honda-vario-440x100

winglets-new2

Bro sekalian, tmcblog baru aja membaca tulisan bernas David Emmet mengenai rangkuman pasca Pengetesan di Jerez . .  diantara banyak subjek, tmcblog mau konsen ke satu hal yakni Winglet . ..  Seperti Kita ketahui Di MotoGP Jerez, akhirnyya boleh dibilang semua Pabrikan memperlihatkan apa yang mereka bisa hadirkan soal Winglet di Motor balap mereka Ducati, yamaha , Honda, Suzuki, Aprilia Semua menggunakan sayap sekarang. Namun sepertinya ada upaya agak Winglet dibekukan mulai tahun depan

440x100_drivechainkit

Sebelum masuk ke pembahasan selanjutnya, untuk mengetahui badan dalam Komisi Grandprix MotoGP, sobat bisa baca disini  . ..

David menceritakan bahwa pada hari Jumat pekan lalu (22 April 2016) MSMA (Motorcycle Sports Manufacturers’ Association) melakukan pertemuan guna pengajuan proposal kepada The GrandPrix Commision ( GPC ) mengenai hal ini, namun diantara mereka masih belum ada kesepakatan final. Pada Pertemuan GPC Dorna dan IRTA (International Road-Racing Teams Association) meminta MSMA untuk bisa mengajukan proposalnya di Seri Le Mans, da jika MSMA belum bisa juga bersepakat maka menurut David, Dorna disinyalir secara sepihak akan merilis peraturan yang isinya hampir dapat dipastikan akan berupa pembekuan peggunaan winglet/ part aerodinamika eksternal mulai awal musim 2017 mendatang.

GP16-1

Yap pasti ada yang setuju dan ada yang tidak setuju . . . Yang tidak setuju tentu adalah Ducati karena mereka sepertinya sudah berinvestasi masif di sektor aerodinamika ini sob dan memang walaupun belum ada penjelasan Official secara ilmiah yang paling terarah  mengenai keuntungan penggunaan winglets selain penjelasan soal downforce untuk membuat grip ban depan lebih bagus . .  namun karena progres ducati yang positif membuat Ducati jadi pabrikan paling disoros kalau kita lagi membicarakan soal winglet ini sob.

spidi-2

TMCBlog berharap apapun keputusan mengenai winglet untuk 2017 berhulu dari ajuan proposal MSMA karena di dalam MSMA ada semua pabrikan . .  dan kalau keputusan MSMA sudah final, apapun perbedaan pendapat didalamnya, kalau sudah ketuk palu dan dicap sebagai keputusan bersama ya semua anggota member harus secara moral menjalankan keputusan.

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

44 COMMENTS

  1. Seperti yang saya share via DM Twitter ke wak Taufik, (dalam artikel yg dibuat Max Yamabiko) aerodinamika di motor berbeda sangat dengan mobil.
    Via Crash.net Marc bilang bahwa dia tidak setuju terhadap penggunaan winglet kedepannya. Marc juga menyatakan bahwa feeling pada motor saat menikung berbeda dan setelah ganti motor tanpa winglet, malah lebih baik dan juga catatan waktu sama saja. Lalu dengan winglet motor akan jadi susah sliptreaming, dan akselerasi mirip dengan Formula 1 (sedikit lambat pada akselerasi).
    Lebih setuju kalau winglet dilarang baik untuk team konsesi atau team tanpa konsesi

    Guest
  2. dari awal winglet kan akomodasi kelemahan ECU mengobtrol whellie .. perbaiki ECU, maka winglet otomatis dicopot sendiri

    Guest
  3. dari awal winglet kan akomodasi kelemahan ECU mengobtrol whellie .. perbaiki ECU, maka winglet otomatis dicopot sendiri

    ==========================================

    bukan nya gara2 micelang grip ban depan nya ga bagus makanya dikasih winglet biar tambah grip pas nikung?

    Guest
  4. kalo pingin ECU seperti punya pabrikan Yamaha atau Honda harusnya dua pabrikan itu kasih bantuan dikit buat meracik ECU khusunya untuk mengontrol whellie.

    Guest
  5. kok gak ada yo yang bikin langsung di fairing gak perlu nempel2 langsung jadi satu sama bodi fairing (garukgaruk)

    Guest
  6. KOntrversi Winglet akan terus berlanjut..
    1.Dari segi keselamatan, bagaimana jadinya kalo pebalap senggol2an terus kena winglet atau akibatnya jika pebalap terjatuh serpihan winglet sedikit banyak akan menimbulkan bahaya.
    2. dari segi biaya, winglet khan nggk asal main tempel terus jalan, past biaya riset yang tidak sedikit, bagi tim pabrikan besar nggak masalah, tim pabrikan yg lain?belum hire insinyur lagi, test wind tunnel, dlsb
    intinya yach menidng di software dedictatednya ditambahin control anti wheelie,,,semua dapat semua senang

    Guest
  7. lorenzo akan mulai dari 0.
    baguslahh biar liar ducati dan tampilan moto gp biar keren.
    jujur saja winglet sangat mengganggu penampilan motor 😀

    Guest
    • Ah.. saya kira kalo dibalapan mereka masa bodo dengan penampilan, yg penting aerodinamika atau motor bisa lari kenceng,

      Guest
  8. bodoh kalo dorna ngelarang winglet ada di motoGP. yg bener harusnya dorna bikin regulasi husus untuk winglet, bentuk, material, dan posisi penempatannya yg di atur. di F1 pun kan ada aturan lebar maksimal wingletyg lebarnya gk boleh melebihi lebar maksimal total mobil.
    emang winglet yg dipake ducati terlalu bahaya karna terlalu lebar n terlalu bawah penempatannya jadi beresiko kena pembalap lain saat duel di tikungan.

    Guest
  9. Kenapa ga di bikin cekungan pada body fairing aja, sama dengan winglet cuma bedanya kedalam alias coakan
    #cuma opini

    Guest
  10. tadi sy bialng gini:
    bekukan aja sekarang ga usa tunggu2 nanti,,
    toh sekarang semua merasa kompetitif dengan winglet,,
    ga ada yg ngerasa ga kompetitif gara2 pake winglet,,
    ywd sekalian aja semuanya ga usa pake,,
    jadi sama2 susah semua,, kan adil,,
    kecuali kalo ada beberapa pabrikan ga pake ada yg pake,,
    ga adil tuh,,

    Guest
    • Teknologi berkembang boss.
      Lu mau kumur kumur ampe berbusa tiap generasi pasti ada yg lebih hebat dari generasi sebelumnya.
      Dah lah sama sama hebat

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.