TMCblog.com – Pulsar 200 NS sendiri sudah tidak lagi hadir di Indonesia setelah Kawasaki dan Bajaj memutuskan kerjasama mereka, Namun begitu di India, Developent dari Pulsar 200 terus berlangsung dan baru baru ini saja Pulsar 200NS Memperoleh update cukup signifikan di sektor pengereman yakni memperoleh teknologi Anti Lock Brake System ( ABS ) . . Sistem ABS yang dicangkokkan ke Pulsar 200NS adalah sistem ABS yang sama pada Seri Bajaj RS200 yakni berjenis single Channel Yang artinya Hanya rem depan saja yang memperoleh effek anti Lock ketika terjadi Panic Braking, sedangkan rembelakang tetap aja kalo panic Braking tetap ngesot/ skiidding ..  Namun di Roda belakang tetap ada ring sensor speed, ini maksudnya apa sob ?

Sensor speed yang hadir di poros roda belakang dari Pulsar 200NS tetap berfungsi sebagai sensor kecepatan sob. Informasi yang disalurkan ke ECU ABS tetap berupa info kecepatan dari roda belakang. Dan menurut BOSCH sebagai penyuplai sistem ABS untuk Bajaj, kehadiran sendosr di roda belakang berguna untuk me-modulasi / mengatur sistem ABS yang diaplikasikan ke rioda depan agar tidak terjadi apa Yang dinamakan “Rear Wheel Lift off”

jadi Maksud selain mengamati speed roda depan, Sistem ABS ini juga terus mengamati speed kerja roda belakang dan menggunakan infonya untuk mengatur besar tekanan yang dihambat atau di lepas ke kaliper rem depan untuk memastikan selain agar roda depan tidak ngelock namun juga agar agar roda belakang tidak ngangkat ( stopie ) . .. sedangkan roda belakang sendiri tidak memperoleh efek apapun dari ECU ABS dari Bosch . . . silahkan dikunyah kunyah, Semoga Berguna sob

Taufik of BuitenZorg

25 COMMENTS

  1. Sebenernya keren nih motor..keker padet ngisi..,khas naked bike….cuma sayang 3s nya yang mengkhawatirkan….

    Guest
  2. Udah bagus sempet ngiler
    Eh tau2 kabur
    Kalo mau lirik bajaj mending pikir lagi
    Atau tengok Viar dan TVS yg lebih baik dibanding bajaj

    Guest
  3. Ni motor lumayan bandel…
    2 thn pake ga prnah rewel.
    Prawatan cuma ganti oli aja di kawasaki, dipake naik gunung cukup kuat. Mnurutku value for money sih…
    16 jeti dpt mtr laki.. he.. he..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.