460x110-sep

New iwb-tmc

ACC-Mx-440

Perpanjang-sim-07 (Copy)

Bro sekalian, akhirnya ada keterangan resmi dari Polri mengenai Sim Berjenjang.Seperti yang sudah kita bahas jauh hari akan ada 3 klasifikasi jenis Sim C yakni :

  • Sim C : Untuk SepedaMotor dengan kubikasi mesin 250 cc ke bawah ( sumber lain di bawah 250 cc /0-249 cc )
  • Sim C1 : Untuk Sepedamotor dengan mesin di atas 250 cc sampai 500 cc ( sumber lain 250-500 cc )
  • Sim C2 : Untuk Sepedamotor di atas 500 cc

Proses sosialiasi dan Penggantian SIM C dengan golongan baru seperti diatas akan dimulai serentak Februari sampai April 2016. Sedangkan Peraturan itu sendiri Official akan berlaku mulai 1 Mei 2016

440x100-dec14

MBtech-Riders-nop30

440x110 5

Dibeberapa pembertaan berbeda beda, soal penyebutan Sim C yakni apakah “sampai 250 cc ” atau ” dibawah 250 cc .” kita tunggu kabar, tmcblog sudah kirim surat tanya ke Humas Polri . .

Motor Motor apa saja yang harus menggunakan sim C : hampir semua Skutik dan bebek ( beat, Mio, Spin, PCX, NMAX, Vario, Xeon, Burgman 200 ) baik yang berkubikasi 110, 125 , 150 cc, dan 200 cc Sportbike NakedBike atau FairingBike 150 cc ( Vixion, CB150,R15, CBR150, Sonic 150R, Suzuki FU, MX King. Motor motor 200 an cc ( Tiger, Pulsar NS 200, Apache 200, Scorpio 225, RC200, Duke 200) Sport Bike 250 cc karena biasannya juga motor ini punya kubikasi 249 cc ( Ninja 250R, CBR250R, R25, Z250, MT25, RC250, Duke 250 Dll , Estrella 250 )

Motor motor apa Yang harus pakai Sim C1 : contohnya KTM Duke 390, Honda CB500, Honda CBR500R, Honda CB500X,

Motor Motor apa saja yang harus pakai Sim C2 : Semua Motor yang kubikasinya di atas 500 cc ( MUlai 501 cc keatas ) : ER6N, Ninja 650, R6, ZX6R, R1, CBR1000RR, Tmax 530, Suzuki hayabusa, Ducati Monster 696, Panigale 1299, MV agusta Britale 675 dan lain lain )

Sayang Korlantas polri tidak menyebutkan di pengklasifikasian tersebut mengenai status pemegang SIM C1 dan C2 apakah berlaku ke bawah sehingga Pengendara Motor tidak perlu punya sim dobel dobel?. . . Contohnya Pemilih Sim C1, kalau naik skutik 110 cc apakah harus juga punya Sim C ? . . . waaupun sebelum ini Kakorlantas Polri, Irjen Condro Kirono terungkap seperti apa Mekanismenya silahkan baca di artikel sebelumnya

Perpanjang-sim-10 (Copy)

Selain itu juga Adalah Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Suharsono yang menjelaskan dasar hukum  masa berlaku SIM yakni diatur melalui Peraturan Kapolri Nomor 9 tahun 2012 Pasal 28 :  “Selain itu, Kakorlantas Polri mengeluarkan surat telegram No.: ST/271/II/2015 diperbaharui dengan No: ST/2652/XII/2015 tgl 18-12-2015 ” dimana isinya bahwa Mulai 1 Januari 2016 :

  • Perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku.
  • SIM yang habis masa berlakunya, dapat diperpanjang tidak melebihi batas waktu tiga bulan terhitung sejak tanggal habis masa berlakunya

Ini sih sebenarnya dari Tahun lalu Juga begitu yah mas bro, kalo nggak salah ketika TMCblog nganter Mrs TMCBLog meperpanjang masa berlaku sim . .. sudah ada peraturan yang seperti itu :

Perpanjang-sim-11 (Copy)

Namun gak apa apa buat mengingatkan kembali  . . . jelas harus masbro sekalian catat, karena jika mas bro memperpanjang masa berlaku SIM saat SIM basi lebih dari 3 bulan setelah masa berlaku maka proses yang akan mas bro lakukan untuk memperoleh SIM seperti layaknya membuat permohonan SIM baru . . . artinya akan ada test Teori dan Praktek. Sedangkan Untuk Perpanjangan masa berlaku setahu tmcblog nggak pakai Test Praktek dan teori, cmiiw . . . silahakan dikunyah kunyah dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

67 COMMENTS

  1. mestiy . .
    Sim C1 utk kubikasi 180cc kebawah.
    Kalo sim C1 buat 250cc kebawah . . Ya podo wae wak, anak SMP nyekele yo ninja fi.
    Tetep parah

    Guest
    • Ane setuju, tapi bukan sama SMP nya.. SIM C sampai 150cc saja. alasannya teknologi motor makin tinggi, kompresi tinggi. Motor 150cc sudah lebih dari cukup untuk pemula, sudah kencang… atau bikin sim Cr (remaja) khusus yang pertama kali mau bikin SiM..
      intinya anak masih remaja kasih motor 150cc saja dah cukup, masih pemula dan masih alay, masih emosian

      Guest
    • Yang dipegang SIM C2 Vroh yang paling tinggi peruntukan nya..
      Kalo udah dapet SIM C2 itu sudah dipastikan bisa nyemplak motor kubikasi dibawahnya..

      Guest
  2. ayo yang naik motor di ats 250cc buruan ganti sim klo ga mau di tilang

    BBM turun tapi kok Yamaha malah mau mnaikan harga motornya ya?

    goozir.com/2016/01/harga-bbm-turun-yamaha-malah-naikan-harga-per-februari-2016.html

    Guest
  3. Semalem liat di running teks di salah satu Berita sih “SIM berjenjang melawan undang-undang” wak Ji..
    Gatau deh nih pihak mana yang menentang kebijakan ini..

    Guest
  4. sebelumnya wak haji udah kasih penjabaran bahwa peraturan tentang sim diatur di Undang-undang… jelas banget disitu ga ada SIM C berjenjang. nah klo aturannya mo di ubah ya seharusnya Undang-undangnya di ubah dulu. tapi kan kepolisian sering tuh nabrak undang-undang kaya gini… kadang menterjemahkan aturan semaunya. termasuk masalah pengawalan. klo ga mau di tilang ya ikut aja “aturan” toh kasus sim yang ini secara alamiah memang bagus kok. klo mo kompak ajukan ke MK kayanya pasti menang nih.

    Guest
  5. @boy : tktnya kan malah celah cari duit para polantas,lg pdke cc 150 pas lg razia bawa sim c2,malah ditilang sm pak pol nya,mis argumentnya kalo bawa yg 150cc harus pake sim c,kan jd masalah juga

    Guest
    • Maksudnya?
      Kan situ punya STNK ada kubikasinya le, ya ituh yg jadi tolak ukur. Kalo motor bore up klo kgk ketawan ya bisa aja lah.
      Kalo pake nama Tiger 2000 pake sim apa? Hahahahaha

      Guest
  6. Ok lah, tp apa bakal ada kemudahan bagi yg buat sim C1 / C2 skrg / misal 6 bln awal? Jd yg buat di awal2 hanya perlu ganti kartu aja, ga perlu tes sana sini… ya buat narik minat para rider motor 250cc ke atas lah… Hhh

    Guest
  7. kalo yg baru bikin atw baru perpanjang,,
    harus bikin diganti jg?
    terus kalo yg uda punya sim C,,
    motor nya ga lebih dari 250 cc,, perlu diganti ga ya?
    sapa tau mungkin beda gt tampilan nya?
    terus kalo ganti berapa duit?
    uda gt kalo punya sim C,, tapi motor >250cc..
    kan harus ganti ke C1 atw C2 itu ada test praktek ga ya?
    atw langsung bayar lebih mahal aja uda dapet tuh C1 atw C2?

    Guest
  8. Mungkin seharusnya ada sim dibawah sim c. Ya kaya sim C pemula/dasar. Untuk cc bisa di mulai 50-125cc. Pungsi utama selain sebagai jenjang awal pengendara roda dua, berpungsi juga untuk tolak ukur kapasitas cc mtr yg diproduksi jdi para produsen tdk berlomba lomba adu gede cc yg tentu akan berbanding lurus dgn power, pengaruhnya kesefty juga, semoga aturannya yg bru ini bisa lebih digidog lagi. Tdk salah juga kita contek negara maju yg menggunakan sim berjenjang.

    Guest
    • Perbedaanya adalah negara maju menggunakan motor karena hobi.
      Nah kita negara BERKEMBANG dimana motor kita gunakan buat transportasi.
      Bedain negara berkembang sama negara maju. Okeh?

      Guest
    • Kasih tunjuk aja telegramnya tadi.
      Bilang besok mau perpanjang. Dah bisa kali.
      Pinter pinter aja debat ama polisi cari celah (kalo merasa benar)

      Guest
  9. wah… ya mending upgrade ke 500 cc, naik kelas sim 1x saja.
    kalau ke 650 jadi pikir2 lebih banyak. lebih banyak tenaga, lebih banyak waktu, lebih banyak duit hrgh …:)

    misal ada rezeki, yg tadinya punya sim c bisa lsg lompat ke c2 tdk?
    apa hrs urut kacang, c1 dulu baru c2?
    kalau hrs urut kacang ya amsyong d…. 😀

    http://ahstravelling.com/2015/12/31/samsat-keliling-yang-cukup-membantu/

    intinya sih setuju2 saja, asal mudah prosedurnya 🙂
    terima kasih.

    Guest
  10. Kang, pernah denger untuk penjenjangannya dari C ke C1 mesti ada jeda waktu 2 tahun kalo gak salah, begitu juga dari C1 ke C2. Nah kalo yang selama ini dah punya moge 1000 cc tapi maish punya C, harus naik ke C1 dulu, lantas kapan bisa C2 nya?
    Masa harus nunggu jeda 2 tahun lagi dulu untuk bisa dapet C2, mogenya di rumah masa dianggurin 2 tahun?
    Atau bisa langsung ke C2 selama proses penggantian dan sosialisasi ini?

    Guest
  11. Pertanyaan sama kaya yg diatas utk bikin C2 prosesnya ke C1 dulu apa dari C bisa ke C2? soalnya saya cuma ada motor C dan C2 saja

    Guest
  12. Diberesin dulu tuh para calo polisi* bukan di buat ribet begini.

    ini mah santapan empuk para oknum euy, org berduit gak bakal mau ikut ribet. berjenjang naik tingkat harus mulai dr nol lagi, celah semakin gede euy hha…

    Seharusnya SIM itu seumur hidup toh sudah bisa mengedarai malah disuruh test lagi hh..

    Kalau bisa di buat sulit kenapa enggak itu sudah ketetapan birokrasi di kita. ?

    Guest
    • Lah itu balik lagi ke diri sendiri. Mau pake calo apa murni.
      Ane bikin sim C sendiri dari mulai jalan dari parkiran ampe masuk kantor polisi dah ditawarin 7 calo tapi ane tolak semua.
      Buat SIMnya juga ane kgk dipersulit, cuman ujian teorinya lumayan juga.
      Buat SIM dipersulit ituh bagi orang males aja. Kgk mau usaha.

      Guest
      • Lah itu loe tahu kan dari parkiran sampai kantor ada oknumnya, seharus itu dulu beresin.

        Yg punya moge(oknum) byk duit mana mau ikut ribet² an hh..

        Guest
  13. Kalo blom tau apa bakal ditilang?
    Biasanya pengguna moge dah pada tau tapi bisa aja kan ada yg blom tau.
    Apa ada masa uji cobanya/penyuluhan ?

    Guest
  14. jadi 250 cc cukup pake sim C yaa
    kirain udha harus C1, soalnya baca-baca diberita SIM C1 buat 250cc KE ATAS, bukan DI ATAS 250cc, jadi saya pikir 250cc sudah harus pake C1
    ternyata tidak
    syukurlah kalau masih bisa pake sim C. hehehe

    Guest
  15. ^ 500cc ma 650 ga kerasa bedannya, kalo 500 ke 1000 baru, harusnya
    c1 249 (ninja)-800 cc
    c2 >800cc
    plus ga bisa lompat lgsg ke c2 itu strategi extra duit

    Guest
  16. Om. Minta pencerahan dong. Soal harga sim berjenjang. Karena menurut saya itu hal yang penting. Maklum…. Kemungkinan saya harus naik ke sim c2.><

    Guest
  17. Tetep paling banyak 250cc kebawah. Gak akan menyelesaikan masalah menurut pandangan saya Kang IWB. Apalagi ilegal biker macem anak2 SMP… Sama kayak peraturan lampu nyala disiang hari. GAK GUNA!!!!

    Guest
  18. & yg pasti isi dompet makin tebel nih om… :mrgreen:

    bayangin isinya… KTP,STNK, SIM C-C2, SIM A-B1-B2, Kartu Kredit 3, KTM, KJS, kartu nama, kartu pos, kartu belanja carref*ur-alf*-ind*mrt, kartu pintar, kartu bodoh, kartu remi, foto anak/istri/pacar, dllllllll…..

    Guest
  19. Hmm Berarti nanti bikin aja banyak sim…

    Sim C Belajar : Pelajar 10-16 tahun,
    Sim C Pemula, 17-20 tahun,
    Sim C Pemula Kategori 1, 20-30 tahun,
    Sim C Pemula Kategori 2, 30-40 tahun,
    Sim C Pengalaman, 40-50 tahun,
    Sim C Pengalaman Kategori 1, 50-60 tahun,
    Sim C Pengalaman kategori 2, 60-70 tahun,
    Sim C Profesional, 70-80 tahun,
    SIm C Berlaku Selamanya, 80—– … Selesai… 😉

    Guest
  20. Ngapain dibeda”in klo roda jumlahnya sama cara naiknya sama, alasan ja cari pembenaran cc gede lebih susah handlingnya, trus apa hubungannya sm SIM? Mang di ajarin klo bikin sim C2? Sekolah safety ridding? Ga nyambung. Cukup sertifikat yang diakui lebih logis, klo u bawa bajaj roda 3 baru pake sim beda. Penggiringan opini public tuh namanya. Klo luar negri jelas knapa sim beda, karena income pajaknya orang kaya harus bayar pajak lebih banyak. Klo alasannya duit baru masuk akal

    Guest
  21. oh ceritanya jiplak dari luar toh,kirain untuk menyelsaikan permasalah r2 di indo,keyakinan saya masalahnya tidak akan selesai,di luar sana ngurus sim kalo mis gagal 6 bln berikutnya baru bisa ikut test lg,lah gw gagal test ga perlu nunggu 6 bln hari itu juga lewat pintu samping depan belakang jd mas berrow

    Guest
  22. Semoga aja ga jadi lahan baru untuk korupsi ya. Ini prospeknya bagus sekali kalau memang penjenjangan SIM tidak tebang pilih dan dijalankan sesuai konsepnya. Semoga dapat berjalan dengan baik.

    Guest
  23. sim c3 untuk sepeda motor berroda 3.
    sim C-rot untuk sepeda model kayuh.
    sim C-rot 1 untuk sepeda kayuh beroda 3.
    sim C-rot 2 untuk sepeda kayuh lebih dari 3 roda
    sim C-rot 3 untuk mobil kayuh macam di alkit jogja :v
    ..crotttttt

    Guest
  24. Proses itu akan cepat di skip apabila ngasih uang pelicin..fact saat kita masuk ke ruangan,banyak para polisi pakai baju preman nawarin jasa pengurusan sim lebih cepat tanpa harus melalui proses diatas..jd disini bisa aja jd lahan baru buat para polisi yg nakal..

    Guest
  25. gimana kalo om TMC dan teman teman bloger bikin kampanye pembuatan sim dengan jalur yang benar. Dan teman-teman disini juga bisa mulai menularkan ke yang lain bagaimana cara mendapatkan sim dengan jalur resmi yang benar.
    karna pihak kepolisian toh ga bisa apa2 kalo memang kita minta tes resmi.

    saya rasa bobroknya keadaan pengendara di indonesia mulainya dari sini.mudahnya jalan pintas. segala pingin instan. dan parahnya ini akan menurun ke generasi setelahnya. ini yang membuat anak2 dibawah umur dengan gampangnya lalu lalang dengan sepeda motor.

    repotnya lagi hal ini sulit muncul ke permukaan, karna hampir semua kalangan mendapatkan sim dengan cara “nembak”. ga terkecuali jurnalis di media2 dan pejabat. makanya ga ada yang usik. (kaya buka aib sendiri).
    ya mungkin bisa di mulai dari orang2 yang concers dengan safety ini bisa jalan.

    pengalaman saya memang mendapatkan sim motor dengan benar memang tidak selalu gampang. tapi sangat bisa di pelajari dan dilatih. (ini saya ulang sampai 2x di tes praktek)
    beda lagi dengan sim mobil. palingga tes 3 kali baru bisa lulus tes praktik. (karna karakter mobil yang kita gunakan sehari2, dengan mobil tes bisa sangat berbeda)

    trima kasih kang.

    Guest
    • saya beberapa kali buat artikel bagaimana soal membuat dan memperpanjang SIM yang benar, tanpa calo, mudah mdudahan itu bisa mendrive kebiasaan kita unuk melakukan dengan jalur yang benar

      Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.