TMCBlog.com – Bro sekalian, Jika ditanya siapa pebalap yang paling keras dan Vokal dalam menentang kehadiran sistem Dashboard Message yang berlaku sebagai Virtual Pitboard dialah Bradley Smith dari KTM. Bradley Smit berpendapat bahwa kehadiran Dashboard Message Untungkan Top Rider dan mencoba menyelamatkan Championship yang sedang mereka kejar  . . . Maksudnya Gimana?

pict : gpone

Jadi Gini . . Menurut yang tmcblog bisa kunyah kunyah dari penyataan Smith di Crash.net . . menurut Bradley smith Kehadiran Dashboard Message seperti ‘merampas’ keseruan yang terjadi saat kondisi Race tidak berlangsung normal dan butuh kejelian, pertaruhan, feeling dari Pebalap yang berada di Track.

Adalah Logis Jika pebalap pebalap dari Pabrikan baru, Pebalap Satelit dan Pebalap pebalap non Top Rider lebih Nothing to loose di Track . . mereka lebih berani mengambil keputusan dalam melihat kondisi tidak lazim seperti yang terjadi pada Kejadian Flag To Flag Race. Dan menurut  Smith, Pebalap Top Rider tidak seperti ini karena mereka sedikit banyak akan melakukan perhitungan terhadap effek Championship yang akan menimpa mereka jika mereka salah mengambil keputusan atau salah melakukan strategy.

Smith : “Because it helps them save their championship! It’s just another security net to manipulate a championship into the guys only finishing on the podium are on the best bikes . . . “

 

So Menurut Smith lagi, kehadiran Dashboard Message sedikit banyak akan menambahkan sisi sekuritas ( rasa aman ) dari keberadaan para top riders di Championship dengan menghadirkan lebih jelas ‘bantuan’ dari PitLane untuk menyelamatkan Championship dari sisi mereka yang mana saat hanya diberlakukannya pitboard fisik pebalap akan lebih effort karena tidak mudah untuk membaca pesan di Pitboard dalam kecepatan tinggi.

Yap jelas konsern Bradley smith memang ke arah fungsi dashboard message system yang mengarah ke penentuan strategy Race . . . namun tmcblog yakin bahwa Smith akan setuju jika sudut pandang kehadiran dashboard message system hanya ke komunikasi hal hal yang sangat penting seperti red Flag, Black Flag, Blue Flag ataupun intruksi race direction untuk turun posisi, Ride Through Penalty , atau mungkin informasi engine Failure yang bersifat safety . . . Kalau menurut u gimana sob pendapat Bradley Smith ini?

Taufik of BuitenZorg

54 COMMENTS

  1. Mungkin Smith lupa kalo selain para pembalap top 10, di luar itu hanyalah para pembalap penggembira.
    Dimana posisi Smith? Harusnya dia tau diri. Dashboard message ini berlaku utk semua pembalap, jadi semua di untungkan termasuk Smith.

  2. Lah justru bagus, message di dashboard juga bisa menguntungkan pembalap kroco kok, aneh nih ga logis.

    lagian KTM masih bau kencur, gak usah ribet ngurusin ginian, improve dulu motornya.

  3. Teknologi terus berkembang mau gimana lagi,kegunaan sisi safety nya juga lebih banyak,sepakbola aja makin canggih.
    Kalo keseruan sih boleh dibilang agak lebih seru jaman dulu,yg sering body contact terus penontonnya ampe meluber ke track,tapi big NO buat sisi safety

  4. Mungkin yg dimaksud B.smith kalo dilihat dari contoh kemarin yg dilakukan abraham maka dilihat dari segi privasi nya jd berkurang, soalnya pesan “SMS” nya terlihat dilayar publik, jd team lain bisa baca strategy lawan, kecuali pesan seperti TYRE CHANGE, ato SWAP BIKE/ BIKE CHANGE (ato apalah namanya) dihilangkan maka privasi team masih terjaga,

    • Kan message apa yang boleh di sampaikan sudah di atur Dorna. Di luar list itu harusnya ga boleh lah. Coba baca lagi artikelnya baik-baik.

      Klo masalah privasi, pake pitboard juga gak ada privasi nya dan bisa di baca lawan juga.

  5. Sistem Dashboard message ini sangat rawan buat d jadikan sebagai pemulus strategi “team order”,….. Klau sudah make team order blapan jdi kurang menarik lgi dari segi “sportifitas ny” kyak bottas ma hamillton d F1

    • team order mah g butuh komunikasi saat race, smua opsinya sdh dspkati sblm race… mau d diskualifikasi emg?

  6. Setuju sama smith dan Pak Taufik,

    Sebaiknya pit board dibatasi penggunaanya lebih pada pemberitahuan flag sama penalty saja.

    F1 saat ini sudah mengurangi penggunaan team radio seperti tidak boleh memberi tahu dimana posisi musuh (pesaing championship), posisi dia, menannyakan kepada tim kapan harus masuk box (pit), dan komunikasi-komunikasi lain yang dianggap mempermudah pembalap atau memberi advice kepada pembalap kecuali yang berkaitan dengan safety. Komunikasi seperti dimana posisi dia sekarang hanya boleh ditampilkan di pitboard.

    Semoga dorna bisa mempertimbangkan hal-hal yang sama seperti di F1 agar keseruan menonton motogp tidak berkurang karena adanya dashboard message.

  7. Dunia balap sudah berubah pak smith….jika anda tidak mengikuti perubahan maka anda akan tertinggal….!!!

  8. Klo saya setuju ama smith wak..adanya dashboard massage akan membuat balapan ga natural terutama saat kondisi abnomal…..
    Biarkan insting, feeling pebalap yang menentukan…..

  9. Setuju kang, pesan dashboardnya hanya sebatas pemberitahuan dr official motogp, bukan dari crew/team. Kalo udah dr team/crew gak seruuuuu

    • Dgn fasilitas ini mereka (non top rider) juga lebih terbantu, toh keputusan tetap ada pada rider…walaupun crew sampe bosen kasih pesan klo ridernya ga mau nurut yaaa tetap ga guna juga…

    • pesannya mungkin ada recordnya juga kali..apalagi juga bs ditampilkan di layar tv maupun streaming. kalo nekad team order ya ketahuan .

  10. saya rasa sih dia bicara begitu melihat yang terjadi di F1.. jadinya balapan disamping ditentukan skill pembalap dan kendaraan… namun ditambah dengan strategi tim yang buat balapan jadi bisa seperti “konspirasi”.. lebih baik MOTOGP jangan nnti malah nasibnya kyk F1 jenuh untuk di tonton…

  11. dan yg pasti dashboard message itu menghilangkan unsur ‘natural’ balap motor bro, aku setuju dgn pndpt smith. dimana2 dari dulu sampe skrg balap motor itu ya komunikasi pake pitboard, jgn disamakan sm balap mobil

    • dan 1 rider lagi yg gak setuju adlh crutchlow…
      kdepannya klo motogp makin mengadaptasi sistem2 balap mobil jgn heran klo pelan2 balapan bakal gak asyik lagi

  12. Semestinya dashboard message yg mengelola itu race director, bukan team nya. Jadi ga akan ada konspirasi, strategi atau komunikasi team ke rider.

  13. Pesan di dashboad pada motoGP sepertinya kurang cocok untuk diaplikasikan karena nanti menyebabkan tidak adanyan perbedaan balapan antara roda 2 dab roda 4. Saya sih berharapnya tetap pakai saja papan intruksi dipit karena memang itu lah ciri khas balapan roda dua.

  14. Kalo tulisan susah di baca/ganggu konsentrasi,pake pesan suara aja di pasang di dalam bagian kuping helm,,,???

  15. well… nasibnya agak nggak enak memang… jadi salah satu anggota paling belakang … coba kalau di depan… pasti diam aja… IMHO

  16. Saya rasa apa yg dikatakan smith saya sangat sependapat tp yaa itu tadi smw nya skrg serba teknologi dari mulai sepakbola yg pke camera dn teknologi khusus di area kotak finalti dn skrg motogp yg semakin mengupas drama keseruan olah raga ini ???? namun apa daya sya mah cuma penonton biasa so nikmati aja selagi bisa ???

  17. Kang kok jd gk enak baca blognya ya? Biasanya dri chrome hp bisa klik kanan buat new tab skrng gk bisa tp blog sama web lain gk bisa. Jd gk nyaman euy. Ada apa ya?

  18. Ntar lama2 motoGP ga ada ridernya di ganti boneka..yg ngendaliin motor 93 yah si MM..motor 46 Rossi..kayak drone..teknologi cuyyyy…super safety… mirip2 felem real steel kurang lebihh…???

  19. Gak kebalik ya, bukannya lebih menguntungkan pembalap kacangan yg jam terbangnya lebih sedikit kaya dia?

  20. Setuju sama mas bro smith, memang menguntungkan pembalap top riders, soalnya mereka jadi lebih mudah melihat informasi tanpa harus melotot melihat ke arah pitboard, feeling pembalap jadi hilang. Dan harusnya memang gak ada di balap motor. Kecuali kalau balap mobil beda lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here