460x110-sep

460x110 IWB

Y P 440

Setang-Satrua--Fu-Injeksi

Bro sekalian, ada satu lagi tambahan info dari technoracing Mfg yakni fitur Suzuki Easy Start Pada Suzuki Satria FU Injeksi . . . TRM menjelaskan bahwa ” Untuk mesin 150cc terbaru dari Suzuki yang kemarin kita bahas, terdapat fitur unggulan yaitu ‘One easy button (Suzuki Easy Start)’ dimana motor starter akan terus hidup selama 4 detik sampai mesin benar-benar hidup..”

Web banner beatskoolfest

MBtech-Riders-nop1

440x110 5

Technoracing Mfg manambahkan bahwa ” Jadi kita tidak perlu terus menerus menekan tombol elektric starter, cukup sekali/sebentar tekan dan ECU akan meneruskan daya listrik ke motor starter.. Supply listrik diawasi ECU, sampai mesin dinyatakan hidup..” Untuk membuktikannya telah dilakukan uji coba oleh TRM  ”  kemarin di coba cop busi di cabut, dan di starter.. dan benar saja, elektric starter terus hidup selama 4 detik..

FU

Yap Update Nya cukup menarik, jelas ECU ketambahan pekerjaan namun yang tmcblog courious adalah, ni mesin dapet sinyal dari sensor apa dan apakah jika mesin sudah menyala dari detik pertama supply listrik juga akan langsung diputus ECU atau bagaimana, Jika diutus, Gimana proses alur flowchart Control Systemnya  . . . ? Nah menarik bukan .. .  kita tungguin aja sob

Semoga berguna

 

80 COMMENTS

  1. Kalo mesinnya tokcer, sekali tekan electic starter ya pasti nyala. Gak perlu pake fitur ini. Kecuali kl mesin suzuki mmg perlu distarter bbrp kali, hehe.

  2. Pemikiran ane jg pertama baca sependapat dgn @tukang obat ☝
    Wahh berarti ini mesin bakal susah idup.? Dan perlu bbrp kali starter..
    .

  3. mgkin gini wak haji, untk 4 detik t
    itu diatur timer dlm ecu. untk mematikan ckp mendeteksi putaran yg lbh tinggi dri putaran start, menandakn mesin sudh hidup

  4. Wah biasa aj gini mah wak,klo seandainya ecu bisa d program umum/ledder diagram ky plc wah aku bisa ngotak atik,cm low ecu ga tau cara n bahasa programnya .itu cuma logic ld-keep -timmer / counter. +Sensor ketika mesin sudah hidup.output sensor u mereset keep.
    Fitur gini malah bikin accu cepet tekor wak .easy starter itu gmn sekali pencet langsung on mesin satu -dua detik. Jd quick starter bukn d tahan pe mesin hidup

    • Kalo di ECU tingkat pemrogramannya udah di level user om. Yang nyediain fiturnya ya programmer di jepun sana. Kita cuma bisa ubah variable 2 yang disediakan programmer jepun.

      Yang saya sanggah di sini mengenai tekornya aki. Selama motor anda sehat, konsumsi daya akinya sama saja dengan anda menstarter motor secara manual tanpa easy start. Bahkan easy start bisa lebih efisien karena mampu mendeteksi engine on lebih cepat daripada indera manusia. Mungkin lebih cepat hanya 0.5detik. Tapi untuk aki, 0.5detik arus motor starter akan sangat berharga. Dan ld-keep-timer itu gak makan arus listrik sama sekali, dan gak perlu sensor khusus, karena dengan sensor yang sudah ada pun engine on sudah bisa dideteksi.

      CMIIW ‘n mo offense

  5. Yg komen kayaknya pada lebih pinter drpd “tukang insinyur” suzuki ,,, tendensi budaya mencela yg terakomodir dan di publikasikan dengan vulgar

    • Setuja bung..
      Sebenernya Suzuki itu dr dlu pelopor lhoo.
      Dr spedo dgital,rem blakang cakram,bahkan keiritanya bisa ngalahin kompetitor sbelah.
      Hanya saja bnyak orang KEMINTER.
      modal congor doang.bsanya cm mencela.

  6. se7 ama @us patent,,semakin banyaknya teknologi pada roda dua harusnya dinikmati dan bila perlu belajar mendalami agar kita punya wawasan luas,,bukan cuma mencela dan merendahkan karya orang lain.

  7. Haha vario techno cukup gas dikit mesin juga nyala gaperlu beberapa detik. Seperti itu malah aki, relay dan motor starter cepet rusak.

  8. sebenernya fitur ini dibawa sama GSXS 1000 yg baru aja meluncur tahun ini, bisa dibilang ya transfer teknologi ke Satria
    kalo emang fitur ga guna, juga ga bakalan dipasang duluan di flagshipnya dong hehe

  9. teknologi baru ketemu blogger kepo ya wis, ujung artikel isine penasaran,, lanjutkan pak haji… 😀

    mampukan MT-15 menjadi idola baru? selengkapnya di goozir.com

  10. kalo mesin dah hidup kan injektor kan sudah kontiyu wak kerjanya…mungkin sinyal ini yang dipake ecu buat mutus arus ke dinamo starternya

  11. banyak yg mencela teknologi one push button nih? padahal berguna nih buat rider cewek yg biasanya mesin udah nyala tp starter masih kepencet beberapa mili detik, nah fitur ini berguna buat mencegah hal tersebut gak terjadi atau ada sensor lain yg memprotect saat mesin nyala tombol starter kepencet gak sengaja tp motor starternya tetap mati?

  12. nyelah pake kick starter itu tujuannya buat mengolahragakan kaki dan betis bro. apalagi kalau susah idup, kringetan bntar ga papa, ntar klw dah nyala tinggal kena angin pas motoran, jangan lupamake deodoran-parfum aja sih. 😀
    ane sih percaya aja kalau nyelah di awal ngidupin pagi hari itu bagus,
    bagus untuk motor agar oli naik
    bagus utk rider biar smpet exercise.

    >> ambil hikmahnya aja kalau ga idup dalam sekali greng

  13. Fitur sekali pencet langsung hidup. TDk perlu berlama-Lama menekan. ECU yg mnetukan sesuai kondisi (0-4dtk).dgn kondisi normal 1dtk pun hidup. Mencopot busi utk mmbuktikan bahwa Ecu aKan memperpanjang durasi starter jika suatusaat susah hidup. max adlah sampai 4dtk.krn tanpa busi mesin tdk akan hidup,jd starter otomatis mncapai durasi maximal.

  14. Menurut orang normal, ini fitur baru. Menurut sales tertentu, mesinnya susah nyala. Sales ATPM itu selalu mencari celah biar dagangannya laku, sampe market share kecil pun dimakan juga.

  15. Kalo jeli New technology selalu SUZUKI dulu yg ngeluarin, tetangga slalu jiplak & menyempurnakan. NEVER STOP INOVATION ALWAYS SUZUKI .but bad on market .sad

  16. Detik pertama gas betot ( kiraain mc hidup ternyata baru suara starter,kan sudah pencet tombol starter), detik 4 engine baru on, jumpingkah?

  17. Fitur..& teknologi.. Selalu berkembang dan diperbarui… Lepas dari semua tanggapan.. Para ahli dan insinyurnya lebih fokus kepengembangan & penyempurnaan.
    Nah disini keliatan bgt bedanya kalangan otak elit dan juri kelas ekonomi…

  18. Biasanya kita pencet tombol starter sampe mesin nyala, entah berapa detik, mungkin sedetik, dua detik, ato berapalah, apalagi kl mesin dingin biasanya tombol starter dipencet lbh lama bahkan berulang2 sampe mesin nyala…

    Dgn fitur ini starter cukup pencet sekali, biarkan ECU bekerja mengontrol starter mesin…

    Good job suzuki…

  19. Menurut saya sih dari crank angle sensornya wak. Dulu saya dapat tugas kuliah bikin auto warming up dengan RTC (real time clock) yang bisa manasin motor sendiri tiap jam 6 pagi. Kompleksitasnya memang ada di sekuensial starter mesin. Kalo di mesin injeksi enak bisa ngatur debit bbm untuk jadi rich saat cold start. Tapi dulu saya pake supra karbu. Dan gak ada aktuator untuk mekanisme choke. Untungnya supra bukan motor yang susah distart pagi 2.

    Nah balik ke sekuens start engine, saya membuat sekuensial serupa sistem easy start pada suzuki. Cuman bedanya punya saya ditriger sama RTC bukan tombol start.

    1. Wait RTC on timer
    2. Ignition on
    3. Wait 2 second
    4. Start starter motor
    5. If RPM > 600 then stop starter motor, go to step 6 else wait 5 sec.
    6. if RPM > 600 then wait 600sec, go to step 9 else wait 10sec, go to step 7
    7. i = i + 1
    8. If i < 3 then go to step 5 else goto step 9
    9. Back to step 1

    Kurang lebih algoritma yang saya gunakan seperti itu. Jadi mekanisme deteksi engine on berdasarkan RPM. Dan secepat apa mikrokontroller mendeteksi kenaikan RPM? Yaitu dalam skala 1 putaran crankshaft. Jika threshold ada di 600RPM, maka untuk mendeteksi 601RPM, Mikrokontroller hanya perlu 0.1 detik untuk faham bahwa RPM diatas 600. Dan dalam 0.1 detik itu pula engine starter dimatikan. So, it's not a big thing.

    Saya juga pernah buat modul ISS untuk motor saya, dan konsepnya sama dengan proyek diatas. Perbedaannya hanya di triger start nya. Dan konsekuensi gagalnya. Kalo auto warming up gagal, paling tidak kita dapat motor dingin saat membutuhkannya. Tapi kalo ISS abal2 saya gagal start, yo minggir kang. Hehehehe

    Thank's.

  20. @ 15. Us patent – November 29, 2015

    Yg komen kayaknya pada lebih pinter drpd “tukang insinyur” suzuki ,,, tendensi budaya mencela yg terakomodir dan di publikasikan dengan vulgar

    =========================================

    hahaha
    orang sini mah kaga perlu di kasih fitur, otaknya pada ribet.
    kaya dulu injeksi pertama keluar dicela sekarang malah pada make.
    kaya mau beli motor, tapi udah mikir harga jual. wtf

  21. knp harus ada fitur ini?
    kn klo aki nya masih bagus,,
    mencet starter 1-2 detik uda idup mesin nya..
    apa gampang soak nanti aki nya atw gmn ya?

  22. Kalau gak suka ya gak usah nyocot. Bisanya komentar doang. Disuruh bikin motor sendiri juga gak bisa. Tunjukkan kalau anda warga indonesia yang baik. Emang motor indonesia udah mendunia? Jangan sok jadi orang. Bilang fitur gak penting segala. Indonesia udah punya motor dengan fitur apa?? Jangan cuma bisa komentar doang. Kalau memang anda pintar, bikin motor dengan kualitas dunia sana.

  23. Ati2 yg suka mencela.mulutmu haraimaumu
    dahulu nokia dan sony ericson berkuasa, samsung hanyalah smpah
    sekarang bisa dilihat sendiri perkembangannya
    bisa jadi suzuki jd leader, tetangga cma bisa geleng2 kepala.hahaha
    Ingat lagunya charlie mas bro “DUNIA MASIH BERPUTAR”
    Wak update fitur spidonya dunk, penasaran ap aj isinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.