460x110

IWB-TMC-NAKEDVOLUTION

iridium

yamaha-M1-winglet-3

Bro sekalian, seperti Kita ketahui, Motor Yamaha M1 Jorge Lorenzo memperoleh update sebuah Winglet di daerah Front fairing persis di samping kiri kanan dari Air RAM  ..  . Hanya Motor Lorenzo di Kubu Yamaha Movistar, Rossi Prefer mempertahankan yang sudah Ok di motornya . . .  ada banyak pertanyaan, apakah itu legal di MotoGP, apa Fungsinya ? nah cekidot deh

banner-440x100-v110

MBtech Riders-APR

Sebelum Jorge Lorenzo menggunakan di Motor Yamaha M1, Duo ducati Andrea Dovizioso dan Andrea iannone Pun menggunakan Aerodinamics winglets di fairing samping kanan dan Kiri. Mengenai Legalitas dari Winglet, Jawabannya adalah LEGAL dengan catatan . . . Lho catatan . . . Lha iya kalo sayapnya panjang banget kayak sayap pesawat terbang kan nggak mungkin tuh. Membahayakan diri sendiri dan rider lain.

yamaha-M1-winglet-2

Jawaban Paling teknis di berikan oleh Om Danny Aldridge , MotoGP Technical Director sesuai wawancara dengan Om David emmet pemilik Web motomatters. Om Danny Aldridge berkata dalam bahasa yang sudah tmcblog terjemahkan secara bebas :

WINGLET ADALAH LEGAL, Jika memiliki dimensi lebih ”sempit’ dari Fairing. Dan lebar fairing adalah maksimum 60 cm |  winglets are legal, if they are narrower than fairing. Fairing max 600mm wide

Namun ada Konsekuensinya sob, seperti juga yang disampaikan oleh Om David dalam Kicauannya di @motomatters. Konsekuensinya adalah :

Jika Rider Crash dan pecahan winglets pecah dan menyisakan pecahan tajam, Maka Race Direction bisa mem-Black Flag-kan Sang rider. |  If they break off in a crash and leave a sharp point, Race Direction may black flag them

Black Flag artinya apa ? lihat di kamus motoGP  . ..  artinya adalah Diskualifikasi, jadi Itu Bendera hitam dikibarkan beserta nomor start Motor, rider yang kena Black Flag harus masuk Pit dan Nggak bisa restart . . . . . .

winglet1-GP15-3

Namun pertanyaan menarik adalah, untuk apa fungsinya ? belum ada pergerakan analisa dari yang tmcblog peroleh, Namun alasan aerodinamika umum dari  Wing/ sayap adalah sinyalemen untuk membuat downforce bertambah yang muaranya pada motor akan membuat traksi ban depan semakin bagus. Jika Di F1, fokus utamanya di Ban belakang ( ban depan juga ada wing tapi kecil) , sedangkan di MotoGP ada di ban depan.

Yap Di MotoGP dua-tiga tahun terakhir Traksi Ban depan adalah salah satu issue Utama yang menjadi perhatian RnD semua Pabrikan. Jika traksi ban depan bisa dikendalikan dengan baik, ada kans memenangkan Laptime di sektor tikungan baik saat hitting the apex ataupun  saat keluar tikungan . . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna sob

Taufik of BuitenZorg

foto pertama coutersy of @motomatters, foto kedua coutersy Crash.net

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

52 COMMENTS

    • mau tau?
      sayap honda bisa menerbangkan honda jd pabrikan terkaya dan juara moto gp tebanyak.
      klo garpu yakefet fungsinya apa? cuma tukang jiplak doang. pabrikan miskin kok dari dulu

  1. sdh gawan bayi klo yakefet pabrikan tukang jiplak. ssg dijiplak, winglet dijplak.
    trus kreasi yakefet apa? persis kayak fanboynya

  2. Kata ♥♡ ™ [email protected] [email protected] Zlub ™ ♡♥ Troductornya RCV yg bikin Marq jatuh tp ga stiap marq jatuh krna Troductor kan? di RCV kan penuh inovasi technology jd kesalahan bisa terjadi apa lg dalam masalah elektronik yg semerawut, jatuh bisa karena itu tp ga selalu karena itu kan? emg technologi yg cuma nempelin triplex di fairing biar bisa terbang, itu motor apa odong2 ya? wkwkwkwk

  3. wah motorku ntar juga tak kasih winglet ah biar kencang
    orongorong.com/2015/09/11/joss-pemuda-ini-membuat-supercar-sendiri-dengan-biaya-rp-68-juta/

  4. 7. boman – September 12, 2015

    honhon juga udah pake winglet sejak dari dulu tp gak berfungsi apa2

    #sambilliriklogo
    —————————–

    Ngakak baca yg ini, jeli juga mas bro mikirnya. 😀

  5. Memang sangat terasa efeknya..coba aja ,meskipun pake motor bebek…telapak tangan diposksikan mendatar…sangat terasa hempasannya

  6. Wah pake talang air hihihi…
    Yah bukan sberapa mulus kendaraan melawan hambatan angin(drag)
    Tapi memanfaatkan aliran angin sebanyak mungkin utk menambh grip biar motor lbh ngacir n stabill

  7. Ayah Nisa – September 12, 2015

    Salut,yg anda sebut hon*ong* itu sampai saat ini msh yg terbanyak juara motogp nya,
    berarti yg lebih sedikit juara motogp nya lebih……lagi dong
    ======================================

    juara seri, juara dunia, apa juara OMR nih ?

  8. ikut mnganalisa seperti hal nya sayap pesawat pas posisi naik anak sayap akan brgerak turun di mana angin akan mngarah ke baqah dan mnaikan pesawat.. sblik nya pas mndarat anak sayap akan naik dan krna angin mnjadi daya tolak ke bawah.. sayap di faiting ini smakin kbelakang smakin ke atas angin akan mnabrak dan ke atas tkanan ini yg mmbuat traksi ban nempel di aspal.. sama kyk guna nya sayap di bamper depan mbil F1… di trek lurus kbnyakan mlh sdkit mnghambat airodinamika krna angin mnabrak sayap mmbuat tkanan ke bawah..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.