460x110-indent-now

TMCBlog.com – Bro sekalian, selesai sudah agenda rutin Winter Test MotoGP 2017 di Sepang Malaysia per hari ini. Sedari pagi hari kondisi langit di atas sirkuit Sepang International Circuit sangat cerah dan pada siang harinya berangsur-angsur panas terik dan tidak ada tanda-tanda turun hujan pada weather forecast. Alhasil sejak dibukanya lintasan, langsung dimanfaatkan oleh para pebalap baik pebalap reguler maupun test rider maasing-masing pabrikan. Catatan waktu rider pun jadi meningkat cukup signifikan, 10 pebalap teratas berhasil menembus batas kurang dari 2 menit per putarannya. Kali ini berbeda dari dua hari sebelumnya, semua garasi team sibuk dan pebalap sangat sering keluar masuk trek juga berdiskusi di dalam paddock. Maverick Vinales yang baru saja pindah team ke Yamaha sekali lagi mengokohkan dirinya di puncak timesheet sesi winter test, sebagai pebalap Yamaha tercepat hari ini di waktu 1:59.368.

MBtech - TMC sep16

Di hari terakhir ini Yamaha konsisten menguji fairing baru mereka sejak awal sesi. Maverick di pertengahan test melakukan banyak lap, salah satu rider yang melakukan putaran lebih dari 45 lap di jam-jam awal, dan mengungguli semua rider dengan torehan waktu 1;59.368 sampai waktu lunch time. Lepas masuk ke pit, Maverick sangat kelelahan dan seperti yang bisa dilihat di tv (kalau kalian berlangganan channel TV) keringat bercucuran. Valentino Rossi juga sanggup memperbaiki catatan waktu sekitar 0.3 detik lebih depat dari catatan waktunya sendiri di hari kedua.

Casey Stoner yang hari kedua test kemarin hanya diam di paddock, hari ini giat menjajal GP17 dengan ‘Salad Box’ dan fairing hitam carbon. Nampaknya motor yang ia pakai khusus untuk memuat data-data yang team butuhkan guna membantu mempercepat riset motor yang akan Dovi dan Jorge pakai tahun ini. Stoner ini beneran konsisten banget, skill masih sangat mumpuni untuk kembali bertarung di lintasan bersama pebalap lainnya dan salah besar kalau ada yang bilang dirinya pensiun karena sudah tidak bisa bersaing dengan yang muda.

Tapi sayangnya keputusan dia sudah gak mau diubah lagi nih ya, meskipun senang di lintasan balap, Casey Stoner masih lebih suka mancing di kampung halaman. Masih dari Ducati, Lorenzo kini sudah sanggup mengekor catatan waktu Stoner. Makin nyaman nih Jorge dengan Ducati dan makin siap buat berkompetisi tahun ini yang hari ini hanya terpaut 0.1 detik lebih lambat dari Stoner. Meskipun ekspresi yang ditunjukkan Jorge selalu serius dan hampir tidak pernah keluar senyum darinya. Andrea Dovizioso keluar sebagai pebalap Ducati tercepat hari ini, dengan terpaut 0.04 detik dari Marc Marquez di peringkat ketiga.

Pedrosa hari ini lebih kepada mencoba setingan mesin selama berlap-lap. Sesekali ia pakai knalpot SC Project yang model pendek seperti bentuk knalpot Termignoni pada motor tahun lalu, meskipun lebih sering pakai yang model panjang sepemantauan TMCBlog dari pinggir trek. Cal Crutchlow pun juga sempat jajal dua model knalpot beda dimensi tersebut.

Sekitar satu jam lebih 12 menit sebelum sesi usai, para pebalap memanfaatkan waktu test untuk simulasi balap, dengan turun ke trek selama lebih dari 10 putaran. Oh iya, ada satu catatan yang menarik yang saya perhatikan selama hari ketiga test ini. Maverick dan Marquez sering beriringan di lintasan. Sesaat Maverick yang mengikuti Marquez, namun beberapa kali Marquez yang mencoba membuntuti Maverick, lalu saat kembali dan keluar pit pun mereka seringkali berbarengan. Entah lah, masih terlalu awam saya untuk spekulasi apakah hal tersebut tidak disengaja atau disengaja oleh salah satu dari mereka atau malah keduanya. Marc Marquez mampu membuktikan bahwa dirinya belum habis dan juga Honda masih punya senjata ampuh untuk bersaing dengan rivalnya selepas ditinggal pensiun oleh Shuhei Nakamoto selaku otak dari RC213V dan juga President HRC yang sebelumnya. Ketertinggalan dirinya di dua hari kemarin bukan sesuatu yang bisa dijadikan patokan untuk memperdiksi dirinya sebagai juara dunia yang siap mempertahankan mahkotanya, langsung dibuktikan sob lewat torehan waktu yang sanggup bertahan sampai sesi usai.

Alvaro Bautista lagi-lagi keluar sebagai pebalap team satelit tercepat dengan Ducati Desmo GP16 miliknya ia mampu bertengger di posisi ke 6 timesheet. Keputusannya untuk menerima pinangan Ducati meskipun di team ‘kelas dua’ dirasa cukup tepat, semoga saja dia bisa mempertahankan level tersebut sepanjang tahun ini dan memperindah tontonan balap MotoGP seperti tahun lalu dimana banyak pebalap team satelit yang menjuarai seri. Aprilia dan KTM masih terus berbenah karena mereka masih merasa riset perlu dilakukan lebih jauh lagi untuk bisa bersaing di posisi terdepan. Pada kesimpulannya, hari ini lebih dimanfaatkan oleh para pebalap sebagai penerapan setingan baru mereka. Terlepas dari mereka melakukan simulasi race atau tampil dengan setup QTT, catatan waktu terus menigkat dan cenderung konsisten di setiap lap nya

Melihat ke kombinasi waktu test selama tiga hari di Sepang Malaysia, Maverick Vinales menjadi yang tercepat secara keseluruhan sesi. Lalu diikuti oleh Andrea Iannone di posisi kedua dengan catatan waktu miliknya pada hari kedua kemarin. Di posisi ketiga overall adalah Marc Marquez yang hari ini jadi tercepat kedua sekaligus pebalap Honda paling kencang. Menarik kan, tiga  hari ada tiga pabrikan yang berbeda silih berganti memuncaki timesheet Winter test. Secara kombinasi catatn waktu pun ditempati tiga pabrikan berbeda pula. Mungkin tahun ini akan menarik dan bisa jadi lebih seru dari sebelumnya, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso besar potensinya untuk menguasai tiga seri pembuka, Marc Marquez yang pakai engine baru serta Dani Pedrosa yang kini memiliki Sete Gibernau sebagai mentor pribadinya diharapkan bisa menambah semangat selama musim kompetisi berlangsung. Maverick Vinales dan Andrea Iannone yang meskipun muka lama di kelas premier tapi mereka adalah seseorang yang baru dengan motor dan team yang berbeda kini, terlebih pula penampilan mereka yang fantastis selama Valencia test dan Winter Tes Sepang. Ada lagi soal para rookie seperti Jonas Folger, Alex Rins dan Johann Zarco yang akan bersaing dalam perebutan Rookie Of The Year. Bakalan seru deh tahun ini, jadi gak sabar kan nunggu seri pembuka di bulan Maret mendatang? Semoga berguna sobat semua.

Nugie TMCBlog

Result 3rd Day MotoGP Winter Test Sepang

Pos       Rider        Team                        Fastest lap                  Lead. Gap
1. VIÑALES, Maverick    Movistar Yamaha MotoGP   1:59.368
2. MARQUEZ, Marc    Repsol Honda Team   1:59.506   0.138
3. DOVIZIOSO, Andrea    Ducati Team   1:59.553   0.185
4. PEDROSA, Dani    Repsol Honda Team   1:59.578   0.210
5. ROSSI, Valentino    Movistar Yamaha MotoGP   1:59.589   0.221
6. BAUTISTA, Alvaro    Pull&Bear Aspar Team   1:59.628   0.260
7. STONER, Casey*    Ducati Test Team   1:59.639   0.271
8. CRUTCHLOW, Cal    LCR Honda   1:59.728   0.360
9. LORENZO, Jorge    Ducati Team   1:59.766   0.398
10. ZARCO, Johann    Monster Yamaha Tech 3   1:59.772   0.404
11. IANNONE, Andrea    Team SUZUKI ECSTAR   2:00.045   0.677
12. RINS, Alex Team    SUZUKI ECSTAR   2:00.057   0.689
13. ESPARGARO, Aleix    Aprilia Racing Team Gresini   2:00.108   0.740
14. PETRUCCI, Danilo    Octo Pramac Racing   2:00.310   0.942
15. FOLGER, Jonas    Monster Yamaha Tech 3   2:00.312   0.944
16. MILLER, Jack    Team EG 0,0 Marc VDS   2:00.439   1.071
17. ABRAHAM, Karel    Pull&Bear Aspar Team   2:00.445   1.077
18. BARBERA, Hector    Reale Esponsorama Racing   2:00.537   1.169
19. REDDING, Scott    Octo Pramac Racing   2:00.645   1.277
20. BAZ, Loris    Reale Esponsorama Racing   2:00.873   1.505
21. SMITH, Bradley    Red Bull KTM Factory Racing   2:01.338   1.970
22. LOWES, Sam    Aprilia Racing Team Gresini   2:01.341   1.973
23. ESPARGARO, Pol    Red Bull KTM Factory Racing   2:01.506   2.138
24. NAKASUGA, Katsuyuki*    Yamaha Factory Racing   2:01.658   2.290
25. TSUDA, Takuya*    Suzuki Test Team   2:02.769   3.401
NC NOZANE, Kohta*    Yamaha Factory Racing
NC PIRRO, Michele*    Ducati Test Team
NC RABAT, Tito    Team EG 0,0 Marc VDS

Bold Hitam = Rider Factory Team

Bold Merah = Rider Satellite Team

” * ” = Test Rider

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

56 COMMENTS

  1. wew, 1-10 gk smpe stgh detik gapnya.

    bahkan zarco rookie aja fast bgt..

    note to #29 ma especially #99 biarpun gnti bike dri 9 thun itu2 aja bisa adapt very fast juga sepertinya..

    really excited nunggu motogp 2017.

    Guest
  2. Ianone….kemana tuh kagak nongol pertamax….tp lumayan jg torehan waktu rata2 masuk urutan 2 ya…bakal rame nih….

    Guest
  3. joss MV 25… wah udah kuduga hmmmm Si markepret 93mbel bakal ancur lebur lawan nih Alien baru… dan Fbhahah siapin Septicank buat ngumpet ngoahahahaha.. ??
    Yamaha M1 dilawan dngn paket komplit Ora iso coyy Recik V cukup 17 Hp aja ngoahahahahah jllueebbbh ??

    Guest
  4. Dugaan rossi kali ni jitu, MM93 hanya pura2 aja, belum ngepush maksimal aja udah nangkring di posisi 3 wkwkwk…

    Guest
  5. Ehm….vinales harus punya mental baja nih! Yamaha harus bisa menjaga asa pebalap muda mereka…di motogp hasil test tidak menggambarkan 100% kekuatan sebuah motor maupun pebalap, apalagi di test awal! Apalagi ini menyangkut psikologis sang pebalap! Mental yg berbeda nanti ketika musim benar2 berjalan…disitu nanti terlihat mana team, mana pebalap yg bisa siap 100% mengahadapi tekanan saat race berlangsung! Terkadang motor yg punya kekuatan hanya 60-70% bisa konsisten podium dengan syarat mental pebalap lah yg punya andil di kejuaraan. Semoga vinales punya mental itu dan tidak seperti pedrosa! Sampe disitu dulu, mungkin ada yg mau menambahkan?

    Guest
  6. Alex Rins?
    Dicoret saja dari daftar kandidat rookie of the year.
    Suzuki salah pilih pembalab muda kali ini.
    Di blog nya DE secara gamblang dijelaskan kalau selam 3 hari tes ini Vinales memang fokus ke settingan race.
    Fokus pakai ban “bekas” untuk meyakinkan motor tetap konsisten sampai lap terakhir.
    Hari ketiga khusus dilakukan full race simulation.
    Vinales tidak menggunakan ban lunak / khusus untuk klasifikasi untuk mencetak best lap nya.
    Best lap diperoleh dari ban untuk race, settingan mesin untuk race.

    Guest
    • Mana data race simulationnya? Jgan asal ngoceh aja,
      Liat noh crash.net, lebih jelas beritanya,
      Vinales ngk nyobain race simulation, cuma setingan doang buat race,
      Marc doang yg nyobain race simulation

      Guest
  7. Tuh kan, akhirnya marquez kencang jg.
    Tapi sekencang apapun pembalap lain tetap rossi jagoan ane. Zarco jagoan kedua.
    Vinales terlalu cepat, tdk seru buat dijagokan.
    He he

    Guest
  8. Sesi test anggep ae liak indonesia idol sapa yg tetap bersinar yho liak pas race.jngan lupa thn kmrin honda pas test sepang malah lebih amburadul.

    Guest
  9. Sesi test anggep ae liak indonesia idol sapa yg tetap bersinar yho liak pas race.jngan lupa thn kmrin honda pas test sepang malah lebih amburadul.

    Guest
  10. Mm emang keren,dia mempelajari motor dan lawan2 terkuatnya terutama mv yang ngacir…santai aja masih tes awal

    Guest
  11. omongan rossi semalem bener” tepat banget.
    lorenzo terlihat santai karena senjata utamanya sedang dipersiapkan stoner.
    sedangkan honda seperti sedang kesulitan tp terlalu cepet bila menyimpulkan honda sedang kesulitan. khusus buat marquez 2 hari sesi tes dia seperti sedang berlomba tidak mengejar waktu tercepat melakukan banyak putaran melihat konsistensi motornya. dan jebrett hari terakhir 2 repsol gaspoll langsung tembus 5 besar.

    Guest
  12. Vinales?? Ane gk yakin mental fightnya ada, balapan sendiri boleh lah, tpi buat tarung dog fight ama rider lain khususnya marc, rossi, kyy masi belum kuat.
    Juara siverstone thun kemrin juga krna kabur duluan wkwkwkw
    Dan wak haji, marques tu belum habis wak, yg mo habis tu rossi, dh tuir soalnya wkwkwkwk

    Guest
  13. Kayaknya sponsornya dari indonesia “INTERBIRU” yg dulu2 jawara di kelas underbone road racing di indo…
    Wkwkkwkwkwkk

    Guest
  14. Lihat deh, posisi 1 – 10 gap waktu hanya 0.5 detik. MotoGP tahun ini bakal menarik lagi.. single ecu harus dipertahankn smpe kpn pun..!

    Guest
  15. Ane mah tetep jagoin mbah Rossi, tapi saya cukup excited menunggu riders yang berganti tim kayak Jorge, Maverick, Bautista, terutama Juara Dunia Moto2, Johann Zarco.

    Can’t wait to see The 2017 MotoGP World Championship ?

    Guest
  16. hati hati mv, mm cuma setting untuk ketahanan mesin spy ga drop menjelang finish…. ini gaya old rossi… kalo bisa mv bikin laptime 1:56,xxx baru deh ane percaya yamaha mesinnya bagus.

    Guest
  17. tujuan utama latihan pramusim ntu nyari setingan pas, bkn semata siapa paling cepat…
    sebab,cepat ja lom cukup klo pengen jurdun, liat ja thn kmr motor ducati paling cepat tp ga bisa jurdun…
    tp w rasa motoGP 2017, lebih seru…
    ea toh…

    Guest
  18. Wa haji… Catatan waktu mv25 segitu dilakukan secara slipstream ke mm93 atau gk???
    Sesuai keterangan di atas lw mereka bergantian saling membuntuti..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.