TMCBLOG.com – Selain Honda CB650R neo sport Cafe yang sosok detailnya sudah kita kepoin bersama di artikel sebelumnya, salah satu oleh oleh TMCBLOg dari Thailand akhir pekan kemarin adalah berhasil Ngepoin Juga update dari Honda CBR650F yang kini berubah menjadi Honda CBR650R  . ..  Nahhhh

Secara umum Main Frame, Mesin, suspensi belakang dan Swing arm dari CBR650R ini menggunakan Common Part dari Honda CBR650F lama Namun mulai dari suspensi depan serta Platform dan Penampakan Fairing CBR650R dari boleh dibilang sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan CBR650F lama . .

suspensi misalnya Untuk CBR650R hadir suspensi Upside down ( A 41mm Showa SFF USD fork) dengan Dual Front Disk Bake yang dijepit oleh sepasang kaliper Nissin radial Bikin sektor kaki kaki depan sukses terlihat lebih kekar dan gagah ketimbang Motor yang digantikannya . .

Lalu headlamp depan untuk CBR650R menggunakan Konsep Dual Keen eyes di mana Penempatan dan Style Dua lampu depan boleh lebih agresif bila dibandingkan dengan Desain Front Fairing dari CBR650 lama dan Boleh dibilang segaris desain dengan CBR1000RR Fireblade, dan CBR500R . . . dan Jika kita mau kepoin lebih lanjut di sela sela kiri dan Kanan dari headlamp depan ada RAM AIR yang ditujukan masuk ke Box filter udara untuk selenjutnya di kirim langsung ke Ruang Bakar Bia Throttle Body

Dan mengenai Mesin, Untuk Honda CBR650R ini walaupun secara penampakan memang kelihatan mesin yang sama dengan CBR650F namun ada tweak hadir sob . . selain penambahan teknologo Traction Control yang oleh Honda dinamakan Honda Selectable Torque Control (HSTC) – Honda CBR650R Juga Menghadirkan peningkatan Limit lengkingan RPM mesin sebanyak 1000 rpm menjadi 12.000 rpm yang menyebabkan peningkatan Power Maksimum sebesar 5%, peningkatan Kurva Torsi selain Juga penurunan Overall Bobot sebanyak 6 kg.

Kenaikan Power dan penurunan Bobot . .  Jika di kombinasikan akan memperoleh Variabel PWR yang melonjak 8% ketimbang CBR650F lama. Oh ya sob, Untuk CBR650R Juga telah dibenamkan fitur assist/slipper clutch untuk mempernyaman melakukan perpindahan gear/ gigi.

Mengenai sasis, walaupun sama  . . namun secara segitiga ergonomi ada perubahan bila dibandingkan dengan CBR650F . . . handlebar agak lebih turun ( sekarang underyoke ) dan kedepan sementara foootpeg lebih mundur 3mm dan naik ke atas sebanyak 6mm . . dua resep ini ditambah Seat height yang tetap 810 mm sukses membuat ergonomi CBR650R 2019 terlihat berubah menjadi Jauh lebih racy ketimbang CBR650F 2018.

selain Headlampnya yang sudah LED, Cluster dashboar juga hadir baru dengan full LCD digital dengan lampu sen pun berubah LED sekarang  . . . Hodna CBR650R diklaim bisa diajak irit sampai 20.4km/l (WMTC mode)  . . . Apakah tahun 2019 nanti akan masuk ke jajaran motor motor yang mengisi Big wing di Indonesia Juga ?

Taufik of BuitenZorg

 

 

30 COMMENTS

  1. terus lubang klakson nya dimana Wak? ???

    harusnya subframenya rada dinunggingin dikit,tapi kasian buat pembonceng jadinya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.