460x110-maret2

Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB

460x110 prj

K56

Bro sekalian, jangan  bosen liat gambar di atas . . . soale emang itu gambar foto paling representatif soal Next Sonic 150  . . . tapi . . . Lumayan Kusut juga otak setelah baca tulisan mbah Bons Yang mengatakan bahwa Next Honda Sonic ( Klan K56)  akan berbeda dengan Mesin Klan K15 dan Klan K45 . . . Yap seperti Kita ketahui spek mesin yang dipakai oleh Honda K15  ( CB150R SF) dan Honda K45 ( CBR150R ) adalah Diameter x Langkah     : 63,5 x 47,2 mm . . . atau boleh dibilang punya karakter output mesin selayaknya output mesin Overbore dimana ukuran Bore lebih besar dari pada Ukuran Stroke . . . Nah Katanya sih ukuran piston dan silinder Mesin calon Honda K56 series( K56A dan K56F)  ini disinyalir tidak Common Part dengan ukuran piston dan silinder Honda K15 dan Honda K45 series  . . . nah loh beneran Nggak umum nih AHM kalo beneran kayak begini . . . trus Gimana dong bakalan mesin Si Honda K56 series ini ?

AHM2015-Banner-440x100px

MBtech Riders-APR

Oke Kita kupas dulu soal Overbore  . . . Banyak orang menyebut mesin Overbore seperti mesin CB150R dan CBR150R ini sebagai mesin OverSquare. Bila kita kembali lihat gambar di bawah, secara logika bila mesin memiliki stroke yang pendek maka piston akan bergerak turun-naik lebih cepat. Ini artinya mesin berevolusi lebih cepat . . . Motor dengan mesin seperti ini biasanya akan  terasa sekali mudah dibetot untuk mendapatkan RPM yang tinggi. Motor Overbore biasanya banyak ditemukan pada motor-motor yang mementingkan performance speed . . .

bore-stroke

Nah sekarang kita bicara latar belakang . . . sepertinya AHM akan membedakan fungsional Honda Sonic 150 dibanding Honda CB150R dan Honda CBR150R . . . Jika CB150R dan CB150R bicara soal Performa . . .maka untuk Honda SOnic, sudut pandangnya lebih ke Fungsionalitas . . . Fungsionalitas apaan? Motor underbone, lebih ngarah ke Keperluan Komuter  . . . bahasa gampangnya, nggak perlu terlalu banter, cukup banter tapi tetap bawa bawa ke Khas-an dan DNA dari Honda Yakni  . . . IRIT 😀

Solusinya . . . Santer dikabarkan untuk Honda K56 akan menggunakan konsep mesin Square atau minimal hampir square dimana ukuran diameter bore sama panjang strokenya hampir sama atau bahkan idealnya sama persis . . . nah kalo dihitung pakai persamaan

V silinder = 0,785 x Bore x Bore x Stroke x n

dimana n = jumlah silinder maka kemungkinan angka Bore atau stokenya berada di angka 57-an mm  . . . hmmm bener nggak yah . . . tapi jelas ini nggak umum banget . . . dan sangat menentang kebiasan AHM sendiri di soal produksi massalnya sob . . . bukan apa apa . .  Lihat aja sendiri itu di Skutik  . . . Mulai dari entry level, mid baik yang sudah eSP maupun yang belum, semua common part pakai mesin dengan bore x stroke yang sama  .. .  lha ini Koq Bisa bisanya sonic 150 nanti dibedakan mesinnya dengan CB150R dan CBR 150R walahhh asli Nggak umum bangeeets?Nggak AHM banget ini 😀

awalnya tmcblog gak percaya, namun nara sumber yang selama ini punya deviasi bocoran yang cukup kecil soal Calon Produk Honda mengatakan prototipe-nya sih memang punya ukuran bore x stroke yang hampir sama  . . . wah  . . . rencananya besok tmcblog akan share angka lebih pastinya setelah selesai konfiirmasi lebih dalam mengenai ukuran bore x stroke nya K56 series ini sob  . . . wehhhh untuk sementara silahkan dikunyah kunyah artikelnya sob, kunyah artikel kan nggak bikin batal Puasa yaaa 😀 . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

52 COMMENTS

  1. Wahh kalo motor udh kecil dan ringan torsinya terlalu gede bakal mumbul mumbul, kalau di logika sih motor ringan gak terlalu mementingkan torsi malah butuh tenaga di rpm atas biar gak mumbul mumbul. Seharusnya karakter mesin CB150 sudah cocok lahh power besar tpi tdk terlalu mementingkan torsi.

    Guest
  2. Menurut analisis saya sih yang sonic ayago ttp DOHC Overbore 6 speed lahh karakter yang pas buat motor seperti ini. Klo buat yg versi bebek sih mungkin bisa pake SOHC Overstroke. Kalau motor ringan tetep cocok pake mesin overbore.

    Guest
  3. Kelamaan riset dan nunggu bola..
    kurang inovasi jadinya sekedar melengkapi.
    kalo lebih tangguh dari satria fu n mx king ya wajar..kan dicari dulu kelemahan2nya..
    coba launching bareng kayak nvl ama cb..
    langsung nyungsep tuh cb.
    ini realita di lapangan bukan di atas kertas…

    Guest
  4. kyknya bore stroke nya kyk NNP atau Verza.. itu sdah ckup untuk dapet torsi yg mumpuni jika dtambah dohc mmbantu putaran atas nya..

    Guest
  5. Kalau mesin dibuat sama dan identik dgn cb sama saja mengokang senapan untuk sang kakak. Mesin sama tenaga sama rasio sama semua sama tp bobotnya beda jauh, ya kakaknya yg tewas duluan.

    Guest
  6. siapa tau nanti ada spec down…
    125 cc dikali dua kan 250 cc.
    jadilah CBR 250 twin..eh

    ndak commont dengan kakak ndak apa, tapi ngikut pakdenya..
    haha

    Guest
  7. Waduh jgn2 sama kaya k15g lagi? Kok k15g udh g ada beritanya y kang? Ckckck jd bingung kapan releasenya….wkkww

    Guest
  8. semakin membosankan wak aji wacana mengenai si Honda sonice rebon sapi panggang yang ternyata tidak seperti apa yang diharapkan. Alamat dikefretin ama SFU dan MX King.
    Ciri Honda banget”Downgrade dan jual tinggi”. Belum dtmbah kualitas painting body yg buruk”cat bunglon”. Au ah….gelap.

    Guest
  9. dari tahun kemaren ampe sekarang kabar new produknya masih kabar kabur??? Nunggu ngabisin stock lawas baru launcing atau gmna nih?? Prediksi saia sonic tidak akan bisa sebagus satria dengan engine DOHC 6Speed asli bukan asbun.

    Guest
  10. Jangan jangan mesinnya sonic bakalan dipake new cb? Wak kabar K45G gimana? All new model atau minor change model atau striping? Semoga gak ndangak aja deh ama kopongnya(kalo bisa pake twin spar haha) aminnn

    Guest
  11. penjualan cs1 emang ampas kalo sama em ex … tapi coba situ cobain kenceng mana itu cs1 ama em ex … malu cc lebih 10, klepnya lebih dua … tapi keok di ajak kenceng2an

    Guest
  12. Rdy : sabar bung, bukannya apa tapi setahu saya CS1 itu tak laku bukan karena performa tapi karena design yang katanya seperti domba garut. Saya sendiri termasuk penyuka motor Honda, tapi ya khusus untuk CS1, memang agak nyeleneh gitu design-nya menurut saya.

    Guest
  13. Meski basis mesin sama-sama DOHC, saya rasa wajar kalau AHM akan membedakan karakter mesin di motor ini nantinya, kecil kemungkinan kalau mesin di motor ayago akan disamakan dengan mesin CBR150R dan CB150R yang sekarang, karena peruntukannya berbeda, bagi yang mengejar speed bisa pilih CBR150R, bagi yang mengejar kenyamanan bisa pilih CB150R, bagi yang ingin lebih santai namun tetap dapat keduanya, ya bisa pilih ayago ini nantinya IMO.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.