TMCBLOG.com – bro sekalian, Mungkin ada dari beberapa dari kita soal balap ketahanan  hanya mengenal seri Yang paling kesohor Yakni Seri FIM endurance Race Suzuka 8H . . namun sejatinya, mirip MotoGP atau WSBK dimana Suzuka 8H adalah salah satu Seri dari sekian banyak seri balap Lomba ketahanan ( endurance race ) kelas Sepeda motor yang dilaksanakan dalam 5 seri dalam satu musimnya Yakni di Prancis dua kali perdana ( bol D’or 24H ( circuit Paul Richard ) dan 24 Heures ( circuit Bugatti ) , lalu di Slovakia Ring 8H, dan German Oschersleben 8H . Sedangkan Seri Jepang ( Suzuka 8H ) merupakan seri terakhir atau Finale . .

Nah sebelum Race finale Suzuka 8H dilangsungkan, Team F.C.C TSR Honda dengan jumlah point 146 memimpin Championship di depan GMT94 Yamaha ( 136 point ) . Dan seperti Kita ketahui di race Final Suzuka 8H hasilnya adalah sebagai berikut . .

Yap F.C.C TSR Honda yang di sesi akhir dibesut Joshua Hook #5 finish di posisi 5 balapan Suzuka 8H sedangkan team GMT Yamaha #94 Yang terakhir Yamaha R1nya dibesut oleh David Checa . .

dari Fakta ini dimana F.C.C TSR Honda finish di depan GMT Yamaha setelah dihitung point totalnya diketahui bahwa secara akumulasi F.C.C TSR Honda lah yang menjadi Juara dunia EWC ( Endurance World Championship )  Tahun 2018 ini sob dengan total point 171,5 diikuti GMT yamaha berada di tempat kedua dengan 158,5 point.  . Oh ya FCC TSR Honda menjadi team pabrikan Jepang pertama Kali yang menjuarai Seri Kejuaraan Dunia Balap ketahanan

Posisi top 3 ditutup oleh Honda endurance racing. Juara Suzuka 8H, Yamaha Factory racing berada di posisi 11, sedangkan Runner up Suzuka 8H Red Bull Honda berada di posisi 14

Selain menjadi juara dunia di segmen team, Honda juga menguasai di segmen manufaktur pada gelaran seri dunia endurabce world championship 2018 ini dengan total 259,5 point disusul Yamaha dengan 245,5 point dan BMW dengan 178,5 point . .

Taufik of BuitenZorg

48 COMMENTS

  1. FCC TSR ini perpanjangan Honda yg didelegasikan Honda yg bermarkas di Perancis buat kompetisi setahun, walaupun lebih bergengsi final di Suzuka. Tapi merekalah juara dunia yg sesungguhnya.

  2. wkwkwkwk lucunya juara malah pake cbr pesek, sampe akhirnya honda france dapet instruksi dari honda pusat buat ganti motornya pake cbr yang baru sebelom seri suzuka jepang ???

  3. Padahal fby udah pada jingkrak2 kesetanan kegirangan lupa ingatan stlh juara di suzuka8h. Rencananya mrk mo bikin pesta selamatan 7hari7malem7pagi7siang7sore, gak tahunya yg jadi jurdun tetangga sebelah, yg halamannya memang lbh luas dan rumputnya memang lbh hijau.

    mau ketawa dan komen lbh panjang tapi takut dosa….

  4. gak salah percaya dengan produk massalnya Yamaha, gak ada tandingannya. 2 pembalap bisa bersaing dengan 3 pembalap selama 8 jam. how in the hell did they do that???? padahal tim kawasaki ada si Jhonny Rea, dengan motor paket komplit ZX-10R

    • mantap ,,juara 4H dan 8H.buat yamaha dan juara endurance race dunia. knapa suzuka malah lbh tenar ya…makanya pabrikan kyknya lbh fokus ke suzuka.

    • @keke
      iya,ini persis sama komen punya profit, si komentator yang ngefans sama motojipi, bukan fans rossi, inget ya, dia bukan fans rossi, tp fans motojipi (katanya sih gitu)

    • Mungkin lebih tenar karena harga diri pabrikan jepun dipertaruhkan di event dalam negri mereka sendiri bro.
      You get it? Dalam negri sendiri bro, ibarat ini rumah gue masa gue kalah saing di rumah sendiri? Malunya bukan main kalau kalah.

      Bukan berarti endurance race di luar negri gak bergengsi, tapi balik lagi, harga diri di negri sendiri kyknya lebih important.

      But it’s just my opinion..

  5. Sekedar komen July 29, 2018 at 19:49
    Lagi nunggu komen honda 6x pitstop karna motor honda awet dan irit,jd gak perlu sering2 msuk pitstop..
    Motor yg lain boros..wkwkwk.. Ngakak poouulll…

  6. good job TSR honda jurdun EWC, gak nyangka cuy sekelas CBR fireblade motor yg lemah di superbike bs jurdun juga ?
    untung dari oschersleben dan slovakia ring udh pake new CBR. coba klo masih pake yg old kan aneh ?

    • Tapi kata si pakar yang selalu ngeluh kalau komentarnya kejaring dulu baru diperintah Honda pusat di Suzuka. Dia gaktau kalau udah dari 2 seri sebelumnya?

  7. good job TSR honda jurdun EWC, gak nyangka cuy sekelas CBR fireblade motor yg lemah di superbike bs jurdun juga.
    untung dari oschersleben dan slovakia ring udh pake new CBR. coba klo masih pake yg old kan aneh ?

    • iya betul, maksudnya ini tim jepang pertama yang juara EWC, sebelumnya bukan tim jepang, meski pabrikannya pabrikan jepang

  8. Lucu juga ya kaga ikut championship, cuma ikut 1 seri aja tapi image nya terdongkrak, padahal cuma 8 jam, dibandingkan seri2 lain malah ada yg sampai 24 jam, btw pace pebalap2 honda memang kurang cepet, masuk pit lebih sedikit tapi tetep aja laptimenya kurang tajam

    • Karena khusus seri Suzuka ini aslinya ajang terakbar Jepang, tapi digabung juga jadi seri terakhir EWC. Ya kurang lebih kayak Isle of Man TT jaman dulu, balapan terakbarnya orang Inggris, tapi dijadiin salh satu seri GP juga walaupun era sekarang udah misah sendiri.

    • @Darso
      nah iya betull, suzuka 8H dulu ajang terpisah yg kemudian digabung ke EWC di era 1980an. dulunya EWC cuma main di sirkuit2 eropa

  9. Wak…ato mgkn strategi honda buat melakukan riset dan tes cbr baru menghadapi suzuka tahun depan….
    Melihan kans utk juara dg old cbr secara akumulatif sudah hampir kepegang sebelum suzuka?

  10. Luar biasa Honda,adu kencang motogp juara dunia,adu ketahanan juga juara dunia.Bagaimanapun juga honda lebih unggul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.