RC213V ?
Stoner : Saya pikir Marc tidak mengatakan hal tersebut, saya yakin benar. Jikapun ada sedikit kesempatan bagi saya untuk kompetitif, jelas akan menguntungkan dirinya. Saya yakin Marc tidak mencegahnya. Itu semua orang lain ( yang membuat opini ). Apa Yang terjadi belumlah Jelas
M : Jadi menurutmu ada pihal ketiga yang tertarik membuat kntroversi antara Marcquez dan kamu?
Stoner : Ya seperti itulah. da sesuatu yang dikatakan Marc berbeda dengan apa yang saya katakan dan mereka memelintirkan hal tersebut. Menjadi jurnalis mudah, ambil quote yang kamu inginkan dan itu mudah. Itu tidak benar
M : Kau Setuju dengan Klaim Marc bahwa tak ada rider yang dapat membangun motor hanya dengan tiga kali test dalam setahun
Stoner : Ketika Kau bisa geber kencang, kamu akan dapat memperoleh Feel motor dengan baik. Saya tidak mencoba part yang menjadi masalah buat Marc. Marc Dan timnya menentukan apa yang mau mereka lakukan sendiri. Mungkin mereka tidak sejalan dengan yang saya lakukan (arahan saya) , namun Marc berbeda dengan saya dan Juga Dani. Semua orang menggunakan pilihannya sendiri. Ketika saya melakukan test, saya tidak mengetest motor tersebut untuk diri saya sendiri : Saya tawarkan opsi lain.
M : namun Kamu mencoba motor 2015. APakah kau merasakan bahwa motor itu agresif seperti Yang Marc, Dani dan Crutchlow katakan ?
Stoner : Kalau menurut pendapat saya (RC213V Model 2015 ) tidaklah telalu agresif. Development mesin terus berjalan, Namun kamu bisa melakukan perubahan dengan Mapping. Mekanik mengatakan : Oke kita akan membuatnya lebih lembut. Saya Rasa Masalah Motor ini bukan pada mesinnya. Merubah Sasis adalah yang lebih sulit. Jika kamu tidak memperoleh Grip roda belakang, motor apapun akan terlihat agresif . .
So terlihat lah di akhir wawancara bahwa menurut stoner, masalah utama dari agresifnya Motor Honda RC213V versi 2015 bukan terletak pada power dan torsi ataupun karakter dari mesinnya. Namun perlu dicatat juga bahwa stoner tidak menyalahkan Marquez . . dari apa yang dikatakannya . . . ia, Stoner mensinyalir keliaran tersebut berasal dari perubahan sasis dibandingkan Motor Tahun lalu. So Begitukah ? Silahkan dikunyah kunyah sob . . . semoga berguna
taufik of BuitenZorg
Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui
- email : taufiknmotorcycle@yahoo.com
- android App : TMCBlog @ google Play
- instagram : tmcblog
- whatsapp : +62818103404
- Facebook TMCBlog
- Twitter Resmi TMCBlog @motoupdate
Pembalape Edan
Baca dulu
Podium kah
papat
Naequez harus lebih Dewasa lagi
Stoner aja yg maju. Yakin bakal rame…
masih sepi
haha
tiap pembalap mempunyai karakter yg beda untuk bawa motor wak
itu benar
mental CS dengan MM itu beda jauh kelasnya. CS bisa kencang dan terkendali dgn RC213V sedangkan MM merasa motor itu masih terlalu agresif dan susah dikendalikan. Andaikan CS ikut balapGP menggunakan RCVnya, mungkin udah melesat jauh didepan dibanding kompetitor Y,D,S,& A.
Sasis itu bagian dari motor bukan sih wak??? Kalo iya judulnya kurang tepat nih wak, mungkin harusnya
“Menurut Stoner Masalah Honda Bukan di Mesinya”
Saya baca full nyari faktor diluar motor eh nemunya sasis sasis juga
Mungkin dimaksud mesin oleh wak disini adalah paket 2015 HRC kali ya karena sasis masih bisa dirubah sepanjang musim. Jadi stoner gk terima disalahin wong markes gk pake sasis yg dipake stoner waktu tes pramusim 2015..
udah marquez.. pensiun dini aja… crash lagi crash lagi..
kalau mau belajar, belajar dulu 😀 wkwkwkwk
saat honda dah g bisa menampung potensi marc,menurut sy sudah saatna marc ganti motor yg bisa wak..ngopi dulu wak biar g ndlosor..hahaha..:-D
Pakek Yamaha lebih mantaaap..
Jamin Jurdu lagi dah kalo pegang YZR
Harusnya MM ngajak stoner ngopi2.. belajar cara jinakin banteng.
Biasa ajalah masalah crash, dulunya stoner lebih sering juga jempalitan sebelum jurdun. Lebih mending marq baru naik kemoto gp aja sdh juara.
Ya jelas lah.CS sering ndlosor krn masuk motoGP disatelit dulu LCR team, coba MM diLCR jaminan gk bkl prnah podium, stelah dr LCR langsung k ducati, hasilnya apa?? Jurdun bozzzz…sampai2 rossi slalu frustasi jk h2h dg CS,,
Stelah dr ducati masuk HRC hasilnya apa?? Jurdun bozzzz,,dg rcv CS gmpang ngamplengi rival
Stoner mmg hebat bos, tapi buat pengembangan motor ane kira gk. Buktinya diducati cuma sekali jurdun, terus pindah kehonda sekali jurdun dan dilemparkan oleh yg katanya domba. Hingga pensiun tanpa gelar, fakta.
Udah terima uang iklan sama helem gratis kewajibannya bikin artikel yang baik2 buat honda. Hahahaha.
kalah dibikin menang..
kasian ama ente hati penuh dengki , sampe gak bisa berfikir waras.
@joki jelas anda membidik saya . .. orang nulis apa, dia komen apa wkwkwkwk, saya kadang merasa kasihan sama orang seperti anda
maap saya tidak akan tersulit, tapi saya malah mudah jadi ngakak
give me your best shot !
Wk….melu ngguyu wak
josss pakdhe..
haha saya silent rider kalopun wak haji berhasil dapet iklan dr vendor dr produsen dr equipment apapun itu kan penghargaan buat wak haji kr dipandang punya blow bermutu bonafid kredible munhkin itu koment blogger ndak laku wak ekekeke ,coment baliknya singkat saja wak syirik loe ! ekeke
mental CS dengan MM itu beda jauh kelasnya. CS bisa kencang dan terkendali dgn RC213V sedangkan MM merasa motor itu masih terlalu agresif dan susah dikendalikan. Andaikan CS ikut balapGP menggunakan RCVnya, mungkin udah melesat jauh didepan dibanding kompetitor Y,D,S,& A.
Sebenarnya ini jelas faktor rider bukan motorcycle.
Wkwkwk..
Baru baca blog ini bos??
Coba sebutkan bagian mana yg ada indikasi “kalah dibikin menang” ??
Tujuan nyindir buat apa??
Kalo memang punya opini silahkan bikin blog tandingan, jgn cuma berani di kolom komentar aja. Biar seluruh dunia tahu orang seperti apa anda..
Silahkan ke psikolog
Komennya dikit sih.. Tp jd fitnah.. Kasian amat pagi2 dah bikin dosa..
Kasih nasi ngapa, biasa… kalo laper jadi rese. Hahahaha…
mungkin ada benar nya…..
STTM yah brah hehe 😀
siapa suruh sih stoner ngembangin motor? prestasi jurdun make ducati dan honda cuma sekali aja dijadiin patokan…HRC makan buah simalakama…itung2 jadiin stoner test rider biar motor tambah bagus,,,eee..malah buntung..ingat stoner jurdun ketika pertama kali nyemplak RCV..(yg ngembangin sy yakin pedrosa) MM jurdun 2x..karena 2013 honda pake SSG, motor laen blum, 2014 honda pake fullSSG, yamaha baru SSG tahap I, 2015 honda ,yamaha ducati full SSG..ketahuan kan siapa yang jadi pecundang…””HOOONNNDDAA”..
Oh ya?
Coba tunjukkan siapa lagi yang bisa menang pake ducati?
Atau honda 800cc dulu?
Pedrosa Bike lebih baik.
Biasa kalo kalah yang keluar alasan , nyalahke motor sama orang lain .. Mending jolor nyalahke helm tp fakta. Motor kemampuan uda sama hond jd pecundang cari solusi jgn cuman ngeles tong.
salah rossi wkt develop rc211v
dikirain maksud dari artikel ini ngomongin masalah dari orang nya,, bukan dari motornya,, ternyata maksud nya sasis? rumit c,, ga ngerti jg,, haha..
ganti sasis RC213V 2013/2014. Sisan ae frame RC212V 2007 :v
weh honda ko ada sosismya……jual sosis ya honda sekarang…rubah tuh slogannya …..honda satu sosis…….
#kaburrrrrrr
sosisnya bermasalah ekekeke so-nice
yg salah yamaha sama duati.. motor mereka lebih superior…
harus nua pembalap yamaha sama ducati gk ikut race…
ah capek deh…
Yah wajar saja pembalap karbitan dan bukan secara alamiah ada kesulitan internal maupun external pasti kalang kabut cari kesalahan sana sini
Mm telat ngeremmmmm citttt
sabotase kah??
Dua kali jurdun marc dielu2kan.
3 kali pengembangan stoner dicuekin.
So. . . .
Stoner mesti ikut geber satu kali dibalapan sesungguhy mestiy.
kira2 apa pendapat mateo ya??
harusnya mateo taun ini di kontrak coz lg bgus2nya ni yamaha
jdi komentar pedesnya mateo biar buat honda dripada dia di master cef
btw moto gp lg bagus2nya tpi tren jualan motor sarungannya memble tanya kenapa
harusnya stoner ikut balapan lg. bukan ngebacot doang..hehe
Hhmm… sebnearnya motornya ngak apa-apa, Marcknya yang nggak sabaran 😀
http://yudibatang.com/2015/06/14/pasca-race-catalunya-peluang-marquez-untuk-mempertahankan-juara-sudah-tertutup/
nurut ane ini kecerobonya sasis pembalap, bukan sasis motor…..
Udah di tiru aja Yamaha YZR M1 nya, Suzuki juga gentle ko…
Mau soft dan enak handling? In Line Solusinya.
Siiip kang.
Inline lebih nurut di tikungan…
Very2 smooth…
HRC yg gak brani kmrn stoner mo gantiin DP gak boleh, blgnya seh ngejar dapet point tp klo motor liar napa suruh make Aoyama klo tujuannya itu, mgkn nasionalisme or emg engine-nya gak seliar itu?
who knows klo mo bukti y stoner dikasih ijin balap, biar gak dibilang ngeles
tetapi kalau diliat setiap balapan semua motor grip ban roda belakang nya tidak sempurna semua terlihat seperti licin begitu
Tapi tak segeol2 rcv..
saya pikir motor agresif yg suka ngepot cocok dengan gaya marquez
markiwes yang terlalu ngotot…
Yang menarik dari MotoGP Catalunya 2015: http://wp.me/p1eQhG-1fI
harusnya balap bareung antara 93 dan 27 baru ketauan hasilnya
saya yakin masalah stoner ada pada rosi
Rossi mana? Yang memble pas di ducati?
Peace kang tofik. gua suka ikuti blog ni. Mantap..
Kalau dibaca baik-baik bahwa menurut Stoner, yang lebih jadi masalah bagi motor Honda di 2015 ini ialah sasis, dan saya yakin Honda tidak diam saja untuk masalah ini, mari kita anggap bahwa Stoner sudah menyampaikan keluhan dan sarannya kepada tim Repsol Honda, agar motor Honda untuk seri 2015 bisa lebih kompetitif.
Untuk masalah power dan torsi yang ganas katanya, menurut saya Stoner memang terkenal sangat baik dalam menjinakkan motor-motor yang konon katanya bermesin buas, seperti ketika ia di tim Ducati, juga Repsol Honda, meski begitu ia tetap meraih hasil maksimal.
Dan yang terakhir, tanpa bermaksud apapun, saya rasa Marques tadi malam terjatuh karena ia terlalu bernafsu mengejar Lorenzo, sehingga ia mengerem di luar batas kemampuan motor itu sendiri, terlihat ketika harusnya belok, Marques malah keterusan, menuju pinggir track yang berpasir dan penuh kerikil, lalu down. Jika ia bermain sabar seperti Rossi, mungkin ceritanya akan lain.
Itu mah salah margono sendiri pak
Salah sendiri gk make mobil beat ecu pirelli
Ngoahahahahah
Dulu yg bilang MM akan cocok dengan motor agresive siapa ya??
http://78deka.com/2015/06/14/motogp-catalunya-valateino-rossi-dan-marc-marcrash/
ora dong masalah motogp wak, tak coment wedange dani kae kayane enak ahahahahahaha
Sabar dulu bro blaho, Stoner bukannya hanya sebagai tester ya? Setahu saya gunanya tester ialah untuk test motor, lalu memberi pendapat dan saran yang akan dipakai untuk riset dan pengembangan motor di musim berikutnya. Meski begitu saya yakin tidak 100% pendapat dan saran dari tester akan dipakai seiring berjalannya riset dan pengembangan sebuah motor balap, apalagi di MotoGP, karena setting akhir tentu saja akan menyesuaikan gaya dari rider yang akan memakai motor tersebut IMO.
Makanya di MotoGP ada winter testing dan mungkin ada yang lain (saya cuma tahu winter testing), ya itu buat test motor balap pramusim oleh para rider, guna mengetahui kekurangan motornya sebelum musim balapan dimulai.
besar permintaan daripada produksi.. banyak inden mengular, ngurusin market global, jadi market lokal kena imbas. jadi konsumen yang inden yamaha, bosen nunggu motornya datang. itu kenapa MS sport yamaha stagnan. *kira kira gitu sob, kenapa penjualan sport yamaha ngga sebagus motogp tahun ini, apalagi sport sarungan.
apapun motornya kalau stiner yg bawa selalu cepat
emange yang di tes stoner yang di pake marques yo wak?
ada pemandangan indah waktu race kmarin,,liat suzuki melibas tikungan dgn kcpatan tinggi tanpa sliding sama sekali,,josss nan,,ada prospek kedepanya,,,,
rcv,???geal geol
Lebih jos lagi pas tikungan s
saya kadang heran lho Wak Haji..
nulis article itu susah,apalagi mengemasnya agar bisa dinikmati oleh pembaca seperti kita kita.
Ulasan ulasan TMC blog,kadang tuh melebihin ulasan detail dari salah satu koran otomotif yang saya beli(kadang kadang).bahkan saya mendingan baca TMC blog.
Tapi kok ya ada yah,orang yang seperti @ 14. joki..ck ck ck ck.
Lho saya tidak berusaha mencoba bijak ,lho,tapi klo orang gak suka membaca blog seseorang,gak usah jelek. jelekin subject atau isi articlenya…kalau mau kasih opini juga,kasih opini subject articlenya..bukan orang pembuat article…kalau gak puas..ya bikin sendiri blog(kalau bisa seh).
Mungkin anda lebih berpenidikan dari Wak Haji atau pun kita kita yang sering baca blog ini,mungkin anda bisa membikin article yang lebih bermutu,atau mungkin anda pemilik redaksi sebuah majalah atau boss…tapi kasih kualitas anda dong lewat tulisan,,kita akan baca kok,tanpa penghakiman,tanpa emosi penyudutan..
tapi kalau anda tidak bisa menunjukkannya,..ya dah sana….apapun pekerjaan anda,siapaun anda,kayaknya anda gak lebih baik dari para penghujat di pinggir jalan..dah sana sikat gigi sama cuci mulut,..biar bersih mau bulan Puasa..
motor elek
lebih setuju kalau stoner ikut balap, itu juga kl HRC berani naruh 3 pembalap kyk dulu lagi.
Rasanya bukan masalah sulit buat stoner untuk melibas JL 99 dan lain2
Balapan Kemaren Marquez jatuh gara2 Galau ketinggalan poin sama rossi dan yang lain.jadi HRC butuh melakukan riset untuk pembalapnya bukan motornya.
wak haji itu gak pernah memihak salahsatu pabrikan.
hanya orang bodoh yg komen sembarangan.
Nih Penyakit Yang Paling Berbahaya Di Dunia Dan AKhirat ( IRI & DENGKI ) Ga Bisa perpikir Secara Jernih Karna HATINYA BULUK & KERUH ..CABEEEEEEEEEEE DEH……
Lanjutkan Perjuangan Pak DE……
Apakah masukan stoner telah diabaikan tim hrc ? Tidak ada yang yang tau
mateo pindah haluan bro, jadi jurinya masterchef indonesia sekarang
mental CS dengan MM itu beda jauh kelasnya. CS bisa kencang dan terkendali dgn RC213V sedangkan MM merasa motor itu masih terlalu agresif dan susah dikendalikan. Andaikan CS ikut balapGP menggunakan RCVnya, mungkin udah melesat jauh didepan dibanding kompetitor Y,D,S,& A.
Yang salah Lorenzo. Motor Honda Marquez lebih kencang, tapi Yamaha motornya terlalu lambat di depan. Lorenzo menutup racing line Marquez, untuk menghindari tabrakan Marquez mengalah keluar jalur. Salut buat Marquez yang berjiwa sportif.
Berarti tu rem nya gak pakem…untung gak nabrak….
Saya kira,analisa Stoner ini lebih masuk akal dibandingkan analisa lain yg mengatakan bhw si RCV over power. Karena jika dikatakan over power,faktanya di trek panjang kedodoran melawan Desmosedici. Dan terlihat banget bhw si RCV ini tampak begitu sulit waktu melibas tikungan. Nah! Dari sini terlihat bhw memang masalah sasis yg harus dibenahi agar mudah melahap tikungan spt M1. Imho.
joki on June 15, 2015 at 5:46 am
Udah terima uang iklan sama helem gratis
kewajibannya bikin artikel yang baik2 buat
honda. Hahahaha.
kalah dibikin menang..
——————
Mulutmu coba dikasih banderol bos
Biar ane beli
Seenaknya aja sm Pak Haji
@joki , ente mending bikin blog sendiri aja .. Daripada nyesekin di tempatnya wak haji..
makanya klw mau race selain pake skill juga pake otak
Seperti yg dibilang Stoner, mengubah chassis itu tdk mudah.
Sesi test pra musim, Marquez & Pedrosa sdh mencoba chassis 2014 yg diberi mesin 2015, masih kurang jg…mereka tes lg 2 chassis baru hasil pengembangan hrc.
Faktanya, Yamaha & Ducati tahun ini mmg lbh cepat.
Data berbicara kalau lap time Marquez sama saja dg tahun lalu.
Karena merasa tertinggal, Marquez membalap melebihi limit motor maupun skill nya yg sekarang.
Motor terasa liar karena dipaksa melebihi limit chassisnya, makanya sering jatuh.
Beda dg Pedrosa yg lebih kalem & tanpa beban target, RC213V ttp bisa bersaing dg GP15 walaupun belum sanggup untuk melawan M1.
Crutchlow tdk usah dihitung, dari dulu mmg doyan jatuh.
Sialnya bagi HRC, selain kehabisan waktu riset, ruang untuk development jg makin sempit.
Utak-atik mesin jelas sdh tidak bisa karena sdh disegel.
Utak-atik electronic waktunya tinggal bulan ini, mulai bulan dpn sdh disegel jg.
Ruang untuk improvement tinggal chassis.
Semoga analisa Stoner benar & HRC bisa kembali bersaing.
Asal jgn seperti yg lalu2 saja, kalo kalah bersaing, regulasi yg dipaksakan untuk diubah.
Kalo sdh begini, yg punya modal besar akan sangat diuntungkan klo mulai dari titik nol.
Banyak uang, kecepatan riset jg lbh cepat
saya setuju sama stoner, mesinkan dibuat kalo bisa sekenceng2nya, masalah rc213v tahun ini itu di sasisnya. dan masalahnya di grip blakang yg kurang ngegrip. ini mirip sma masalahnya Ducati dulu yg understeer. bedanya ducati kurang grip ban depan, Honda sekarang kurang grip ban belakang. tapi tentu mendinngan kurang grip ban belakang. karna ban depan itu pusat pengeremman. ditambah lagi ridingstyle Marquez yg kasar binggo+sliding muluuu. itu pasti bikin ban borosss trus ditambah grip belakang yg kurang ya akhirnya dlosorrrr. stoner dulu sring slide karna dulu ducati understeer dia kesulitan belok pake ban depan jadi di ngeslideeee.. biar radius putarnya lbih sempit dari radius putar desmo aslinya. masalah mesin menurutnya saya Honda sma Ducati selalu diatas yamaha. yamaha jago bikin sasis. trus ditambah yamaaha punya 2 pembalap yg dewa ditikunngan. lorenzo dewa di high speed corner, Rossi dewa late braking….
IMHO sih :v
saya setuju sama stoner, mesinkan dibuat kalo bisa sekenceng2nya, masalah rc213v tahun ini itu di sasisnya. dan masalahnya di grip blakang yg kurang ngegrip. ini mirip sma masalahnya Ducati dulu yg understeer. bedanya ducati kurang grip ban depan, Honda sekarang kurang grip ban belakang. tapi tentu mendinngan kurang grip ban belakang. karna ban depan itu pusat pengeremman. ditambah lagi ridingstyle Marquez yg kasar binggo+sliding muluuu. itu pasti bikin ban borosss trus ditambah grip belakang yg kurang ya akhirnya dlosorrrr. stoner dulu sring slide karna dulu ducati understeer dia kesulitan belok pake ban depan jadi di ngeslideeee.. biar radius putarnya lbih sempit dari radius putar desmo aslinya. masalah mesin menurutnya saya Honda sma Ducati selalu diatas yamaha. yamaha jago bikin sasis. trus ditambah yamaaha punya 2 pembalap yg dewa ditikunngan. lorenzo dewa di high speed corner, Rossi dewa late braking……
IMHO sih :v
Om Taufik, usul….
Biar tdk bertanya2 terus RC213V lg melempem atau M1 & GP15 yg mmg menemukan momentumnya membuat quantum leap, tolong luangkan waktu untuk membuka data lap time MM, Lorenzo, Rossi, Pedrosa, Dovizioso, Ianone, Crutchlow, & Smith di 7 race yg sdh lewat.
Bandingkan data 2014 & 2015 biar enak diskusinya.
Klo data racenya hilang karena jatuh, mgkn bisa dilihat data free practice & Qualifikasinya.
Ide bagus..
pake sasisnya GSXRR aj, mesinya pindahin ksono..kwokwokow
Stoner : “motor 2015″ tidaklah terlalu agresif”..
Wuedyan motor diatas 240hp bagi Stoner hanya “mainan” seperti kita naek bebek..
yamaha ga boleh pake ssg pokoknya…
biar honda juara lagi
ngoahaha
ya masuk akal juga kata2 Stoner, bila update mesin dkatakan liar, maka settingan suspensi dan chassis (frame dan swing arm) tidak bisa menghandle power yang “liar” tersebut. Seharusnya sih lebih enak kan, tingga otak atik chassis dan suspensi saja (seingatku sih tidak d freeze). Ya udah HRC memang harus rela juara dunia dan konstruktor lepas d musim ini.
Kalau Daped kemarin bs tenang d Catalunya mungkin setting power mesinnya dturuninserta berpikir logis bahwa mustahil bs masuk podium 1-2 dengan mesin+chassis seperti ini.
mendingan balik pake swing arm lama. pedrosa pake swing arm lama, aman2 ajah
@Supra_Fit,
Jgn singgung soal jago mana bikin chassis, ntar jd ingat kasus byson vs nmp kecoak & nvl vs cb150 teralis 🙂
Di motogp menurut gw bukan jago mana, tapi masalah fokus & filosofi masing2 perusahaan dalam development motornya.
Nyatanya untuk produk massal, R1 sebelum era crossplane crank shaft selalu lbh gede powernya daripada CBR1000.
Begitu jg dg R6 vs CBR600.
Walaupun lbh besar powernya R1 tp krn CBR1000 lbh kalem powernya, konsumen lbh suka pakai CBR1000 untuk daily use.
Setelah era crossplane crankshaft, barulah Yamaha totally berubah untuk motor produksi massalnya.
Mengikuti mazhab racing departmentnya yg selalu lbh mengutamakan power delivery daripada peak power.
Si Mazao Furusawa yg mengubah arah development sehingga trademark mesin Yamaha yg menggunaka 5 valves per cylinder yg menghasilkan power ganas secara spontan, berubah ke 4-valve per cylinder + crossplane crankshaft yg menghasilkan power lbh smooth & predictable.
Apapun itulah..yg jelas marq belum bisa belajar dari race argentina..terlalu maksa motor,mepet dari sisi luar saat mau nikung..ya kemarin mungkin kalo ga ndlosor di pasir paling2 dlosor juga nyium ban nya jl.mengecewakan
M : Jadi menurutmu ada pihal ketiga yang tertarik membuat kntroversi antara Marcquez dan kamu?
Stoner : Ya seperti itulah. da sesuatu yang dikatakan Marc berbeda dengan apa yang saya katakan dan mereka memelintirkan hal tersebut. Menjadi jurnalis mudah, ambil quote yang kamu inginkan dan itu mudah. Itu tidak benar
ini part yang ane suka wak,,kadang emang ada yg “nyulut” gini ya
pengembangan mesin motor dan ban dilakukan sendiri2 oleh pembuat motor dan pembuat ban (data dari hasil evaluasi musim sebelumnya), sehingga ketika disatukan utk test maka sasis lah yg berperan menjembatani keduanya (mesin & ban), IMHO.
Stoner : Kalau menurut pendapat saya (RC213V Model 2015 ) tidaklah telalu agresif..
Ya iya lahhhh…
Loe bisa jinakkan motor sekelas ducati bisa jurdun, ya pasti loe tdk akn merasakan apapun dg motor japan selain motor yg kncang dan nurut mudah untuk dkndalikan, biasa aja bgmu dah sulit bg yg lain,,itu dah trbukti
apapun itu,,saya baru aja beli x ride..buat gantiin mio soul yg udah 7tahun lebih menemani
@wak aji,
kalo ada yang kritik mending di cuekin aja. kalo membangun terima, kalo fitnah mending di diemin.
Well said, man.
Dan…buat pembela2 mas taufik maupun blogger2 lain, mbok ya nggak usah jadi pahlawan kesiangan lah. Urus lah urusan ente sendiri. Krn ente sendiri cuma pembela dan penghibur sialan sepertibiasanya.
Lagian soal “gitu” siapa yg tau…dan buat apa dibela2in, selain mas Taufik sendiri yg klarifikasi…itu pun terserah mas Taufik, ya kaan.
Lagian ruang kritik atau interogasi directly kan ga masalah…kecuali dilarang.
😀
Salam 20 detik yaa
Dulu2 waktu gue nyinggung wak haji, langsung di blokir mennnnn,,,
Sekarang dah gak berani ahhh,
Gue baca blog otoentip dah dari 2008, blog yg katanya kerajaan majapahit adalah salah satu pionirnya, yg lain mah cuma follower, tapi bagaimanapun, murid lebih cerdik pandai dari sang guru,
Seperti pepatah berikut, “MURID KENCING BERDIRI, GURU KENCING DI POHON KENARI,KOMENTATOR KENCING SAMBIL LARI2”, ekekekekkk,,,,,
dari jaman dulu saya nggak pernah ngeblokir orang ahh, paling komentarnya doang itupun kalo sudah menginggung probadi, sara, out of topic dll, orangnya atau ip nya mah nggak pernah saya blokir blokir atau banned
@jaos
kritik gak masalah saya selalu open sama kritik mas bro, . . . harus bisa membedakan menulis kalimat fitnah sama kritik
sori kalo sudah kayak diatas, kalo menurut saya itu fitnah karena sudah judgement, cmiiw
kalo kritik nggak gitu nulisnya
Saya lbh setuju jk Stoner k Suzuki,
Yamaha biar Rossi aja
Honda biar M Marquez
Suzuki Casey Stoner..
Jk stoner bisa jurdun disuzuki baru itu siraja jelajah yg blm prnah ada spjg sejarah motoGP,,
Dg Ducati (Italia) dan Honda (Japan) itu aja blm pernah ada smpai saat ini.
@joki
alasan saya masih mengunjungi warung tmcblog adalah beliau termasuk blogger yg independen dan aktual Saya pikir, pola pikir anda bermasalah bung.
Inget RCV Open Class tahun 2014, yg ketika di tes Stoner lap timenya hanya beda bbrp detik dengan RCVnya Marc-daped, tapi kenyataannya di 2014, pembalap RCV Open Class pada keteteran. Jadi harusnya Honda jangan menggunakan Stoner dalam pngembangan RCVnya… Istilahnya motor apapun yg di geber Stoner pasti kencang, Ducati pasca jurdun 2007 penuh masalah, Stoner walau sering Crash tapi masih bisa kencang bahkan selalu Juara di seri Philip Islands, 2011 wktu Stoner JurDun, dia menggunakan traction control dgn persentase lebih kecil di banding Dovi dan DaPed (pernah baca di mana gitu) …Lebih baik kontrak veteran macam Colin Edwards di Yamaha, karena mungkin pembalap tes kan di titik beratkan beri masukan soal engine trhadap Ban,,, nnt elektronik dan sasis tinggal ikutin maunya pembalap… Imho hehehe
Kalo menurut sy…hnd residivisceleng213 yg sebenarnya ada di mtr yg dikendarai rider.fav gue si pedrosa. Itu keadaan terbaiknya sekarang ini. Bila dibawa kasar dan gak clean..bisa2 ndlosor setelah GEAL GEOL dulu…sprti yg terjadi pada si marqurz dkk.
Cuma pedrosa yg mengerti karakter residivisceleng213…dan stoner adalah racer yg keren kalok bawa mtr sampe batas limit.
Hahaha
Salam 20 detik yaa
Markuees itu, bukannya susah menjinakkan motornya, tapi dia susah menjinakkan hatinya. Markues lagi beban psikologis bro..!
bagi stoner motor itu biasa saja, lha wong hanya dia yang mampu mengendalikan keliaran motor ducati versi awal-awal dulu. motor honda tentu akan terasa sangat nyaman bagi stoner.
Beberapa tahun lagi inline crossplane Yamaha yang Kesohor itu bakal dijiplak Pabrikan sayap sengkleh
Camkan itu wahai Celeng, eh Babi kurap, eh mboh lah.
si marc nya aja yang ga sabaran, sradak sruduk ga jelas
Horeee…
kita dibilang pahlawan kesiangan & pembela dan penghibur sialan
sepertibiasanya.
kita disuruh urusin- urusan sendiri..
kritik atau interogasi directly kan ga masalah…karena ga dilarang..
Terima kaseh loh…terharu aku…
horeee…..!!ntar bisa bangun siang siang,..horeee….
Riwayatmu kini…..
coba si 27 ikut balapan lagi 😀
———–
Kenali Efek Open Filter
http://rpmsuper.com/2014/06/29/kelebihan-dan-kekurangan-melepas-filter-motor-standar/
jangan terlalu ngotot 😮
———–
Kenali Efek Open Filter
http://rpmsuper.com/2014/06/29/kelebihan-dan-kekurangan-melepas-filter-motor-standar/
Motor yg dikembangin stoner tidak mungkin bisa di pakai enak oleh rider lain, contoh ducati, krn stoner itu type pembalap yg ngikutin maunya motor, bukan motor yg diutak atik ngikut maunya pembalap seperti rossi, honda yg dites stoner mungkin hanya cocok untuk stoner krn dia yg kasih masukan ke hrc dlm pengembangannya, otomatis tuh motor ya khas gaya balap stoner yg suka belok pakai ban belakang duluan, pantas ajah ga ada grip, sasis distribusi bobotnya mesti berat didepan, beda dgn gaya balap markiwes yg suka rem dadakan, kan bertolak belakang, makanya tiap kali ngerem markiwes pasti nyusruk, dn tiap keluar tikungan lamban krn ban blkang ga ada grip lha wong berat depan motornya,pokoknya yg bisa pakai motor stoner hanya stoner, beda sama rossi, dia doktor yg ngembangin motor yg enak dipakai semua rider.
Yang kangen sama mateo silahkan pantengin i news tv (dulu sindotv) dia jadi komentator balapan ARRC
harusnya testernya jangan pembalap yg punya skill ok macam stoner,stoner di kasih motor satelit jg kompetitif.
jd harusnya pakai tester yg sekilnya biasa aja,jd klo di pakai si tester yg punya skill biasa saja udah ok bayangkan kalo yg bawa motor pembalap alien macam si marc bakal lbh ok lg hasilnya.
pada ngomongin apa sih..?
wew komennya pada pedes, padahal ane yakin lom pada ngerasain sulitnya seting motor,,,, kalau penasaran kali” cobe deh pada bikin rangka baru buat tunggangan kesayangan, coba rubah panjang wheel base, sudut rake dll, baru deh komen, pasti tiap orang akan beda” jawabannya.
kalau melihat kasusnya stoner, dia bisa diposisikan hanya sebagai tes drive aja mas broo. semua data yang HRC olah adalah hasil dari input para joki yang pegang tuh motor ( bisa diartikan motor yang dites stoner adalah hasil dari masukan para joki, stoner tinggal tes doang ) kaga ada hubunganya dengan dia tuh pengembangan, tugas dia hanya geber tuh motor ampe limit, jikalau terjadi ketidak puasan para joki, berarti para joki yang pegang motortuh sudah salah memberikan masukan kepada para insinyur HRC.
inisih menurut ane aja.
Jelas aja stoner motor itu nggal liar, ducati aja yang motornya liar santai aja dibawanya…motor makin liar malah stoner makin suka, sebab dia dikenal jago power slide….power slide nggak bisa jalan kalo motor nggak liar….stoner pembalap edan…rossi aja geleng kepala lihat stoner bisa edan bawa ducati…