Bro sekalian, ngobrolin masa depan Vixion sama orang yang cukup tahu banyak tentang pengembangan Yamaha Vixion memang mengasyikkan . . . paling nggak itu yang tmcblog rekam dari pembicaraan non formal antara TMCBlog dan rekan rekan blogger lain seperti ari dan iwan dengan Pak M Masykur saat acara Talk Show karir yamaha Di PSJ Universitas Indonesia beberapa pekan yang lalu . . . . . pembicaraannya cukup gamblang yakni mengenai Yamaha Vixion . . .
Blogger sedikit mencecar pak masykur dengan pertanyaan yang berkisar antara bagaimana pendapat yamaha mengenai pengembangan Yamaha Vixion kedepan .. . bagaimana persiapan pengembangan mesin DOHC untuk Yamaha Vixion Series dan motor motor lain yang menggunakna mesin serupa (common Parts ) . . . Pak masykur either sedikit menyembunyikan strategy atau memang terus terang terlihat cukup taktis menjawab pertanyaan kami . . . Ia mengatakan bahwa Saat ini Yamaha sedang terus mengevaluasi Mesin 150 cc SOHC 4 Valve LC ini . . . sampai saat ini dalam hal kualitas, mesin ini sangat bandel dan terbukti adaptif dengan pemakaian Rider Indonesia yang kadang out of the box dan Gila gilaan, so apakah mengganti Mesin akan menjadi solusi, jelas menurut Pak Masykur Yamaha akan terus memonior dinamikannya
Nah Bagaimana jika memang kedepan Banyak permintaan mesin 150 cc DOHC ? Yamaha padasarnya bukan nggak bisa membuat mesin DOHC untuk kelas 150 cc . . namun Pak Masykur beberapa kali menyebutkan bahwa riset dan development dari satu mesin itu Nggak seperti membalik telapak tangan, butuh waktu tahunan sob 3 sapai 5 tahun pak Masykur menambahkan
Nah Yang menarik adalah Pak Masykur menambahkan bahwa masih banyak celah buat yamaha dalam pengembangan mesin 150 cc SOHC Liquid Cooled sebelum ektremnya ganti total ke sistem dual Cam . . . Pak Masykur secara gamblang menyebutkan bagaimana jika mesin 150 cc SOHC Nya Vixion dijejali sistem Variable valve Actiation ( VVA ) seperti yang dilakukan Yamaha pada NMAX . . . Yang jelas Yamaha sudah Punya teknologinya . .. dan Ini jelas bisa memberikan Opsi value Lanjutan kepada Vixion selain opsi Mesin DOHC . . . udah kayak Mesin Mobil Honda Jazz dong SOHC, LC plus variable Valve timing
Namun jelas menarik . . . kenapa Pak Masykur secara gamblang menyebutkan VVA untuk mesin Vixion ? ini terus terngiang ngiang di benak tmcblog . . apakah memang kedepan Ada opsi Mesin Vixion akan diupgrade dengan sistem VVA juga ?. . wak pak de masykur jelas bikin banyak orang kepo nih
Taufik of BuitenZorg
Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui
- email : [email protected]
- instagram : tmcblog
- whatsapp : +62818103404 ( whatsapp only )
- Facebook TMCBlog
- Twitter Resmi TMCBlog @motoupdate
- blog alternatif ; http://ringpiston.com
- Video Blog : http://tmcvlog.com
- Android App : Google Play Store
- iOS App : App Store
mending VVA doeloe dech
Wakakakakaka
Si juraragan momok makan steak minumnya air putih nggak mau ! Mlh minta coca cola !
Wakakakakaka
Juragan zzzaammmmbbaannnn city !
Wakakakaka
njiplak honda jazz. gak punya malu
Mitsubishi Pajero Sport Dakar juga SOHC Mas,,,
Honda jazz city crv 2.0 sohc, ayla dohc yaaa pikirkan saja ga mesti dohc unggul haha
mending vva dohc lah
Wakakakaka
Mending minumnya coca cola drpada air putih , itu si momok juragan zzammbbaann city
Wakakakakakakak
Sepakaaaattt!!! 😀 SOHC + VVA dulu deh 😀
Joss
setuju wak,
sohc vva masih lebih worth it untuk motor sport komuter harian.
karakter stop and go pada rpm rendah-menengah dan bisa lebih irit bbm.
Rasanya perubahan ke DOHC tidak menjamin Vixion jadi lebih bagus dari yang sekarang. Nambah tenaga juga sepertinya masih tidak masalah.
https://kupasmotor.wordpress.com/2015/10/06/sebelum-spedo-digital-jadi-cerah-penuh-warna-ini-cara-agar-tampilan-hitam-putih-tidak-terlalu-membosankan/
Mudah2an vvane kegowo. Dadi enek opsi ganti mtor wkwkwkwkwk…..
Apa aja boleh lah…
Ya lebih tepat guna SOHC+VVA
Lucu liat mesin pigsen, kurus gitu PD di umbar . . .
😆
sama aja croot mesin sebelah, mesin kok di kandangin
croott
Kata siapa melambai ? Nvl ku kalah kok sama cbr150R.
Malah nvl ku menang lawan R15 Jarak pendek. Untuk harian sebenarnya mesin honda skrg ganas ganas. Coba dulu deh. Tapi yamaha vixion tetap dihati soalnya finishing lebij bagus sama lebih enteng. Jadi buat harian lebih diandalkan. Sekian review netral
dapet jg 10 besar…
yang penting modelnya jangan nanggung
SOHC Variable Valve
Jazz,BR-V,HR-V,berarti mbl kasta rendah dong bermesin purbakala??wkwkwk
Fbh bilang kan mesin SOHC mesin purbakala zaman megaliticum.
Noh mbl jagoan fbh di atas mesin purba semua kecuali Accord memang dohc satu kasta dgn angkot GRANMAX DOHC DLi.
Ngoahahahaha.
Ngoahahahahaha cruotttt
yg lebih masuk adl sohc+vva spt honda jazz,irit bisa kenceng hayo.
kalo bisa 5 valve
Mungkin vixion akan pakai mesin dohc kalau cb150 sudah pakai deltabox
Saya rasa CB cukup bangga dengan kandang piteknya…
MT25 itu kandang apa vroh ?
Bahahah
Btul itu wong kandang piteknya ja di contek ma sebelah buat sang penguasa jalanan
Tau betul yamaha kandang pitek kedepan bakal ngetrend
mesin 150 SOHC VVA kayaknya sdh ada dibuat untuk MT15..berkaca bahwa MT15 mempunyai posisi di atas vixion dengan nilai lebih dari vixion..
Masalahnya, 99% konsumen ga tau apa itu VVA, seperti halnya diasil, forged dllmm
Beda dengan DOHC yg sudah sangat familiar dan punya prestis dibanding SOHC
Masa sich????
Metode survey anda apa???
Metode opini apa metode ilmiah???
Gk percaya saya klo 99% konsumen yamaha gak tahu forget piston dan diasyl silinder.
DOHC dan SOHC cuman masalah mindset
Mosooooooo… #tepokjidat
Mungkin 99% masy taunya mesin 1/4 silinder 🙂
Ngiehehehe…
Emang cuma seperempat volume otaknya bro.
sekalipun gak tau apa itu VVA yg penting efeknya ke performa terasa..motor tuh mainnya performa bukan di mindset..dohc beda tifis sama SOHC powernya…
terus 99% angka dari mana ..jangan jangan cuma opini aja..
Berkaca dengan komparasi power Nmax vs PCX :
– Nmax 11 kw
– PCX 9,8 kw
Saya rasa dengan keadaan posisi power skrg antara NVA vs NCB yg cuma beda 0,7 dk….bisa bisa cuma tinggal nama itu slogan DOHC NCB…
Bolehla masih sohc plus vva tp setidaknya jadi 6 speed plussss desain “WAJIB” keren. Kalau dohc pasti langsung head to head ma sebelah dan yg membedakan pasti lagi2 desain sapa yg lebih keren dan impact nya tentu harga yg pasti nambah jauh lebuh tinggi
Analis ngawur berdasarkan opini commentnya.. Btw blog Udah dapat iklan blm?
Nanti ane kasih iklan produk ane, kontraknya lumayan biar bisa beli domain( .com
)
.
.
.
Produknya, Tusuk gigi bergelombang
Sabar bro FBY itu dungunya emang udah akut, bahahahah
VVA di Nmax aja gak berasa bedanya dengan vario 150, cuma karna sugesti aja kalau ada yg bilang tenaganya berasa banget jauh diatas matic 150cc lain itung2 menghibur diri biar gak merasa ketipu Y dengan embel2 sport maticnya hahahahajajajajaja
Ngoahahahahahahahah
PENYEMBAH SOHC 5speed NGEBUL kagak trima….
cie …cie….dibelain ama kekasihnya…gak terima ya kalo di bully..
Vva dulu x yee…..jgn trburu2 keluarin dohc kalo adonannya blm mateng ntar jd bantat kek honda dohc abal abal
sebaiknya YIMM buat motor yg sesuai kemampuannya
karena saat ini YIMM BELUM MAMPU BUAT DOHC 150cc
jadi para biker HARAP SABAR MENANTI
Trus yang 250cc pararel twin bukan dohc gitu….?
Mbok ya bodo jgn dipiara sapi dipiara biar gemuk buat lebaran haji tahun depan dijual…
HAHAHAHAHAHAHAHA…… 😀
vva bikin kalo manasin motor cepet gt ya? cmiiw
Saran buat YIMM buat SOHC+VVA … Dengan catatan jangan lagi edvance…. Tapi harus lebih dari itu
Lebih irit
Lebih bertenaga
Lebih nyaman
Lebih ganteng penampilannya
Lebih lebih dan lebih dari yang saat ini
Asal jangan lebih lebay aja…. Hehehehehe…
Dan harus ada value lain dari yg saat ini
Misal USD… LED lamp… DLL
Mantap klo SOHC+VVA, lebih irit, torsi bawah ok, topspeed ok, perawatan lebih murah.
Semoga aja bisa di aplikasikan ke mesin nvl.
Wah menarik ini jika memang benar ke arah sana..dohc untuk motor sport 150cc harian terasa kurang brmanfaat.. Vote sohc + vva lebih value untk mtor sport harian
VVA dulu,.konsumen sudah cerdas,.sudah tau bnget fungsi VVA,.mungkin cuma FBH miskin otak yg gk tau VVA.
Cek power NMax vs PCX
11 kw vs 9,8 kw
Artinya SOHC plus VVA bisa memberangus DOHC konvensional…
Menilik power NVA skrg yg cuma kalah 0,7 dk dengan NCB
Ngoahahahahahahahah
NGIMPI jgn terlalu tinggi brot
Sohc VVA nya mana dulu yg di pigson?udah jadi?udah ada?apa baru progam?
Msh di test biar jgn ngebul….
Hahaha mas slamet ini ada ada aja…
Mungkin mas slamet terlalu menggebu nggebu groginya
Santai wae mas…
Yakin ?
Mau nvl ngebul lagi ? Silahkan aja xixixixixi inget ya power 16.5 ps didapat dengan overlap tinggi lo. 59 derajat. Kalau power mau gede dan vva berfungsi ya mau gak mau overlap turun dulu. Kalaupun yamaha masih nekat nnambah power honda juga tinggal ganti camshaft racing kok. Wkwkwkwk
..
Gimana kalau sport matic seperti gilera runner wak? Yang ga mainstream, dan bikin pasar sendiri
..
Kalau menurut saya SOHC VVA adalah opsi yang paling masuk akal buat Update mesin Vixion untuk saat ini
ngomong wae rung siap mesin Dohc ne :v
masih digodog sampe kemeluk di lab :v
Cuma 150 cc SOHC + VVA udah lebih dari cukup asal ngak Nearly VVA
persaingan makin ngerii
http://palsepuluh.net/modifikasi-new-megapro-pasang-fairing-pulsar-p220/
wah menarik nich
http://orongorong.com/2015/10/07/tahun-2016-bayi-yang-baru-lahir-akan-sudah-ber-ktp/
jangan2 LC4V + VVA akan ditemplokin di motor misterius (MT15)?
asli mantap kalo VIXION yg SOHC plus VVA jadi makin garang dah…DOHC sebelah dipertanyakan?
♥♡ ™ bLoon D@RMO ™ ♡♥
komentarmu kok nggak ada yang bermutu to mas.
keliatan bodohnya
Mesin kecil satu cylndr untk stop and go..!! Haruskah dohc?
Jawabnya tidak
Sohc +vva lebih siip
Rupanya pak de Maskur mulai gerah dengan kehadiran NCB,
Belain mati matian Pak De,,
Sampai titik darah penghabisan …
Jangan sampai gulung tikar
kl mt15 dah pake vva kayanya bakal bungkus 1 nih…
Wkwkwkwkwk….
Cerdas… Dan menarik.
klo misal pake sohc+vva hmmm kapasitas mesin jd mirip nmax 155 perbandingan kompresi naik otomatis torsi dan power pun bertambah jd 17.5hp dan torsi 15.5nm mgkn hehehehe
Bisa jadi…dan DOHC sebelah pun tinggal nama.
HATI HATI GUNUNG API DI KARAWANG SUDAH ERUPSI..
INDIKASI LETUSANNYA AKAN MENYEBABKAN GEMPA DAN TSUNAMI MENGGULUNG TETANGGA SEBELAH..
😀 😀
VVA+ISS+ICG starter… Mantebb
Helm-in sakalian
Lebih masuk akal kalo SOHC +VVA, karena sudah dipakai di NMAX tinggal dicari celah minusnya aja…
ape ku bilang. teknologi nyontek….situ aje yg ga tau…
body nyomot moge honda plus stoplamp…. mesin comot honda jazz… jozzlah…
smart wak….
Hahahaha I’ve been said this since several month ago wak…hehehehehehe
mnrutku sohc + vva udh lbh dr ckup lh wak haji. klo mau dilihat dr segi ekonomis dan praktisnya
vixion SOHC + VVA, dijawab sama honda, mesin UNICAM dilokaalkan…
bwahahahah….
Dan itu serasa jauh di angan anda sob..haha…
Mau dibandrol berapa brother?
Unicam itu yg bikin mahal titaniumnya, bukan teknologinya…
jadi buat di produksi lokal dn global ngk masalah… toh, tinggal di bikin speck down dri mesin SE aja..
Dan material Titanium cukup berpengaruh dengan output tg dihasulkan. Ambil contoh jaman MClaren Mercedez yg dibesut Mika Hakinnen . Dengan batasan spek yg sama tapi material Beryllium Mercedez membuat Hakinen bagai kuman dipelupuk mata…alias gak kepegang ekornya…dan Berryl sangat2 mahal bro.
Sorry ambil F1 buat kasusnya bro.
yapp…
untuk ksus unicam, ckup pke material mesin konvensional biasa dipake.. sistem buka tutup klepnya pake sistem unicam…
ane kira cukup fair diadu ama mesin pikson plus VVA sxian…
Unicam bukanya prinsipnya sama kaya mesin minarelli-yamaha bukan…?
vote sohc vva kang
—
http://otomags.com/index.php/2015/10/08/pilihlah-wordpress-self-hosting-kalau-ingin-serius-ngeblog/
wALAH mAHO MAHO… mesin yaMaho nYeMoX y klotok klotok pada girboxnya aja belum ada solusinya malah berkhayal khayal Njiplak Honda Jazz.. kerjaane yaMaho ko njiplak sana jiplak sini ya.. maaf ini Fakta Lo mbing BY….
150 cc pake DOHC tu mubazir.. Mending pake VVA aja.. Setuju nek iki..
cuma di pake buad harian kan? SOHC aja, udah
FBYaMaho dikasih mimpi trus… yaMaho Mat Thuolol15 jiplakan CB190 aj belum selesai. skrng udah mimpi Jiplak Honda Jazz.. sambil elus elus muke Njebeber SOHC Operstruk Maho…
Setuju Wak… SOHC lebih cocok buat stop n go, kalo mau nguber power+irit ditambahin VVA. Kalo saya pribadi lebih suka motor yg ringkas tapi powerfull.
fbh n sales maho smakin kojel2 padahal produknya aja blm ada,bkn bahas blueprint atau spyshoot tp bc nya dah keluar tkt sesembahannya tmbh ga laku….
pelit bgt bikin dohc doang.
sohc + vva itu kayaknya sudah cukup buat ngelawan honda, kaloupun pake dohc harus lebih wah dari cb150. cb sama vixion wae 11-12 gak banyak2 selisihnya..
Gak perlu DOHC bro, tengok komparasi power Nmax vs PCX
Nmax 11 Kw
Pcx 9,8 kw
Selisih 1,2 KW
Atau (1,2 x 1000) / 746 = 1,6 dk
Tergambar jelas disitu VVA terlalu digdaya brother…mengingat selisih yg ada skrg cuma 0,7 dk…
gk adil kyy ngebandingin 155 cc vs 150 cc… plus VVA lgi 155 cc nya..
@moge
Nah itu dia bro, penambahan VVA cukup membuat power Nmax diatas PCX. Selisih 5 CC itu sangat sedikit bro…contoh piranti PNP Blok silinder plus jeroannya buat KLX dengan penambahan CC hingga 25 CC alias naik jadi 175, ternyata tak lebih dari 2 Dk penambahanya.
Denger² YIMM Sudah test lapangan engine DOHC Tapi Rompal bener gak tuh hh..
“namun Pak Masykur beberapa kali menyebutkan bahwa riset dan development dari satu mesin itu Nggak seperti membalik telapak tangan, butuh waktu tahunan sob 3 sapai 5 tahun”
DOHC nya di keep dulu…SOHC + VVA sudah cukup buat lawan DOHC yang itu tuh
Dan selisih yg ada terlalu mudah untuk dilampaui VVA
Buat yg sdh pernah ngrasain sohc+vva di nmax pasti setuju. Matic gambot aja akselerasinya cepat dan iritnya setara dengan motor sport. Jadi kalo diaplikasikan di motor sport akan sangat bagus.
Nafas masih panjang
yg penting keren aja wak….dah cukup buat orang indonesia….nunggu R15 DOHC aja….hehehe..vixion biarlah menjadi sohc VVA advance….
menunggu motor kecil aja pakai mesin Honda jazz..
gimana bentuknya yah?..Harley aja kalah..apalagi Yangmaho..
Masih jos unicamnya honda dong, sohc rasa dohc. Putaran bawah rasa sohc putaran atas rasa dohc mangstab.
Setuju wak habis sohc baru dohc buat kesan terakhir generasi mesin sohc superior dan mudah di ingat kebandelannya setelah itu ganti dengan dohc tp ingat jangan lupa image mesin sohcnya tetep bandel irit powerfull buat harian
ekekekekeke …. bukannya ga bisa bikin coyy … kalau mau real DOHC harus di masak mateng” … inget mateng” bukan setengah mateng ngoahahahaha ….
SOHC+VVA lebih worth it daripada DOHC 1/2 mateng …
njelehi…,ora usah tuku we buosene nganti nang weteng nek….
Kata “dulu” berarti memang akan ada…
Wisata Gunung Kukusan, Magelang: http://wp.me/p1eQhG-1oh
fbh koar2 DOHC, mahonda penguasa pangsa pasar, tapi beli nya cuma mbit ama ripo + semprot ngirit…
ngoahahaha
Soal performa saat ini NVA sm NCB 11-12, ngga signifikan perbedaannya. Seandainya nanti mesin NVA + VVA, prediksiku performanya bisa diatas DOHC NCB yg sekarang. Tp ngga tau kalo dibanding sm DOHC-nya Suzuki yg sebentar lg bakal brojol, blm bisa prediksi.
Vote for SOHC+VVA, SOHC lebih enak buat tarikan, DOHC untuk top speed sepertinya jarang kepake di jalanan ibukota yg super macet.
VVA teknologi kelas dewa, yamaha the first n the best
Ya bagusan vixion sohc pakai vva tenaga joos tapi irit
ditunggu 150cc SOHC-VVAnya…
muantep juga tuh… serasa bawa honda Jazz…
motor teknologi mobil….
Ganteng bngt motor ini… Biker yg pas-pasan aja bisa terdongkrak prestige nya
Build quality yg terjaga bro..
Betul bro ! Selama 8 tahun blm ada motor sport sekelasnya yg bs ngalahkan penjualannya.. Hanya beat yg bisa mengalahkan, itupun beda kelas.. Heran saya.. 😆
Fby pada ngarep.. Petingginya aja dongo gmn fb nya muka dongo.mesin ngebul aja ga diganti2 velg geol2 masih produksi.. Fby dongoooo
menurutku sih kalo bisa untuk update dimulai dari atas, soalnya kalo yg diupdate vixion dulu otomatis performa ga bakal bisa di atas r15 bisa ga laku dong, jadi yg harus diupdate r15 dulu kan gap performa r15 ke r25 lumayan gede tuh, kalo bisa VVA dipakai buat ningkatin putaran atas dan kalo tarikan awal yg sekarang dah okelah buat 150cc, baru setelah itu upgrade mesin vixion performa setara r15 tapi tarikan awal tetap kayak yg versi sekarang, baru mx series yg diupdate jadi bisa optimal semua…
Setuju bro, tp kayaknya perubahan drastis bakal digunakan u/ semua seri ( R15, MT-15, dan klan Vixion ). Hanya masalah waktu aja.. 🙂
strategi yg bisa membuat titik jenuh ini.. kayaknya udah mulai banyak yg kena titik jenuh ke yamaha,, untungnya dari kompetitor juga enggak begitu menarik.. tapi kalau ahm mengeluarkan jagoan 200 cc nya itu ga tau deh gimana… itu bagus lho itu.. ga main2.. belum pernah saya setertarik ini terhadap mtor honda yg akan di lokalkan kecuali si kpd si cb200 ini khususnya yg warna merah.. waktu melihat new cb150 aja hanya sekedar sedikit tertarik, itupun hanya di awal saat para bloger menunjukkan gambarnya yg hanya terlihat sebagian, tapi begitu dilihat full sangat menjijihkan, di situlah yamaha masih beruntung.
tapi kalau cb200 yg tadi sempat dibahas juga di warung ini yg mana rencananya akan di lokalkan.. gambarnya langsung jelas 100%.. dan kalau yamaha hanya umak umik umak umik bakal bahaya.. konsumen bakal ketemu titik jenuh dengan umak umik umak umik itu..
yamaha ga boleh hanya mengambil langkah yg sangat tidak fresh..
sebenernya secara logis apa si perbedaan n pengaruh secara signifikannya terhadap performa plus efisiensi ? saya yakin enggak ada lah..
bahkan mungkin sama aja lah secara performa n efisiensi dengan NVA dan NVL. kalo nva itu top speednya lebih lemah dari nvl, itu kan sbnernya cuma karena limiternya di set lebih rendah aja. kalau limiter diset sama di 10500 saya yakin sama aja lah semua itu.. hanya mungkin bedanya nva sdkit lbh halus karena blog yg katanya lebih baik.
kalo seandainya perubahan tersebut hanya untuk memainkan mindset konsumen tentang suatu tehnologi baru, dan kebetulan bnyak konsumen masih gak memahami dan hanya sekedar terbuai sensasi nama suatu teknologi karena namanya terdengar baru misal namanya vvi niv aat vvti atau wati atau paijo.
tapi konsumen skrang ga bodoh..
memang.. dari segi kinerja sistem, sdikit bnyak pasti ada beberapa perbedaan kinerja. entah itu posisi atau sudut atau pergerakan atau bentuk part.
tapi perbedaan2 saumik saumik gitu..
ahh sudah bnyak orang tau lah itu.
ga asing juga sbnernya teknologi itu. artinya bkan teknolpgi yg bner2 baru..
daripada blunder.. mending untuk gen SOHC di stop di NVA itu lah..
pingin irit namun tetap lumayan top speednya lebih dari cukup lah kalo untuk penggunaan bertransportasi di jalan raya. pilih aja NVA.
berarti sekarang yg perlu yamaha keluarkan adalah gen yang CRAZY..
mesin dengan performa yg sangat gila.. dan mesin tsb mampu bahkan sangat mampu untuk performa gila itu.. misalnya bbm boros gimana ? ya sudah konsekuensinya lah.. banyak kok segmen yg mana irit bkan prioritas. yg penting speed mantab.. sebenernya ya itulah kenyataan mau performa gila gilaan ya bensin boros lah.. dan masyarakat tau itu..
mau mesin 150 and up performa super tapi bensin 1 : 70. bisa.. menghayal sambil gigit jengkol sambil ngupil..
artinya begini..
jika perubahan itu di gunakan untuk gimmick marketing.. menggunakan celah sensasi “nama teknologi baru” memanfaatkan kekatrokan dan kesumpukan beberapa segmen dalam masyarakat untuk bisa menempatkan harga supaya bisa jauh lebih tinggi, yg ada masyarakat pasti tersinggung.. mentang2 laris
laju di kiranya kami ini bodoh bodoh bener.. ibaratnya begitu.
tapi kalau perubahan itu adalah untuk menggantikan mesin gen lawas. yang berarti diposisikan menggantikan NVA.. tapi tetap dengan harga yang sama dgn nva.. kalaupun ada perbedaan hanya terpaut sedikit saja dari gen yg digantikan (nva) .. mungkin masih bisa bertahan.
Wah kalau vva, sesuatu banget!!
Saya teringat dulu ketika mau ambil mobil honda jazz, saya tanya kenapa sih mesinnya SOHC? Padahal kompetitornya DOHC?
Dijawab oleh salesnya; Honda memilih mesin SOHC karena dari segi perawatan lebih murah, dari segi reliabilitas juga lebih handal, apalagi jika ada pergantian komponen biayanya juga murah. Kalau dibandingkan dengan DOHC diatas kertas perbedaan dari kecepatan dan torsi juga gak terlalu jauh.
Lalu aku nanya balik.. Lhaaa… koq berbeda dengan motornya yang mendewakan teknologi DOHC yang katanya lebih superior daripada SOHC?
mindset : SOHC irit, DOHC boros.
fakta : r15 lebih boros 4km/l dari cbr150r.
tolong dijelaskan mas.
makin juosss aja nih
155cc + vva
Lebih nekan cost karena common part dengan nmax
motor sekelas verza cukup sohc saza…
irit…..
eh… lebih irit NCB lho.
SOHC kok boros.
Dari dulu mana bisa sih yamaha ngalahin iritnya honda. Itu cuma penggiringan opini sales” yamaha yg lg pada kelaperan aj….
buat kelas 150cc mending gak usah DOG DOG an eh… DOHC maksudnya hehehehehe… mending SOHC+VVA saja.
karena sampai sekarang yimm gak punya dohc 150cc, coba kalau yimm punya dohc 150cc, pasti anda akan lantang bahwa sohc itu kuno..
sabar mas.
86. pengamat – October 8, 2015
ata pak maskur (vice GM Marketing PT.YIMM) “Kita santai koq mz. Dari dulu kita hanya ingin memuaskan konsumen. Market share bukanlah utama bagi kami”….
Demen bgt sama ini orang, yg kaya begini perlu dilestarikan. Bener gak?
jd sebenarnya Yimm itu sengaja menciptakan tren 2016 dgn desain baru. Buat owner old vixion, nvl, nva, byson yg pengen upgrade mesin lc4v, vva, radiator & modif usd, bannana arm, velg chemco yg keren, head lamp koito akan disediakan….
Vixion kok dilawan…. ora iso coy
Ngoahaahhaha
Jlub
———————————————————-
tumben gak ngomongin bore x stroke…
ngoahahahahahahaha
Vote for vva..
VVA just kicked in yoo.. kkkk…
namanya juga stratrgi wak..
masa mau di umbar langsung…
jos lah teknilogi nya…
Wahh vtec
Disinyalir ini merupakan kode dari Wak Haji kalau Vixion bakal pakai VVA, lebih masuk akal untuk saat ini dan juga identitas Vixion ga akan hilang, tetap SOHC tetapi terus di Upgrade..Sport yamaha >> SOHC=Vixion & DOHC=New Pengembangan/New Produk
mirip kasus CB 150R pertama kali dirilis vs NVL
silahkan dikunyah2…..
ane lebih prefer dengan VVA ketimbang DOHC..
selain perawatan dan harga sparepart lbh OK ketimbang DOHC, terbukti sampai sekarang teknologi DOHC pada motor kelas 150cc ga efektif2 banget, walau memang keunggulan DOHC adalah kerja mesin lebih stabil dan OK di putaran tinggi..
penggunaan DOHC (mesin mahal) juga bisa berdampak pada pemilihan sasis loh.. mungkin CB mengorbankan pemilihan sasis teralis karena cost nya sudah mahal di mesin DOHCnya.. sementara kata wak haji waktu bahas Sasis model tubular lebih murah pada artikel CBR2500RR beberapa hari lalu..
mau Vixion sesembahanmu pake teralis? nanti telen ludah sendiri loh…
jadi menurut ane lebih baik tetap SOHC, dengan spec lbh advanced macam penggunaan VVA..putaran atas bawah josss.. atau pake macem KIPS/RC valve/YPVS..
masuk akal sihh… kasih value lebih… terlebih dahulu
bajaj online serbu jakarta… goozir.com
Fitur advance itu akhirnya datang juga
The power of kepepet
Kan enak gini klo ada saingan jdi cpet updatenya
Btw seru liat pertarungan babak terakhir coz cuma ini yg masih tersisa
Klo ampe kalah lg disinyalir fby pun bkal punah en blog jdi sepi bro
mesin new vixion material bozok.
mesin 3C1 tetap paling joss
Ternyata bro ………….
Indonesia butuh transportasi massal, kalau yang memenuhi jalan adalah sepeda motor, maka akan banyak crash, seperti fbh & fby yang sering bertengkar. Negara maju sudah mengurangi penggunaan sepeda motor yang notabene penyumbang angka kecelakaan terbesar dibandingkan dengan mobil. Maka untuk mengurangi angka kecelakaan, kesemrawutan, polusi, dsb dibuatlah sarana transportasi massal.
Teknologi dan mesin pengebor tanah / TBM ( Thunnel Boring Machine ) yang membuat terowongan subway / MRT dan saluran bawah tanah / sodetan berasal dari Kawasaki Heavy Industries di Kobe, Jepang bro……
Kalau bro tidak percaya silahkan buka website : http://www.khi.co.jp telusuri Industrial Equipment Construction
Terus kapan transportasi masal itu?????????????????????????????????
??????????????????????????????????????????????????????????????????
??????????????????????????????????????????????????????????????????
Ngoahahaahahhaahha
Klo MT25 bukan kandang pitek
Lebih ke “jemuran syempaag”
semoga saja bisa menjadi strategi yg jitu dan lebih memuaskan konsumen, jika kepuasan konsumen adalah masih menjadi orientasi yamaha, maka pasti akan panjang tahta raja sport di indonesia kau pegang, dan pasti akan semakin dicintai.
segala sesuatu yang tujuannya peningkatan ke arah yang lebih baik enggak ada salahnya atau bahkan bisa jadi memang perlu untuk di aplikasikan.
semangat.
Gk usah belajar bikin dohc drpd jbol mesinnya.,
Motor kelas dewa yg laris manis
http://www.otomania.com/read/2015/10/08/102200830/Walah.Yamaha.R3.Rakitan.Indonesia.Kena.Recall.
cyber on October 8, 2015 at 9:44 am
sebaiknya YIMM buat motor yg sesuai kemampuannya karena saat ini YIMM BELUM MAMPU BUAT DOHC 150cc jadi para biker HARAP SABAR MENANTI
============================
yupe, beda bgt ama ahm, ahm tau bgt kemampuan fanboynya, makanya ahm stop import cbr250 krn kemahalan ampe kagak ada yg mampu beli. Dan genjot motor murahnya, & terbukti laris manis tanjung kimpul.
Vote for vixion sohc + vva,,,
husss syempak itu hak paten epbeha
Dah di copy gt bro muka syempak ngohahaha
Bikin poling aja wak, 😀 pilih sohc vva atau dohc hahay..
Buat CC kecil saya rasa SOHC udah lebih dr cukup, penambahan VVA ibaratnya menyempurnakan mesin yg sudah ada sejak 8 tahun lalu.
Jadi intinya mesin yg sudah teruji tinggal sentuhan ini itu, ketambahan VVA…jadinya Jooozzzz…
sohc aja udah bisa ngepretin dohc…
mesin 150cc ga ngaruh sohc atau dohc
Mungkin kebiasaan bawa ukuran ban besar trus pakai ban lebih kecil…jadinya enteeeng..hehe..
Tapi yg paling mendasar ya mesin yg simpel utk dikorek…
gak ada tabu nya utk mesin sohc,toh klo cm buat standaran msh bisa bersaing ma dohc…lain cerita klo buat race yg butuh rpm tinggi,dohc+overbore lebih menggigit.
82. boneng ghoib – October 8, 2015
Saya teringat dulu ketika mau ambil mobil honda jazz, saya tanya kenapa sih mesinnya SOHC? Padahal kompetitornya DOHC?
Dijawab oleh salesnya; Honda memilih mesin SOHC karena dari segi perawatan lebih murah, dari segi reliabilitas juga lebih handal, apalagi jika ada pergantian komponen biayanya juga murah. Kalau dibandingkan dengan DOHC diatas kertas perbedaan dari kecepatan dan torsi juga gak terlalu jauh.
Lalu aku nanya balik.. Lhaaa… koq berbeda dengan motornya yang mendewakan teknologi DOHC yang katanya lebih superior daripada SOHC?…
sekalian survey R25, kenapa harus DOHC kalo SOHC lebih superior ?????
Sy juga teringat waktu mo ngambil mobil yamaha
Sy ingat yamaha g punya mobil jdi sy g jdi ambil ngohahaha
kelas 30jt kebawah utk motor batangan, orang indo msh lebih suka dg tampang n model,urusan mesin no sekian.beda dg klas 50jt keatas,baru mikirin tampang n performa.
mindset mesti berubah, kenapa kalo mesin DOHC harus overbore, sedang SOHC mesti over stroke… padahal sonic 125 sama scorpio SOHC overbore…… ada yang bisa jelasin FBY atau FBH ??????????
Saya punya _V yg terakhir itu walau sebelumnya punya _V yg dohc………….tapi motor semua Yamaha….Piye jal…? desainnya sih yg jadi pertimbangan ada kemiripan desain honda mobil dan motor yamaha yg enak di liat…!! wkwkwkwk
Mau vixion DOHC? gampang! Jika semua FBY mogok kagak mau jadi FBY lg, kagak mau beli vixion lg selama itu mesin masih SOHC, dijamin dah gak lama lg pasti DOHC. Jangan marah jika tetangga ngolok2 karna bagi Yamaha tetangga itu bukan siapa siapa, andalah wahai konsumen Yamaha (termasuk FBY) pihak yg paling dianggap penting oleh Yamaha. Andalah bos yg sesungguhnya!!! Bukan tetangga yg lebih hebat sehingga berani mengolok2 anda, karna sejatinya Yamaha itu tdk kalah hebat. Sikap konsumenlah yg menentukan sikap produsen. Bagaimana mengharap produsen mau berubah lha wong konsumennya sendiri tdk ingin berubah, malah mati2an membela dan memujanya? Mau vixion DOHC? Berhentilah jadi konsumen vixion hingga vixion sdh DOHC. Lihatlah CBR 150 sdh dikasih “pelajaran” sama konsumennya akhirnya mau berubah. Denger2 yg 250pun bentar lg dual piston. Enggak mungkin perubahan itu terjadi jika CBR disukai konsumen (laku dipasaran). Vixion DOHC? Gampang…jangan beli vixion…dijamin!!!
vote Unicam buat bantai VVA..
UNiCAM kickin yooo…
sohc + vva dulu deh. jgn lupa benahi kualitas produknya http://news.okezone.com/read/2015/10/08/15/1228394/sebelum-as-yamaha-australia-lebih-dulu-recall-r3
mbah MOODHARRMOO – October 8, 2015
Wakakakaka
Mending minumnya coca cola drpada air putih , itu si momok juragan zzammbbaann city
Wakakakakakakak
==========================
kualitas FBH cuman kayak gini…pantes he2..
hahaha la iya itu wak yg BK…… head silindere mirip 2dpnya nmax.
Motor 150cc, hrs dohc atau sohc+vva, hrs led, body hrs keren, full digital, hrs irit, klo bisa USD, swing arm alu, hrs bisa pemium, hrs murah.. ya.. jadinya murahan..
mosok byk permintaan tp hrg hrs murah.. nanti kkyk 25,4jt, dohc tp part lainnya romphal.. ha ha ha… mikirrrr….
NCB hrsnya di hrg 27-28jt dg part lbh berkualitas dr skrg..
gagal paham istilah VVA buat para konsumen.
Ane bilang juga apa, vixion biar kata sohc tp powerfull & irit, tinggal modif vva aja bejaban sama NCB.
Jadi owner vixion gak usah galau. usd, banana arm, velg lebar chemco, head lamp led koito, 6 speed gearbox akan disediakan Yimm, pastinya tambah keren dong.
Vixion kok dilawan ….. ora iso coy
Ngoahaahhaha
Jlub
Dari dulu mana bisa sih yamaha ngalahin iritnya honda. Itu cuma penggiringan opini sales” yamaha yg lg pada kelaperan aj….
lhooo… kenapa honda odyssey pake DOHC?
bisa ya om 5 valve
ooh…
jd ntar MT 15..pakeny ky N-max…
pake VVA…tp giginy 6 ky R-15…
jd djual 30jt…
Roman Xclub – October 8, 2015
Sabar bro FBY itu dungunya emang udah akut, bahahahah
VVA di Nmax aja gak berasa bedanya dengan vario 150, cuma karna sugesti aja kalau ada yg bilang tenaganya berasa banget jauh diatas matic 150cc lain itung2 menghibur diri biar gak merasa ketipu Y dengan embel2 sport maticnya hahahahajajajajaja
———————–
itu mah nmax setelan gas nya doang jadi tenaganya spontan.. hehe…
kata fby honda itu motor bapak2, tapi ymaha juga motor bapak2, buktinya masih kolot soal mesinnya yang masih sohc… jlubb :p
vva dengan 5 klep kan sdh punya teknologinya
btw sory ane bkn fansboy, cuma ane lg gedeg aja ma fby yang ngomong kalo ada motor merk lain keluaran terbaru dibilang mirip ama produk Ymha… hadehhh
salam krispi 😀 wkwkwkwkwkw
ahm bikin ncb dohc near square g sampe 1th.fu ganti mesin riset 1th.yamaha hrs bisalah
SOHC aja Di kejurnas Rajanya… Gmna clo YAMAHA udah DOHC?? Bakal Mewek tuh Ngahaem dngn FBHosok! Noh lirik SoNice Dohc Di kepretin Bolak alik Ma MX KING.. Ngoahahahah, Malu dong Sesembahan Ente Di Kentutin ma SOHC?.. Mikir mau tinggal LEP boleh.
Mantap banget nh kalau pake vva.
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling
buat para komentator yg beda2in power pcx ama nmax….
lu mending mikir dulu sblum ngom!!!
krn honda sdah buat DULUAN matic 150cc
…
ya gak mungkin lah yamaha bikin matic 150 dgn power yg sama, (klo sama power nya,ya mana laku tu nnax,gevleg)
CERDAS dikit lah kalo komen……
cari uang gak ampe segitux kali
yg saya bingung itu…korelasinya vva sama power apa ya???
karena setau saya vva itu tujuannya untuk efisiensi.
vva tujuannya kan ngatur tingginya buka tutup klep, jadi pas rpm rendah bukaannya rendah juga, pas rpm tinggi bukaannya tinggi(untuk suplay bbm lbh banyak).
SOHC + VVA dengan klep lebih besar dari yg sekarang . . .
vva dulu deh…manteppp. tenaga bagus makin irit
https://singlepiston.wordpress.com/2015/10/08/polisi-baik-hati-selalu-memberi-coklat-kepada-anak-yg-menggunakan-helm/
sohc + vva 5speed aj dh cukup..pasti mantap bwt touring..tk tunggu motore pak masykur
Mending SOHC VVA lah DOHC di tempat ane gak begitu kerasa gak bisa lari ditanjakan
131. Konsumen Biasa – October 8, 2015
yg saya bingung itu…korelasinya vva sama power apa ya???
karena setau saya vva itu tujuannya untuk efisiensi.
vva tujuannya kan ngatur tingginya buka tutup klep, jadi pas rpm rendah bukaannya rendah juga, pas rpm tinggi bukaannya tinggi(untuk suplay bbm lbh banyak).
==================
tergantung kebutuhan dan tujuan kerja mesin bro, jadi ga melulu untuk irit tujuannya pake VVA.. toh ada kan noken as/cam shaft racing, kan tujuan nya meningkatkan performa untuk tujuan balap bukan buat irit.. jadi sekali lagi menurut ane tergantung kebutuhan..
kan noken as/camshaft juga bukan hanya mengatur tinggi rendahnya bukaan klep tapi durasi bukaannya juga bro
menarik nih, terus kenapa ga pake camshaft profil racing dari awal biar tenaganya gede??
Justru nvl udah pakai camshaft semi racing buat naikin powee sampai 16 ps. Makanya cuma bisa ketawa aja vva bisa naikin power xixixixi
Dr dlu ribut dohc, sohc, smua trgantumg kperluan bro, ente klo dikota comuter cocok pke sohc tarikan yahud bensin irit, ente yg demen turing hoby plintir gas ampe 360 pke DOHC tp bnsin boros, knp jazz sohc krn mobil penumpang, knp grandmax DOHC krn mobil angkutan, perasaan didunia motor heboh bgt , didunia permobilan biasa ja tuh, yg suka bawa2 DOHC itu biasanya fbh motor dan biasanya mrk itu lebay…
MANTEP KALO VVA…….
YG SOCH AJA BISA NGEPRET DOCH DI KEJURNAS ITU BUKTI NYATA….DARI PADA TEST OTOMOTIF ABAL2….
KLAIM NYA SIH 178/kpj…20 hp…PAS TURUN ASPAL DI KEPRET ABIS2an
berbicara dg fakta ….
jadi apa yg di banggakan dari DOCH…
“sampai saat ini dalam hal kualitas, mesin ini sangat bandel dan terbukti adaptif dengan pemakaian Rider Indonesia yang kadang out of the box dan Gila gilaan” …
Apakah DOHC tidak seperti itu???
Bagaimana jika DOHC juga TERBUKTI seperti itu???
Mana yg lebih value?
Ya DOHC lah …
Sepertinya YIMM jg ingin cepat beralih teknologi, tp rencana jangka panjang yamaha jepang yg memang kalah start oleh honda. Jd, dg berbagai alasan skr msh ttp SOHC.
cryptone mbah modiar dikasi teknologi vva mben iso ngacir koyo mongtor kandang pitek … ngoahaha ..
Memasang VVA di Vixion, membuat kompetitor yang mengandalkan technology DOHC (berusia 1 Abad,) kelihatan Purba dibanding technology VVTI (vva), yang mulai populer 30 th lalu
sip… sohc + vva…
kalo bisa nafas tiap gear panjang panjang khas yamaha, jangan seperti tetangga….
knalpot midship ajah, supaya torsi meningkat…
kalo headlamp pake led tolong kasi fog lamp…
spion jangan terlalu panjang…
body wajib sporty, ramping, padat, proporsional.
kalo bisa kasih fitur sport mode dan eco mode…
kompresi jangan terlalu tinggi, spy aman premium.
kasi bagasi dong untuk jas hujan n tools
salam susah netral
Lebay banget yang bilang naik vixion bisa dongkrak prestige, saya yang harian pakai vixion gak ngerasain, mau prestige beli flagship. Malu2in orang pakek vixion aja
VVA lebih logis…apalg sdh ada 🙂
Aduuh jangan wak, Vixion jangan pake VVA, cukup Nmax aja. VVA=Very Very Atoos…!
Ane setuju vixion sohc VVA ketimbang dohc, karena terbukti dohc cuma unggul banyak diatas kertas spt mesinnya cb150r, pas di tes vs nvl itu cb150r cuma unggul tiffiisss sekelebatan nggak terlihat oleh mata. lha apalagi dohc cb150r vs nvl sohc vva ? , bisa rompal itu dohc dan dnf
Cukup dgn SOHC ajah..untuk mlawan Mesin DOHC ny mahonda.. gk usah repot” sambil merem… hahahahaha
apa itu om??
Yg bakal gerah di musim hujan tahun ini.
1.kehadiran aeox/nvx/gdr 155 berimbas ke nmax,sport batangan 150,matik 125/150,ayam jago,ayam pelung/petualangan,matik kecil yg ingin naik kelas.sales tetangga sport pada ngejar target/counter attack.
2.line up sport 150 ymh ada 2 mesin beberapa varian;varian sohc plus vva dan dohc.beberapa versi…
Mx king sohc plus vva di tahun 2018.
R15 ? Nva segera !
3.Scoopy pake pelek 12″ mirip yamaha noza grande vietnam
4.PCX dilokalin hasil kawinan pcx dan forza lawas.jadi elegan sporty.tp bingung diposisi harganya !
5.Forza tdk berani di datangkan melawan Xmax(turunan xmax 125,150,250) mau bawa forza 300 mahal amir,
6.big bike mang ahm ,bakal byk yg datang mulai dari retro 300 cc jadi 250…
7.bakal banyak dp siluman ,0%……