460x110

Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB

pos jaga parts

honda-patent-fuel-injected-2-stroke-engine

Bro sekalian, Honda Patent-kan Mesin 2 Tak yang Ramah Lingkungan . .  kalo itu judul artikelnya , udah banyak yang bahas . . . namun pertanyaannya adalah . . . gimana bisa sistemnya bisa ramah lingkungan ? nah untuk menjawabnya  kita flash back sebentar mengupas mesin 2 tak konvensional dulu ya sob  . . . Mesin 2 Tak itu banyak banget fansnya. Mesinnya sendiri boleh dibilang lebih simpel dan ringan daripada mesin 4 tak. Selain itu Mesin 2 Tak yang memiliki siklus kerja lebih simpel pun umumnya memiliki potensi menghasilkan power per kubik sentimeter ruang bakar yang lebih besar dibandingkan Mesin 4 Tak karena? You Know lah . . . pembakaran di mesin 2 tak kan terjadi hampir di setiap revolusi Crankshaft sedangkan mesin 4 tak pembakaran terjadi setiap 2 revolusi . Namun Mesin 2 tak yang berkembang sekarang ini memiliki reputasi yang kurang sedap karena emisi gas buangnya yang nggak ramah lingkungan . .. Lho kenapa jadi gini ? kita breakdown sama sama sob

440x100-2

MBtech Riders-APR

jadi kerja mesin 2 tak itu kayak gini sob  . . .

Two-Stroke_Engine

Nah pelan pelan kita ulang bersama siklusnya  . . . oke kita mulai dari saat piston pasca mencapai Titik mati atas (TMA) dimana ruang silinder berisi campuran bbm-udara terkompresi

two-stroke-exhaust1

busi memercikan api dan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar silinder. Ledakan membuat piston terdorong ke bawah dan ini membuat campuran Udara-bbm di Crankcase terkompresi . ..  saat piston mencapai bagian titik mati bawah. Port/lubang buang exhaus terbuka membuat sisa pembakaran terbuang ke arah saluran pembuangan ( knalpot) … lalu . . .

two-stroke-intake2

Nah ketika Piston sampai di titik terbawah (TMB) , lubang intakenya pun terbuka lebar membuat campuran udara bbm yang tadinya berada di crank case jadi bisa masuk ke ruang bakar/ silinder untuk mengantikan gas hasil pembakaran yang keluar ke lubang/port exhaus . .

two-stroke-compress3

Nah pada siklus selanjutnya yakni siklus kompresi ketika piston kembali bergerak keatas, sebelum port exhaus tertutup sempurna oleh piston, valve injector/ karburator membuka dan membuat ada sebagian kecil dari campuran udara-bbm yang ikut keluar via lubang/post exhaust  . ..  inilah yang membuat mesin 2 tak tidak ramah lingkungan karena ada bahan bakar/ hidrokarbon yang belum terbakar ikut keluar bersama gas pembakaran via knalpot . ..

atau dalam diagram siklus kita bisa gambarkan sebagai berikut :

sikuls2tak

  • A: Intake
  • B: Exhaust
  • C: Compression
  • D: Expansion (power)
  • E : siklus Fuel enjected

Bro bisa lihat pada gambar diagram siklus diatas . . . ada situasi dimana intake dan exhaus terbuka berbarengan dengan saat port pemasok bbm/injector menyemburkan bbm  ( biru-hijau dan kuning)  . . . dan ini memungkinkan ikut terbuangnya campuran bbm-udara yang belum terbakar keluar via exhaust dan membuat emisi gas buang dari mesin dua tak konvensional ini buruk  . . . so jelas sekarangnyaaaa .  . nah baru kita sekarang akan masuk ke patent mesin 2 Tak honda yang pertama kali diulik sama morebikes sob . . . siap siappp . . .

2stoke-honda-patent

di mesin 2Tak desain honda, port exhaust tidak terbuka karena turun naiknya gerakan piston, melainkan menggunakan klep yang proses timing buka tutupnya diatur sistem. Karena valve nya terletak di atas head maka model mesin ini dinamakan mesin OHV untuk mesin 2 tak. Honda juga mendesain injector langsung ( direct Injector ) ( No 71,72 dan 74) menghadap ke atas dengan sudut dihitung sedemikian rupa. Kenapa harus bersudut ke atas dan sudutnya nggak sembarangan . . . ? tmcblog menduga karena di mesin 2 tak patent honda ini , timingnya cuma sedikit banget untuk menyemprotkan campuran udara-bbm .. .  jadi sekali nyemprot harus efesien  . . .

Yoi timingnya sangat sedikit sob karena siklusnya begini  . . .

honda-patent-fuel-injected-

bro bisa lihat gambar diatas  . . . gambar kurva hitam arsir dan hitam pekat bertuliskan “Fuel Injection Enable Range ” dengan ujung bertanda panah dikeduanya  . . . disana ada 4 kurva dan semua kurva sikulus timing fuel injection tersebut tidak ada yang bersinggungan/ beririsan dengan kurva port exhaus/ valve ex membuka dan port intake (scavenging) terbuka . . . artinya timing saat injector menyemprotkan bbm dilakukan tidak berbarengan dengan saat port exhaus/ valve ex dan port intake berbuka berbarengan . . . ini meminimalisasi keluarnya campuran udara-bbm yang ikutan keluar saat terjadi siklus piston berputar dari TMB ke TMA . . . dan membuat emisi menjadi ramah lingkungan, cmiiw  . . . cerdas ! . . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

148 COMMENTS

  1. Kemungkinan power masih lebih galak mesin 2tak jadul kali yaaa?? *dg catatan cc sama…
    Cuma opini sementara,, selanjutnya nyimak lagi wkwkwk

    • Klu gitu produksi aja 2t jadul, brani gk mnentang aturan euro3,,tantang tuh aturan dunia,,gk usah dpikirkan aturan2 itu toh pabrik2 sendiri bkn pnya org,,biar disegel tuh pabrikan yg gk ikut aturan

  2. Wah mantap nih klo mesin2tak diproduksi kmbali. Exhaust port pake klep trus desain knalpotnya bagaimana ya? secara knalpot 2tak kan umumnya didesain dngan perut kembung agar efek back pressurenya kuat,,nah ini kan udah ada klepnya.

  3. biasa aja, masih ada crankcase berarti tetap pake oli samping. Dalam angan2 saya berharap mesin 2 tak tanpa oli samping.
    Apakah mungkin? Tentu sangat mungkin bagi yg ngerti….

  4. Honda cerdas, saat pabrikan lain pada suntik mati produk mesin 2 tak nya krn gak bs lolos yuro 3, disaat itu honda menunjukkan kecerdasannya klo mesin 2 tak bs lolos yuro 3 ato 4. Klo sdh dipatentkan honda berarti pabrikkan lain gak bs njiplak dong ? Honda memang hebat

    • Itu sih urusan gampang

      Pabrikan sebelah tinggal amati, tiru, modifikasi dikit

      Langsung deh koar2 teknologi haru dgn embel2 “smart”, spt kasus parking brake lock honda menjadi smart parking lock, answer back system mjd…

      ah sudahlah…

      Xixixi…

    • Itu sih urusan gampang

      Pabrikan sebelah tinggal amati, tiru, modifikasi dikit

      Langsung deh koar2 teknologi haru dgn embel2 “smart”, spt kasus parking brake lock honda menjadi smart parking lock, answer back system mjd… .

      ah sudahlah…

      Xixixi…

  5. Yang membuat tenaga 2tak lebih besar dibanding 4tak karena siklus 2tak lebih pendek (pembakaran disetiap revolusi), jadi teknik honda diatas tidak mempengaruhi tenaga yang akan dihasilkan, bukan begitu pak Taufik? Atau analogi saya salah hehehehe……………

  6. Keren, wajib ditunggu nih. Kangen sama suara khas 2 tak. Sekarang kan cuman ninja yg langka d jalanan. Klo 2 tak hadir lagi apalagi dari honda wewww… keren pastinya.

  7. buat para fans boy gak usah merasa merk pujaannya paling hebat, merk lain juga punya rancangan sejenis yg juga sudah dipatenkan…. wkwkwk

  8. mantap, mayan kedepan produsen oli msh produksi oli samping, …soalnya skr susah cari oli samping, apalagi motul esther

    • 2tak ramah lingkungan dibikin nggak pake oli samping bro, kalo tetep pake oli samping ya kurang ramah lingkungan namanya.

  9. Masih pake olie samping nih…. berarti masih boros !!! Knalpot masih kotor belepotan olie…. Kalo bisa ciptain yg gak pake olie samping !!!

    • ya betul direct injection bukan hal baru, saya pikir yang dipatentnya mungkin timing, atau otomatisasi yang lainnya

  10. yup, oli samping akan menurunkan potensi kompresi efektif yg seharusnya dapat dicapai, dan ini akan membatasi rasio kompresi yg dapat diterapkan pada mesin tsb.

  11. g mudeng…
    buat yang mudeng n sukax komplain….
    silahkan bangun sendiri tuh mesin 2t yg menurut anda begini begitu
    jangan cm komplain….

  12. Ptanyaan yg sama ke IWB 🙂 : Bang Haji, yang jago ttg motor, itu sistem lubrikasi piston, conrod, crank, dll camana yah? apakah masih pakai oli samping? ring pistonnya masih dua kek 2 tak biasa soalnya. jalurnya apakah pake nosel (direct inject ke dalem mesin) – blon Kang Iwan jelasin? Soale kan ini masih pake reedvalve buat air intake, jadi pelumasan daleman mesin gak bisa sistem rendeman kek 4 tak yak? CMIIW. flow kerja mesinnya cukup jelas sih, cuma itu pushrod klep exhaust keknya bakal kerja keras bgt, secara 2 langkah.. anyway, worth to wait, soalnya 2 tak sensasi tenaganya bedaa bgt sama 4 tak.

  13. Fbh kambing sukanya ngirit pak

    Gk bakalan doyan yg ginian

    Dohc 150cc ɑ̤̥̈̊jª pada ketakutan beli gara2 lebih boros dr beat

    Ngoahahaahhaa

  14. Apakah bisa lebih irit dr ngesothacee perjaaa pak

    Soalnya itu batas kemampuan fbh kambingg buat beli ввм

    Liat ɑ̤̥̈̊jª,ϑ¡ atas perjaaa fbh kambing gk ada yg mampu beli

    Ngoahahahaha

  15. – Penambahan komponen pasti membuat bobot lebih berat daripada 2 tak lawas. Tapi masih bisa disiasati dengan bahan yg ringan, cuma biasanya teknologinya hi-end.. dan imbasnya harga jadi tinggi.

    – Kenapa ga fokus saja mengembangkan motor listrik ya? Bebas emisi..

  16. siap siap ada yang ngikutin…
    mungkin diawal produksinya akan mahal, tp kalau sudah masspro dalam jumlah besar pasti harga bisa lebih murah

  17. Wak haji, klo benar penggunaan klep pada saluran pembungan, saya kira sangat riskan, karena oli samping akan lebih banyak menimbulkan kerak, dan ini harus sering dibersihkan agar klep dapat menutup dengan sempurna.
    Pada mesin milik aprilia, klep berada pada saluran udara bersih yang disemprotkan ke ruang bakar jadi berbeda dgn rancangan honda ini.

  18. 1. Itu sistem pelumasannya bagaimana, terutama crankcase & ring pistonnya?
    2. Dulu di tahun 90an, mesin 2 tak ramah lingkungan pernah dibuat oleh Orbital, pembuat mesin dari Australia/ Amerika (cmiiw), bahkan pernah diujicoba dipasang pada mobil Ford, sejauh mana bedanya dengan punya Honda ini Om?
    Trims Om..

  19. Mohon penjelasan Wak Haji…
    Di mesin kapal dan juga snowmobile, sampai saat ini masih banyak digunakan mesin 2-tak (beraneka merk) dengan DFI (direct fuel injection) yang juga ramah lingkungan.
    Ford bahkan pernah membuat DFI 2-strokes di tahun 90-an.
    Lalu letak inovasi dari patent yang baru dari Honda ini di mana ya Wak?
    Maklum pengetahuan mesin saya masih sangat dangkal.

  20. Kalo suara khas 2 Tak mungkin ngak akan kembali kayak dulu, karena terlalu bising (mungkin)
    Jadi yang kembali dari 2 tak honda ini cuma tarikannya yg lebih responsive
    IMHO

  21. Lha, gak d bahas 2T diesel dan 2T Rotax E-TEC, khan dah d aplikasikan masal dan sket mesin Honda ini mirip 2 mesin tsb.

  22. hmm..sudah kuduga…
    dulu punya F1Z-RR jg sempet bayangin adanya klep buang sih, tp bayangin doang, aplgi smpe bikin sket kayak gitu ga nyampe otak ane wak.. hehehee…
    disinyalir kuat itu ga pake oli samping wak, bisa rusak klep nya.. dan hasil pembakaran oli nya pasti gakan lolos euro 3!

  23. yang komentar kayak sudah bisa bikin mesin sepeda motor sendiri..
    memang ciri khas orang di negara berkembang, OMDO!

    • masih 2T kurasa, karena yang dilihat bukan karena klepnya, namun karena dentuman pembakaran disetiap revolusinya/ siklus pembakarannya

  24. kalo ga salah, dulu ada yg menggabungkan teknologi 2stroke n 4stroke dari negara eropa, tapi ane lupa…

    2stroke euro3? motogp 500 bukannya udah lolos euro4? direct injection pula…

    salam susah netral

  25. Wuuiihhh mantaapp teknologi honda emang top!! Ada kemungkinan mesin 2 tak berjaya lagi niih…!! Apakah Honda yg pertama kali mendesain mesin 2 tak ini wak haji??

  26. wak kaji jarang bahas roda 4 knp? ups sebelah br produksi cm 3 roda, klu roda 4 nnti pake merk pinjaman, mudah2 Y cpt produksi roda 4 biar seru

    • Hahahaha…..iya jangan dibahas, banyak gak nyambungnya….soalnya roda 4 merk honda bukan leader di kelas roda 4, fbh ahm cuma kuatnya di mobil beat ecu pirelli harga 14 jetian om…ngoahahahahahaha

  27. Ini pabrikan motor jepun yg trdepan selalu punya inovasi teknologi yg lbh maju dan hal hal tekno yg baru,,gk heran. Pd th 1960an aja motoGP 125cc pd saat itu 2t semua, trus sihonda brojolin mesin 4t 125cc 4silinder, pd awalnya diketawain sama rival n dpndang sblah mata, stlh juara brkali kali srmua trbelalak tdk mngkin dg cc sama 4t bisa mngalahkan 2t, n honda mmbuktikannya

  28. Klep out 2t nya jelas dr material jos,,bygkan tiap 1x siklus tuh klep ditekan dan ditiup hawa panas, tentunya lbh cpat panas 2x lipat dr 4t,,klu 4t kan tiap 2 siklus, klep trtekan dan trtiup hawa puanas, mngkin pakai titanium materialnya.

  29. pinter sampe kepikiran kesana,,
    sampe2 saya ga ngerti apa yg dibahas,, ckck..
    cm ngerti yg pas 2tak konvensional,,
    pas yg desain mesin 2tak honda ga ngerti sama sekali,, ckck

  30. klo aku sih yakin itu cuma prototipe aja om taufik, gak bakalan terwujud produksinya krn mahal biaya riset dan skrg udah jamannya 4tak.
    -dulu era 500cc honda pernah ngembangkan nsr500 injeksi tp kemudian distop
    -husaberg tahun lalu merilis motokross 300cc 2tak injeksi tapi cuma sebatas prototipe, blum ada planning utk diproduksi

  31. Dia yg berusaha mengalihkan dan mematikan dunia 2 tak …eh dia juga yg mau bikin dan berusaha hidupin yg 2 tak lagi.

    Kemunduran…

    Mestinya tetap pada pengembangan sepeda motor listrik…contoh tuh kayak tesla di dunia r4…atau Yamaha di dunia r2 (pasti sy mulai dikira fby pulak, gara2 nyebut merk yg paling dibenci fbh dan salesbeha).

    😀

  32. Behaahahahhahah

    Buat FBYKERE harap tenang

    Yahhaaha juga udah mempatentkan teknologinya
    1.Genset diasil n fforget piston
    2.Senaaar gitar dr bulu keledai(mirip fansboinya keledai tulen)
    3.Suara knalpott mio yg tiap tutup gas bunyinya dooorr doorrr kayak tanjjidooorr

    “Salam SEMPAKIN DIDEPAN. ……………..KENISTAAN”

  33. motor 2tak itu kencang karna selain karna 2 revolusi,juga karna ga pake klep segala.piston lah klep tsb.trus mesin minimal sequare kalau ga yg overbore. Kalau klep dan mekanisme yg ribet macam ohv ini bisa mengurangi akselerasi dari 0 ke 100kpj alias loading. Cmiiw dulu

  34. Kira kira perlu Olie samping nggak wak haji untuk desain mesin 2 tak seperti itu…kalo perlu olie samping injector apakah bakal lebih berat kerjanya?kalo paten seperti ini semua orang bisa liat…nggak nutup kemungkinan pabrikan lain bakal siap siap developt juga?kalo ntar honda doang yang jualan 2 tak…bisa kebakaran jenggot yang lainnya…harusnya kawasaki ya yang develop ni mesin…biar ninja 2 tak masih terus hidup…he…he…he

  35. teknologi ohv ini biasanya buat mesin stasioner macam kompresor angin.dan sangat jarang di pake pada mesin hi rev (motor balap).jadi aneh aja.

  36. 2tak ohv sangat mudah ditiru oleh kompetitor,mungkin kompetitor akan mengembangkannya menjadi 2tak sohc maybe atau dohc aja sekalian. Wah kalau proyek ini berhasil,mungkin dohc bukan lagi milik 4 tak tapi juga 2tak. Imho deh

  37. Apapun produk honda,,,,ane sll jd konsumen setianya,,,,,cm pingin CR-V msh belum keturutan wak,,,,,honda dilawan??? Ora iso coyyyyy,,,,,
    Ngoahahaha

  38. waduhh…honda nyontek yamaha lagi nih.. rx king udah dari dulu pake 2tak.. ngga inovasi nih.. aku punya rumah cat merah, eh tetangga ikutan pakai cat merah…

  39. Jadi fuel gak tercampur di crankcase yaa wak haji taufik?
    Udara masuk di crankcase setelah hampir tertutup line nya injector/nozzle menyemprotkan fuel…jadi cara kerja nya mirip2 engine diesel yaa wak haji?

  40. di balik stopnya mesin 2T lama, saya malah berfikir isu ramah lingkungan dan global warming adalah hoax belaka,kisah yg sebenarnya adalah karna penghancuran industri kecil.kalau industri itu tidak berevolusi akan hancur.dan industri besarlah yg akan menang.

  41. bro yg bikin 2 tak itu polusinya tinggi karna sistem pelumasan ruang bakar yg dicampur dengan bahan bakar.. jd kalau masih menggunakan sistem pelumasan seperti itu tetap aja akan polusix sangat tinggi.. karna hasil pembakan oli samping td..

  42. Woyy FBH, bangun woyy. Urusin dlu tuch 250 cc 2 silinder, baru boleh teriak2 2 tak reborn.
    Minumnya besok, maboknya sekarang.

  43. Kang haji, cara kerja injeksinya coba di compare dong sama outboard yamaha HPDI series.
    kan sama sama 2 stroke injeksi.

    setau sy dri taun 2000an yamaha marine udh ad mesin type itu,
    tpi yg masuk market indo cuma 2 stroke kovensional sama 4 stroke aj.
    klo ga salah lo ya hehe…

  44. menurutku ne mesin bukan teknologi yang benar benar baru…mirip sama mesin siklus atkinson yang di pake oleh toyota hybrid ma lexus hybrid jadi 1 kali rotasi bandul crankshaft tuh 1 kali pengapian mirip dengan mesin 2 tak tetapi juga memakai valve tuk mengatur buka tutupnya exhaust dan inhaust. Tuh mesin yang memakai siklus atkinson yang di pakai oleh toyota prius hybrid sejak zaman baheula….coba deh wak haji cari-cari referensi tentang mesin atkinson yang di pake oleh toyota hybrid…nah mirip pake banget kan….

  45. neh mirip ma atkinson cycle engine. Atkinson Cycle yang di pake oleh prius hybrid ma lexus es 300 hybrid serta camry hybrid sedikit berbeda dari Otto Cycles di mobil2 umum. Karena Atkinson Cycle
    memungkinkan intake, kompresi, power, dan exhaust stroke satu putaran crankshaft

  46. @malesin : Mgkin mksud si apri mau ngebandingin blog yg kaya akan ilmu pengethuan dgn blog seblah yg mgkin taunya cm bkar bkaran dan ngomporin org doang. Cmiww……. kabbooooorrrrrr

  47. Yg mesin moto 4-tak sekarang semoga tetep dilanjut pengembangannya.. Tambahin VGT/VNT terus direct injection.. macam mesin ford Ecoboost itu.. Kapasitas 1000cc 3 silinder, tapi tenaga 120 HP setara 1500/1600 cc 4 silinder konvensional..

  48. Gak hanya campuran bahan bakar dan udara, tp juga oli (oli samping).. oli samping jd ikut terbuang bersama hasil pembakaran.. makannya bahaya..

    *cmiiw*

  49. mesin atkinson prius dsb sama dengna mesin piston biasa, isap, kompresi, usaha, buang. 4 tak juga. bedanya, siklus atkinson, langkah usaha dan buang lebih panjang dari langkah kompresi dan isap. pada prius, karena mesinnya konvensional, mengakali langkah usaha dan buang yang lebih lama dengan mengatur durasi katup buang yang tak lazim/berbeda dibanding durasi katup isap. dengan demikian, seolah-olah langkah usaha dan langkah buang menjadi lebih lama dari langkah isap dan kompresi.

    yang lebih murni mendekati atkinson adalah mesin ex-link dari honda (excentric linkage). dengan menambahkan poros eksentris yang dihubungkan dengan connecting rod, bisa diperoleh siklus atkinson murni, yaitu langkah usaha dan buang yang lebih panjang dari langkah isap dan kompresi. keuntungan lainnya, saat langkah usaha, gaya tekan piston ke dinding silinder lebih kecil karena sudut connecting rod yang nyaris nol derajat. kelemahannya, konstruksi mesin ini lebih rumit dan berat, kurang cocok buat mesin rpm tinggi. makanya, honda sendiri merancang mesin ini sebagai generator yang terintegrasi. mungkin suatu saat bisa juga diproduksi buat otomotif.

  50. Saya juga bisa buat mesin 2tak tanpa oli samping….orang kita jg bisa buat kok…ndak harus pabrikan besar dng insinyur2 mereka yg bisa membuat itu….dukung karya anak bangsa

  51. Saya jg udah buat mesin 4tak singgle valve…buat ngejar efisiensi gesek…ya biasa terbentur masalah dana…sudah jadi tp masih perlu penyempurnaan…???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here