TMCBlog.com – Bro sekalian, Seperti Kita ketahui Mulai wintertest Sepang sampai winter test MotoGP terakhir di Qatar telah lahir paling tidak 5 penampakan Fairing baru Pabrikan dari Yamaha, Suzuki, Aprilia, Honda dan Ducati . . Nah Regulasi apa yang menaungi desain desain Fairing ber Inner Winglet tersebut ? Adalah MotoGP Race DIrector Mike webb menjelaskan beberapa Point yang menjadi Koridor dalam desain Fairing ber Inner winglet di Musim MotoGP 2017 . . silahkan simak pointnya berikut ini sob :

  1. Traditional motorcycle fairing with smooth outer surfaces ~ Jadi Bagian Luar dari fairing haruslah tetap halus ( tidak edgy/ bersudut )
  2. Outer fairing can only be changed twice a year ~ Bagian / bentuk Terluar hanya memiliki dua kali penggantian model dan tentunya bisa dipakai berulang ulang dan bergantian sepanjang hanya dua desain utama tersebut bergantung dari jenis Track
  3. Ducts and vanes inside can be changed throughout the year ~ Tunnel atau terowongan saluran udara dari winglet bisa digonta ganti atau di edit semau team tanpa batas sepanjang posisinya tetap di dalam Fairing

Peraturan tersebut belum tmcblog bca secara tertulis, namun berdasarkan Omongan dari Mr Mike Webb yang dilansir MCN saja, Namun begitu MCN menjelaskan adalah technical director Danny Aldridge yang akan menentukan bagian mana yang boleh dan Bagian mana Yang harus diedit sesuai dengan regulasi berlaku mengenai winglet dan Fairing pada umumnya. Namun membaca bahwa bagian bilah bilah, tunnel dan atau Duck/ Lorong dari Fairing bisa diubah sepanjang musim ini jelas sebuah angin segar kebebasan berkreasi yang berhembus di tengah kekangan Regulasi teknis baru MotoGP di Musim 2017 ini  . . . silahkan dikunyah kunyah, Semoga berguna.

Taufik of BuitenZorg

52 COMMENTS

    • kalau aku lebih suka punya ducati, sangar sangar gimana gitu.

      paling jelek punya honda dan suzuki, kayak orang penyakitan, mukany (bagian pipi) bengkak!!

  1. itu yang berarti motogp ga ada bedanya sama F1 yang bermain sektor aerodinamika moga aja mesin ga kayak F1 yang mengalami penurunan “fan service” yup suara mesin yang enak di dengerin berganti dengan suara mesin yang halus dengan desahan menjijikan bernama turbo lag.

    • F1 tahun 90-an mesinnya 3.0 V12 terus turun V10… turun lagi 2.4 V8 pas 2006… semuanya masih N/A

      sejak 2014 ganti regulasi lagi jadi V6 1600cc tapi pake turbo

    • kayanya si F1 diturunin terus mesinnya karena faktor safety dan kompetisi deh.

      sekarang gini. yang bisa bikin mesin mahal siapa? pabrikan gede doang. emang mau nonton kalo yang ikut cuma 2 pabrikan?

      safety jelas. teknologi makin canggih makin kencang sikendaraan terbukti dari timing tiap tahun makin bagus. kalo sekali kecelakaan pasti meninggal drivernya gimana?

      balap bukan cuma suara. toh suara pekak juga ga bisa dinikmati tetep pakai penutup telinga

    • @ vtec,
      Thanks infonya bro!
      Di balapan F1 mesin buatan pabrikan Jepang makin ke sini makin tidak bisa bersaing.
      Sebelumnya Toyota coba peruntungan, gagal.
      3 tahun terakhir Honda mencoba come back dan tanda2 kegagalan semakin di depan mata.
      Selain tidak bisa bersaing issue reliability & durability membuat McLaren berencana untuk balik pakai mesin Mercedes.

      @jimoo
      Memang bener, v6 terlalu lembut suaranya, walaupun sudah dipasangi turbo.
      Yg sangar suaranya itu mesin v8.
      Konfigurasi favorit mobil sport & balapan di amerika

  2. setidaknya dengan kebebasan dimensi inner winglet akan menampik kesan bahwa dorna mengebiri outer winglet, namun sekedar mengamankan dari bagian yang menonjol pada winglet. angin segar bagi tiap pabrikan, karena layout tiap sirkuit membutuhkan dimensi wing yang berbeda pula.
    kalau inner winglet juga dibekukan, berarti memang dorna mengebiri outer winglet bukan karena bagian yang menonjol, tapi karena blabla…..

  3. ok semua…. faktor down force meskipun kecil, malah pengaruhnya lebih ke estetika.
    ada yg kelihatan tembem, mewek, ndowe…

  4. YZR M1 paling proposional bentuknya dari segi estetika, posisi dual layer nya jelas di Sayap.

    Yang sedikit aneh yang bikin posisi winglet di muka, sedikit mirip jenis ikan Golsom, ikan pari sama hiu martil.

  5. luar nya cm boleh 2x,, dalem nya bebas gonta ganti,,
    tapi jujur desain nya jadi jelek tuh,,
    apalagi yg ducati ya aneh banget,, imo

  6. katanya MCN salad box dibuntut ducati ternyata part yg ada didepan front fairing yg dipindah kesitu,karena effect ”hammerhead” yg bolong2 dan spacenya jadi berkurang,jadi bukan teknologi baru atau Kers atau apapun itu,katanya lho!

  7. Wak haji ada info apakah dari Dorna accept design front fairingnya ducati ini ? bakal dipake di Qatar nanti? terlalu agresif..gak smooth

  8. Outer fairing can only be changed twice a year
    Apa ini kya punya honda dan ducati? Kan kalo suzuki dan yamaha di dalem fairing wak

  9. wak haji.. manfaat winglet kan untuk menambah dowbforce.. bagaiaman klo winglet itu tidak usah di pakai.. tp diberikan beban lebih agar berat bagian depan motor lebih berat sehingga downforce juga dapat.. masuk akal ga seh ??? maaf bukan ahli motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.