TMCblog.com – Bro sekalian, Secara resmi Aprilia Gresini mulai memperkenalkan DARQI Smart helm, Sebuah helm Pintar Yang bukan hanya memiliki  fungsi sebagai pelindung kepala/ Crash Helmet Bagi para Pit Crew baik bagi team Aleix Espargaro maupun Sam Lowes. Dinamakan helm Pintar karena Bagian Visor dari helm yang dipakai Pit Crew Aprilia ini memiliki fungsi sebagai layar dari Sistem Augmented Reality atau yang dalam bahasa indonesia diartikan sebagai Realitas Tertambah . .. 

jadi dilayar Visor Helm yang dipakai oleh mekanik it Crew akan terpampang secara holografi dalam bentuk hologram beberapa banyak informasi mengenai Part part yang dipakai di motor tersebut. Salah satunya adalah Soket/ konektor  . . jadi Ketika pit crew melihat soket tersebut di motor maka di visor akan etrpampang juga holografi soket lengkap dengan penjelasan mengenai fungsi koneksi dari masing masing titik Soket. Hal ini dipergunakan untuk mempercepat dan secara virtual membantu memperkecil tingkat kesalahan mekanik

 

melalui bentukan holografi 3D yang etrgambar di Visor saat Pit Crew melihat Motor, maka pit crew juga bisa melihat data telemetri dari Motor yang sedang berjalan seperti suhu temberatur dari pendingin, suhi pelumas dan suhu dari ban atau part part lain

Display Helm cerdas ini juga bisa memperlihatkan pesan hubungan antara kepala mekanik dan staf Kru Pit ( Pit Cew ) . Berbagai perintah perintah strategy dari Crew Chief ke pit Crew bisa di share seperti pemilihan jenis ban, Jumlah bahan bakar yang diisi atau perintah kepada pebalap seperti masuk pit untuk melksanakan flag to Flag. Tentunya pemakaian sistem ini dalam proses evaluasi ..  dan Jika terbukti positif bukan tidak mungkin semua team menggunakan sistem serupa untuk Pit Crewnya . .

Taufik of BuitenZorg

25 COMMENTS

  1. canggih,bentuknya kayak Nervegear SAO tapi ini masih augmented reality,
    kali diproduksi massal buat dijalan raya bisa membantu tuh mungkin kayak kondisi kesehatan pengendara,beberapa meter ada lampu merah,atau nunjukin rute paling cepat sampe tujuan yg langsung ditampilin di kaca helm

    Guest
    • Wah… ternyata ente penikmat SAO juga… mantap kalau seandainya teknologi helm pintar bisa turun ke helm produksi massal dengan harga yang murah kedepannya
      (5 tahunan lah)

      Guest
    • @Shiro: kok ente bilang nya “ini masih augmented reality (AR) “. Kan antara AR dgn virtual reality (VR) berdiri sendiri2, punya prinsip kerja yg berkebalikan. Jd ente gag bs bilang ini masih AR, itu sudah VR.

      Guest
  2. kalau peruntukannya buat daily use,,,,paling menunya cuman info yah…karena bisa bkin pecah konsentrasi

    – jalur cepat ketujuan
    – ada kemacetan di depan 100m ( kecelakaan)
    – ada razia 200m suggest belok kiri
    jadi terhubung dengan waze atau sejnisnya

    back to topic.

    kalau ini pake suara atau gimana wak?…apa cuman info2 aja…bagian sini dirapihkan…jadi langsung gtu… command2 nya gmn yah

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.