460x110-indent-now

 

single-susp-honda-6

TMCblog.com – bro sekalian, Suspensi depan sepeda motor banyak jenisnya ..  Namun yang paling sering terlihat adalah dual Fork / Dua Garpu baik itu teleskopik ataupun inverted . . Namun tmcblog baru baru ini memperoleh informasi bahwa Honda  telah mendaftarkan patent sistem Suspens depan tunggal  . . . Kayak apa bentuknya ? . . Cekidot gambar di atas deh . . . nah terlihat dari bentuk box CVT dan Box filter udaranya mirip sama yang dimiliki honda beat series nih . ..  Seperti apa detailnya ? Cekidot deh sob

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

single-susp-honda-4

Seperti terlihat pada gambar di atas  . . . boleh dibilang tetap ban depan diapit oleh sepasang garpu ..  namun di ‘garpu’ tersebut tidak ada suspensinya alias rigid . .  Suspensinya sendiri berada di bagian sebelah atas yang di dobelin ke daerah komstir . . Gambar diatas adalah ketika Suspensi tidak kena beban

single-susp-honda-3

Nah gambar diatas adalah gambar ketika suspensi terkena beban pressure sehingga merapat pegasnya

single-susp-honda-1

gambaran dari samping adalah seperti sobat bisa lihat di atas dimana boleh dibilang cara kerjanya hampir mirip dengan Monoshock suspensi belakang dimana hanya ada satu saja suspensi yang bermain. Dari segi cost produksi entah seperti apa, namun yang pasti bikin satu suspensi harusnya bisa lebih simpel dari pada harus bikin dua suspensi . . . namun ya itu dia, harus dikaji lebih lanjut mengenai efek pemakaiannya untuk keseharian . . . kalau menurutmu gimana sob ? silahkan dikunyah kunyah  . . . Semoga berguna

Taufik Of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

93 COMMENTS

    • Dg memakai 1 shock,otomatis shock dibikin lebih besar,dan mekakai link.kayaknya biaya produksi malah naik,tapi punya nilai tersendiri yaitu lebih canggih.toh beban shock depan lebih ringan dari shoch belakang???

    • vespa mah beda soknya masih berbentuk sok konvensional. kalo ini kan sok nya didalem belom tau bentuk pegasnya seperti apa.

    • beda, Mas,
      kalau suspensi Telelever BMW, konstruksi fork dan damper terpisah dan dihubungkan dengan link, yg juga berfungsi meneruskan getaran dari roda langsung ke rangka.
      sementara paten desain suspensi Honda Beat di atas memiliki cara kerja yg serupa dengan suspensi konvensional, hanya saja jumlah damper-nya cuma satu di tengah (monoshock). BTW fungsi link yg ada di desain Honda Beat tersebut adalah sebagai steering, jadi beda dengan link yg ada di suspensi Telelever.

  1. Honda itu biasanya coba – coba teknologi baru tapi kurang diuji terlebih dahulu. coba lihat kasus rem CBS yang menurut banyak pemakainya berbahaya sekali, bikin celaka……….. Tapi dengan fanatisme fbh, Honda sangat diuntungkan, karena fbh berani jadi kelinci percobaan………….. Bagus!!!

    • Tinggal dipotong aja kabel seling yg menghubungkan rem belakang ke rem depan dah jadi biasa,sebetulnya cbs bila diseting pas malah sangat membantu pengendara,terutama kaum hawa yg kebanyakan biasanya cuma menggunakan rem belakang aja saat ngerem.stel rem belakang jangan terlalu dalam(jarak main,dibuat rendah),agar saat direm,rem depan g begitu kuat ikut ngeremnya???

    • Mikir,jika cbs bahaya,bikin celaka,kenapa beat,vario,scoopy laku keras???konsumen dah pinter,pilih skutik mana yg paling bagus,yg awet dan value???lihat kasus tabrakan sport 150cc yimm dan honda.mana shock yg patah jadi dua,dan mana yg cuma bengkok doang,tinggal browsing???

    • Belajar bawa motor yg bener dulu sana!! Seumur2 bawa cbs biasa aja ga bikin celaka macem elu bilang.. Dagangan ga laku busanya jelekin doang nih,hahahahaha…

  2. Ngejar keuntungan sebanyak2nya dengan dalih teknologi… Seperti tempat plat nomer depan revo yang dulunya dari logam kini di dari plastik. Katanya pabrik paling peduli keselamatan pengendara, nyatanya?…..

  3. Padahal suspensi depan honda sering limbung…
    Susah dapet feeling suspensi depan di honda…maunya jatuh mulu…
    Sorry kenyataanya emang gitu.

  4. Asal komstirnya bener pasti enak…buat nikung…kalo yanaha susah d ajak nikung..belok kanan malah motor mau belo kiri…apa adanya nih

    • Ea betul teman saya yg baru balik cuti ..ber cerita di rumah memakai motor yamaha v ixion sama Mx King katanya juga komsetirnya susah kalo belok harus semua bodi sama badan pengendara ikut di miringin krna komstirnya kaku kya ada perlawanan di belokin susah

  5. vesva juga depan nya cuman atu.. tapi nyaman..
    cumankekuatan material nya harus lebih kuat, soalnya beban di tanggung sendiri..

    • ban bit pario skupi saja aus sebelah. bergelombang pula. penyakit akut ini tidak pernah sembuh. kata mekanik suruh ganti ban baru. padahal tu teknologinya ada yg belum sempurna.

  6. Maaf melenceng dr pokok bahasan.

    Apa bener shock belakang semiring itu wak Haji? Atau gambar paten emang kayak gitu, dg riil bentuk tegak.

  7. Wak taufik?!
    Kok sekarang jamane jomblo2an yo.. . ,bukane lewih penak berpasangan.
    Ban aja berpasangan.
    Spion aja berpasangan.

  8. Baru bbrp bln kmrn membayangkan bgmn jk shock depan sbuah motor itu mnggunakan shock tunggal..bhkn prolink. Eh, honda mlh sudah mematenkan.

    • Kalo masalah limbunh si mnurut ane itu karna shock belakang yang terlalu empuk buat shock depan aman” ajah soalnya emg kaya nglayang apalagi klo beat ringan banget,

  9. kok kayake pesimis bakal membauk handlingnya.

    maap maap nih buat fbh, metik ahaem yang ada sekarang aja sering limbung dan bikin bahaya.
    gw uda 2 kali ganti motor ahaem (jatah kantor), kasus yg awal libung plus kompresi ngempos pas digeber ngeburu waktu.
    kasus 2 masih limbung, ngempos komprssi uda aman.

    • Oya? Ane beberapa kali ganti motor suzuki, yamaha, honda, dan matic honda ga kayak yg ente bilang tuh, malah ane bawa nikung ngerebah ga ada limbung..

  10. Ini bisa jjadi solusii buat metik honda yang rata” si ban depan abisnya gak rata alias sebelah. Tapi kudu d kaji ulang juga buat perawatan sama kekuatan klo ngehantam lobang.

    • Ban motor di Indonesia ya rata2 lebih dulu habis sebelah kanan, karna aturan berkendara di sebelah kiri, sementara desain jalan adlh cembung (tinggi tengahnya) untuk mengalirkan air. Maka ban yg bersinggungan dengan aspal(jalan) adlh bagian tengah cenderung ke sebelah kanan

  11. hmmm. . .mantap patenkan sesuatoe agar kelak tak terjadi sesuatu. . .
    Note not Quote : “bekerja keras dan pantang menyerah adalah kunci agar kelak menghasil kan penemuan yang berkualitas”

  12. Dari nama betul, monoshock.. Peredam kejutnya tunggal, tp fork/arm/penjepit rodanya tetep kiri kanan.. Klo jalan aspal rata sih masih wajar, tp klo kena jalan bergelombang pedesaan kok rasanya bakal kerasa Getarannya.. Apa Honda mau mematenkan slogan “Getar”‘ya.. Hahahahaha

  13. Wahhh,,,Koyo e ora mau di plagiat pabrikan lain ki pdhl dia ah sudah lah skip aja,,Bagus lah biar pabrikan ada inovasi dlm melawan paten produk lain yg lebih advance, Ojo jd follow up..
    #suarahatibiker
    “Kami Butuh Kenyamanan Bukan Kemewahan Apalagi Kemahalan”

  14. yakin untuk menekan cost? secara itu teknologi ‘baru’ dan biasanya yang baru itu pasti lebih mahal, walaupun material sama

  15. rasanya ngeri jika lewat jalan yang berlubang, lebih baik satu stock depan seperti Vespa. mendingan tetep miara Beat fi Sporty gen 1 yang tanpa ESP.

  16. Wahh, Begitulah seharusx, Shingga jk ad pabrikan lain ingin memakai model trsbut harus minta izin kepada sang pemilik hak paten, Agar kelak tak ada yg bilang si a mencotek or menjeplak si b, But, Alangkah baikx pabrikan lain br inovasi menghasil kn desain sndiri agr konsumen bnyak pilihan… Stop Plagirism….
    #suarahatibiker
    *Kami Ingin Kenyaman Bukan Kemewahan Apalagi Kemewahan*

  17. Makin limbung aja nih apalagi kalau dipakai dijalan besar butuh high speed kayak pantura..
    Mungkin shock ini mau dipakai di generasi Scoopy roda 12 inch yg kemungkinan dimensinya lebih kecil dan ringan dari beat makanya honda berani pasang shock model ini..

  18. Sepertinya hanya untuk pamer teknologi saja. Bukan produksi masalah. Dari segi desain Masih kerenan fork lefty punya sepeda cannondale wak haji.

  19. di sepeda gung ada Lefty schock utk depan, kuat2 aja, memudahkan penggantian ban dan mengurangi bobot. meskipun bawanya ada perasaan ringkih…

    Wa Haji…Rebel masuk nggak ke sini ? mudah2an bisa ditebak harganya. Melihat pengalaman kawasaki er6n di thai dan disini apakah sama hargaya (versi dulu).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.