honda-vario-440x100

s-max-engine.thumb.jpg.d3871f55b8673c903601be45b83759d5

Bro sekalian, adalah Bro Arief arzany merasa tertarik urun pendapatnya yang mencoba menebak mengenai strategy apa sebenarnya yang sedang disiapkan Oleh Yamaha Indonesia dengan Yamaha B65 ini. Dan Di kolom Citizen Journalism, berikut tmcblog share apa adannya tulisan dari Bro Arief yang dikirim via Surel yang bila diambil kesimpulannya, Yamaha B65 lebih ke diferensiasi produk dari NMAX   . . . silahkan dikunyah kunyah deh sob  . .

440x100_drivechainkit

Yamaha B65 – strategi macam apa yimm?? Judul tsb saya ambil dari pertanyaan empunya blog hehehe.. Menarik sekali membaca artikel tmcblog yg bilang bahwa b65 akan jalan bareng dengan nmax.. Cie cie cie jalan bareng hahaha.. Pembentengan produk dengan cara penambahan produk dengan value yg lebih dari ancaman calon produk kompetitor itu mungkin yg dipikirkan oleh pembaca..

Tapi bagi saya itu ga masuk akal.kenapa ga masuk akal?? Karena pasar yg ditembak adalah Nmax  . .  dan itu produk flagship bro, ga perlu dibentengi dgn produk yg lain dgn value yg lebih.. Yg bisa membentengi flagship produk adalah dengan produk tsb sendiri. Maksudnya??? Ya dgn penambahan value atau fitur lah.. Terus hubungannya dgn b65 ini bagaimana?

s-max-engine-2.thumb.jpg.45f19aea4572495b81b923487bc25335

Sdah diketahui kalo yamaha punya fitur iss sprti honda dan akan dibenamkan dimatic mereka. Matic yg mana?? Kemungkinan ya matic flagship lah yg pertama dapat fitur ini, scara konsumenny punya pride dripada produk non flagship.lha harganya aja mahal je… Jadi menurut saya akan dibenamkan ke nmax dan b65 yg secara base mesin sama.. Jadi 1 mesin untuk 3 model yaitu nmax non abs, nmax abs dan b65 ini bro. Yup analisa saya nmax bakal ada fitur iss.

B65 membentengi nmax dari calon produk kompetitor? Jawaban saya adalah TIDAK. Kalo srategi yimm menurut saya hanya diferensiasi produk dgn value sedikit diatas nmax dan ditujukan kepasar yg berbeda.. Sudah lazim ada diferensiasi produk dgn mesin yg sama, liat mx king, nva, xabre dan r15,, sama kan base mesinnya?? Tapi karena ini flagship diferensiasi yg dibuat yimm gak bakalan sebanyak motor manual mereka.. Ibaratnya nva itu nmax non abs dgn tujuan jualan produk. R15 sebagai nmax abs dan xabre sbgai b65 sbagai pride atas produk flagship..
Berarti apakah b65 akan diposisikan diantara nmax non abs dan nmax abs atau malah diatas nmax abs?? Hanya yimm yg tau..hahaha

spidi-2

Kalau ditaruh diantara nmax non abs dan nmax abs kayaknya g mungkin..price list yg berhadapan dgn nva akan mematikan salah satu produk. Mungkin diatas nmax abs tapi dgn jarak harga yg tdak tetlalu jauh..yah 500rb mungkin cukup.

Jika begitu b65 ini produk flagship yg bgaimana?? Ya harusnya pasarny jga beda, xmax sebagi maxi jumbo matic kan bisa jadi. Menurut saya yg logis ya xmax.. Pasar nmax dan xmax kan jelas beda.. Sebagai pencegah new produk dari kompetitor sangat logis.. Cz pcx lawan nmax dan forza lawan xmax..ah masa? Mungkin aja bro.kan kompetitor blm jelas mau keluarin yg mana antara pcx dan forza.. Kalau ternyta pcx sama forza keluar bareng kan yamaha jga pening dikeroyok kyak kasus mio dulu. Jadi sebelum itu terjadi ya kluarin aja xmax.. Forza sama pcx pasarnya kan juga beda ini yg mungkin jdi pertimbangan yimm membuat tandem nmax.. Ini hanya opini saya bro..kalau punya pandangan beda ya wajar

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

71 COMMENTS

    • Setujuh
      Analisanya bikin bingung
      Di paragraf awal katanya diferensiasi produk dan tetap klan nmax tp analoginya mx king nva r15 xabre…bukannya itu emang beda varian ya..(beda nama cuma base mesin sama)
      Kalo diferensiasi lebih klop analogi kaya beat series..vario series..atau lainnya yg namanya sama cuma beda fitur
      Kalo yg b65 bukannya rangka juga udah beda dan kemungkinan bentuk n nama beda…g sekedar fitur iss nya aja..
      Trus kok ad xmax hth forza
      Ap sama cc nya kah??
      Hanya bro arief yang tahu..hahaha

      Guest
  1. jadi intinya b65 itu sebagai pride dari nmax, sperti xabre dgn mesin vixion series…??
    gitu ya wak…
    kalo bener gitu gimana fitu dari nmax ada di b65…vva+abs+iss(name it lah), harga diatas nmax abs gak papa dah…

    Guest
  2. Binggung sama opininya. Mutar mutar gituh lo.
    Cobak klo ane gk salah tangkep. Nmax dan b56 bakal pake iss (versi yamaha) dengan tujuan halau pcx lokal dan porja lokal (porja kgk mungkin kata ane mah).

    Guest
  3. Apa jangan jangan buat gebuk variyem 150 waak?
    Variyem kan beda segmen ama nmax, apa mungkin versi dek rata dari nmax?
    Keenakan tuh variyem ga ada lawan yg dek rata 150cc, masa yimm diem aja

    Guest
    • Kalo menurut ane itu paling logis sih. Xeon 150.
      Nmax terkendala buat pasar dengan gender perempuan. Nmax ituh berat, gk ada dek tengah dan joknya lebar bikin jinjit. Gk cocok sama perempuan indonesia.
      Paling logis sih xeon 150, kalo big skuter lagi kek S Max ya blunder itu namanya yamaha.

      Guest
  4. Harga mesin 150 dgn fitur iss murah H atw Y??pertanyaanny knp sbg follower yg br patent iss hrgny bs lbh mhl??jd klo yg satu bs jual iss murah&yg satu mhl brarti fitur iss tu fitur yg mhl atw bkn???

    Guest
  5. Masa yamaha nggak kepengen pasarnya variyem 150 waak?? Dengan market share Honda yg semakin menggila,,, feeling kuat sy ni wak, itu produk versi dek rata n max

    Guest
  6. Honda pastinya akan gebuk balik kompetitor habis habisann…untuk mempertahankan metic nya..dan bahkan akan lebih wahh lagi produk honda..opini sahaja.

    Guest
  7. Mungkin N max di benamkan vva + ISS…
    Dan kemungkinan Desain ada perombakan jadi ga bulet bulet gitu jdi ke lebih agresif tajam.

    Guest
  8. klo diluar negri xmax125 itu lawannya forza 125..

    pcx lawannya nmax.,..( lbh murah dr xmax125 n forza 125)

    tp yg di ujicoba(tes jalan) di indonesia itu xmax250!!! bukan xmax125(150)!!

    untuk b65 (xmax125) ini msh jangka panjang coz berdasarkan kebiasaan yimm..mtr yg mo keluar pasti diujicoba tes jalan dulu…la ini yg seliweran tes jalan itu x250!! bukan yg xmax125…

    Guest
  9. Yuukk.. Bingung ya?? Maaf ane nubi cmn pengen share pendapat.
    B65 itu juga flagship produk buatan yimm. Dengan lain kata, ntar ada 3 produk flagship maxi scooter dari yimm dan itu satu jenis mesin dan juga udah ada iss-nya. Yaitu nmax non abs, nmax abs dan b65, yah mungkin b65 bisa aja xmax. Kenapa kok xmax?
    Honda masih abu abu mo ngeluarin pcx lokal atau forza lokal. Akhirnya yimm memilih untuk mendiferensasikan produkny, sebagai antisipasi calon produk maxi skutik honda..
    Ibaratnya jika nanti yg keluar pcx, yimm sudah sangat siap menyambutnya dgn nmax iss ini. Kalo yg dirilis forza, yimm sudah sangat siap menyambutnya dgn xmax iss ini..
    Vario lawan xeon, benar kata bro pmk diatas.

    Guest
  10. Wah gagal paham lagi,pusing,yg sport 150 pun di gedor kanan kiri,ada bocoran gak wak,kpn R15 mayor change?

    Guest
  11. Kalo menurut saya lebih logis SMAX, dek rata body sedikit lebih kecil dari Nmax dan akan head to head dengan Vario150 dalam price.
    Untuk vario125 dari dulu kan lawannya XEOn, nah nanti basic engine upgradenya akan sama dengan B65.
    Jujur saja ya, value utama yang bikin konsumen lari ke matic H adalah ACG starter bukan ISS. Untuk engine konsumen pasti tau lah, asal jepun pasti awet. Y mau ngeluarin M3, Z,atau apalah kalo belum ACG pasti lewat kecuali fans.

    Guest
  12. forza itu lawannya xmax. level & harganya jauuuh di atas pcx & nmax. nggak mungkin rasanya ahm keluarin forza cuma buat lawan nmax.
    pcx vs nmax
    forza vs xmax
    yamaha masih punya senjata lain kalau mau: smax & tricity.

    Guest
  13. Itu upaya YIMM untuk tidak H to H dengan ngahaem. Sudah terbukti strategi konfrontasi langsung akan membeuat lawat mambabi buta ingin menggilas sampek gepeng….

    Guest
  14. sekalian buat versi yg lebih murah lg …dibawahnya non abs harganya
    kan bisa sekalian ngebuk vari 150.
    klo ngk di buat yg 200 cc,biar jalan ber iringan ky vario,body sama cc lbh besar.
    karna yg 125 kan ngk di jual di sini.

    Guest
  15. 8. PemadamKebakaran – April 27, 2016
    Binggung sama opininya. Mutar mutar gituh lo.
    Cobak klo ane gk salah tangkep. Nmax & b56 bakal pake iss (versi yamaha) dgan tujuan halau pcx lokal dan porja lokal (porja kgk mungkin kata ane mah).

    >> yah biasa deh, alur berfikir FBY,
    dari alur mikir & pola mengungkapkan pendapatnya saja uda kliatan, tu fby kalau misal susun tugas akhir, dan bimbingan, kalau di kampus ane bakal sering revisi tuh, bakalan kenyang di urek urek.
    mbulet, padahal bukan donat.
    ga heran kalau lagi BC produk tetangga, muter muter, mbulet ke situ lagi. di ajak argumen langkah maju, nyeleweng dia mbawa2 hal ga relevan.
    pantes aja sebelah makin di BC, bukan meredup, malah makin mencengkeram, dan bikin si kompetitor garpu kodzel kodzel
    (baca kodzel nya pake makharijul huruf yg bener ya cung)
    ujung2 nya, dia bilang gw paling hebat di sentul & GP, diladenin pake argumen fakta mngenai MS, mngkeret, lalu rekannya mbantuin bilang. ah fbh ujung2 nya MS. xixii
    kan pekok

    Guest
  16. clue nya Iwanbanaran sasis model bebek, berarti ga head to head vario150… jangan2 NOUVO150, sebagai lawan vario150

    Guest
  17. klo wak haji pendapatnya akan sedikit di atas n max ABS berarti fiturnya N MAX ABS+ISS dong
    klo cuma di bekali ISS doang mungkin posisinya antara non abs dan abs
    ABS lebih mahal dari ISS bro.. 😀

    Guest
  18. mio m3 dgn mesin 125 cc dan harga dibikin di bawah honda beat jg gagal total lah ini mau hantam vario dg mengandalkan fitur ISS yo ngimpi…saran saya yamaha beli patent honda yg membolehkan produk2 yamaha boleh ditempeli logo sayap honda…wkwkwk

    Guest
  19. melihat nmax yg masih sendirian kl mo pake “ISS” mgkn dapet dipake dulu ke dek rata buat lawan vario 150 secara tek mgkn bs berimbang (konsumen ad pertimbangan memilih) ACG vs VVA, ISS vs “ISS”, 150 vs 155, LC vs LC, LED vs LED, tgl design moga gak dicibir bantet lg, klo soal nmax jk jd dapet saingan tgl update “ISS” aj baik yg non maupun yg udah abs, tp ya itu kode udah keluar brarti master plan udah jadi, dimari mah konsumen cmn bs nebak” doank, berharap aj YIMM ngasi produk value

    Guest
    • Dan jangan salah ISS itu harus ada ACG. Jadi kalo Y implementasi ISS maka skor menjadi 2:1 karena Y ada VVA

      Guest
  20. Ane setuju dg opini di atas. Kalau mau diposisikan di atas NMax, ambil basis desain XMax, jangan SMax dek rata. SMax mending diseting di bawah NMax untuk menyerang Vario Series !!!

    Guest
  21. siapa tau strateginya malah B65 itu diposisikan di bawah N-Max non ABS. dikisaran 20 jt-an. tentunya sasaran tembaknya vario 125-150
    tetep menggunakan basic matic yg lebih fungsional..

    Guest
  22. Waladalah

    Yamaha bikin mesin iss untuk next MAX series?
    Mungkin bakal naik 500 ribu dari NMAX current
    Masalahnya bakal banyak Janda Nmax yang harganya terjangkau
    Kalau bisa secondnya tembus 16-18 jt untuk non ABS

    Bersiaplah menabung
    Kikikikik

    Guest
  23. Kok sepertinya tidak mungkin jika nmax ya, kan itu yimm otomatis bikin mesin baru jika mesin baru ada iss, kelistrikan jelas berubah, iss tanpa acg jelas bunuh diri, dinamo bakalan gampang rusak, walaupun nanti bakalan jenis mati scoter tp klo ada iss bakalan jenis baru deh, walaupun kapasitasnya sama, secara mesin kan beda total dalam mesinnya

    Guest
  24. Sales sok tau tuh yg nulis,bilang aja takut pcx jd 0unit,lawan nmax aja babak belur lah ini mau ditambah smax,ya modiiaar.
    Kalo kode sdh beda jauh ya berarti emank produknya beda bkn cm beda fitur,emang sales mahonbul guovlookkk

    Guest
  25. Wak sekali2 bahas calon sportmatic 150cc nya suzuki dong,yg katanya bakal pake mesin fu fi tuh,ane demen wak….

    Guest
  26. klo menurut analisa saya, B65 akan diposisikan head to head ke vario 150esp(harga kisaran 20jtan), jd akan dibawah nmax non abs(harga kisaran 24jtan), jd B65 dengan iss dan bermesin NMAX dengan harga sama dengan vario 150esp akan menjadi nilai lebih.

    Guest
  27. artikelnya bagus…ditandai dengan makin dikitnya FB atau sales bloon yang komen….hehehehe
    kalo opini gw sih simple, selama mesin masih sama dengan NMAX bisa dipastikan head to head ama vario150, whos care about ACG/ISS…karena bikin jalur elektrikal baru lumayan rumit. indikasi ACG/ISS kemungkinan masih sekedar trial untuk flagship lain…
    Kemungkinan ACG/ISS versi yamaha baru akan diimplementasikan ke Flagship selanjutnya untuk maxi scooter setelah Nmax.

    Guest
  28. Kunci agar metic Y laku tuh, jangan bantet. Ga perlulah fitur2 laen2. Contoh NMAX ga pake CBS, ga pake ISS, ga pake ACG, ga pake handbrake, toh laku keras

    Guest
  29. Menurut saya b65 ini diposisikan dibawah nmax di sekitar 21-22 jt + utk penghadang v150 dan untuk versi ABS b65 ini di posisikan di antara nmax non abs dan nmax abs

    Guest
  30. kata kunci nmax itu laku kan cm 2, harga murah dan model bongsor ala matic eropa. kalaulah mau d buat macam2 dengan segala fitur, ya tetap aja yg laku versi murahnya. ahm tinggal masuk dengan rentang harga yg sama udah pasti diterima konsumen dah.

    Guest
  31. YAMAHA ngekor mulu….

    dari dulu gue bilangin turutin gaya honda… bikin mesin nmax varian lain buat saingin vario150…

    kalo mesin 125cc yamaha ya mentok di xeon paling …

    suntik mati mesin abal2 125 m3 / mio z…. gakan bisa bersaing sama beat110 pun…

    cepet bikin sport 150cc DOHC… masih ngandelin SOHC ??? mpe kapan ? mpe hilang momentum ?

    Guest
  32. kata kunci nmax itu laku kan cm 2, harga murah dan model bongsor ala matic eropa. kalaulah mau d buat macam2 dengan segala fitur, ya tetap aja yg laku versi murahnya. ahm tinggal masuk dengan rentang harga yg sama udah pasti diterima konsumen dah.
    – – –
    Yup, ane setuju.
    Reputasi brand juga lebih bagus dibanding mio.

    Guest
  33. Numpang unek2 buat YAMAHA,,,
    Yamaha mesti memilah motor sesuai usia user dan kapasitas mesin,,,
    Untuk entry level macam Mio Z sampai GT125 mestinya memakai desain MENYIKU TAJAM atau sporty,,,
    Karena pengguna kelas ini kebanyakan anak muda baik sekolah ataupun baru kerja,,,
    Untuk varian 150 cc ke atas desain Nmax cukup baik karena user atau calon sudah mulai mapan dan lebih ke desain elegan,,,
    Kalo yang dah mapan bener biasanya naik kelas di atas 250cc untuk motor dan bisa jadi pindah ke R4,,,

    -IMHO-

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.