TMCBlog.com – Bro sekalian di setengah Musim kedua MotoGP 2017 ini, Maverick Vinales berkali kali mengatakan kepada media bahwa ia meraih kembali rasa percaya diri yang mirip seperti rasa percaya diri yang ia peroleh ketika pertama kali membesut M1 di test Pramusim sampai beberapa Race awal MotoGP 2017 . . seperti Kita ketahui rasa percaya diri Vinales sempat pudar ketia ia dan Rossi terus dirundung masalah terutama di Track Track Klasik eropa yang ‘licin’ sehingga muncul masalah spining ban belakang saat menikung . .

Padahal jika kita tarik garis interpolasi ke belakang, Yamaha dengan state of The art pengembangan sasis yang menjadi strong point mereka merupakan momok bagi team mana saja bila ketemu dengan track yang memiliki long corner. Namun di beberapa race eropa jelang pertengahan musim M1 Suffer karena spin berlebih roda belakang yang seakan ‘mengerem’ mereka untuk berbuat lebih banyak . . Spin berlebih artinya dengan sasis 2017 Baik Rossi maupun Vinales akan mengalami dua kendala yakni kehilangan banyak time dan satu lagi kondisi durabilitas Ban yang tidak layak digunakan fight sampai Akhir race . .

Selain menjadi Yang tercepat di sesi Kualifiaksi dengan kombinasi Ban depan – belakang slick Medium – medium . . Maverick Mempertunjukan bahwa di FP4 ia sudah memulai menguji coba durabilitas ban dan Sasis di Long run . ..  total 19 lap ia melakukan Long run di FP4 di kesempatan run pertama dengan ban depan slick Medium dan ban belakang slick Hard . . dan dari 19 Lap tersebut 6 lap termasuk slow Lap . . dan ada beberapa 3 lap di batalkan karena melewati Track limit . ..  namun secara umum Maverick sepertinya sudah memperlihatkan kesiapannya jika race hari ahad berjalan Dry race

Namun sebenarnya apa yang diubah pada Yamaha M1 . . . Mesin ? Nggak Mungkin karena regulasi mengharuskan mesin di-Seal sepanjang musim berjalan. Solusinya adlaah sasis . . dan point penting sasis Yang dipakai Rossi dan Vinales pasca rehat tengah Musim adalah membuat spining ban belakang berkurang . . . saat Wilco zeelenberg ditanya para jurnalis untuk menunjukan dimana letak perbedaan Sasis baru Vinales yang bahkan di rumorkan merupakan sasis 2018, spontan Wilco menolak . .

Namun begitu Wilco memberikan kisi kisi bahwa perubahan yang dilakukan yamaha pada sasis Vinales ( dan Juga rossi ) lebih ke bagian dalam/ internal dari struktur sasis . . ini mengartikan bahwa kemungkinan dari segi dimensi tidak banyak berubah dan tmcblog mencoba membandingkan sasis terutama bagian swing arm yang dipakai Maverick baik di Silverstone, Misano dengan race tengah musim pertama seperti di barcelona . . . terlihat memang nggak banyak berbeda sob ( silahkan cek di foto foto perbandingannya ) . . . . Namun Menurut Kisi kisi yang diberikan Wilco Zeelenberg, ternyata dari segi racikan material Lah yang muaranya yang membuat ‘ ke-kakuan ‘ / stiffness dari sasis tersebut mampu mengurangi gejala spin dari ban Maverick Vinales . . .

Namun begitu ada yang mengganjal dari Vinales karena ada kemungkinan race MotoGP Misano dihelat dalam keadaan Hujan atau akan Wet race nanti . . kalu sudah begini setingan elektronik akan berbeda dan acuan data saat Latihan Kering nggak kepake . .. Maverick Berharap mudah mudahan jikalau pun hujan saat race MotoGP Misano 2017 nanti, maka sesi warm up pun juga basah sehingga ia dan juga umumnya semua team dan pebalap bisa lebih maksimal mempersiapkan setingan Wet race . . semoga berguna

taufik of BuitenZorg

25 COMMENTS

  1. Sasis baru.. dan Vinales juga bilang kalo dia bisa dapat polesitter di Misano GP adalah dengan perubahan riding style.. semoga di Misano GP, Vinales bisa masuk podium lagi.. membuat klasemen semakin ketat.

  2. aneh ya,, yamaha takut aer,,
    tiap ujan dulu lorenzo ga bagus terakhir2 c pas mo pindah,,
    vinales kalo ujan kurang bagus,,
    tapi kalo rossi bisa oke,, agak aneh c,, knp ya

  3. Klo sekedar perbedaan dari gambar Catalunya & Silverstone, posisi roda belakang & teleskopik depan beda sudut. Ga tau klo material & titik sambungan las nya, ga kelihatan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here