TMCblog.com – Bro Sekalian, Rem belakang pada MotoGP bukanlah Rem Utama, Namun fungsi dan keberadaannya tidak juga bisa dipandang sebelah mata. Salah satunya adalah untuk penyeimbang pengereman, Kalau tidak penting kenapa Juga Rider macam Marc Marquez sampai serius memperhatikan jenis dan bahan dari cakram rem belakangnya yang dual Layer itu . .. Nah rem di MotoGP selain diperasikan seperti Motor sport/ Motor Cub biasa yakni di Pedal / footpeg kaki kanan, ada juga pengoperasian lainnya yakni di daerah Handle setang kiri. Di Kiri? mirip Rem belakang skutik dong? Agak beda, Jika rem belakang pada skutik dioperasikan seperti Tuas yang diungkit oleh telunjuk, jari tengan, jari manis dan kelingking . . namun pada MotoGP Tuas rem belakang pada setang kanan dioperasikan menggunakan jempol ( thumb ) atau biasa disebut Rear Thumb Brake . . Nah di Video atas kita akan bisa memperoleh penjelasan langsung dari Pebalap MotoGP yang tahun 2017 ini membalap dengan Ducati GP17, Danilo Petrucci mengenai Fungsi dan cara pengoperasian rear Thumb Brake  . . atau ‘ Rem belakang Yang dioperasikan menggunakan Jempol ‘ . . Cekidot

Di awal Penjelasan Petrucci menjelaskan bahwa awalnya Rear Thumb Brake digunaan oleh pebalap pebalap berbadan tinggi/ Jangkuk, Namun akhir akhir ini Menruut Petrucci hampir semua pebalap menggunakannya. Pebalap pertama yang menggunakan rear thumb Brake adalah Mick Doohan dengan alasan kaki kanannya tidak bisa melakukan pengereman.

Tuas Pedal rem belakang umumnya berada di bagian footpeg kanan, sehingga saat pebalap miring ekstrim ke arah kanan Biasannya telapak kaki/sepatu bagian depan pebalap harus melebarkan jangkauan kaki dan melakukan tekanan pada footpeg agar bisa miring . . nah artinya saat itu pebalap tidak bisa mengoperasikan rem belakang karena tuas rem belakang berada jauh di depan Footpeg.

Petrucci menambahkan bahwa Track yang paling sering menggunakan Rear Thumb Brake adalah Track/ Sirkuit yang sempir seperti Tipikal Sirkuit di Eropa. Petrucci secara khusus menyebutkan Sirkuit Jerez sebagai Sirkuit yang paling sering menggunakan rear Thumb Brake . . . terinspirasi untuk mengaplikasikan ke motor harian sobat sekalian ?? Semoga berguna sob

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

32 COMMENTS

  1. Lucu bgt baca komen sales & fbh…
    Siapa yg jd pionir, siapa yg nyombongin diri…
    HRC aja tenang2 bae, nih sales & fbh pd sombong, seolah2 dia yg nemu-in teknologi tsb.
    Fby, tenang aja… Yg penting, yg pionir nya kgk protes…
    Sesama sales hrsnya slg menghargai…
    Wlw beda pabrik, tp tetep aja sales/marketing…
    Kalian ini ujung tombak prusahaan, tp jgn lebay jg kali…

    Guest
  2. Sorry, kalo motor harian terlalu rebah bisa ndlosor. Apalagi dikasi thumb brake, bisa salah pencet, dikira NOS….

    Guest
    • Ogh gitu ya mbah?Jadi Mick Doohan gak pernah jurdun ya mbah?,Terus yg jurdun pakai NSR berturut-turut itu pasti Max biaggi Atau checa apa Rossi ya mbah?

      Guest
    • fitur ini emang gak ada kaitannya sm prestasi sih bro. cm supaya memudahkan pengereman saat motor rebah ke kanan. saat doohan kakinya sakit dia menggunakan fitur ini dan berhasil juara.

      Guest
  3. sapa aja pembalap yg pake rear thumb brake?
    kalo hampir mayoritas yg pake,,
    berarti pertanyaan nya ganti,,
    sapa aja yg ga pake?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.