460x110-indent-now

TMCBlog.com – Bro sekalian Saat pertama kali Valentino Rossi memperkenalkan Sosok All New Yamaha R15 MY 2017 Ia menyebutkan salah satu diferensiasi terbaru yang di pakai di Motor ini adalah Engine Asimatrically  . . Secara Harfiah yang dimaksudkan oleh valentino Rossi adalah Mesin yang asimetrik . . nah Maksudnya apa itu Mesin Asimeterik ?, TMcblog mencoba mengkonfirmasi kepada Pak M Abidin GM After Sales Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing . . .

MBtech - TMC sep16

Jadi menurut Pak Abidin saat tmcblog tanya mengenai kosa kata Engine Asimetrically adalah Yang di infokan Rossi Mungkin belum begitu lengkap. Pak abidin Menambahkan bahwa Mesin Asimetrik diartikan dari sudut pandang Piston yang biasannya memiliki bentuk kontur Dome Piston yang tidak simetrik karena perbedaan klep in dan Out . . .

Lepas Dari Pak Abidin, salah sorang staf dari pak Abidin Yakni Pak Ridwan dari Divisi teknis menambahkan bahwa  Mesin Asimetrik/ Engine Asimetricaly Juga mengacu pada  fitur Offset Cylinder yang memang diadopsi pada mesin Dengan dimensi Piston mendekati Square untuk Yamaha R15 MY 2017 ini untuk mengurangi Noise Pada kerja mesin r15 dan menambah performa mesin sob . . yap Gitu doang, Posisinya ada offset/ pergeseran jadi tidak simetris . Sepertinya memang ngak terlalu memuaskan karena mungkin kita berharap sesuatu yang lebih heboh lagi, Tapi pada dasarnya ya cuma itu penjelsan yang tmcblog peroleh

Offset Cylinder di Motor sport yamaha Local berawal dari R25 kemudian akhirnnya sambung ke produk produk seterusnya sampai juga Ke Yamaha R15 Baru ini sob. Pada dasarnya Dari gambar yang tmcblog peroleh dari Motogokil di atas terlihat maka dengan konstruksi crank offset (offset cylinder) memberikan penurunan gaya gesek pada dinding silinder, pada ketinggian piston yang sama.  . . jadi Posisi Cranknya mengalami Offset / koreksi posisi gerak ke kanan kiri untuk membuat gerakan piston tetap tegak lurus ke bawah

jadi bisa bro Lihat di gambar atas yang kali ini tmcblog peroleh dari Mas Arianto Pitstop bahwa Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan ke arah samping / ke dinding silinder secara berlebih. Manfaatnya adalah silinder dan piston minim gesekan sehingga dinding silinder, ring piston dan piston menjadi lebih awet serta minim getaran . . . Nahhh semoga berguna

Taufik of BUitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

145 COMMENTS

  1. oh
    Jadi intinya mesin asimetris itu offset cylinder
    gak butuh tahu sebutan nya Dan artinya deh
    Yg penting mudahan mesin tetep kuat, awet & powerfull. Meskipun sering di geber di high speed and high rev.
    Sayang masih lama bisa sampai ke konsumen.
    Mudahan saat launching ada promo spesial.
    Pengen yang warna Hitam, terus velg dan beberapa bagian di cat merah.
    Apalagi kalau keluar upgrade performance Parts dari Thailand.
    bakalan mantap nih.

    Guest
  2. Wak mau tanya……
    Jadi klo offset crankshaft begini otomatis stroke lebih panjang toh dibanding non offset dgn jarak crankshaft yg sama?
    Apa ada info sekalian wrist pinnya di offset jg?

    Guest
  3. offset cylinder kayak gitu mengurangi gesekan ketika langkah power,

    dan sayangnya, banyak yang tidak pernah membahas 1 hal ini,

    offset cylinder juga MENAMBAH GESEKAN ketika langkah kompresi. jadi offset diperhitungkan tidak terlalu banyak, dicari balance terbaik.
    dari tahun 60 an semua engine lumrah seperti itu.

    Guest
    • global, kupikir regional ya karena 150 cc nggak banyak yang menggnakan sebagai entry level
      kalo untuk eropa misalnya pakai mesin 125 cc buat entry level

      Administrator
  4. “yap Gitu doang, Sepertinya memang ngak terlalu memuaskan karena mungkin kita berharap sesuatu yang lebih heboh lagi, Tapi pada dasarnya ya cuma itu”

    yap nemu bahan BC lg. terima kasih wak haji..

    Guest
  5. Yang jadi masalah, keterangan dari dua orang penting Yamaha berbeda, itupun jawabannya diawali “bisa jadi”. Kalau offset cylinder Uda lama diadopsi motor jadul Supra, kalau Yamaha baru di mesin bluecore.

    Guest
    • kata kata off set kadang bikin bingung, mungkin bisa dibantu dengan kata ‘pergeseran/ koreksi posisi Crank ‘

      Administrator
  6. Tidak semua ramuan yg bikin power R15 MY2017 naik 2 dk ini harus dijembreng… Biarlah kalimat dr Mbah Rossi itu bikin penasaran dan jadi teka teki buat blogger ….

    Guest
  7. Panik y bro??? silakan nikmatin dohc terbaru 17 ps ya, malu lah kalah power sama mesin yg ktanya jadul,
    Masyarakat mah terserah mau d kata d bodohi mesin jadul,intinya dapat seabrek fitur dan power terbesar d kelas yg sama????

    Guest
  8. -new r15 model keren kearah superbike alamat laris
    -new cbr model aneh brand image kuat=laris
    -GSX R150 model unik kearah moto gp=kurang laku

    jd fix gw ambil gsx aja buat nemenin yamaha touch gw, sama2 ramping, sama2 jarang yg punya, jadi pny wow efek klo di pas lg dipake/orang2 pd nanyain gtu.. motor apa sih bang..

    Guest
  9. Si Muke Gile akhirnya kena combo earthquake juga (baca: terguncyang hebat), jiwa FBH nya keluar juga akhirnya. Ya soalnya tiap gue baca artikel pasti ada dia mulu sih wkwkwk pengangguran atau gimana

    Guest
  10. -new r15 model keren kearah superbike alamat laris
    -new cbr model aneh, brand image kuat=tetep laris
    -GSX R150 model unik kearah motogp alamat kurang laku

    jadi fix w ambil GSX R aja buat nemenin yamaha touch gw.
    sama2 ramping, sama2 jarang yg punya, jadi punya wow efek klo pas dipake,, senengnya klo orang2 pd liatin sambil tanya motor apa ni bang..

    Guest
  11. Offset silinder mah dari jaman honda karisma udah ada,ini buat gimmick marketing aja,bahasa biar keren bro,be smart rider ya bro,muehehe

    Guest
  12. biasanya mengimbangi offset cylinder menggunakan offset piston.
    efek offset ini mirip, namun jika offset cylinder sebatas mengurangi friksi ketika langkah power, offset piston berkaitan dengan balance piston ketika bekerja naik turun, biar tidak berisik.

    soalnya piston gesekannya beda ketika langkah power, sisi yang satu hampir tidak bergesekan, sisi sebelahnya full gesekan. jika pen piston pas di tengah ada kecenderungan piston kocak, karena gaya yang bekerja pada piston berbeda, sehingga berisik. biasanya piston yang pen pas di tengah ini lebih panjang agar tidak berisik dan menambah keawetan. kerugian, piston berat, gesekan lebih banyak.

    dengan offset piston, pen piston didekatkan ke bagian yang gesekannya besar agar distribusi gaya yang bekerja pada piston sama meski gaya gesek tiap dinding silinder berbeda, piston tidak kocak, bisa dibuat lebih pendek, ringan, gesekan sedikit. CMIIW,

    Guest
  13. keren sih, tp gsxr tetap dihati, keyless… teringan dan nyengat! upside down sm arm bisa d custom. yg penting mesinnya harus bisa teriak jgn sampai udh hi rev tenaga malah ngedrop! ingat ya yamaha suka koar2 power gede begitu brojol , jauh dari kenyataan! kyk r25 heheheh

    Guest
  14. apalh arti sohc dohc..

    yg mmalukan mask dohc klh power ma sohc..

    itu sohc ymh udah bkin yg lbh knceng.riset blp d terapkn ke mas pro…itu bhkn cm 60 persen power smgguhn sohc ymh….jlaskn skr mesin mn yg pnya potensi lbh knceng.

    Guest
  15. wak tolong bahas radiatornya dong. Sekarang kompresi motornya kan naik menjadi 11,6 dengan ukuran radiator yang sama seperti lawas apakah tidak cepet overheat?

    Guest
  16. udah yang intinya Fbhosokk fbhahaha pade terkodjel kodjel sesembahan nya bakal di jadiin keset ma R15 ?? ada yg blng mirip cebong 600 ngoahahahah knp gak blng jg ban nya jg mirip Cebong 600 ??
    efek nasi aking coeg… R1 old aja udah pake air scoop sebelum cebong 600 ada, nih gue jelasin R15 itu ikutin sang kakak Gen R bukan Gen Cebong Dagelan ngoahahahahah

    Guest
  17. best of the best sport fairing 155 CC.
    CeBoR mah sindshild dikorupsi, ga ada aura Mogenya.
    mirip CB dipaksa pake fairing.
    – penjualan terbanyak bukan berarti terbaik –

    Guest
  18. otomatis cbr 150 kudu facelift.

    bkin new.

    smpi kpn pke arm biting..ma suspensi teleskopik.

    mesin kudu update si cbr massk dohc klh power dg sohc..dohc ooooopoooooo

    Guest
  19. Kalau posisi begini titik tengah piston waktu tma tidak segaris dengan titik tengah kruk as..
    Methode nya geses titi tengah kruk as ke depan atau ke belakang…
    Pinginnya sih ada mesin di indonesia in take di depan out nya di bekakang…/ knalpotnya di belakang cilinder ..kaya mesin grand livina

    Guest
  20. Harusnya sih sama aja, kan pas piston naik ke atas posisi crankshaft akan lebih miring lg.. malah karena gak balance gitu kemungkinan malah getaran lebih kerasa..
    #CMIIW

    Guest
  21. oalaha ,asimetricalli engine itu offset cylinder too, itumah sudah dipake honda sejak vario,blade gen awal kalo nggak salah.

    Guest
  22. CBR 150 OTR 34 jt

    No USD 37mm
    No Underyoke
    No Deltabox
    No Alumunium Banana Swing Arm
    No shifting timing light yang akan memberitahu sudah waktunya oper gigi
    No “assist dan slipper clutch system”.
    Power cuma 17ps torsi 13,5 Nm
    Muka Gepeng
    Model bodi Cungkring
    Posisi terbaik Kejurnas IRS 150 2016 No. 14

    Fix yang beli CBR150 setelah New R15 lahir hanya fansboy buta merek yang doyan produk AHM yang overprice

    Guest
  23. Wak, owner current R15 bakal terciderai dong, karena kata wak Taufik, roadmap untuk vixion dan mx jg bakal sama..
    Secara harga juga tak terpaut jauh sekali dari pembelian tsb imho

    Guest
    • Ya semua juga nasib nya sama, vroh..
      Jangan kan motor / mobil facelift atau allnew, bini kalo ada yang baru, yang lama pasti jadi senewen lah..
      Ekekekeke..

      Guest
    • Ya gk lah bro.
      Ini sudah waktunya untuk R15 dan vixion ganti model kecuali mx biar gk jenuh. Udah berapa tahun umurnya 5th bro.
      Klo seblah baru 2th malah ganti model.apa nggak nyesek

      Guest
  24. Ngak usahlah bertele-tele kalau komen faktanya pake mesin sohc overtstoke di R15 sebelumnya :

    King of Kejurnas IRS 150cc Sentul : R15

    King of Balapan Dagelan Alun-alun : R15

    Dengan hadirnya New R15 dengan mesin SOHC VVA paling powerfull dikelasnya untuk 5 tahun kedepan R15 masih akan merajai kejurnas 150cc mau itu ditantang diajak balapan standar atau sesuai regulasi.

    Salam klotok-klotok buat DOHC muka Gepeng Ceboker 150

    Spesifikasi New R15 MY 2017

    Power 14,2 KW atau 19.3 ps torsi 14,7Nm

    Ban lebih besar depan 100/80 dan belakang 140/70
    Mesin VVA
    Shifting light
    Slippery clutch
    Gear position
    Average speed
    Injektor 10 titik
    TB 30 mm
    Tanki 11 liter
    Berat 137kg
    Cc 155

    Itulah beberapa poin new R15 yang dirilis oleh Yamaha bersama vInales.

    Yamaha ingin mempermalukan fansboy yang mendewakan DOHC.

    Dihajar pake SOHC VVA power dan torsi terbesar dikelasnya

    Bagaimana FBH yuk kita balapan adu standar

    Guest
    • Jangan.
      Ntar fkutang dan sales sayap ngeles kalo R15 cc nya 155…bukan 150.
      Saking panik nya, lupa arrc ceboker 300 jones vs 250 merk lainnya.

      Guest
    • Lha Terus kenapa triumph daytona 675 pas Yang lain 600
      Kenapa ducati panigale 1200 pas Yang lain 1000

      Ya karena silindernya lebih dikit
      Sama kaya cbr300 lawan 250 lain

      Guest
  25. 55. Ubikukus – January 24, 2017

    Wak, owner current R15 bakal terciderai dong, karena kata wak Taufik, roadmap untuk vixion dan mx jg bakal sama..
    Secara harga juga tak terpaut jauh sekali dari pembelian tsb imho
    ==============================
    Lifetime R15 sudah sangat lama jadi tidak ada yang tercederai memang sudah waktunya masuk Nex High Level 150cc dikelasnya.

    Yang tercedari ya Fansboy cebong dari K45 overbore yang baru 2 tahun diganti si muka gepeng yang kena overtroke belum ada setahun kemungkinan besar akan berubah all new dalam waktu dekat karena yang paling inferior dari sisi tenaga dan fitur dikelas 150cc saat ini.

    Guest
  26. Akhirnya kejadian lagi.

    “….engan dimensi Piston mendekati Square untuk Yamaha R15 MY 2017 ini untuk mengurangi Noise Pada kerja mesin r15….”

    Konfigurasi engine yg mendekati (near) square AHM akhirnya dicontek lagi dan lagi sama Yamaha..

    Guest
  27. Wkwk yg sensitiv bukannya situ y bro,,ada artikel ginian langsung ayan???gue kan cuman nglurusin,kasihan nanti orang yg baca komen situ kena pembodohan????
    Boleh d jembreng komen2 antar fb,yg melakukan pembodohan rata2 dari pihak fbh?????

    Guest
  28. Dengan dimensi Piston mendekati Square untuk Yamaha R15 MY 2017 ini untuk mengurangi Noise Pada kerja mesin r15 dan menambah performa mesin sob . . yap Gitu doang

    mendekati SQUARE

    ahahahah

    jare sport kok near wadon, melok melok je

    Guest
  29. Wak Haji..
    Bikin page tabel khusus komparasi spekteknis motor per kelas nya dong.. biar tiap ada motor baru bisa update.. Tks

    Guest
  30. tuh para fansboy kopidarat bawa motor yg dipuja trus balapan
    atau adu irit jg gapapa
    pasti seru tuh trus diliput
    biar ga pada byk omong lg dimedia
    yg pya SOHC bwa mtrnya
    yg pya DOHC jg bw mtrnya

    Guest
  31. Yang dibilang petinggi Yamaha itu “mendekati square”, bukan “nearly square”… jadi sama sekali beda, bukan nyontek Honda…

    Guest
  32. Dijamin ga larissss

    Desain absurd gini apanya dibanggain

    Gak edge layaknya desain ALL NEW CBR150

    Dijamin nih motor bahan bully dijalan hahahaha

    Guest
  33. YUHUUU … fansboy berkelahi di mari …. ini nih r15 nya , lebih keren di banding new cbr 150 ya … mungkin karena keluarnya setelah new cbr 150 jadi lebih keren , kalo di spek di atas kertas sih mungkin jauh dr new cbr 150 …. mungkin kalo new cbr 150 sudah rada keterlaluan harga mungkin yang ini bisa jadi solusi new 15 sama gsx nya mungkin yaa muehehehehe harga lebih sesuai kantong orang indonesia pada umunya dengan spek di atas kertas lebih heeee 😀

    Guest
  34. Mau nanya nih wak haji mungkin kalo piston n ring piston lebih awet. tp untuk stng seher sndri gmna? Karena posisi tegak saat kompresi sbelum tma maka otomatis saat pembakaran tekanan kebawah kenceng. Yg jd pertanyaan apa kuat laher bambu n stang pistonnya menahan itu semua dlm jangka waktu lama. Dngan kompresi yg padet. Takutnya kaya mesin drag yg tu 155 mayoritas bunyi di stangnya. Mohon pencerahannya.

    Guest
  35. [email protected] aja kalau mau d jembreng gue tungguin berani nggak???jgn lupakan bruud marquezz dll,yg katany motor yamaha part2 dari india padahal vendor lokal,sama usd made in fongzeng. itu jelas2 pembodohan. kalau fby bc mah nyata adanya,dohc near wadon,kandang pitek klotok2 muka gepeng itu memang ada sampai skarang,coba jembrengin gue tunggu????

    Guest
  36. Wak haji mau nanya serius…
    Sistem ini kalau diterapkan pada mesin yg pake silinder tiduran….apakah ada hasilnya / mengurangi gesekan…mengingat mesin dengan konfigurasi tiduran..yg kena beban tetep bagian piston/ring piston yg posisi bawah …karena gaya grafitasi…

    Guest
  37. Ealahhh… Nk ku penuasaran ekerrrr jebul e suket teki…. Engine asimetric bakne offset silinder… Hhhhhhh Teknologi jadul Honda akhir e diikut i

    Guest
  38. Haha ngeles lagi,ketahuan si suka pembodohan,lihat komen situ d atas yg mngatakan ngibul dgn mesin jadul,pdahal ini all new engine,enginering yamyam jg bilang yg tersisa cuman crankcase doang???.
    Gue kan nantangin biar pd tahu yg suka pembodohan dari pihak mna, fbh kan rata2????

    Guest
  39. terus ada kelebihan pasti ada kelemahan, apa ya wak? saya masih penasaran, barangkali ini bisa dijadikan artikel tersendiri.

    Guest
  40. Yang satunya near square, nyang ini offset cylinder..podo wae, mg beda judul… jnenge wae k*rt*l, kudu kompakan.
    fbh vs fby tawur adu BC, bose honda m yamaha pada ngopi2 bareng bagi2 untung.

    Guest
  41. 69. rdy – January 24, 2017
    ekekekkeke
    asymetric Engine familiar pada Crossplane Cranckcase Engine dan part2 lain yg mana kompleksitas mekanisne mesin Balap

    ente ga punya dasar mngatakan crossplane crankshaft pd mesin dgn 1 silinder 1 piston & satu kruk as aka connecting rod,
    belajar dulu sono,
    teknisi ga asal ngasi istilah, istilah crossplane muncul krn ktidaksejajaran entah ente akan ambil dari beberapa connecting rod atau big end ataukah small end bhkan prmukaan bag atas piston sbg titik acuan,
    contoh mudah, utk otak lemah ala fby,
    bijak kiranya mmperhatikan terapan crosspl.crshaft di mesin multi cyl. 4 inline, jika di letakin berderet (ingat brderet bukan dipaksa sjajar) nature nya akan terlihat pola berundak antara piston 1-3 kemudian 2-4.
    sok2 an pke istilah asing, ga ngrti esensi dri istilah yg dipake.
    btw brdasarkan pngamatan, rdy + para fby sotoy,
    besar dugaan saya mreka hanya hasil sisa (residu) alat kontrasepsi yg bocor semata.

    single cyl. kok sampe bicara crosspl crkshaft
    diguyu kadal coeg,

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.