460x110-indent-now

TMCBLOG.com – Bro seklaian, Jika kemarin di Hari kedua test Valentino Rossi dan Maverick Vinales masih melakukan Komparasi antara Yamaha M1 Yang menggunakan Fairing lama  dan Fairing baru yang di sisi kanan dan Kirinya agak menggembung karena adanya part aerodinamika baru bila dibandingkan Fairing lama. Maka pagi hari ini setelah tmcblog hadir di media room dan langsung turun menuju pitlane untuk memfoto foto persiapan team di test Pra Musim kedua Sepang Malaysia 2017 hari terakhir atau hari ketiga boleh dibilang  sepertinya kedua Pebalap Yamaha Movistar ini sudah fokus akan pilihan pengetesan dan pengambilan data hanya untuk Yamaha M1 Fairing baru ber ‘ hidden winglet ‘ . . .

MBtech - TMC sep16

Tercatat ada 4 Motor yamaha M1 2017 yang semuanya menggunakan Fairing model baru dimana pada bagian inner fairing terlihat ada semacam 3 ruangan tunnel aliran udara mengarah kearah atas dimana pada bagian atasnya terdapat kisi kisi ram tempat keluar udara . .

Rrahnya yang meliuk dari arah bawah ke atas secara aero dinamika akan membuat udara dibagian bawah mengalir lebih cepat dibandingkan bagian atas sehingga secara hukum fisika memang menunjukan bahwa desain dari kisi kisi ‘ hidden winglet ‘ seperti ini memang untuk memberikan / force ke arah bawah ( downforce ) yang memang merupakan salah satu tujuan dan fungsi dari Winglet.

Dan sepertinya sebenarnya yamaha telah mengkomunikasikan rencana pengetesan Fairing baru ini ke technical director dan telah di cek sebelumnya oleh Dorna . . sehingga menruut rekan jurnalis MotoGP David Emmet, Konfirm Danny Aldridge (direktur teknis Dorna) . . dan Aldrige mengatakan bahwa hal yang dilakukan Yamaha Movistar ini adalah LEGAL!! . ..  yap alasan utama dari pembekuan Winglet di tahun tahun sebelumnya adalah kemungkinan dari winglet tersebut membahayakan keselamatan pebalap lain saat adu cantak . . dengan winglet di dalam Fairiang seperti yng dilakukan yamaha , walaupun sepertinya akan menambah bobot . .. disinyalir kuat memang secara safety lebih baik dibandingkan jenis jenis winglet di Musim 2016 yang lalu . . silahkan simak mega galeri foto dan video slidenya  yang tmcblog foto menggunakan kamera mirorrless panasonic Lumix ini sob . . semoga beguna . .

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

19 COMMENTS

  1. _
    _
    teori aerofoil bisa berlaku seperti gmbar ilustrasi diatas jika berada diruang terbuka, tp dampaknya sedikit berbeda jika diletakkan dalam konduit …..mgkin analoginya lbh mirip prinsip kerja venturi & turning vane
    _
    _

    Guest
  2. M1 dengan hidden winglets kok tampilannya jadi Cabi ngene to waak..
    Coba itu pipinya dibikin mboiss dikit.. dikira kejar tayang… hadeeuuh

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.