460x110-sep

460x110 IWB

Y P 440

sv650al7-action-11

Bro sekalian, Bila Kawasaki Indonesia berani jual Kawasaki ER6N,  Kenapa Suzuki Indonesia tidak Coba menjual Suzuki SV650 yang baru dirilis di Gelaran EICMA Milan 2015 ? Mungkin itu pertanyaan yang banyak mengemuka di pecinta Motor motor big bike di rentang harga 100-150 an Juta. Honda berani bikin diferensiasi dengan menyentuh kubikasi lebih kecil dibanding pemain lama Kawasaki dengan ER6 seriesnya, lebih nyaman dikendarai oleh pemula yang baru baik ke kelas Big Bike, Namun sensasi mesinnya masih sama dengan ER6N  . ..  sama sama dua silinder segaris . . . nah Suzuki Sebenarnya punya potensi bikin diferensiasi karena mereka punya varian yang head to Head dengan ER6N namun dengan feel berbeda. . . mesin V-twin yang biasannya Punya torsi yang biasannya lebih nonjok, cmiiw

Web banner beatskoolfest

MBtech-Riders-nop1

TMCBlog440

2012-Suzuki-SFV650-Gladius1

sv650al7-yvz-rightside

Suzuki SV650 dilihat dari desainnya boleh dibilang sangat menampilkan simplisitas atau kesederhanaan . . . terlihat mungkin seperti kalah edgy dengan Honda CB500F terbaru ataupun Kawasaki ER6N . ..  namun jangan salah, untuk melawan keduannya Suzuki Punya Gladius yang sebenarnya secara mesin dan sasis sih masih mirip setali tiga uang dengan SV 650 . .. Namun kenapa Suzuki Merilis SV650 yang notabenennya, lebih basic desainnya dari Gladius ?

sv650al7-action-17

Ya itu dia Difersifikasi Produk memang ..  .namun tujuannya apa? kalau menurut tmcblog sih memang suzuki sengaja mengembalikan sosok Motor yang memiliki desain simple namun everlasting . . . memang sekali pandang nggak langsung bikin silau, namun akan tetap enak dipandang mata sampai kapan pun . . . Mirip kayak CB100 K2 Gelatik milik tmcblog yang nangkring di ruang tamu sekarang, gak bakalan nggak demen kapanpun kalau mata ini memandangnya

sv650al7-action-19

Melihat sosok SV650 layaknya mindset ini melayang memikirkan Suzuki bandit 400 yang dulu gak pernah kebeli karena finansial belum cukup . .  Yap Lampu Bulet laksana lampu senter yang simpel dan klasik itu memang kadang ngangenin (walau tentu ini bisa saja subjektif) . . . Oke terlalu banyak ngelantur ke masalah opini . . . sekarang balik ke fakta  heheheh

sv650-a-l7-cockpit

Sepertinya Suzuki membangun SV650 terbaru ini memang buat beginner . . . cek aja seat heightnya sob 785mm . . . dibawah 80 cm . ..  ini nggak dimensi seat hegiht cowok eropa banget . . . yap Suzuki pun serasa mencoba memperlebar pangsa Motor mereka yang satu ini ke Pengguna Wanita.

stripped

Sasisnya terlihat sama, namun sebenarnya berbeda, suzuki membuat sasisnya lebih ringan dan lebih compact dari sasis Gladius  . .  Mengenai mesin . . . dengan Volume 645cc dan ukuran bore and stroke  81 x 62,6mm asli sama persis dengan spek mesin Gladius . . . namun Suzuki mengklaim mesinnya asli benar benar baru . . . ada 60 komponen berbeda dengan mesin Galdius 650

engine

Mesinnya sendiri menghasilkan Power yang 3kW lebih tinggi dari Power maksimum mesin Mesin Galdius yang juga diperoleh di kitiran mesin yang lebih tinggi 100 rpm dibanding Mesin Gladius . . . kenaikan  ini bisa jadi akibat proses efesiensi seperti penggunaan piston dengan lapisan resin, penggunaan dual spark ( dua nickel-alloy spark plugs /busi ) persilinder , Suzuki’s performance-proven Dual Throttle Valve fuel- injection system dan lain lain . . . nahhh gimana Suzuki Indonesia, dare to sell this Bike ?

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

 

Suzuki SV650 Specification

Dimensions and Weights
Overall length:     2140mm (84.3in)
Overall width:     760mm (29.9in)
Overall height:     1090mm (42.9in)
Wheelbase:     1445mm (56.9in)
Seat height:     785mm (30.9in)
Kerb Mass:     197.0kg (434.3lbs)
Fuel capacity:     13.8litres (3 UK gallons)
Ground clearance:     135mm (5.3in)

Engine Specifications
Engine capacity:     645cc
Engine:     4-stroke, liquid-cooled, DOHC V-Twin
Bore:     81mm x 62.6mm
Compression ratio:     11.2 : 1
Lubrication:     Wet sump
Ignition:     Electronic ignition (Transistorised)
Fuel system:     Fuel injection
Starter:     Electric
Transmission:     6-speed constant mesh
Drive:     Chain
MPG:     73.60*
Power:     56.00kW @ 8500rpm (75.00hp)
Torque:     64.00N.m @ 8100rpm (47.00lb.ft)

Chassis Specification
Front suspension:     Telescopic, coil spring, oil damped
Rear suspension:     Link, type, coil spring, oil damped
Front brakes:     Disc brake, twin
Rear brakes:     Disc brake
Front tyres:     120/70R17 M/C (58W) tubeless
Rear tyres:     160/60R17 M/C (69W) tubelecification

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

59 COMMENTS

    • Kombinasi warnanya nyontek race bluenya yamaha nih juki.. Gak kreatif
      Contoh dong honda dengan RWBnya,
      Ducati dengan merahnya
      Kawak dengan Lime greennya..

      Ah sijuki gak punya warna identitas..

  1. cakep nih suaranya khas..
    tinggal tunggu keberanian suzuki…
    biar mesin vtwin cb harga dibawah ER dikit..
    bikin 2 varian naked & half fairing…

  2. Kalau diperhatiin memang lebih sangar sv650 daripada gladius, shape tangkinya, buntutnya, rear fendernya, headlamp dan knalpot.

  3. Kalo masih di rentang 100-150 masih okelah 😀
    buru” dah suzuki boyong kemari kalo sudi mah.. kalo cuman diproduksi diluar mah kaya diphp in aja.. syedih berbi

  4. Ini sebenernya yg Ane tunggu, Gladius harganya tinggi sih. Yasud, er6 saja. Padahal desain ini yg Ane demen. Ini kembarannya Cagiva Raptor, secara mesinnya sama juga.

  5. kalo v twin gt jadi nya 2 silinder ya itungan nya mas?
    terus kok pipa ke knalpot nya cm satu ya?
    ga ngerti nih beda nya gmn,,
    kalo 2 silinder segaris kan keliatan keluar 2 tuh pipa ya,,
    kalo v twin ini gmn ya?

    • Ada dua kok dari depan dan dari belakang, gabung jadi satu dibawah mesin.
      Google aja harli dapitson, pasti mesin v-twin dijereng jelas berikut knalpotnya.

      • waduhh..
        klo inline itu kan sejajar dengan dudut kemiringan yg sama dan pda umumnya menhadap ke depan jadi pipa exhaus terlihatt sesue jumlah silindernya mas bro.
        klo v_twin walaupun sudut kemiringan sama tetapi penempatan saling berseberangan yg satu kedepan satunya keblkang jadi klo dari depan hanya terlihat satu pipa exhaus satunya lgi di blakang ketutup sama body jadinya nggak terlhat.
        klo V-4 otomatis dati dpan terlihat 2 exhaus.

  6. kalo v-twin 2 silindernya kan kepisah alias berseberangan, ngga kayak inline yg saling nempel. Nah pipa knalpotnya juga gitu, satu keliatan dari depan silinder 1, yg satu lagi nongol dari bagian belakang silinder 2. Jadi pipa ke knalpot tetep 2 bro cmiiw

  7. artikel nya suzuki enak, sepi dari alay2 pensboi sampah hahahaha

    anyway, ini yang mesin nya dipake rame2 kan kek ama cagiva ato hyosung?

  8. desainya simple namun enak di pandang mata
    ongolongol.com/2015/11/18/honda-malaysia-launching-wave-alpha-mungkinkah-next-honda-revo-seperti-ini/

  9. Cb 150 kompresi 11,3 : 1 lah lu bilang 11:3 tuh dapet darimana tong? Rasio 11:2 darimana tong? Moge 650 lu maksud er6n? Er6n setau gua kompresinya 10,8 : 1. Atau yg lu maksud suzuki sv650 yg kompresinya 11,2 : 1? Ituh KOMPRESI DAPET 11 : 2 DARI MANA?????
    Ngerti cara ngitung kagak?
    Tau tujuan kenapa dibikin kompresi tinggi kagak?
    Bc doang ngerti. Urusin dah tuh r25 naked ama er6n 4 silinder lu

  10. IMHO
    Memang kalo alasan subjektif yang “everlasting” model bisa jadi selera masing masing….

    Bentuk gitu mau masuk kelas retro terlalu modern mau lawan er6n terlalu sederhana (alias bentuk kayak motor streetfighternakedbike tahun 2000-2006an)

    Lah wong r25 yang fresh aja ga bisa ngapa ngapain lawan ninja 250 (penjualan)
    Apalagi di mari brand suzuki kalah sama kawasaki apalagi yamaha honda…

    Intinya mindset konsumen disini itu mau motor yang jelas dan keren , bukan tanggung…segmen 250 cc nya suzuki aja tewas karena produknya tanggung

    Lain hal kalo emang penampilan si 650 cc suzuki ini full retro baru deh mungkin jadi pasar tersendiri…

    Itu dari penampilan
    Tapi dari mesin bisalah jadi pembeda karena sensai v twin di mari cuman bisa dirasain di moge moge mahal

    Kalaupun suzuki berani pasarin disini ganti headlamp udah lebih dari cukup ?

  11. @stupid.maximum …dari jaman purba suzuki warna utama biru putih… sesuai nama ente sih… taunya yamaha doang… flagship suzuki gixer 600-1000 smua putih biru

  12. kalo disini desain yang overlasting kaya cbr old, old vixion, sama ninja krr. desain motor jaman sekarang cuma beberapa menit dipandang udah bosen.

  13. gantengggggg,,, klasikkkkkkk,,,, tapi sayang saya gak suka desain pelknya,,,, tapi tetep aja gantenggggggg,,, ayo Suz ditantangin Wak Haji berani gak?

  14. Buat update Thunder 125 spertinya cocok juga tuh desainnya, rangka tralis, headlamp biarin aja kaya gitu bulet. Engine bisa downgrade dr FU150. Classic modern kaya gini emang ga akan cepet ngebosesin.

  15. mestinya design seperti ini yg d pke buat thuJangan mudah percaya sehingga kau terpedaya Jangan pula gampang menyangkal yg bisa membuatmu menyesal Lihat Dengar Tunggu, dan Rasakan Waktu pasti bisa menjawab semua yg ingin kau ketahui nder 150 dan mungkin thuder 250,design nya modern elegan.

  16. Dapet namanya itu tuh yang susah. ER-6n kan berhasil dapet pasaran karena udah punya nama dari Ninja 250 dan diisi sama pengguna Ninja 250 yang pengen naik kelas ke 600cc. Udah dapet poin customer loyalty tuh.

    Lha Suzuki mau dapet pasaran dari mana? FU? Inazuma? Susah. Makanya Suzuki Indonesia gamau ngambil resiko lagi, kalo gak laku bisa rugi besar.

  17. eduuun, ganteng euy, nostalgia bandit + ninin 150s baheula. kalo masuk sini kyny banyak yg minat nih si V-Twin. scr gaada saingan sekelas. duh jd susah tidur nih 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here